LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Lestarikan Cantik dan Sehatmu dengan Pegagan, Komoditas Lokal Sarat Manfaat

| 67 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya…meskipun hujan masih sering turun di awal Bulan Maret ini dan menimbulkan rasa waswas kalau-kalau banjir kembali datang.

Eh tapi, jangan lupa bahwa hujan juga membawa rahmat, dirindukan oleh alam, termasuk tanaman-tanaman. Pemandangan hijau segar tanaman sehabis hujan, seringkali menjadi pemandangan indah yang menyejukkan mata dan hati. Contohnya ini nih..penampilan segar salah satu koleksi tanaman kami dalam polibag di sudut halaman.

Hayo..ada yang tahu kah, tanaman apakah itu?

Sahabat, apakah kalian familiar dengan nama Centella asiatica? Coba cek label pada kemasan skincare kalian, mungkin pada bagian ingredients-nya ada tertulis ekstrak Centella asiatica sebagai salah satu bahan di sana?

Nah, Centella asiatica adalah nama latin dari Pegagan, tanaman yang ada di foto di atas. Salah satu dari banyak manfaat Pegagan adalah untuk kesehatan kulit. Itu sebabnya ekstrak tanaman ini sering menjadi salah satu bagian penting dari produk-produk skincare, misalnya serum, hand n body lotion, dll.

Sekilas Tentang Pegagan

Pegagan (Centella asiatica) merupakan herba yang banyak ditemukan di berbagai daerah kita. Awalnya merupakan tanaman liar yang tumbuh di sawah, ladang, kebun, tepi sungai, dll. Namun saat ini telah banyak dibudidayakan karena merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat.

Konon berasal dari Asia tropik sebelum menyebar ke banyak negara termasuk di banyak daerah di Indonesia, itu sebabnya ada beragam nama lokal untuk Pegagan, a.l : Peugaga, Antanan, Daun Kaki Kuda, dll.

Tanaman yang merupakan tumbuhan terna -merayap menutupi tanah- dan banyak dijumpai di tempat yang cukup lembab ini mempunyai ciri-ciri antara lain : daun berbentuk lingkaran dengan tepian bergelombang dan bergerigi, tidak mempunyai batang, tinggi tanaman 10-50 cm.

Bentuk saun Pegagan

Pegagan dengan bentuk daunnya yang khas

Kandungan dan Manfaat Pegagan

Pegagan sudah lama dikenal sebagai tanaman obat tidak hanya oleh masyarakat kita namun juga pada masyarakat India, Malaysia, Pakistan, juga sebagian negara Eropa Timur.

Dikutip dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika, kandungan yang ada pada Pegagan ini adalah asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vallarine, tanin dan juga garam mineral (kalsium, natrium, magnesium, kalsium dan besi).

Penguat daya tahan otak saraf adalah yang paling sering disebutkan sebagai manfaat tanaman ini, ada yang menyebutnya sebagai tanaman anti pikun, hehe..

Selain itu, dari berbagai sumber disebutkan manfaat tanaman ini a.l : menjaga kesehatan kulit,  menyembuhkan luka bakar, menambah ketahanan tubuh, membersihkan darah, memperlancar urine, menyeimbangkan tingkat energi dan juga menurunkan gejala stres / depresi, dll.

Budidaya Pegagan

Meskipun Pegagan dapat ditanam di daerah dengan ketinggian sampai 2500 dpl, namun ketinggian tempat optimum untuk budidaya Pegagan ini adalah 200-800 dpl.

Dapat diperbanyak dengan biji (generatif) namun membutuhkan waktu yang cukup lama sehinga seringnya perbanyakan dilakukan secara vegetatif dengan menggunakan tunas anakan / stolon.

Pilih benih dengan stolon yang sudah ada minimal 2 calon tunas, disemaikan selama 2-3 minggu dengan media tanam campuran tanah & pupuk kandang (2:1). Letakkan semaian ini di tempat ternaungi dan disiram setiap hari.

Pegagan bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan

Pegagan (Centella asiatica) yg bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan

Selanjutnya siapkan tempat penanaman yaitu dengan menggemburkan tanah, membersihkan dari gulma dan ranting. Pengolahan tanah sedalam 30 cm, lalu dibuat bedengan dan saluran drainase agar lahan tidak tergenang.

