LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

May 4, 2022
by mechtadeera
24 Comments

Lebaran 2022 Kami Sungguh Berbeda

Lalang Ungu. Gema takbir bersahut-sahutan mengiringi perjalanan kami di malam takbiran tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2022 lalu, beberapa saat setelah pemerintah mengumumkan bahwa Idul Fitri 1443 H jatuh pada 2 Mei 2022.

malam takbiran 2022

Menuju Semarang di Malam Takbiran 2022

Perjalanan kami malam itu menuju ke Kota Semarang, ke rumah masa kecil kami yang kami putuskan akan menjadi tempat lebaran kami tahun ini, setelah tahun-tahun sebelumnya selalu lebaran di Pekalongan bersama Ibu.

Sebuah keputusan mendadak sebenarnya, baru kita putuskan sekitar seminggu sebelumnya. Awalnya ketika aku merasa sepertinya tak kuat hati untuk melakukan kebiasaan kami menjelang hingga hari lebaran, di rumah Pekalongan. Continue Reading →

Agrowisata Urban Farming Kel Pajajaran Bandung

April 5, 2022
by mechtadeera
24 Comments

Buruan Sae : Konsep Urban Farming Kota Bandung

Hai Sahabat Lalang Ungu.. Setelah cukup lama hiatus, aku berniat menghidupkan kembali rumah mayaku ini. Doakan semoga konsisten ya..

Tulisanku kali ini late story ya..tentang pengalaman berkunjung ke Kota Bandung, tepatnya ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung beberapa bulan lalu.

Di DKPP Kota Bandung

Berkunjung ke DKPP Kota Bandung, Desember 2021

Saat berkunjung pada Desember 2021 lalu, kami diterima secara langsung oleh Ir. Gin Gin Ginanjar, M.Eng selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung beserta jajarannya. DKPP Kota Bandung ini mempunyai 6 Bidang, yaitu : Bid. Ketersediaan Pangan, Bid. Distribusi dan Konsumsi Pangan, Bid. Keamanan Pangan, Bid. Tanaman Pangan & Hortikultura, Bid. Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Bid. Perikanan.

Pemanfaatan barang bekas untuk urban farming

Contoh ide pemanfaatan barang bekas dalam pertanian perkotaan di halaman DKPP Kota Bandung

‘Oleh-oleh’ berkesan yang kami bawa pulang saat itu adalah konsep BURUAN SAE dan Agrowisata Urban Farming.

Apa Itu Buruan Sae?

Continue Reading →

April 1, 2022
by mechtadeera
2 Comments

Mah..kangeeen…

Mah, saat mulai menulis kali ini aku sedang duduk di ruang depan dan menyaksikan jalan depan rumah kita lebih ramai dari biasanya.

Awalnya aku sempat mbatin kok tumben ramai sekali motor dan mobil lalu lalang begini…tak seperti biasanya.

“Wah..banyak yang sudah siap-siap sambut ramadan sepertinya..rame bener nih jalan..” celetuk adik.

Ah iya Mah..mungkin itu alasannya. Ramai orang keluar mencari persiapan sambut Ramadan, atau sengaja jalan-jalan mumpung belum Ramadan? hehe..entahlah..

Ingatanku melayang ke saat-saat seperti ini di tahun-tahun lalu, biasanya H-1 Ramadan kita sekeluarga masih dalam perjalanan pulang nyadran ya Mah.. Rute wajib kita Pekalongan-Semarang-Salatiga-Karanganyar-Jogja PP.

Perjalanan yang lumayan panjang ya Mah.. Lelah pastinya, tapi senang kumpul bersama membersihkan makam leluhur, kirim doa dan bermaaf-maafan jelang ramadan. Satu dari banyak perjalanan berkesan yang ingin kuulang-ulang bersamamu..namun tak mungkin lagi.

