LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

JBFP2019 pada Perayaan Syawalan Kota Pekalongan

June 16, 2019
by mechtadeera
56 Comments

Serunya Perayaan Syawalan Tahun 2019 di Kota Pekalongan

Serunya perayaan syawalan th 2019 di Kota Pekalongan

Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu. Minggu pertama di Bulan Syawal 1440 H baru saja berlalu dengan berbagai kemeriahan perayaan Syawalan di berbagai daerah. Demikian juga di kota kami, Pekalongan. Mau tahu tentang serunya Perayaan Syawalan Tahun 2019 di Kota Pekalongan? Yuk..mari kuceritakan ya.. Continue Reading →

Botok Bongkrek Pekalongan

June 12, 2019
by mechtadeera
62 Comments

Resep Botok Bongkrek Khas Pekalongan

Hai Sahabat Lalang Ungu, sudahkah tahu Resep Botok Bongkrek khas Pekalongan? Atau jangan-jangan malah baru sekali ini mendengar nama kuliner ini? Hehe… Kalau begitu, coba perhatikan foto berikut ini ya..

Botok Bongkrek Pekalongan

Botok Bongkrek Pekalongan

Nah, itulah penampakan salah satu menu khas Pekalongan yang bernama Botok Bongkrek. Bagaimana, apakah tampilan menu itu familiar buatmu? ☺

Beberapa waktu lalu, aku mengunggah foto itu di akun Instagramku @mechtadeera dan ternyata banyak teman berkomentar belum pernah tahu tentang menu itu…apalagi mencicipi nya ya? Hehe… Rupanya kuliner Pekalongan  satu ini masih kalah terkenal dengan Megono dan Tauto Pekalongan, dua menu khas Pekalongan lainnya..haha ..

Ok lah kalau begitu..ada baiknya melalui rumah mayaku ini, kuperkenalkan saja Botok Bongkrek ini ke khalayak ramai ya.. Hihi..gaya bener deh ngomongnya ya, macam blognya terkenal saja 😊 Tapi tak apalah ya..meskipun blog ini DA/PA nya masih ndlosor tapi tak ada salahnya ikut mempromosikan tentang kuliner daerah sendiri, bukan?

Yuk mariii…kita mulai saja mengenal tentang Botok Bongkrek ini ya.. eng ing eng….

Continue Reading →

June 10, 2019
by mechtadeera
34 Comments

Lebaran kami di 1440 H kali ini

Hai Sahabat Lalang Ungu… Selamat Idulfitri 1440 H bagi sahabat yang merayakannya…dan mohon maaf lahir batin untuk semua sahabat, atas segala khilaf kata maupun lakuku dalam silaturahmi kita selama ini ya… Masih  dalam suasana Lebaran, maka izinkanku kali ini menuliskan tentang suasana lebaran di keluarga kami pada tahun ini ya…

Continue Reading →

June 4, 2019
by mechtadeera
40 Comments

Empan Papan : Salah Satu Adab Budaya Jawa yang Universal

Empan papan, salah satu adab Budaya Jawa yang universal. Lalang Ungu. Kok ora empan papan, yo? Itu sebuah kalimat tanya -dalam bahasa ibuku tentu saja..hehe- yang muncul di benakku ketika ‘membaca’ sebuah kejadian yang lumayan heboh beberapa waktu lalu.

Aksi – Reaksi
(Pic : Pixabay)

Sebuah tanya yang muncul dari rasa heranku atas kejadian tersebut. Seorang public figure ketika melakukan (atau tidak melakukan) sesuatu di muka umum, pastilah mengundang kehebohan. Entah itu disengaja atau tidak, yang pasti kerusakan -setidaknya potensi kerusakan- telah terjadi.

Oya, kali ini aku tidak ingin mengulas tentang sosok tertentu lho, namun lebih kepada suatu tindakan yang memicu ingatanku pada kata ‘empan papan‘. Eh, teman-teman mengerti kah tentang istilah yang kupergunakan kali ini? Kalau belum, tenang saja…akan kuberitahu, tentu saja! ☺ Continue Reading →

May 30, 2019
by mechtadeera
34 Comments

Kenangan Mudikku, dari Waktu ke Waktu.

