LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

September 29, 2022
by mechtadeera
1 Comment

Rekomendasi Hotel di Makassar dengan Harga Terjangkau

Makassar merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia dan memiliki banyak pilihan tempat wisata, salah satunya wisata pantai. Tidak heran mengapa kota ini juga memiliki banyak wisatawan yang ingin berlibur. Didukung pula dengan banyak pilihan hotel di Makassar untuk menginap yang nyaman mulai dari harganya yang terjangkau sampai yang mewah dengan bintang 5.

Ke Makassar tidak hanya wisata pantainya saja menarik tapi kamu juga bisa menjelajah berbagai kuliner di sana. Apakah kamu sudah siap berangkat ke Makassar namun masih bingung memilih tempat menginap?

Pilihan Hotel di Makassar

Berikut ini beberapa pilihan hotel di Makassar yang bisa kamu coba.

1. Myko Hotel & Convention Center

Jika kamu ingin memilih hotel dengan tema interior klasik dan elegan maka harus menginap di Myko Hotel. Hotel ini sendiri punya desain klasik dengan interior berdesain warna hitam dan emas yang berpadu sehingga menghasilkan arsitektur elegan. Hotel ini punya banyak fasilitas mewah seperti jacuzzi, pusat kebugaran hingga kolam renang.

Hotel juga sangat menarik karena dekat dengan berbagai tempat wisata seperti Pantai Losari, Pantai Tanjung Bayang, Bugis Waterpark hingga Benteng Rotterdam dan masih banyak lagi. Untuk biaya menginapnya permalam mulai dari 800 ribuan saja.

2. Claro Makassar

Claro Makassar jadi pilihan hotel terbaik yang memiliki kapasitas beragam. Kamu bisa memilih kamar standar dengan harga yang terjangkau sampai kamar mewah dengan fasilitas lengkap dan juga bisa berkapasitas banyak. Hotel punya kolam renang outdoor, tempat spa sampai ke tempat karaoke.

Biaya menginap per malamnya mulai dari 600 ribuan saja dan merupakan salah satu pilihan hotel mewah. Hotel ini juga dekat dengan banyak pantai-pantai terindah di Makassar tidak terkecuali Pantai Losari.

3. Aryaduta Makassar

Jika kamu ingin menginap dengan view Pantai Losari maka harus memilih hotel Aryaduta Makassar. Keluar kamar hotel ini, kamu bisa langsung menginjak pasir dan melihat indahnya Pantai Losari.

Hotel ini menawarkan kamar yang punya dua pilihan view yaitu pemandangan kota dan juga pemandangan pantai. Fasilitas di hotel berbintang 4 ini juga lengkap mulai dari kolam renang outdoor, tempat fitnes sampai sauna dan juga spa. Tidak hanya dekat dengan Pantai Losari, hotel juga dekat dengan beberapa pantai seperti Pantai Akkarena,  Pantai Tanjung Bayang dan juga Mall Panakukang.

Biaya menginap per malamnya di sini mulai dari 900 ribuan saja.

4. Favor Hotel Makassar

Favor Hotel Makassar merupakan pilihan hotel yang lokasinya cukup strategis di Jalan Lasinrang, Mangkura, Kota Makassar. Hotel ini merupakan hotel dengan harga terjangkau mulai dari 200 ribuan saja per malam namun memiliki banyak fasilitas yang terbilang lengkap.

Hotel punya fasilitas mulai dari kolam renang, pusat kebugaran, tempat barbeque hingga spa. Meski harganya murah kamu juga bisa mendapatkan akses wi-fi selama 24 jam. Hotel juga dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Pantai Akkarena, Pulau Kodingareng dan Trans Studio Makassar Theme Park.

5. Harper Perintis by Aston

Pilihan hotel ini harganya cukup terjangkau karena harga per malamnya mulai dari 500 ribuan saja. Hotel juga cukup strategis karena dekat dengan bandara dan lokasinya ada di pinggir jalan besar. Hotel memiliki desain rustik yang sangat elegan dan jika kamu sedang ingin mengadakan rapat maka tersedia ballroom dengan kapasitas besar.

Kapasitas ballroom-nya sendiri mencapai 1000 orang. Untuk fasilitas hotelnya sendiri ada kolam renang outdoor, tempat spa hingga pusat kebugaran.

