LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Ada (hubungan) apa diantara mereka?

| 12 Comments

Ketika beberapa waktu lalu jalan2 bersama keluarga, kendaraan yang kami tumpangi berhenti di dekat areal persawahan yang (tampaknya) belum lagi tanam.  Yang menarik perhatian kami adalah terdapat beberapa ekor sapi yang sedang merumput disana….dan disekitarnya ada burung-burung yang asyik ngetutke si sapi kemanapun sapi itu melangkah…

Satu ekor sapi diikuti oleh 2 ekor burung di kanan kirinya… wiih, seperti bos dengan ajudannya saja… haha… Ini dia fotonya, dua ekor sapi yang berbeda, masing-masing dengan ‘pengawal’nya…

sekedar pertemanan biasa...atau simbiosme mutualisma?

Sekedar pertemanan biasa…atau simbiosis mutualisma?

Aku jadi teringat pelajaran Biologi jaman SMP dulu, tentang hubungan simbiosis mutualisma antara Burung Jalak dan Kerbau, dimana si burung mendapat keuntungan berupa makanan (kutu) dan si kerbau juga diuntungkan karena kutunya habis dimakan burung itu.

Hm…apakah begitu juga yang terjadi antara Sapi dan (kalau tak salah) burung Kuntul Sawah itu ? Ada hubungan apa diantara mereka, ataukah cuma kebetulan saja mereka ada di tempat yang sama? *Eh.. kok terdengar seperti narasi di infotainment2  itu yah..hehe..*

Bagaimana pendapatmu, teman?  *pertanyaan iseng di akhir pekan*

12 Comments

  1. Itu kebetulan aja mungkin mbak, tu si kuntul nyari kodok dibawah sapi.. 😀

    Hm, mungkin juga ya… atau kodoknya kebawa Sapi? lha kok kuntul itu mrana mrene ngetutke sapine..hehe…

  2. ada hubungan cinta ya..kan bulan pebruari, penuh dengan lope2 gituh !

    hm..mungkin juga ya…tapi klo begitu.. cibta segi3 dong.. wkwkwk…

  3. Hehehe…. salut dengan mu mba Mechta…. yang terfikir untuk mengabadikan moment indah ini dan menjadikannya postingan… Keren!
    Setia juga para pengawal itu mengikuti komandannya yaaa? Hihi.
    Hm… aku rasa simbiosis mutualisme deh mba… but sik sik… ada ga terlihat olehmu si ajudan memanfaatkan sesuatu dari tubuh komandannya? 😀

    hehe… iseng mbak Al, lagi ga ada bhn posting.. Tentang pemanfaatan, itulah mbak, sayangnya selama kami disana (yg memang sebentar saja).. tak terlihat ada ajudan yang menaiki atau mematuki bosnya.. jadilah aku tak yakin, apa keuntungan yg didapatnya..hehe… BTW..sudah sehat lagi,mbak?

  4. kalau sedang di kampung, aku juga acap melihat pemandangan ini Mbak Mechta. burung kuntulnya senang aja kali ya dapat teman. dan untuk kita pemandangan serupa itu sungguh hiburan …

    hehe.. iya mbak… seneng melihat kerukunan mereka ya 🙂

  5. Pertemanan kuntul-sapi, rukun grubyuk ngetut sapi. Elok Jengmenemukan dan mengabadikan kerukunan ini? Salam

    hehe…. kebetulan kok ngepasi wonten Bu…. 🙂

  6. ini jelas hubungan konspirasi.., kuntul Dan sapi itu sengaja bersama-sama, supaya ada orang yg merhatiin, lalu merasa aneh lalu difoto lalu diposting diblog…
    :))

    haha… teori konspirasi yg ciamik tuuh…. apalagi klo dikomenin sama WAW… widiih… makin sukses konspirasi mereka yo.. hehe… thx sdh mampir 🙂
    Eh…aq barusan dari TKP… tapi ga bisa meninggalkan jejak ..hiks..

  7. hubungannya ya sama sama suka main di sawah
    hhaha

    naah… yg itu memang masuk akal.. *eh,suka maen di sawah juga po? kok tahu..* hehe..

  8. bener-bener ditempat yang salah mbak, knapa subuh2 kelayapan hehehe

    err… klo si sapi n kuntul, jelas gak subuh2 to Jeng… lha klo yg subuh2 kelayapan…. sik sik, tak nengok inpotemen dulu hehe…

  9. Errr…seperti si burung dan si sapi saling suka auntie, tapi apa daya mereka beda spesies, jadi tak bisa bersama *efekkebanyakannulisfiksi* qiqiqiqi

    hmm… coba kita tanya Haris dulu ya Rin.. kali2 aja dia punya solusinya… *efekkebawafiksisieneng* 😀

  10. Sapi mencari rumput, kuntul mencari ikan-ikan kecil. Wet…, ini hubungan yang dimaksudkan dalam tulisan ini?

    hm…lalu kenapa si kuntul ngikutin sapi terus ya? apa sapi tahu tempat ikan2 itu sembunyi??? hehe…

  11. Pertemanan luar biasa kali Mbak, atau pertemanan anti biasa seperti yang dibilang Pak Mars 😀

    betoool 🙂

  12. Lucu Mba Mechta, gatahu juga kenapa ya. Sapinya kece kali Mba. Hihihi

    iya Dan… kece..bur kali, hehe..

Leave a Reply

Required fields are marked *.