*banjiiiir*
Continue Reading →

Serum Pencerah Wajah dari Pond's

March 9, 2022
by mechtadeera
36 Comments

Mencoba Serum Pencerah Wajah Dari Pond’s

Mencoba Serum Pencerah Wajah dari Pond’s. Hai Sahabat Lalang Ungu.. Berasa gak sih akhir-akhir ini cuaca sedang tak menentu, kadang panas cetar eh tak lama hujan lagi.. Bikin badan gak nyaman,  kulit pun terasa gak sehat ya..

Eh iya lho..beberapa waktu lalu pas lagi nyantai di rumah dan punya waktu untuk lebih memperhatikan wajah, aku sedih.  Iya, jadi sedih saat menyadari wajahku tampak kusam, kering dan ada flek-flek hitam. Hmm..tampaknya perlu segera cari produk perawatan wajah yang tepat nih… Serum pencerah wajah, misalnya..

Serum Pencerah Wajah dari Pond's

Pond’s Triple Glow Serum & Triple Glow Serum Mask

Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Kering

Dari info-info yang kubaca, ternyata selain faktor usia, memang cukup banyak hal lain yang menyebabkan kulit -termasuk wajah- tampak kusam dan kering.

Polutan dari udara, kelembaban udara yang rendah, cuaca yang tidak baik, paparan sinar matahari, produk perawatan kulit yang tidak tepat, terpapar AC relatif lama,  itu adalah beberapa faktor eksternal yang bisa mengganggu kesehatan kulit kita sehingga menjadi kering dan kusam.

Dari faktor-faktor eksternal ini, sering terpapar sinar matahari dan terpapar AC relatif lama mungkin merupakan hal yang paling memberi dampak bagi kulitku. Ya maklum saja, sehari-hari berkutat di ruang kerja ber-AC tapi juga sering harus jalan-jalan ke kebun / ruang terbuka untuk kontrol ini-itu.. Sudah gitu belum temukan skincare yang cocok pula..hiks 😔

Adapun faktor internal yang menyebabkan kulit tak sehat ada banyak juga, a.l : stres, perubahan hormon, kurang istirahat/tidur, asupan nutrisi dan air yang kurang, dll.

Nah kalau dari faktor internal ini yang harus kuperbaiki adalah asupan buah dan sayur, air putih…dan olah raga! Haha..iyaa..aku tuh paling males gerak selama ini.. Sungguh bulan hal yang baik! Ok, bismillah aku harus segera melakukan perbaikan pola makan dan pola istirahatku nih..

Alternatif Solusi Masalah Kulit Wajah Kusam & Kering

Continue Reading →

kelas online self love

February 27, 2022
by mechtadeera
18 Comments

Memahami Self Love Bersama Cikgu Julie

Memahami Self Love Bersama Cikgu Julie. Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar… Senang rasanya akhirnya bisa kembali menyapa sahabat semua di rumah mayaku ini.

kelas online self love

Memahami Self Love bersama Cikgu Julie

Sahabat, sudahkah kalian mengenal Self Love?

Aku sendiri sudah beberapa waktu mendengar istilah ini, mencoba memahami melalui beberapa tulisan dan lebih mengenalnya saat mengikuti Kelas Semeleh yang yang diselenggarakan oleh IIDN di tahun lalu. Dan beberapa hal telah kulakukan sebagai bentuk self love ku. Namun masih ada hal-hal yang belum sepenuhnya kupahami tentang hal ini, misalnya…bagaimana membedakan self love dengan keegoisan?

Nah, itu sebabnya aku senang sekali ketika berkesempatan mengikuti Kelas Online Self Love yang diselenggarakan beberapa hari lalu dan melalui tulisan kali ini aku ingin berbagi pengalamanku saat mengikuti kelas tersebut. Continue Reading →

Belajar di KWT Ngudi Makmur Solo

January 23, 2022
by mechtadeera
25 Comments

Ngangsu Kawruh Urban Farming di Kota Solo

Ngangsu kawruh urban farming di Kota Solo.  Hai Sahabat Lalang Ungu…bagaimana akhir pekannya nih? Semoga selalu sehat dan berbahagia ya..

