LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Buah Ciplukan
Buah Ciplukan

Ciplukan, Si Mungil Liar yang Bermanfaat Besar

| 38 Comments

Ciplukan, Si Mungil liar yang bermanfaat besar. Mentari mulai menebarkan sinar hangatnya ketika kumulai aktivitas pagi menyusuri pematang di kebun / tegalan kantor kami, beberapa waktu lalu.  Sengaja memilih waktu pagi untuk mengetahui kondisi lahan kami, lumayan sambil berjemur pagi..hehe..

Tak disangka, di salah satu sudut kebun pagi itu, aku menemukan ‘harta Karun’, sebuah pohon kecil dengan cabang-cabangnya yang digantungi buah serupa lampion-lampion kecil. Ini dia penampakannya…

Pohon Ciplukan

Nah..inilah temuan ‘harta Karun’ pagi itu.. 😊

Kenapa aku menyebutnya ‘harta Karun’? Nah, untuk Sahabat Lalang Ungu yang baru lihat pohon ini, mari kita kenalan dengan Ciplukan ya..

Tentang Ciplukan

Nama dan Klasifikasi Tanaman

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Physalis angulata L. ini dikenal dengan banyak nama lokal. Dalam Bhs Indonesia disebut Ciplukan, dan nama-nama daerah lain adalah Ceplukan (Jawa), Cecendet (Sunda), Lapinonat (Seram), Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Yor-yoran (Madura), Dedes (Sasak), Leletokan (Minahasa), dll.

Adapun untuk klasifikasinya, Ciplukan ini masuk Kingdom : Plantae; Divisi : Spermatophyta ; Sub divisi : Angiospermae ; Kelas : Dicotyledonnae ;  Ordo : Solanales ; Famili : Solanaceae ;  Marga : Physalis ; Spesies : Physalis angulata L.

Ciplukan ini bunganya kecil-kecil berwarna kuning, sedangkan buahnya terlindung oleh perbesaran kelopak bunga, berwarna hijau saat muda dan kuning kecoklatan setelah matang. Buah-buah inilah yang bergantungan seperti lampion dan terlihat cantik 😍

Buah Ciplukan

Buah Ciplukan seperti Lampion 😍

Habitat Ciplukan

Tanaman ini aslinya dari Benua Amerika, namun saat ini telah menyebar di banyak negara tropis, salah satunya di negara kita. Oya, orang asing menyebut buah ini dengan morel berry.

Biasanya tumbuh di dataran rendah (antara 1-1550 m dpl) dan tumbuh liar di kebun, tegalan, pinggir jalan, tanah lapang, tepi hutan, dll. Namun kabarnya saat ini sudah mulai dibudidayakan karena sudah diketahui banyak manfaatnya.

Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan

Manfaat Ciplukan

Manfaat Ciplukan

Terus terang, aku juga belum lama tahu bahwa buah mungil yang tumbuh liar ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Awal aku menyebutnya sebagai harta Karun saat menemukannya adalah karena sudah lama tidak menemukan tanaman yang akrab di masa kecilku ini.

Ya, waktu kecil dulu sering menemukan tanaman ini di sekitar rumah, memakan buahnya yang manis asam bersama saudara dan teman masa kecil, adalah kenangan indah. Menemukannya kembali, menikmati manis asamnya seakan mengembalikan ingatan akan kebahagiaan di masa kecil, harta karunku 😊

Buah Ciplukan

Buah Ciplukan

Lalu ketika mengunggah foto buah ini di sosmedku, mendapat komentar dari beberapa teman bahwa itu buah yang cukup mahal. Seorang teman bahkan memposting kemasan buah itu yang dijual di supermarket. Banyak pula ditawarkan di toko online, dengan harga yang lumayan juga. Ahay…aku pun heran, lalu mencari info tentang buah mungil yang saat matang berwarna kuning muda ini.

Akar tumbuhan ciplukan pada umumnya digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Buah ciplukan sendiri sering dimakan; untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning. (ccrc.farmasi.ugm.ac.id)

Nah, itu salah satu uraian tentang manfaat Ciplukan yang kutemukan di dunia Maya. Cukup banyak artikel lain yang membahas manfaat Ciplukan untuk kesehatan ini, dan rangkumannya adalah sbb :

Kandungan senyawa bermanfaat pada Ciplukan

Dari berbagai bacaan baru kutahu bahwa hampir seluruh bagian tanaman ini bermanfaat, mulai dari akar, daun hingga buahnya.

Adapun kandungan senyawa bermanfaat yang ada pada Ciplukan ini adalah : chlorogenic acid, poliphenol, asam sitrat, fisalin, asam malat, asam oleat dan linoleat, alkaloid, tanin, karotenoid, vitamin (A,C,D,K), gula, elaidic acid, antioksidan dan antiinflamasi. Hm, sangat beragam ya.. Pantas saja bila dikatakan besar manfaatnya bagi kesehatan kita.

Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan Ciplukan

  • Hipertensi / darah tinggi
  • Diabetes
  • Batu Ginjal
  • Bisul
  • Gusi Berdarah

Untuk cara pengobatannya dengan Ciplukan dapat teman-teman baca lebih lanjut di tulisan ini

Manfaat lain Ciplukan

  • Melindungi tubuh dari radikal bebas, karena antioksidannya yang tinggi juga adanya karoten dan senyawa polifenol
  • Membantu menurunkan Berat Badan, dengan kandungan kalori sekitar 53 Kal/100gr, buah-buah mungil ini dapat memberi asupan nutrisi yang cukup besar tanpa menyumbang lemak dan kalori negatif
  • Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini karena kandungan asam oleat dan linoleat yang ada dalam buah ini

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah beberapa manfaat tanaman Ciplukan yang kuketahui dari berbagai artikel di dunia Maya. Kalian penasaran? gugling saja dengan kata kunci manfaat Ciplukan, maka banyak artikel yang bisa kalian baca tentang hal ini.