6. Melia Makassar

Melia Makassar adalah sebuah hotel yang lokasinya ada di jantung Kota Makassar. Hotel cukup dekat dengan pusat perbelanjaan dan area perkantoran jadi cocok sekali bagi kamu yang sedang dalam perjalanan bisnis.

Hotel ini juga memiliki interior dan fasilitas yang mewah bahkan menawarkan fasilitas berteknologi tinggi. Tersedia lounge hingga bar dengan pemandangan Kota Makassar. Biaya menginap di hotel mulai dari 600 ribuan saja.

7. MaxOne Hotel & Resort Makassar

Pilihan hotel dan resort ini cocok untuk kamu yang liburan ke Makassar dengan keluarga karena harganya terjangkau dan ramah anak. Hotel memiliki konsep bahagia dengan warna cerah di setiap sudut hotel. Terdapat area bermain dan kolam renang khusus anak juga ada fasilitas flying fox yang ramah anak pula.

Harga menginap permalam mulai dari 300 ribuan. Destinasi wisata di sekitar hotel ada Pantai Losari dan beberapa pantai lainnya serta Trans Studio Makassar.

Sahabat Lalang Ungu, itu tadi 7 pilihan hotel di daerah Makassar yang bisa jadi referensi kamu baik yang ingin menginap untuk liburan maupun perjalanan bisnis. Untuk dapatkan pilihan hotel lainnya, kamu bisa kunjungi Traveloka dan manfaatkan beragam promo yang ada!

Continue Reading →

propagasi dengan air

September 25, 2022
by mechtadeera
45 Comments

Propagasi Dengan Air, Mengapa Tidak?

Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu.. Semoga sahabat semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu yaa.. Sepertiku yang sedang berbahagia pagi-pagi tadi ketika menjumpai tanda-tanda kehidupan baru dari beberapa propagasi yang kulakukan.

setek batang media air dan tanah

Hasil propagasi vegetatif

Bahagiaku memang sederhana. Melihat tanaman baru tampak segar dan juga akar-akar baru tampak sehat di balik air jernih yang menjadi media propagasi kali ini, sungguh menimbulkan rasa bahagia tersendiri bagiku.

Lho..propagasi kok dengan air? Nggak busuk tuh?

Nah, teman-teman.. Dalam tulisanku kali ini aku akan ceritakan tentang water propagation atau propagasi dengan air yang sedang kulakukan.

Apa Itu Propagasi Tanaman?

Propagasi tanaman adalah proses perbanyakan tanaman atau menciptakan tanaman baru. Terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vegetatif/aseksual dan generatif/seksual.

Setek dan cangkok merupakan contoh dari propagasi vegetatif yaitu menggunakan bagian-bagian sel/jaringan tanaman yang mempunyai kemampuan tumbuh kembali. Jaringan ini bisa terdapat pada akar, batang maupun daun.

setek batang media tanah

Contoh propagasi vegetatif :  setek batang wijaya kusuma dengan media tanah

Continue Reading →

September 16, 2022
by mechtadeera
16 Comments

Menuju Raga dan Jiwa yang Sehat

Mens sana in corpore sano. Sahabat Lalang Ungu masih ingat kalimat ini? Iya..kalimat yang kalau tak salah ingat kukenal sejak jaman SD dulu. Kalimat dalam bahasa latin yang kurang lebih artinya ‘jiwa yang sehat ada di dalam tubuh yang sehat’.

Ada pula yang mengartikannya sebagai ‘pikiran yang sehat ada dalam tubuh yang sehat’. Menurutku sih sama saja ya..kan pikiran yang sehat bersumber dari jiwa yang sehat? Dan keduanya itu hanya bisa ada di dalam tubuh yang sehat, bukan?

Eh..ngapain sih bahas tentang kalimat jadul yang masih relevan hingga kini dan masa yang akan datang ini?

Hehe..sebenarnya sih cuma mau cerita bahwa aku lagi dalam mood untuk kembali berolah-raga setelah sekian lama jadi anggota sekte rebahan saja 🤣

Tumben? Ada angin apa nih buuk? Mentang-mentang kemarin baru ikut upacara Haornas alias Hari Olahraga Nasional?

Hehe..nggak juga sih.. Oya, teman-teman tahu nggak kapan Haornas itu? Yups, betul banget.. Hari Olahraga Nasional diperingati tiap tanggal 9 September. Dan tema Haornas 2022 adalah “Bersama Cetak Juara” sesuai dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bahwa mencetak juara tidak bisa dilakukan satu pihak saja.

