LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Pilih Mana : Makan Di Tepi atau Di Tengah Sungai?

| 60 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar di akhir pekan kali ini? Semoga tetap sehat dan bahagia menikmati akhir pekan ini ya..

Akhir pekan memang paling asyik buat jalan-jalan ya.. Entah itu sekedar mencari tempat makan, atau melipir mencari suasana berbeda di tempat yang berbeda, tadabbur alam misalnya..

Eh, bagaimana bila dapat tempat makan yang bisa sekalian menikmati pemandangan alam yang menyejukkan mata dan suasananya menentramkan hati? wiiih…tentu saja mengasyikkan sekali!

Seperti pengalaman kami beberapa waktu lalu, makan bersama di 2 tempat yang tak hanya asyik untuk kulineran namun juga mendapatkan pemandangan alam yang indah. Simak yuuk ceritanya…

Pilih mana : makan di tepi atau di tengah sungai?

Kalibatur Resto : Asyiknya Makan Di Tepi Sungai

Saat berkunjung ke kota kelahiran pada awal Maret 2022 lalu untuk ziarah makam / nyadran, kami sempat mencari-cari tempat makan yang asyik di sekitar sana. Awalnya mau mampir lagi ke Banyumili yang juga merupakan tempat asyik untuk makan sambil menikmati suasana pedesaan, namun akhirnya tertarik untuk mencoba tempat lain semacam itu di sekitar sana.

Resto Kalibatur akhirnya menjadi tempat tujuan kami saat itu, karena tertarik dengan rekomendasi teman bahwa selain nyaman untuk kulineran, bisa main-main air di sungai juga.. Wii..langsung tertarik lah..apalagi saat itu kami ajak si kecil yang memang paling hobi kecehan 😁

Alhamdulillah sesampai di sana, yang kami temukan sesuai dengan ekspektasi sebelumnya : sebuah tempat yang nyaman untuk mengisi perut sambil menikmati alam 🙂

Di Kalibatur Resto

Area outdoor Kalibatur Resto, nyaman..

Di resto yang berlokasi di Kauman Kidul Kec Sidorejo Kota Salatiga Jawa Tengah ini, pengunjung dapat memilih tempat makan di dalam gazebo-gazebo atau di meja-meja berpayung ataupun tempat lesehan di ruang terbuka. Kesemuanya terletak di sisi kiri-kanan aliran sungai kecil yang menjadi daya tarik resto ini.

kuliner tepi sungai Kalibatur Resto

Mau lesehan / duduk di kursi? sama-sama nyaman kok..

Ya, sungai kecil berair jernih yang membelah lokasi resto ini, sangat mengundang untuk bermain air. Sungai kecil ini dangkal, sehingga anak-anak pun bisa masuk ke sungai namun tentunya tetap dalam pengawasan orang dewasa, karena dasar sungai agak licin dan aliran air cukup deras. Selain bisa kecehan / bermain air, pengunjung juga dapat memancing di area yang disediakan. Lingkungan hijau khas pedesaan di sekitar tempat makan pun sangat memanjakan mata.

Sungai di Kalibatur Resto

Sungai dangkal berair jernih..salah satu daya tarik Kalibatur Resto

Kami memilih salah satu meja berpayung di sisi kiri sungai, sehingga tetap bisa memantau si kecil yang langsung nyebur ke sungai sejak beberapa menit setelah sampai di sana dan terus berkeceh-ria hampir sepanjang waktu kami di sana, terjeda saat menyantap makan saja! 😉

bermain air di Kalibatur Resto

Sisi yang full hepi bisa kecehan sepuas-puasnya di sini..

Alhamdulillah untuk menu yang kami pesan pun sesuai untuk lidah kami. Nasi Goreng Ayam, Nasi Goreng Seafood, Nasi Goreng Babat, Brokoli Seafood, Ca Kangkung, Gurami Goreng dan Cumi Asam Manis yang kami pesan tidak mengecewakan. Adapun untuk minumnya kami memilih 2 jenis saja: teh panas dan ice lemon tea.