Sahabat, memang ada banyak aktivitas yang bisa kita kerjakan di akhir pekan ya.. Kalau aku lagi senang mengurus tanaman nih.. Puas rasanya bila tanaman hasil rawatan kita tumbuh subur bukan? Meskipun ya ada saja tanaman yang perkembangannya tak sesuai harapan juga sih..

Nah, biasanya bila ada masalah begitu aku suka nanya-nanya ke teman-temanku yang hobi berkebun juga.. Atau ke komunitas sehobi. Lebih senang lagi bila ada kesempatan mengikuti acara belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas tanam-menanam ini.

Ngangsu Kawruh Urban Farming di Solo

Sahabat Lalang Ungu, kali ini aku akan menuliskan pengalamanku mengikuti kunjungan ke beberapa lokasi dalam rangka ngangsu kawruh tentang urban farming dan pengelolaan kelompok di 2 KWT Kota Solo.

Continue Reading →

January 4, 2022
by mechtadeera
23 Comments

Sepenggal Siang di Kota Lama Semarang

Hai Sahabat Lalang Ungu… Selamat Tahun Baru 2022 ya..semoga tahun ini penuh kebahagiaan, kesuksesan dan keberkahan untuk kita semua. Aamiin..

Senang bisa nulis lagi di sini setelah beberapa lama rumah maya sederhana ini nggak update. Kali ini aku ingin menuliskan pengalamanku berkunjung kembali ke Kota Lama Semarang, beberapa waktu lalu.

Sepenggal siang di Kota Lama Semarang

Tentang Kawasan Kota Lama Semarang

Continue Reading →

4 Kuliner Kenangan

December 11, 2021
by mechtadeera
53 Comments

Menikmati 4 Kuliner Kenangan di Sidoarjo dan Kartosuro

Menikmati 4 Kuliner Kenangan di Sidoarjo dan Kartosuro. Salam, Sahabat Lalang Ungu… Tak terasa sudah hampir pertengahan Bulan Desember, yang artinya Tahun 2021 akan segera berlalu. Semoga sahabat selalu sehat dan bahagia ya..

4 Kuliner Kenangan

Silaturahmi Keluarga Sebagai Ganti Wisata Bersama

Akhir Desember biasanya merupakan salah satu waktu yang dinanti di keluarga kami, karena di libur akhir tahun hampir selalu kami agendakan wisata bersama. Namun, Desember tahun ini terasa berbeda. Kami kurang antusias merencanakan piknik bareng, karena ibu/Yangti-nya anak-anak tak lagi ada bersama kami.

Sebagai gantinya, kami bersilaturahmi ke keluarga Oom (adik alm Bapak) di Sidoarjo, beliau satu-satunya sesepuh keluarga kami yang masih sugeng  saat ini, dan acara silaturahmi ke Keluarga Oom ini sekaligus untuk mewujudkan keinginan almh ibu untuk bersilaturahmi ke sana yang sempat beberapa kali tertunda karena pandemi.

Alhamdulillah perjalanan Pekalongan-Semarang-Sidoarjo PP berjalan dengan lancar dan relatif cepat. Dari Pekalongan Jumat siang, menjemput keluarga Semarang lalu habis ashar bablas ke Sidoarjo via tol dan sampai penginapan di Krian sekitar pukul 10 malam. Sedangkan saat pulang, start dari Sidoarjo sekitar jam 9 pagi, mampir makan siang dan silaturahmi keluarga di Kartosuro sebentar, lalu lanjut ke Semarang dan sampai di Pekalongan sekitar Maghrib. Rata-rata 5-6 jam perjalanan kami.