Hai Sahabat Lalang Ungu…sudah siap-siap mudik, atau malah sudah mudik? Pagi ini ketika membuka sosmed, satu kata yang kulihat kerap berseliweran di TL saat ini : Mudik.

Ada berita-berita tentang mudik bersama yang difasilitasi pemerintah, ada cerita dan foto-foto teman-teman yang mudik dengan kereta wisata yang nyaman difasilitasi sebuah perusahaan besar, banyak pula cerita-cerita mudik personal yang tak kalah asyiknya dan diperlancar dengan telah dioperasionalkannya jalan-jalan tol baru. Banyak lagi cerita mudik lainnya…

Menjelang pintu tol Ngemplak Solo

Alhamdulillah..dengan adanya Jalan Tol mudik makin asyik

Menikmati cerita-cerita mudik itu, aku jadi teringat dengan salah satu ritual lebaran itu yang dulu juga kujalani dengan senang hati, namun akhir-akhir ini tidak lagi.

Ya, ketika aku mendefinisikan mudik sebagai pulang menemui orang-tua, maka tidak perlu lagi mudik bagiku yang sejak beberapa tahun terakhir ini nyanding Ibu alias kembali serumah dengan ibu, satu-satunya orang-tuaku saat ini. Sebaliknya, tugas kami saat ini adalah menerima para pemudik : kakak-kakak dan keluarga mereka yang mudik ke rumah kami menjumpai ibu.. 😃

Tapi…membaca cerita-cerita mudik, aku kok jadi kangen suasana dan kehebohan mudik juga nih.. Tak apa ya, jika dalam tulisan ini aku ingin bernostalgia sejenak dengan romantika mudik yang pernah kulalui.. Inilah kenangan mudikku, dari waktu ke waktu.. Continue Reading →

May 24, 2019
by mechtadeera
76 Comments

Festival Balon Udara Tambat : Nguri-uri Tradisi Tanpa Melanggar Regulasi

Balon udara yg ditambatkan

Festival Balon Udara Tambat : nguri-uri tradisi tanpa melanggar regulasi

Festival Balon Udara Tambat : Nguri-uri Tradisi Tanpa Melanggar Regulasi. Salam Jumpa, Sahabat Lalang Ungu… Apa kabar? Memasuki 10 hari terakhir Ramadhan kali ini, semoga tetap semangat ya…

Lebaran sebentar lagi, pasti sudah banyak yang tak sabar menanti, bukan? Ya, lebaran dengan segala macam tradisinya memang selalu dinanti-nanti kehadirannya oleh kaum muslim khususnya dan juga masyarakat umum. Mudik, adalah tradisi yang erat kaitannya dengan lebaran…dan tradisi lain yang juga tak dapat dipisahkan dari suasana lebaran adalah perayaan Syawalan -sepekan setelah lebaran- dengan segala tradisi yang memeriahkannya. Continue Reading →

Minuman Olahan Okra

May 19, 2019
by mechtadeera
59 Comments

Yuuk, Mengenal Kopi Okra

Kopi Okra Elgiro Semarang

Kopi Okra Produksi KT Elgiro Semarang

Yuuk, mengenal Kopi Okra. Selamat pagi Sahabat Lalang Ungu.. Apa kabar? Semoga sehat selalu di pertengahan Bulan Mei, sekaligus hari ke-14 Ramadan 1440 H ini.

Beberapa waktu lalu, aku mengikuti salah satu pertemuan ‘Teman Berkebun’ yang membahas tentang pembuatan Kopi Okra. Nah..awalnya aku penasaran tuh, maksudnya minuman kopi + okra atau minuman kopi dari okra ya? Teman-teman ada yang sudah tahu atau pernah mencicipi Kopi Okra ini? Nah..jika belum, mari berkenalan dengan Okra dan Kopi Okra ini ya.. Continue Reading →

May 13, 2019
by mechtadeera
68 Comments

Terketuk Bocah Penjual Getuk

Salam Jumpa, Sahabat Lalang Ungu. Apa kabar? Semoga sehat selalu di Ramadan ini ya.. Kali ini aku ingin bercerita tentang hatiku yang terketuk bocah penjual getuk beberapa hari yang lalu.