Apakah aku akan mulai rutin lagi berolah raga juga untuk menjadi juara? Continue Reading →

September 5, 2022
by mechtadeera
22 Comments

My Random Thought : Dari Kota Hujan ke Kota Suci

Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar hari ini? Semoga tetap sehat dan bahagia ya.. Oya, kali ini aku hanya ingin menuliskan beberapa hal yang mampir dipikiranku di akhir pekan ini. So, untuk kalian yang alergi baca cerita-cerita curhat gak jelas seperti ini, sila skip saja tulisan ini..hehe..

Rindu Kota Hujan

1 September adalah hari bersejarah untuk almamater tercinta, dan tahun ini adalah Dies Natalisnya yang ke 59. Selamat yaa..

Selamat 59th, almamater..

Ah, pikiranku melayang ke sekitar tiga Dasa Warsa lalu, saat pertama kali menginjakkan kaki di kota Bogor dengan diantar oleh bapak-ibu dan kakak-adikku.

Lhaah..rombongan mo piknik apa gimana tuuh?? Continue Reading →

August 28, 2022
by mechtadeera
20 Comments

3 Lokasi Asyik untuk Menikmati Santap Siang dan Pemandangan Alam

Hai Sahabat Lalang Unguweekend ini sudah melipir ke mana saja? Memang paling asyik tuh menikmati akhir pekan bersama orang-orang tersayang sambil mencari suasana yang berbeda ya..

Seperti yang kami lakukan beberapa waktu lalu, menyengaja mencari tempat makan dengan suasana berbeda dari yang sehari-hari kami hadapi, meski tak harus jauh-jauh dari rumah.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan berbagi pengalaman santap siang di 3 tempat yang memungkinkan kita menikmati makanan sekaligus menikmati alam. Salah satunya berlokasi di kota kami (Pekalongan) dan 2 yang lain di kota sebelah, yaitu Kab. Batang.

Continue Reading →

August 20, 2022
by mechtadeera
18 Comments

Menikmati Keindahan Sang Ratu Malam Wijaya Kusuma

Sahabat Lalang Ungu, tahukah kalian bunga yang dijuluki sebagai Ratu Malam?

Jika kalian menjawab bunga Wijaya Kusuma, maka jawaban kalian itu benar!! Tanaman hias Wijaya Kusuma mempunyai bunga yang cantik, yang hanya mekar sekali di malam hari dan mempunyai aroma wangi khas. Itu sebabnya dijuluki sebagai Bunga Ratu Malam.

Kami mempunyai kenangan indah dengan si Ratu Malam ini, sehingga ketika awal September tahun lalu berhasil mengadopsi serumpun kecil bunga ini dari mba Susi blogger Jepara, sungguh sangat senang hatiku. Sayang ibu sudah tiada saat itu, kuyakin beliau akan senang bila tahu akhirnya kami menanam lagi bunga kesukaan beliau di rumah ini.

Wijaya Kusuma

Kondisi Wijaya Kusuma di Oktober 2021 ~ album FB Mechta Deera

Pot kecil itu kusimpan di tempat bermandikan cahaya matahari sesuai pesan mba Susi sebagai tempat kesukaan bunga jenis ini. Setelah 11 bulan kami rawat, alhamdulillah hingga saat ini kami sudah 2x menikmati keindahan Sang Ratu Malam ini di rumah kami, dan saat ini sedang menantikan periode bunga ketiga. Continue Reading →

Bermain Galasin

August 13, 2022
by mechtadeera
20 Comments

Kemeriahan Lomba Menyambut HUT RI ke 77

Tujuh belas Agustus tinggal beberapa hari lagi, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, kemeriahan menyambut HUT RI ke 77 sudah sangat terasa. Jauh lebih terasa greget-nya dibanding 2 tahun sebelumnya, karena tahun ini kita lebih ‘bebas’ merayakannya meski Covid19 belum juga berlalu.

Begitu pula di kantor kami, tahun ini baru dimulai lagi diadakan lomba-lomba 17-an setelah 2 tahun sebelumnya sepi tanpa acara bersama seluruh pegawai. Berikut kuceritakan kemeriahan lomba menyambut HUT RI ke 77 di lingkungan kantor kami.