Penanaman sebaiknya pada awal musim hujan, dilakukan pada bedengan dengan jarak tanam antar baris 20-30 cm sedangkan jarak dalam baris 20-25 cm. Panen dapat dilakukan setelah tanaman berumur 3-4 bulan, dengan cara memangkas bagian daun dan tangkainya. Panen selanjutnya tiap 2 bulan. Ohya, bila ada keterbatasan lahan, Pegagan juga dapat ditanam dalam pot / polybag, seperti yang kami lakukan.

Pemanfaatan Pegagan Sebagai Komoditas Lokal yang Berpotensi untuk Produk Kecantikan, Perawatan Diri dan Kesehatan

Daun Pegagan ini dapat dikonsumsi secara langsung / segar dengan cara dilalap, diurap atau disayur, diolah sebagai keripik atau juga dibuat Jus.

Penggunaan Pegagan Untuk Kesehatan

Pegagan dapat pula dikonsumsi dalam bentuk kering dan diseduh sebagai teh herba. Dalam salah satu artikel di web Pos-Kupang, disebutkan ada perbedaan takaran pembuatan teh herba bagi dewasa dan anak-anak. Untuk orang dewasa sekitar 10 gr daun kering sedangkan untuk anak-anak 2,5 gr. Direbus dengan 3 gelas air hingga matang dan dapat ditambahkan gula batu / susu bila ingin manis.

Selain itu, Pegagan dapat dikonsumsi pula dalam bentuk ekstraknya. Kapsul berisi ekstrak Pegagan ini sudah banyak diperjualbelikan di masyarakat kita, baik penjualan online maupun offline.

Penggunaan Pegagan Untuk Perawatan Kecantikan

Siapa yang tak ingin kulitnya cantik? Untuk perawatan kecantikan khususnya untuk kesehatan kulit, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak Pegagan ataupun mengoleskannya langsung ke kulit dalam bentuk lotion, serum, masker ataupun lulur.

Kubaca pada salah satu artikel di dunia maya, ternyata pembuatan & pengaplikasian  masker Daun Pegagan ini cukup mudah : (1) haluskan 10-15 helai Daun Pegagan segar. (2) Tambahkan Minyak Zaitun 1 sendok makan, Tepung Beras secukupnya dan 1 butir telur, aduk rata. (3) Aplikasikan secara merata ke wajah dan leher, diamkan hingga mengering. (4) Bersihkan dengan air hangat.

Sedangkan untuk Lulur Daun Pegagan pembuatan dan pengaplikasiannya adalah sebagai berikut : (1) Siapkan bahan-bahan : 100 gr Daun Pegagan segar, madu, minyak Zaitun dan Jeruk Nipis. (2) Blender semua bahan hingga berbentuk pasta. (3) Balurkan ke seluruh tubuh hingga agak mengering. (4) Bilas dengan air hangat hingga bersih.

Dengan beragam manfaatnya, tentu saja Pegagan ini mempunyai nilai ekonomis yang relatif tinggi terutama setelah dilakukan pengolahan, oleh karena itu pengelolaan Pegagan sejak budidaya hingga pengolahannya bisa menjadi alternatif usaha yang dapat memberdayakan masyarakat agar dapat terwujud masyarakat sejahtera secara merata, tidak hanya di kota namun di seluruh pelosok daerah.

Masyarakat sejahtera dan lingkungan terjaga merupakan bagian dari Visi Ekonomi Lestari sebagaimana tergambarkan melalui video berikut ini :

Kegiatan pemberdayaan amsyarakat melalui pemanfaat lahan pekarangan juga sudah banyak menuai hasil yang cukup menggembirakan, misalnya keberhasilan KWT yang pernah kutuliskan beberapa waktu lalu.

Nah Sahabat Lalang Ungu, yuk lestarikan cantik dan sehatmu dengan Pegagan, komoditas lokal yang sarat manfaat ini. Ada yang mempunyai pengalaman tentang hal ini? Bagi kisahnya di kolom komen yuk..

Baca juga tulisan di kategori Berkebun & tanaman yuk..

***

Referensi :

1. Disebut Manfaatnya Bisa Mencerdaskan Otak dan Umur Panjang, Yuk Kenali Tentang Tanaman Pegagan. Pos-Kupang.com. 1 Juli 2020. Diakses pada 3 Maret 2021

2. Awet Muda dengan Daun Pegagan. dermeva.com. 30 Desember 2019. Diakses pada 3 Maret 2021.

3. Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban). Pusat Kajian Hortikultura Tropika. 23 Maret 2018. Diakses pada 3 Maret 2021.