Sebagian menu seafood di Kalibatur Resto

Sebagian pesanan kami di Kalibatur Resto

Ketjeh Resto : Sensasi Makan Di Tengah Sungai

Selain menikmati asyiknya kulineran di tepi sungai, di lain kesempatan kami menikmati kulineran di area sungai lainnya yang lebih unik, yaitu makan di tengah sungai!

Masih di bulan Maret 2022 lalu, dalam perjalanan nyekar ke makam kakak di Jogja, kami sampai di daerah Klaten sekitar waktu makan siang dan memutuskan untuk kulineran di daerah sana. Kami pun mencari melalui google dan menemukan nama resto yang cukup unik : Ketjeh Resto. Saat membaca nama resto yang satu ini, yang terbayang di benak kami adalah tempat makan yang dekat dengan kolam/sungai sehingga yang hobi keceh (Bhs Jawa : bermain air) akan dengan mudah terfasilitasi untuk berbasah-basahan di sana. Dan kami pu tertarik untuk mengunjunginya.

Ternyata, resto ini bukan hanya tempat makan di tepi sungai seperti yang di Salatiga. Fasilitasi kecehan di sana bahkan lebih unik lagi, yaitu ada meja-meja tempat makan yang terletak di tengah sungai!

Ketjeh Resto ini berlokasi di Desa Wangen, Kec Polanharjo, Kab. Klaten Jawa Tengah. Satu lokasi dengan lokawisata De Wangen, tak jauh dari lokawisata Umbul Manten dan Watergong. Saat memasuki area resto ini, ada petugas yang akan meminta pengunjung memilih tempat makan (pilihan bisa dilihat di papan besar di pintu masuk ini) yang terbagi menjadi area basah dan area kering.

Setelah memilih tempat, kami di arahkan untuk memesan menu terlebih dahulu. Ada beragam menu personal maupun paket keluarga, dan kami memilih salah satu paket keluarga tersebut. Oya, tidak hanya menu olahan ikan kok yang bisa dipesan di sini.. Setelah memilih menu dan membayar maka bisa langsung menuju meja yang sudah dipilih sebelumnya. Pengunjung dapat memilih tempat makan di area basah / tergenang air atau area kering (indoor maupun outdoor) yang ada di sekitar aliran sungai yang dibendung membentuk kolam besar berair dangkal itu.

Karena kami memilih meja di tengah sungai, maka untuk menuju ke sana kami harus nyobrok (berjalan di area berair) sambil nyangking / menenteng alas kaki dan cincing alias sedikit menarik ke atas ujung pakaian kami.. Serasa jadi korban banjir deeh.. 😂

area basah Ketjeh Resto

Nyobrok sik yuuk..

Sambil menunggu pesanan datang kami ngobrol ngalor-ngidul sambil menikmati pemandangan sekitar (kebun kangkung dan pepohonan teduh) serta mendengarkan suara gemericik air. Rupanya di dekat tempat duduk kami ada aliran air yang diarahkan menjadi air terjun mini sehingga suara khas gemericik air cukup dominan.

Di Ketjeh Resto Klaten

Maksibar di Ketjeh Resto Klaten

Ternyata memang ada sensasi yang berbeda saat menyantap makanan di tengah aliran air begitu. Alhamdulillah menu paket keluarga yang kami pesan bersama jus, lemon tea dan teh hangat itu pun tak mengecewakan. Oya karena airnya dangkal -hanya sematakaki- terlihat cukup banyak anak-anak sibuk berjalan-jalan di sekitar meja tempat keluarganya berkumpul. Namun menurutku perlu hati-hati juga meski airnya dangkal tapi ada batu-batu berlumut di dasar sungai yang membuat licin dan tetap harus waspada agar tak tergelincir.

Selesai makan, menyeberang kembali ke tepi, lalu sempat jalan-jalan sebentar melihat-lihat area lain. Ternyata banyak juga spot-spot cantik untuk pepotoan meski tanpa basah-basahan. Oya, di kolam buatan itu disebar juga ikan-ikan hias mungil, anak-anak tampak senang nguber-uber ikan sambil bermain air.

