LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Pasung Daun Nangka

July 6, 2020
by mechtadeera
45 Comments

Pasung, Makanan Tradisional Penuh Kenangan

Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu. Bagaimana, masih tetap sehat dan bahagia, bukan? Semoga saja ya.. Sahabat, kali ini aku ingin mengajak kalian mengenal Pasung, makanan tradisional penuh kenangan.

Kue Pasung bagian dari Hantaran Ruwahan.

Pasung adalah nama dari salah satu jenis makanan tradisional yang erat berkaitan dengan Tradisi Ruwahan di beberapa daerah di Jawa Tengah (antara lain Blora, Salatiga). Berbahan dasar sama dengan Kue Apem yaitu tepung beras, dikemas dalam daun yang berbentuk kerucut (contong- Jw) dan dimasak dengan cara dikukus. Continue Reading →

July 4, 2020
by mechtadeera
50 Comments

Yuuk, menanam Seledri di rumah

Yuk, menanam Seledri di rumah. Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Semoga semua sehat dan bahagia ya.. Mumpung weekend nih, adakah yang meluangkan waktu untuk berkebun? Nah, kali ini aku ingin bercerita tentang pengalaman kami bertanam sayur di pekarangan rumah, di antaranya adalah Seledri.

Tentang Seledri

Tanaman Seledri

Tanaman Seledri

Sahabat semua tentunya sudah kenal dengan tanaman sayur satu ini, bukan? Atau bahkan sudah bersahabat erat..hehe.. Nah, sekedar mengingatkan saja, berikut ini sedikit ulasan tentang Seledri.

Tanaman sayur yang mempunyai nama latin Apium graveolens L ini merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang banyak dimanfaatkan di dapur sebagai bahan masakan ataupun sebagai tanaman obat. Continue Reading →

Ka'bah & Thawaf

June 28, 2020
by mechtadeera
30 Comments

Perjalanan Haji, Traveling Pertamaku Ke Luar Negeri

Perjalanan haji, traveling pertamaku ke luar negeri. Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu, semoga selalu sehat dan bahagia ya… Kali ini, aku menulis untuk menuntaskan PR Arisan Link Blogger Gandjel Rel yang sudah masuk periode 12, dengan tema tulisan : Traveling Pertama.

Wah..terus terang aku sudah lupa kapan dan ke mana traveling pertamaku, hehe.. Oleh karena itu, aku akan menuliskan saja tentang traveling yang sangaaat berkesan untukku yaitu traveling pertamaku ke luar negeri.

Pesawat Haji

Perjalanan Haji, Traveling Pertamaku ke Luar Negeri

Kenapa sangat berkesan?

Sesuatu yang pertama kali kita lakukan, pastilah meninggalkan kesan khusus di hati kita bukan? Nah, begitu pula denganku. Setelah bertahun hanya jalan-jalan di situ-situ saja (bahkan di negeri sendiri pun masih banyak tempat yang belum dapat kudatangi, hehe..) maka kesempatan jalan ke luar negeri tentunya menjadi hal istimewa buatku. Lebih istimewa lagi, karena perjalanan itu sekaligus merupakan perjalanan religi yang telah lama kuimpi-impikan!

Perjalanan Haji 2011

Ya, perjalanan pertamaku ke luar negeri itu adalah Perjalanan Haji yang kulakukan pada tahun 2011 lalu. Sebuah perjalanan yang penuh dengan aneka rasa sejak dari persiapan hingga selesainya.

Mulai membuka Rekening Haji di Tahun 2007 (setelah membantu persiapan keberangkatan ibu kami menjadi tamu Allah di 2006) dengan membulatkan tekad meski awalnya ragu apakah mungkin bisa terkumpul semua dana hanya dari penghasilanku yang tak seberapa. Tapi aku berpasrah diri pada-NYA. Aku terus berusaha dan berdoa, sangat yakin bahwa Sang Maha Mampu lah yang akan memampukan hamba-NYA sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan Nya.

Alhamdulillah, Tahun 2009 berhasil memenuhi batas dana untuk mendapat porsi Haji, dan ketika awal Tahun 2011 itu aku mendapat panggilan dari bank untuk pelunasan -yang berarti pemberangkatan haji tahun itu- rasanya seperti mimpi.