Lomba Permainan Tradisional antar OPD

Tim Lomba 17an Dinperpa

Tim Dinperpa 2022

Continue Reading →

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

August 7, 2022
by mechtadeera
21 Comments

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

Kemuning. Kalau mendengar kata itu, apa yang terpikirkan oleh kalian, Sahabat Lalang Ungu?

Kalau aku, terus terang langsung terbayang bunga putih cantik nan mungil yang beraroma harum.. Ya, Bunga Kemuning yang sepertinya sudah tak asing lagi bagi para pecinta bunga hias ya..

Kemuning

Sekuntum Kemuning : Putih. Mungil. Wangi.

Namun, kali ini aku ingin bercerita tentang Kemuning yang sama sekali tak ada hubungannya dengan bunga hias, namun sama-sama mengandung keindahan dan menimbulkan rasa senang.

Kemuning yang ada dalam tulisanku kali ini adalah nama sebuah desa di Kecamatan Ngargoyoso Kab Karanganyar Jawa Tengah. Desa Kemuning ini terkenal karena mempunyai potensi wisata kebun teh.

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

Kunjungan Mendadak ke Karanganyar

Continue Reading →

July 31, 2022
by mechtadeera
23 Comments

Sebuah Reuni dan Drama 2 Babak Yang Menyertainya

Rencana reuni itu sudah kudengar beberapa bulan yang lalu, namun keputusan untuk menghadirinya memang baru kuputuskan di hari terakhir pendaftaran, yang hanya beberapa hari sebelum acara akan dilaksanakan. Selain karena ada beberapa jadwal kegiatan dinas yang harus kupastikan terlebih dahulu, juga karena akhir-akhir ini sebenarnya aku masih merasa kurang nyaman bertemu banyak orang. Beruntung salah satu sahabat meyakinkanku untuk hadir, sebuah keputusan yang tidak kusesali bahkan kini kusyukuri.

Oya, acara yang kumaksud itu adalah reuni akbar 35 tahun angkatan kuliah kami di Kampus Hijau Bogor. Iya betul..35 tahun! Memang sudah setuwir itulah kami..wkwkwk… Kami dari angkatan 23, sementara saat ini angkatan terbaru di kampus itu sudah 58. Kalau dulu kami pertama kali berkenalan sebagai anak-anak muda yang idealis, penuh cita-cita tentang masa depan yang gemilang, maka saat ini kami bertemu kembali sebagai emak-emak dan bapak-bapak (bahkan sebagian juga sudah berstatus kakek-nenek) dengan berbagai kenangan indah dari masa muda nan gemilang 😀

Reuni Akbar 35 Th, Sabtu 23 Juli 2022

Begitulah, akhirnya pada akhir pekan ke-3 di Bulan Juli kemarin lalu aku kembali bersua dengan kota kenangan dan sahabat-sahabat masa kuliah, dan kisahnya akan kutuliskan di sini ya.. Continue Reading →

July 17, 2022
by mechtadeera
65 Comments

Belajar Budidaya Anggrek Bersama Teras Sinau Bareng Salatiga

Hai Sahabat Lalang Ungu… Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya.. Seperti aku, yang saat ini bahagia karena tanaman-tanamanku tumbuh subur, termasuk anggrek-anggrek ku.

Ya, meskipun belum semua anggrek yang kurawat di rumah saat ini berhasil berbunga, namun aku tetap bersyukur karena kondisi tanaman-tanaman itu sesuai harapan : sehat dan sesuai perkembangan di masa vegetatif mereka.

Bagiku ini penting karena pernah ada masanya aku tidak berani merawat anggrek sebagaimana pernah kuceritakan di tulisanku : Kala Anggrek Pertamaku Berbunga.

Keberanianku mulai merawat anggrek sekitar 2 tahun lalu karena dorongan dari teman-teman kantor yang saat itu mulai mempraktekkan budidaya anggrek hasil kultur jaringan, juga karena beberapa kali mendampingi kelompok binaan belajar budidaya anggrek.

Teras Sinau Bareng Salatiga

Nah, salah satu tempat kami belajar budidaya anggrek adalah di Teras Sinau Bareng (TSB)  yaitu sebuah tempat pelatihan budidaya anggrek yang berlokasi di Jl. Arjuna 45B Karangalit Salatiga. Continue Reading →