Ketjeh Resto Klaten

Suasana Sebagian Area di Ketjeh Resto Klaten

Nah, Sahabat Lalang Ungu, itulah cerita pengalaman kami menikmati makan siang di tepi sungai dan di tengah sungai. Keduanya asyik.. Kalau kalian, lebih milih yang mana? Bagi yuk pendapatnya di kolom komen..

Baca juga cerita jalan-jalan kami lainnya yaa..

60 Comments

  1. Di Kalibatur saya sudah pernah nyoba mbak kalau yg Ketjeh Resto belum sih. Kayaknya asyik juga ya maem sambil keceh banyu

  2. Waah menarik nih Ketjeh Resto … merasakan sensasi makan di tengah sugai. Kebayang kalau bawa anak2ku, mereka pasti senang dan gak berhenti main air.

  3. aku ga bisa berenang dan phobia air mba, makan di tepi sungai aja udah ndredeg kayaknya wkwkwkk

  4. ya ampun, aku aja yang cuma menikmati foto-foto dan ceritanya jadi kepingin deh ke sana juga. foto-fotonya kurang banyak… nggak ada videonya mbak? ih mupeng banget aku liat artikel ini. kayaknya makan disana aman ya nggak ada kucingnya… kan lantainya air mengalir gitu.. kucing nggak suka… idaman aku banget ini tempat makan terbuka yang tidk ada kucingnya.

    • hihi..iya mba..otomatis gada kucing yg ganggu saat makan. sebenarnya ada videonya tapi blm bs unggah video di post..hehe..

  5. Aku pengin yang di tengah sungai mbaa… seru nih makan sambil kakinya kecipak-kecipik yaa… Unik banget nih konsepnya. Kudu ke sini nih ngajak anak wedok, pasti dia suka banget.

  6. di tepi atau di tengah sungai semua sama asyiknya, pokoknya dekat sungai deh. Saya tuh suka banget main di alam yang airnya air tawar gini. Alias main di sungai, air terjun, mata air.. yang segar-segar gini. Ya ampun coba yaa sungai-sungai di Lombok sini dikelola dengan baik, bisa deh jadi area pemandian sekaligus tempat rekreasi keluarga yang kece kayak gini.

  7. Dua-duanya seru sepertinya mba.
    Tapi sepertinya yang sambil makan dengan kaki ngeciprak air di Ketjeh Resto seru ya, jadi bisa mengenang masa kecil saat sering makan di tengah sungai, tapi di atas batu bukan di saung dan gazebo tjantik begitu.
    Daerha Klaten makin banyak tempat makan yg menarik ya.

    • klo aku sambil nangkring kakinya mba..coz geli rasanya kakinya kena air mengalir dalam.waktu cukup lama..hehe..

  8. Cakep mba tempatnya, Makanannya juga menggoda banget, pas nih buat refreshing bareng sama keluarga

  9. Kalau bawa anak-anak bisa susah diangkat dari air, nih. Karena biasanya anak-anak suka dengan air hehehe. Tapi, biasanya setelah main air, makannya jadi semakin lahap

    • nah itu dia..bujuk2nya laamaa..sdh mentas, mandi ganti baju trus makan.eh hbs makan mau nyebur lagi.. ampuun..

  10. Makannya di tepi sungai aja supaya fokus. Selesai makan baru deh main air. Duh anak-anak bisa susah diajak pulang haha

  11. Seru dan asyik tentunya makan di tempat seperti ini karena suasananya yang berbeda. Perut kenyang, hatipun senang

  12. aku suka dua – duanyaa mba.. pengalamannya jadi unik banget ya.. di tengah sungai maupun di tepi sungai semuanya asyik

  13. Wah seru sekali yaa mba, makan di tengah sungai kaya gini, makanannya juga enak-enak tuh kayanya, nanti kalo main ke daerah situ wajib mampir ah nyobain sendiri nih