Baca juga : 3 Tips Menabung untuk ONH

Kok nekad sih, pergi Haji sendiri? Continue Reading →

Pemandangan dari Bukit Merese

June 21, 2020
by mechtadeera
72 Comments

Dolan Lombok : Menjelang Sore di Pantai Tanjung Aan & Bukit Merese

Menjelang sore di Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese. Hai Sahabat Lalang Ungu, tetap sehat, bahagia dan semangat, bukan? Kangen piknik? Waah..samaa.. Aku juga kangen banget piknik nih. Sebagai obat rindu, kubuka kembali album jalan-jalan. Dan kali ini kutuliskan kenangan jalan-jalanku ke Pantai Tanjung Aan & Bukit Merese.

Pantai Tanjung Aan & Bukit Merese

Pantai Tanjung Aan

Pantai indah ini berlokasi di Desa Kuta Lombok Pujut Lombok Tengah, sekitar 75 km (perjalanan sekitar 1,5-2 jam) dari Kota Mataram, namun bila ditempuh dari BIL Lombok jauh lebih dekat yaitu sekitar 30 menit perjalanan. Pantai terdekat adalah Pantai Kuta Mandalika, sekitar 3 km atau 30 menit perjalanan.

Pada kunjungan kami di medio Maret 2020 lalu, kami ke Tanjung Aan ini setelah berkunjung ke Desa Wisata Sade. Perjalanan menuju pantai yang setiap Bulan Februari ramai karena ada Festival Bau Nyale ini terasa lancar, dengan kondisi jalan cukup mulus, hingga mendekati lokasi pantai kondisi jalan agak bergelombang.

Suara debur ombak memecah di pantai langsung menyambut kedatangan kami di sore itu. Seakan memanggil-manggil kami untuk segera menghambur ke tepi pantai. Tak sabar kami segera keluar dari mobil menuju dan bergegas menuju pantai. Continue Reading →

Dr Reisa Broto Asmoro

June 14, 2020
by mechtadeera
62 Comments

Bila Dr Reisa Broto Asmoro Serukan New Normal Life, Sudah Siapkah Kita?

Bila Dr Reisa Broto Asmoro serukan New Normal Life, sudah siapkah kita? Sahabat Lalang Ungu, mungkin kalian masih ingat bahwa beberapa hari lalu ada sebuah nama yang sempat masuk trending topik di sosial media, yaitu Dokter Reisa Broto Asmoro

Siapakah Dr Reisa Broto Asmoro?

Dr Reisa Broto Asmoro

Dr Reisa Broto Asmoro (Foto : Republika)

Tanya itu muncul di benakku, karena namanya seperti tak asing, tapi kuingat-ingat tak juga ada jejak spesial diingatanku tentangnya.

Lha itu kan nama dokter cantik pemandu acara TV Dr.Oz Indonesia, jawab seorang teman yang kutanya. Oh, pantas saja aku nggak ngeh, pikirku. Haha..maklum saja, aku bukan penikmat Televisi jadi tak banyak memori acara TV yang nyantol  di benakku, termasuk acara yang konon populer itu. Seingatku aku hanya sekali-dua nonton acara itu di rumah kakak, dan kalau kuingat-ingat lagi memang salah satu pemandunya adalah seorang dokter cantik.

Saking penasaranku dengan dokter cantik yang namanya sempat trending kemarin itu, aku pun mencari namanya via google, dan hasilnya adalah rasa kagum dan salut, karena ternyata beliau tak sekedar ‘dokter cantik’ saja, namun telah banyak menorehkan prestasi pula di berbagai bidang.

Memulai kiprahnya di dunia model sebagai Gadis Sampul, model iklan, hingga kemudian berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010 dan mewakili Indonesia di ajang internasional yaitu Miss Internasional 2011. Sedangkan dalam profesinya di dunia kedokteran beliau sempat bergabung dalam Tim Forensik RS Polri Kramatjati dan anggota Disaster Victim Identification yang menangani proses investigasi korban bencana. Beliau juga aktif dalam kepengurusan IDI.