Mengetahui manfaat besar dari Ciplukan ini, kami mulai menanamnya juga, meskipun belum berhasil dari biji, melainkan memindahkan dari anakan-anakan Ciplukan yang kami temukan di kebun 🙂

Ciplukan di polibag

Mulai membudidayakan Ciplukan

Adakah di antara kalian yang suka juga dengan Ciplukan ini? Atau ada yang sudah menanamnya juga? Yuk bagi ceritanya di kolom komen ya.. Terima kasih..

Baca juga : Bunga Telang, Tanaman Rambat Kaya Manfaat

38 Comments

  1. Rasanya aku pernah lihat pohon ciplukan ini tapi di mana ya lupa. Mbak Tanti masih hapal aja ini nama kingdom , ordonya segala hehehe ini jaman aku SMA belajarnya

  2. Dulu waktu kecil buah ciplukan ini sering saya jumpai di rumah2 tetangga mbak, tapi sekarang sepertinya sudah langka. Dan baru tahu kalau khasiat buah ini banyak sekali, bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Jadi pengen nih nyari bibitnya dan ditanam didepan rumah.

  3. Aku juga duluuu suka liat mba dan main Masak-masakan dengan buah ini. Sekarang udah jarang liaat

  4. Ternyata banyak ya manfaat buah ciplukan ini. dulu waktu aku kecil sering banget mencari buah ini, hanya sekadar penasaran aja sih haha ternyata sekarang orang banyak mencari untuk obat yaa. btw gimana cara menanam pohon ini ya agar bisa berbatang ebsar begitu.

  5. ciplukan ini rasanya gimana ya mbak, penasaran pengen cobain aku tuh 🙂 karena belum pernah hehee tapi pernah liat di supermarket ada jual, sedikit tp harganya mahal banget 🙁

  6. mirip belimbing ya? atau saya salah? hihih, baru tau tanaman ini dan manfaatnya yang ternyata beragam. Moon Maap, buta soal tanaman, aplg tanaman apotik hidup.

  7. Ini buah yang kalau nemu seneng banget di panen karena dulu masih gampang bgt ditemui. Ternyata khasiatnya banyak. Mulai nyari ah karena bapak didiagnosa hipertensi

  8. ooooo namanya ciplukan. baru tauu aku.

  9. ohh namanya buah ciplukan ya?
    disini gak tau juga sih apa namanya, pernah dengar orang bilang buah ular klo ndak salah. (mungkin disebut gitu karena tumbuhnya liar)
    katanya emang bisa tuk diabetes, ternyata emang benar ya.

  10. Ciplukan ini kan tumbuhan liar, Mbak, dan orang-orang tua menyebutnya panganan ular wkwk.. Karena percaya, saya gak pernah mendekati tanaman ini meski penasaran dan gemes dengan bentuknya. Sayangnya, ketika buah ini disebut2 mahal, saya jarang nemu lagi di di tegalan. Boro2 lihat tanamannya, di Surabaya udah jarang ada tegalan!

  11. Baru tahu tentang buah ciplukan ini, baru lihat ternyata banyak manfaatnya. Terima kasih sudah menulis tentang ini…

  12. Aku keinget buah ciplukan ini cuma buat mainan zaman kecil ternyata bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat ya mbak. Wah bisa menurutnkan berat badan juga? #langsung melek haha
    Tapi sayangnya selama di Jakarta (coret) ini aku malah blm pernah liat tanaman ciplukan ini huhu

  13. Mbaaa pas di Kendal kemarin ibuku masak ini. Rasanya empuk karena dioseng dan enak buat lauk apalagi ada ikan asin dan sambel hahaha ngilerre

  14. Aku baru denger nama tanaman ini kayaknya di tempat aku ga ada, atau mungkin ada cuma ak ga tau hehe namanya unik ya

  15. Aku suka mba makan ciplukan, tapi sayang ibu ga nanem nih. Kadang-kadang kalau pas jalan-jalan di kebon orang malah ada.

  16. Ciplukan ini banyak manfaatnya ya memang. Aku baru tahu pas pindah ke kontrakan yang sekarang. Tetanggaku ada yang sengaja nanam ciplukan di tanah kosong depan kontrakan kami. Di sayur enak juga.

  17. Aku sering liat tanaman ini nih, baru tau ternyata banyak khasiatnya ya, rasanya kaya gimana tuh mba buahnya, karena kan kalo org bule nyebutnya masih ke dalam jenih berries ya katanya?

  18. Ciplukan ini bisa dimanfaatkan to, kak Tanti?
    Ya Allah…selama ini aku liat dan kagum sama bentuk buahnya yang unik aja…
    Ternyata bisa disayur juga…plus mahal pula harganya yaa..

  19. Karena kurang manis, sewaktu kecil pohon ini saya abaikan saja sih, tapi ada beberapa teman yang memang suka cemilin buah ini. Setelah besar, baru tahu deh manfaatnya apa aja. hahaha

  20. Istri saya suka sekali dengan ciplukan, kemarin dia banyak tanam di halaman rumah. Kalau saya kurang suka, agak aneh rasanya

Leave a Reply

Required fields are marked *.