  14. Wah seru bangeeett nih rumah makannya, ada kalinya 😀
    Anak2ku kalau kuajak ke sana yang ada gak konsen makan maunya kecek2 terus di air sungainya nih kyknya 😀
    Tp bener mbak tetep kudu diatasin ya anak2 ini khawatirnya tergelincir
    Emaknya mah cukup di pinggir aja sambil makan 😀
    Kyknya menu makanannya enak2 ya mbak 😀

  15. Asyik banget kayaknya nih dua-duanya…seru. Jadi penasaran dengan sensasinya terlebih kalau viewnya asyik wah pasti betah berlama lama ya….

  16. mau ngerasain sensi makan di tengah sungai aja kyknya mba, habis maen air otomatis makin laper tingkat dewa ya kan. makin banyak dah makanan yg diembat. Noted bgt ini Kalibatur, smoga ada rezeki maen kesana 🙂

  17. Terpukau aku, kak Tanti.
    Rasanya kembali menghidupkan inner child dalam diri. Makan sembari ditemani dengan aliran air di kaki atau dekat dengan sungai. Gak hanya anak-anak, orangtua pun turut bersuka ria…

  18. Wihh konsep tempatnya unik dan cerdas banget ya! Bisa aja kepikiran bikin tempat untuk makan ala-ala di tengah sungai, saya mau coba jugaaa

  19. Duh, indah banget mba, ini makan menikmati hidangannya sambil cuci mata dengan melihat alam, air mengalir

  20. Ini salah satu tempat wisata yang ingin kukunjungi tapi belum kesampaian, anak pasti senang kecehan nih

  21. Itu di ketjeh resto beneran kaki berendam ya pas makan. Aku khawatir masuk angin hihihi..

  22. Asik ya bisa makan di tepi sungai dan di tengah sungai. Kalau aku dulu jaman masih SD tiap hari ke sungai hanya untuk berlatih berenang tapi sampai sekarang cuma bisa renang gaya batu aku tuh jadi laper nih lihat gurami goreng dan cumi asam manis setelah baca postingan ini.

  23. Ihhh seru keliatannya mau makan harus ada effort nya dulu ya. Harus siap2 kebasahan nih makan disini. Meskipun pilih area kering pasti kena ciprat2 dikit ga si? Hihi

  24. Memang seru ya makan sambil kakinya main air begitu, aku belum pernah di Ketjeh Resto. Kalo Kalibatur udah pernah, seneng dengan suasana di lokasi yang masih asri ya Mba.

    Itu beneran ya nyincing rok biar gak basah kayak orang yang kebanjiran, hihihi

  25. Asik nih buat destinasi healing bareng suami. Bisa keceh keceh manja seperti di film bollywood wkwkkw

  26. waaah ma syaa Allah, masuk list buat icip kesana mbaak, kalau pas week end ramai banget gak ya mbak? dan sepertinya dua anakku bakal minta jebur jebur disungai hahahaa

  27. keduanya asik semuanya mba Tan, yang penting bareng keluarga hehehe
    seru banget ya itu duduw pengen liburan jadinya. Semoga kapankapan bisa keturutan dolan ke situ

  28. Duh, tempatnya asyik banget sih mbak. Ini sih betah banget kalau ngajak anak-anak. Di Salatiga ada tempat makan sekece ini.. baru tahu lo. Siip lah, kapan-kapan kalau meluncur ke kota masa kecil, mau mampir aah.

  29. menarik konsep restorannya ya mbak, apalagi ada sungai dangkalnya segala, jadi tempat asyik untuk menikmati weekend bersama seluruh keluarga.

  30. Apa khabar, Diajeng? Mugi tansah sehat.
    Asiiknya makan bersama keluarga di tepian kali bersih.
    Salam

    • Ibuuu..apaa kabar Bu? Semoga sehat selalu Bu.. Maturnuwun sdh mampir.ke rumah maya sederhana ini..

Leave a Reply

Required fields are marked *.