Nah, apa yang menyebabkan namanya membuat heboh di awal pekan ini?

Ternyata sejak 8 Juni 2020 lalu beliau masuk menjadi anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan salah satu tugas beliau adalah menyampaikan informasi dalam konferensi pers perkembangan penanganan Covid-19 bersama dengan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Bp. Achmad Yurianto.

Eh..tanggal 8 Juni ya? Ah, pantas saja lagi-lagi aku tak update berita heboh ini karena di waktu itu aku masih menikmati kesibukan pribadi pasca operasi, hehe..

Baca juga : Pengalaman berobat dan Menjalani Rawat Inap di Masa Pandemi

Continue Reading →

June 9, 2020
by mechtadeera
57 Comments

Pengalamanku Berobat dan Menjalani Rawat Inap di Masa Pandemi

Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia ya. Setelah beberapa hari absen dari Dunia Maya, kali ini aku akan tuliskan pengalamanku berobat dan menjalani rawat inap di masa pandemi.

Ya, penyebab absenku dari kegiatan keseharian pada beberapa hari lalu adalah karena sakit yang menyebabkanku harus mendapatkan tindakan medis dan menjalani rawat inap di sebuah RS di kotaku.

Bagaimana rasanya sakit di masa pandemi ini?

Amat sangat tidak nyaman!

Itulah yang kurasakan. Ya, tentu saja Sahabat pasti merasakan ketidaknyamanan di saat sakit bukan? Namun sakit di masa pandemi seperti ini seolah berkali-kali lebih besar rasa tak nyaman itu.

Saat kita sakit, selain rasa tak nyaman yang kita rasakan di badan kita akibat kondisi itu, juga tentunya banyak hal yang harus kita pikirkan terkait kondisi kita tersebut. Misalnya pengaruhnya terhadap rutinitas keseharian kita, keluarga kita, tugas dan tanggung jawab kita, pengaruh ke dompet kita dan masih banyak lagi. Nah, di masa pandemi ini segala pikiran dan kekhawatiran itu masih ditambah lagi dengan kekhawatiran terkait penyebaran Covid-19 tentunya ☹️ Continue Reading →

June 1, 2020
by mechtadeera
63 Comments

Dolan Lombok : Mengenal Adat, Budaya dan Romantika Dusun Sade

Dolan Lombok : Mengenal Adat, Budaya dan Romantika Dusun Sade. Sahabat Lalang Ungu, kali ini aku akan lanjutkan kembali cerita jalan-jalan kami ke Lombok pada Maret lalu ya.. Setelah mengunjungi Desa Wisata Sukarara kami melanjutkan langkah -eh menggunakan mobil ding, hehe- ke salah satu Desa Wisata lain yang tak kalah terkenalnya di Lombok, yaitu Dusun Sade.

Welcome to Sade Village Lombok

Lokasi Sade

Sade adalah nama salah satu dusun yang mencerminkan gambaran desa tradisional Lombok sehingga sering menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Lombok karena masih mempertahankan adat Suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Berlokasi di Desa Rembitan, Pujut, Kab Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Saat mendengar bahwa kami akan berkunjung ke sebuah desa tradisional Lombok, awalnya kukira kami akan menempuh jalan yang relatif susah dijangkau / semacam daerah pedalaman. Ternyata, perkiraan itu sama sekali salah!

Sade Village terletak di pinggir jalan raya yang sudah beraspal bagus. Sama sekali tidak ada susah payah untuk mencapai perkampungan ini, kami hanya tinggal menyeberang saja dari lokasi parkir di pinggir jalan raya itu. Mantaaab sekali! 🙂

Luas dan Jumlah Penduduk Sade

Sesampainya di tempat parkir Sade, kami diperkenalkan dengan seorang bapak yang akan menjadi pemandu kami saat mengeksplor Desa Sade. Amak Rahman, begitulah beliau memperkenalkan diri kepada kami. Orangnya ramah, suka bercanda, pandai bercerita dan…hasil potretannya pun cakep lho! Haha..penting banget yang terakhir ini ya..