***

“Getuuuk…getuuuuk… Getuuuukeeee….” terdengar suara nyaring memecah suasana Jumat pagi itu, di antara suara motor yang lalu lalang di jalan depan rumah. Kutajamkan pendengaran ku. Dan kembali kudengar suara itu berulang-ulang dengan jeda beberapa saat, suara melengking khas bocah.

Bergegas aku membuka pintu dan beranjak ke ujung teras, tepat lewatnya bayangan punggung dua orang bocah menjinjing keranjang di tengah mereka. Kutepukkan tangan dan menyerukan kata ‘getuk’ cukup keras sehingga keduanya berhenti dan menoleh. Ada senyum di bibir mereka ketika mereka kemudian berbalik arah menuruti lambaian tanganku memanggil mereka.

Penjual Getuk

Continue Reading →

May 5, 2019
by mechtadeera
44 Comments

Tutupan Menjelang Ramadan ke Bandar Batang

Piknik di Bandar ECO Park

Tutupan Menjelang Ramadan di Bandar ECO Park

Tutupan Menjelang Ramadan ke Bandar Batang. Salam Jumpa Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Untuk sahabat-sahabat muslim, sudah bersiap menyambut Bulan Ramadhan ya? Dalam kesempatan ini, izinkan aku mohon maaf lahir dan batin serta mengucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadhan bagi sahabat muslim ya…

Sebagaimana kita tahu, banyak tradisi / kebiasaan masyarakat dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Di daerah Jawa misalnya ada tradisi nyadran, Ruwahan, padusan, megengan dll. Nah, kali ini aku akan cerita tentang salah satu acara menjelang Ramadan yang kulakukan bersama teman-teman beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga : Pembuatan Kue Apem dan Pasung untuk Ruwahan

Acara Tutupan Menjelang Ramadan

Selain jenis-jenis kegiatan yang kusebutkan sebelumnya, di lingkungan kami ada juga kebiasaan untuk berkumpul bersama teman / keluarga, yaitu acara yang sering kami sebut ‘Tutupan Menjelang Ramadan’.

Dalam acara ini, kami mengadakan kumpul-kumpul -bisa dengan rekan kerja / teman main / sahabat / tetangga / keluarga- dan melakukan makan siang bersama sebelum memasuki Ramadan yaitu bulan di mana tidak ada jadwal makan siang bagi yang menjalankan puasa ☺

Tentu acara ini diakhiri dengan saling bersalaman, bermaaf-maafan agar tak ada yang mengganjal di hati dan dapat lebih fokus dalam beribadah di Bulan Suci ini.

Tutupan bisa dilakukan di rumah / kantor / tempat makan, dan lebih asyik lagi bila dilakukan sambil wisata bersama. Seperti yang kami lakukan saat libur 1 Mei kemarin, berwisata bersama rekan kerja + keluarga. Continue Reading →

May 3, 2019
by mechtadeera
64 Comments

7 Tips Kontrak Rumah Bandung Untuk Pasangan Baru Menikah

7 Tips Kontrak Rumah Bandung Untuk Pasangan Baru Menikah

7 Tips Kontrak Rumah Bandung untuk Pasangan Baru Menikah (foto: Pixabay)

Hampir semua pasangan baru menikah tidak ingin tinggal dengan orang tua atau mertua. Iya, tidak? Tinggal di rumah sendiri tentu jadi impian semua pasangan yang sudah resmi di hadapan hukum dan agama ini.

Selain karena tentu tidak mau lagi merepotkan orang tua, tinggal di rumah sendiri untuk pasangan yang sudah menikah adalah momen untuk benar-benar hidup mandiri untuk mendapatkan privasi.

Tapi, tentu saja tidak semua pasangan muda mampu untuk langsung membeli rumah. Sehingga, menyewa rumah kontrakan menjadi alternatif  yang mau tidak mau harus diambil.

Nah, untuk anda yang berniat tinggal di Bandung bersama pasangan anda, saya punya beberapa tips yang sangat berguna untuk memilih rumah kontrakan Bandung. Apa saja, ya, kira-kira? Ayo kita bahas satu per satu!

Continue Reading →