67 Comments

  1. Bener-bener nggak nyangka lho, dulu sering lihat tanaman ini dan dianggap biasa saja. Setelah cek kandungan skincare, ternyata salah satu kandungannya ya pegagan ini. Mana harga skincare yg mengandung pegagan juga nggak murah. Kira-kira pegagan yang dipakai oleh produsen skincare apakah berasal dari Indonesia?

  2. Liat gambarnya, jadi ingat skincare apa ya namanya, yang ada daun centelanya di dalamnya.
    Ternyata khasiatnya luar biasa ya, sampai-sampai kandungan Pegagan atau Centella asiatica ini lagi digandrungi banget 🙂

  3. pegagan ini kalau di Indonesia di pandang sebelah mata, setelah korea bikin centela yang booming di mana2 baru deh tanaman ini di lirik sama brand lokal juga 🙂

  4. Ooh baru tau ternyata Centella asiatica itu pegagan. Banyak manfaatnya ya daun pegagan ini. Aku pernah beli sabun batang yang mengandung pegagan untuk mandi, karena waktu itu ada jerawat2 di punggung. Ternyata ampuh juga, kulit jadi lebih bersih dan jerawat yang dipunggung juga banyak berkurang waktu itu.

    • khasiatnya untuk kulit memang sudah banyak terbukti ya mba..

    • Dari dulu pake facial wash nya sariayu yg pegagan ini dan batu ngeh beberapa bulan lalu pas centela asiatica naik daun. Berarti sariayu daridulu udh memanfaatkan pegagan ya dan yg lain baru ngikuti sekarang ni. Tapi emang bener si ampuh bgt ngobatin jerawat aku udah nyoba soalnya

      • Mungkin juga.. Sayangnya masih banyaj yg belum tahu tentang Pegagan ini karena yg tercantum dan heboh itu Centela asiatica nya hehe..

  5. Kadang aku tuh nggak ngeh kalau itu pegagan, mba. Kayaknya kalo di tulis gini aku bakalan lebih aware juga ini. Dan teryata bermanfaat juga 🙂

  6. daun pegagan ini banyak manfaatnya ya mba… Aku seringnya malah makan sayurnya deh, Eh, apa bener yang ini ya? Yang pasti kandungannya banyak khasiat

  7. Selama ini sibuk dengan bebikinan zat kimia untuk mempercantik dan merawat kulit, ternyata memanfaatkan yang tersedia di alam, justru lebih baik.
    Pegagan, beneran amazing banget.

  8. pegagan ini banyak banget tumbuh di Indonesia tapi lebih populer sekarang dengan istilah centela asiatica nya di skincare.

  9. Daun ini bermanfaat banget ya mbak buat kulit makin cerah. Beberapa kali pernah lihat jenis ini cuma belum pernah coba di rumah.

  10. Halo mbak Tanti ^^
    Saya jadi keingat tadi pagi menuju ke pasar dekat rumah, di tengah jalan ada orang yang menjual beberapa tanaman didepan rumahnya. Nampaknya salah satu tanamannya mirip sama Pegagan ini, terutama ada bunga kecil cantik ditengah itu.
    Jadi kepengen balik lagi ke penjual tanaman itu, mau memastikan apakah itu Pegagan atau bukan. Kalau iya, kan lumayan yak bisa dipelihara terus diolah buat jadi obat anti pikun ihihihi..

  11. Malah lebih tau nama latinnya dulu dibanding nama Indonesianya. Iya, saking boomingnya tanaman ini di skincare kan. Aku sendiri belum pernah nyobain sih skincare berkandungan pegagan. Denger2 bagus buat membuat kalem kulit wajah. Ternyata emang manfaatnya banyak, ya mbak.

  12. AKu bayanginnya kalau digoreng jadi keripik macem keripik bayam itu kah mba Tan?
    AKu beberapa kali liat sih tanaman ini, tapi baru tahu bisa dijus juga

  13. Beberapa tahun terakhir centella asiatica naik daun banget ya mbaks etelah jd bahan dasar kosmetik padahal dr jaman dulu udh banyak di Indonesia n kayanya dianggap taneman ga guna ya ternyata manfaatnya banyak bgt. Aku baru tau kalo bisa dijus juga

  14. Saya familiar dg jenis tanaman ini tapi baru ngeh namanya pegagan, dan Tercerahkan melalui artikel ini. Bahwa pegagan bahan untuk perawatan kulit.
    Betapa alam semesta ini menyediakan semua untuk manusia.