Amak Rahman menceritakan kepada kami bahwa luas dari dusun Sade itu sekarang hanyalah sekitar 2 Ha, dihuni oleh 150 KK dengan total penduduk berjumlah 700 jiwa. Kampung ini mulai ada sejak tahun 1800 M dan mulai dibuka untuk kunjungan wisata sejak Tahun 1973. Hm, sudah lama juga ya..

Pengalaman kami di Dusun Sade

Continue Reading →

May 29, 2020
by mechtadeera
72 Comments

Minat Bacaku, Ngumpet Di Mana Sih Kamu?

Minat bacaku, ngumpet di mana sih kamu? Sahabat Lalang Ungu, itu lah tanya yang saat ini bergaung di benakku sejak beberapa waktu lalu. Mungkin teman-teman ingat sering sekali aku menuliskan bahwa membaca adalah hobiku yang kemudian membawaku pada hobi lain yaitu menulis. Itu benar sekali, teman. Aku sama sekali nggak bohong tentang hobi membacaku itu.

Sejak kapan suka membaca?

Foto by Pixabay

Continue Reading →

Selamat Iedul Fitri 1441 H

May 25, 2020
by mechtadeera
77 Comments

Lebaran Sepi Di Tengah Pandemi

Selamat Iedul Fitri 1441 H

Lebaran sepi di tengah Pandemi. Sahabat Lalang Ungumumpung masih dalam suasana Lebaran, izinkan aku ucapkan Selamat Iedul Fitri 1441 H bagi sahabat-sahabatku yang merayakan dan untuk semua sahabat aku mohon maaf lahir batin atas khilaf kata dan lakuku selama silaturahmi kita ya.. Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita dan mengampuni salah dan dosa kita. Aamiin. Oya, bagaimana suasana Lebaran kalian kali ini? Melalui tulisan ini aku ingin sedikit curhat nih, berikut ini adalah pengalaman Lebaran sepi kami di tengah Pandemi Covid-19 ini.

“Ora ana cah-cah sing bisa teka ya..” 

Kalimat itu lirih terucap oleh ibu ketika aku membantu beliau bersiap di pagi 1 Syawal 1441H kemarin. Kalimat yang beliau ucapkan dengan lirih, mungkin sekedar ngudarasa (bicara pada diri sendiri) namun kurasakan pedihnya. Ternyata usaha kami selama sebulan ini belum berhasil..hiks.. Continue Reading →

May 17, 2020
by mechtadeera
60 Comments

Menulis Ekspresif, Self Healing Ku Saat Lelah Hati

Menulis ekspresif, self healing ku saat lelah hati. Hai Sahabat Lalang Ungu, pernah berada di kondisi jiwa yang sangat labil, moody, sering sedih tanpa sebab jelas, marah-marah meski hanya dengan pemicu yang sepele, dll? Aku pernah tuh.. Rasanya suntuk banget, ada beban di hati yang tak tahu bagaimana melampiaskannya. Nah, kali ini aku akan berbagi pengalamanku tentang hal ini ya..

ilustrasi : Pixabay

Saat merasakan kondisi itu, biasanya aku lebih memilih untuk menjauh dari keramaian, menyepi, agar tak mudah terpicu emosiku oleh hal-hal sepele dan melakukan hal-hal yang kelak bisa kusesali.

Pada dasarnya aku jarang curhat meski tak kekurangan sahabat, entah kenapa aku lebih nyaman mencari solusi atas masalahku sendiri. Eh, kecuali saat terasa tak sanggup lagi menahan beban, baru deh memilih kakak atau sahabat terdekat untuk cerita. Nah, waktu itu aku mencoba membaca-baca untuk mencari solusi dari masalahku.

Alhamdulillah, kutemukan beberapa artikel yang membahas tentang masalah yang tak jauh dari apa yang sedang kualami saat itu. Salah satunya adalah 5 tanda lelah hati yang bisa berdampak pada kesehatan mental. Hm..apa saja tanda lelah hati itu?

Lelah hati ( ilustrasi : Pixabay)

5 Tanda Lelah Hati

Continue Reading →