LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah

| 17 Comments

TMdKyTP

TMdKyTP by Mechta Deera

Akhir sebuah cerita adalah karya fiksi pertama yang kutulis di blog -tepatnya di Beranda Mechta – pada tahun 2011 (tahun kedua aku ngeblog) dan ternyata aku menemukan keasyikan tersendiri saat menulis fiksi, sehingga upaya belajar menulis fiksi itu terus berlanjut, terlebih ketika kemudian aku ‘berkenalan’ dengan komunitas pecinta fiksi antara lain Berani Cerita, Monday Flash Fiction, dll.

Ketika cerpen-cerpen dan flashfictionΒ  hasil belajar selama sekitar 3 tahun ini ( yang tayang di blog itu maupun di Lalang Ungu ini) kucoba kumpulkan, ternyata lumayan juga jumlahnya … Saat itulah timbul ide untuk mengemasnya menjadi sebuah kumpulan cerpen.

Maka kemudian aku memilah cerita-cerita yang telah terkumpul itu dan mengelompokkannya berdasarkan tema-tema yang senada. Jadilah beberapa kelompok dan ternyata yang terbanyak bertemakan mimpi / impian, maka kuputuskan untuk membukukan dulu tema yang satu itu.

Mengingat kerjasama yang menyenangkan dengan Penerbit SixmidadΒ yang bersamanya aku telah berhasil menerbitkan Notes from Mecca ( memoar )Β  dan Janji Pagi ( kumpulan puisi ), maka akupun tak berpikir lama untuk mengirimkan naskah kumcer-ku itu kepada penerbit indie tersebut.

Gayung bersambut, tanpa banyak masalah proses penerbitan buku kumpulan cerpen ku selesai sudah, dan di akhir bulan kedua tahun 2015 ini, terbitlah buku ketigaku : “Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah” yang berisi 29 cerita pendek. Oya, buku ini berukuran mungil -yang sangat pas diselipin ke tas kecil atau saku jaket- sehingga mudah dibaca di rumah atau bahkanΒ  dibawa jalan-jalan .. πŸ™‚

TMdKyTP

Judul Buku : Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah

Penulis : Mechta Deera

Jenis Buku : Fiksi

Jumlah Halaman : vi + 113

Ukuran Buku : 10,5 x 17 cm

Penyunting : Tim Sixmidad

Desain Isi & Sampul : SixmidArt

Penerbit : Sixmidad – Bogor

ISBN : 978-602-0997-07-0

Cetakan pertama : Pebruari 2015

Harga : Rp. 40.000,-

***

17 Comments

  1. Congrats ya Mbak. Pengen buru2 nyusul πŸ™‚

    Terima kasih… ayooo, realisasikan … πŸ™‚

  2. Selamat ya Mba…. sudah ada di toko buku ya?

    Terima kasih, mas Ryan… Ini indie mas, jadi sementara ini baru tersedia di saya atau penerbitnya … mudah2an ke depan bisa bekerja sama juga dg tobuk .. Aamiin … πŸ™‚

  3. Wah Selamat Mbak Mechta, sudah tiga buku lahir ya Mbak. Salut!

    Terima kasih, Dani… baru 3, Dan .. masih jauh dari pencapaian teman2 lain .. tapi mudah2an masih akan ada ke-4, 5 dst… Mohon doanya yaa… πŸ™‚

  4. Selamat ya Diajeng, berkarya tiada henti ….menginspirasi pembaca
    Selamat untuk mimpi-impi yang telah terwujud maupun dalam proses terwujud
    Mari terus bermimpi dan berani mewujudkannya.
    Salam

    Maturnuwun, Bu Prih… suntikan semangat dari panjenengan dan teman2 lainnya sangat menunjang upaya [erwujudan mimpi2 saya.. πŸ™‚

  5. Hebat Mbak Mechta. Produktif sangat menerbitkan buku. Selamat ya..

    Terima kasih mbak Evi… ah, baru sebuah pencapaian kecil mbak.. masih jauh dari pencapaian mbak & teman2 lainnya … Hanya sedang berusaha meninggalkan jejak di kehidupan ini, mbak.. hehe…

  6. Congrats ya mbakyuuu….lancar terus nulisnya :*

    suwun, Diajeng ayu… Semoga dirimu begitu juga yaa… πŸ™‚

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mectha…

    Alhamdulillah, usahanya mantap mbak dan berhasil diterbitkan. Mudahan semakin deras ide dan bisa diterbitkan lagi, ya. Tumbang bahagia melihat keberhasilan, mbak.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

    Walaikumsalam wr.wb… Kak Siti Fatimah … Terima kasih doa & supportnya… Salam manis dari Kota Batik πŸ™‚

  8. Mbak Mechtaaaaa…
    Keren sekali sih mbak ku iniiiiih!
    Selamat yah mbaaaak πŸ™‚

    Pokoknya aku mau beliiiiii…
    Aku inbox yah πŸ™‚

    aiih..jadi melaaaar nih kepalakuuu… aku kan ingin mengikuti semangatmu yg selalu seru & sukses di kontes2 ituuuh, Erry … Tararengkyu banget kalau mau nglarisi… alhamdulillah.. πŸ™‚

  9. Selamat ya Mbak .. semoga ada buku2 selanjutnya.

    aamiin … terima kasih support & doanya, Teh Dey πŸ™‚

  10. selamat iya mba mechta hehehe good luck mba πŸ™‚

    terima kasih, mba Ipah πŸ™‚

  11. aku scroll ya mbak, mau baca bukunya dulu buat di tulis nanti πŸ™‚

    mangga…silakan mbak Lidya >:

  12. Wah mencoba format ukuran baru nih …
    Selamat aunty …
    Semoga sukses peluncuran bukunya

    Salam saya
    (13/3 : 1)

    hehe… iya, Om.. biar lebih ringkes kalau mau dijadikan teman perjalanan πŸ™‚
    Maturnuwun supportnya, Oom NH πŸ™‚

  13. Uwoooo mantab tenan mbakku ini. Selamat ya mbak. Kapan2 klo ke semarang aku nitip yes ^-^

    Suwun…. Insya Allah yaa… Halaah..sing mantab ki yo adindaku sing manis iki to yaa….halan2 teyus karo Pak Gub ganteng je.. hehe…

  14. Selamat ya mbak…. makin produktif nulis bukunya….
    buku yg ini termasuk mungil ya mbak. InsyaAllah nanti kalau beli buku di sixmidad, buku ini salah satunya.

    maturnuwun mbak Susi… insya Allah tidak terhenti di sini … sekali lagi maturnueun bila kersa nglarisi πŸ™‚

  15. Trnyata nerbitkan buku gak harus nulis panjang lebar ya. Dari cerpen2, di kumpulkan uda jadi buku..
    Hebat mbak..

    Tak hanya cerpen Rian.. Artikel2 sejenis / setema di blog kita jg bs jd bahan buku lho..hehe… Trims ya…cm msh jauh dr hebat laah..klo yg sdh hbt mah yg bukunya tebel2 ituuh hehe

  16. MasyaAllah..keren mba mechta πŸ™‚

Leave a Reply

Required fields are marked *.