  15. Manfaat Pegangan oke juga ya Mba. Selain bisa dikonsumsi juga bisa untuk kecantikan. Jujur daunnya tuh emang cantik sih. Adikku seneng bgt nanem2 gini

  16. Lagi ngetrend ya Mbak, si cica.

    Btw akutu penasaran, pegagan yang biasa hidup liar di ladang/di rumput2 itu punya manfaat yang sama nggak sama pegagan air

    • aku tahunya pegagan tanahseperti ini, Rin..klo pegagan air malah blm ngulik.. Pegagan ini sama dg yg tumbuh liar di kebun2, tapi sudah dibudidayakan..

  17. Wah baru tau nih ternyata manfaat pegagan banyak ya. Bisa jadi bahan alamai skincare juga.

  18. Kalo aku biasanya dibuat jus mbak , campur sama jeruk nipis plus madu, seger banget itu

  19. Wah aku biasanya bikin ramuan daun sirsak, sirih dan daun salam..belum pernah coba daun pegagan ini… ternyata banyak khasiatnya..

  20. Ah bisa juga untuk masker wajah ya. Dan pegagan ini jarang banget dilirik untuk dijadikan tanaman di rumah ya mbak. Tapi aku punya tanaman ini, selama ini baru dijadiin lalapan

  21. Pegagan lagi naik daun nih mba, digunakan untuk perawatan kulit wajah terutama yang memiliki problem jerawat. Ternyata Indonesia tuh kaya loh dengan sumber daya alam yang bisa digunakan untuk perawatan tubuh.

    • iyaa..dulu aku tahunya manfatnya sbg ‘vitamin buat otak’ eh ternyata malah ngehits sbg bahan kecantikan hehe..

  22. Saya baru tau malahn ada tanaman ini. Kebetulan memang bukan florist dan pengguna scin care hehehe…

    Kalau saya nggak baca tulisan ini, terus nemu pegagan, pasti bakal saya tebas soalnya ngira itu rumput liar yang mengganggu.

  23. Dulu kayanya sering lihat dan dibiarkan begitu saja. Ternyata bisa diolah jadi teh ya? Bisa jadi lulur dan skincare macem-macem pula. Terima kasih buat resep perawatannya mba.

    Jadi tertarik untuk cari tanaman ini karena belakangan memang suka racik teh yang “aneh”. Hahaha

  24. sering banget denger centela atau pegagan ini di kandungan skincare zaman now. baik itu toner, pencuci muka sampai masker Mbak. ternyata memang khasiatnya banyak sekali ya.

  25. Sering baca namanya, tapi karena artikel ini jadi tau bentuknya gimana. Lucu juga ya bunder gitu daunnya. Sekilas sih biasa aja, tapi ternyata manfaatnya juara.

  26. Aku rutin minum herbal yg mengandung pegagan juga ka. Insyallah yg dr alam selalu bermanfaat

  27. Masya Allah aku belum aware sama tanaman ini dan khasiatnya yang banyak sekali. Bahkan bisa diseduh teh dan dijadikan masker ya. Keren banget

    • khasiatnya utk kecantikan dan kesehatan mba..

    • Skincare Korea banyak yang pakai pegagan. Kalau di sini pegagan tumbuh liar tak ada yang menyentuh. Ternyata bagus banget buat kulit nih. Bisa dipakai masker langsung ke wajah.

  28. Skincare Korea banyak yang pakai pegagan. Kalau di sini pegagan tumbuh liar tak ada yang menyentuh. Ternyata bagus banget buat kulit nih. Bisa dipakai masker langsung ke wajah.

  29. Aku baru tahu mba mechta rupanya bentuk daun pegagan itu kayak gitu yaaa. Ada yg jual pegagan bubuk nggak ya?

    Khasiatnya memang bnyk banget yaa. Aku lg beralih ke produk lokal yg ramah lingkungan nih, jadi malah suka berburu produk home made gitu. Produk lokal homamed gt banyak yg bagus skrg nih..

Leave a Reply to Lulu Khodijah Cancel reply

Required fields are marked *.