Sepanjang acara jalan bareng ini tentu saja diwarnai dengan banyak rindu dan kenangan akan alm & almh bapak-ibu dan juga kakak sulung kami. Di jalan, di penginapan apalagi saat di rumah Oom dan keluarga Kartosuro, ingatan ke almh ibu sangat kuat. Momen kebersamaan pertama kami tanpa almh ibu sungguh terasa sepi. Tapi kami tidak boleh larut dalam duka. Kami yakin, almh ibu pun tak ingin kami begitu..

Silaturahmi Kelg Soeranto

Alhamdulillah…putra-putri Bp Soeranto bisa bersilaturahmi lagi dengan Oom Rudi, adik bungsu beliau…

Ah..cukup sudah bicara tentang duka dan rindu yaa.. Sahabat Lalang Ungu, kali ini aku akan cerita tentang kuliner yang kami nikmati kemarin ya.. Tentu saja selama Jumat-Sabtu itu kami tidak hanya menikmati 4 kuliner itu saja, tapi ke-4 kuliner yang akan kuceritakan berikut ini menyimpan banyak kenangan di keluarga kami. Continue Reading →

5 variasi olahan Pare Belut

November 28, 2021
by mechtadeera
72 Comments

5 Variasi Olahan Pare Belut: Praktis, Sedap dan Tidak Pahit

“Mba, mau Pare Belut? Habis panen di kebun nih..”

“Nggak ah, aku nggak doyan pare… Pahiit..hii..”

“Eh, jangan salah mba.. Pare belut ini sama sekali nggak pahit lho!”

“Ah, masa iya? Bukannya semua pare tuh rasanya pasti pahit ya?”

“Buktikan saja. Nih, ada 2 buah Pare Belut hasil kebun KRPL, coba dimasak untuk membuktikan bahwa jenis pare yang satu ini sama sekali nggak pahit”

“OK lah kucoba.. Terima kasih parenya ya…”

***

Sahabat Lalang Ungu, apakah kalian tahu bahwa ada jenis pare yang tidak pahit? Atau apakah kalian juga mengira bahwa semua jenis pare pastilah pahit? Yuuk..kita kenalan dulu dengan Pare Belut dan 5 variasi olahannya yang praktis, sedap dan tidak pahit.

Mengenal Pare Belut

Pare Welut

Pare Belut hasil Kebun KRPL Guyub Rukun

Continue Reading →

Bantuan Banjir dari Hasil Kebun

November 20, 2021
by mechtadeera
71 Comments

Bantuan Banjir dari Hasil Kebun, Mengapa Tidak?

“Alhamdulillah..maturnuwun nggih, bapak-ibu.. Pas banget ini mau masak untuk makan siang, alhamdulillah menu untuk pengungsi beberapa hari ke depan bisa lebih bervariasi…”

Sahabat Lalang Ungu, ucapan terima kasih disertai pandang mata berbinar dan senyum merekah dari ibu-ibu relawan Dapur Umum saat menerima sedikit bantuan yang kami sampaikan kemarin, sungguh membuat hati tergetar. Hasil kebun kami yang tak seberapa, insya Allah bermanfaat..

Oya, tulisan berikut ini bukan bermaksud riya’ ya teman-teman…sekedar berbagi cerita bahwa kita bisa berbagi dengan beragam cara..syukur-syukur ada yg terinspirasi, hehe..

Hujan lagi..banjir lagi..

Beberapa hari belakangan ini, hujan turun dengan intensitas cukup tinggi, memperparah kondisi rob yang terjadi di sebagian wilayah, sehingga beberapa daerah pemukiman di kota kami terendam air.

Saat tulisan ini dibuat, 3 Kelurahan di Kota Pekalongan yang sebagian wilayahnya masih terendam air / banjir adalah Clumprit Kel Degayu (Pekalongan Utara), Pasirsari Kel PasirKratonKramat (Pekalongan Barat) dan daerah Gebang Kel Gamer (Pekalongan Timur).

banjir di Pekalongan

Kondisi sebagian wilayah yang terdampak banjir (Foto by Karmani & Lazim)

Continue Reading →