LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Menguak Dahsyatnya Ibadah Haji bersama Pakdhe Cholik

| 11 Comments

DIH

Judul Buku :

Dahsyatnya Ibadah Haji

(Catatan perjalanan ibadah di Makkah dan Madinah)

Penulis : Abdul Cholik

Jenis Buku : Motivasi Islami

Jumlah Halaman : ix + 233 halaman

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

ISBN : 978-602-02-4810-3

Cetakan Pertama : 2014

Harga : Rp. 47.800,-

***

Ulasan singkat

Buku ini merupakan catatan perjalanan haji yang dijalani oleh penulis pada tahun 2006/2007 yang ditulis dengan maksud agar pembaca -khususnya yang akan menunaikan ibadah haji untuk pertama kali- mengetahui situasi di tanah suci.

Terdiri dari 61 bab yang merupakan gambaran tahapan demi tahapan perjalanan ibadah haji -sejak persiapan, berangkat ke tanah suci, pelaksanaan haji dan ziarah di kota-kota suci hingga selesai menjalankan ibadah yang merupakan impian dari semua muslim ini dan pulang kembali ke tanah air- yang ditulis secara runtut dan rinci hingga seolah kita sendiri yang menjalani pengalaman religi tersebut.

Tak sekedar catatan perjalanan haji biasa, selain penuturan rinci tentang tahapan-tahapan perjalanan haji, dalam buku ini penulis juga memberikan tips-tips praktis selama masa persiapan hingga pelaksanaan ibadah haji tersebut, sejak penandaan barang-barang pribadi hingga hal-hal lain yang tampaknya sepele namun tepat guna dan tepat manfaat untuk diterapkan selama perjalanan haji ini.

Bab demi bab yang mencerminkan tahapan pelaksanaan ibadah haji ini juga dilengkapi dengan foto-foto sebagai ilustrasi, tidak hanya foto-foto yang menggambarkan suasana saat pelaksanaan ibadah di tanah suci saja namun juga foto-foto lain yang menunjang uraian dalam bab-bab tersebut.

Kelebihan

Kelebihan dari buku ini adalah penulisan yang runtut sejak bab pertama hingga bab terakhir, membuat pembaca benar-benar mengetahui tahapan-tahapan apa saja yang akan dijalani dalam ibadah haji.  Penggambaran suasana maupun lingkungan dalam gaya bahasa yang santai, dengan sedikit selipan humor di sana-sini, juga membuat pembaca betah menikmati buku ini sejak awal hingga akhir.

Tak ketinggalan, tips-tips praktis yang ‘bertebaran’ sejak bab-bab awal hingga akhir benar-benar sangat bermanfaat bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah haji ini. Karet gelang dalam thawaf ( Bab 19 – hal 59 ) misalnya, atau Ingat tanda medan ( Bab 27 – hal 82 ) tampaknya seperti hal-hal sepele, namun tak kecil manfaatnya bagi calon jamaah haji.

Selain itu, acungan jempol juga perlu diberikan kepada editor buku ini, karena pada buku setebal 233 halaman ini nyaris tak ditemui kesalahan ketik yang fatal. Saya katakan ‘nyaris tak ada kesalahan’ karena hanya 1-2 kesalahan kecil yang dapat ditemui, misalnya pada halaman 26 dan 192 : kurang 1 huruf dalam 1 kata, namun tak merubah arti. Sekali lagi, salut untuk editornya.

Kekurangan

Tak banyak kekurangan dalam buku ini. Hanya -menurut saya- sub judul ‘Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah‘ kurang tepat digunakan karena isi buku ini lebih dari sekedar catatan perjalanan saat ibadah di dua kota suci itu.  Lima belas bab pertama membahas tentang persiapan hingga catatan perjalanan saat masih di tanah air dan tiga bab terakhir mengulas tentang saat-saat kembali di tanah air, membuat sub judul yang digunakan dalam buku ini seolah menjadi membatasi gambaran tentang isi / materi buku secara keseluruhan.

Kesimpulan

Buku Dahsyatnya Ibadah Haji yang ditulis oleh Abdul Cholik ini memang sangat tepat digunakan sebagai salah satu referensi bagi umat muslim yang akan melaksanakan ibadah haji untuk pertama kali, sebagaimana yang diniatkan oleh penulisnya.  Tahapan demi tahapan ibadah haji dibahas dengan runtut, penggambaran suasana yang cukup detil, tips-tips praktis yang diberikan dan juga ilustrasi berupa foto-foto yang menunjang penjelasan merupakan hal-hal yang menjadikan buku ini patut direkomendasikan.

With_DIH

Asyik dengan DIH 🙂

Resensi Buku

Artikel  ini diikutsertakan pada Lomba Menulis Resensi Buku Dahsyatnya Ibadah Haji

11 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.