LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Obong-obong

| 9 Comments

Ngobong suket ing lemah nganggur

Ngobong suket ing lemah nganggur

Hm… jare obong-obong sampah, suket  lan sak panunggale ki dilarang, malah jare wis ana peraturane, mbuh kuwi Undang-undang apa dene Peraturan Daerah / Perda.  Lha tapi, kok yo isiiih wae ana sing nindakke obong-obong , kaya sing tak sawang wingi sore wayah bali kantor.

Ana sing lagi obong-obong suket sak amban2 nang lemah nganggur sing ana ning ngarep kantorku.  Pancen ing lemah nganggur kuwi sukete dhuwur-dhuwur, mungkin sing arep ngresiki awang-awangen yen kudu mbabati saka sithik, dadine trus diobong wae kaya sing katon ing gambar nduwur iku…  Lha nek kasep kobaran gedhe gek njur piye??? Sapa sing gelem disalahke???

Hm… polusiii… 🙁

Terjemahan bebas :

Katanya, membakar sampah, rumput dan lain-lain itu dilarang.  Bahkan katanya sudah ada peraturan tentang itu, entah Undang-undang ataupun Peraturan Daerah / Perda.  Tapi, kok ya masih saja ada yang melakukan pembakaran seperti yang kulihat kemarin sore saat pulang kantor.

Ada yang sedang membakar ruput di lahan tidur depan kantorku.  Memang di lahan tidur itu rumputnya tinggi-tinggi dan luasnya lahan mungkin membuat malas orang yang mau membersihkan rumput dengan cara di potong dengan sabit, jadinya ya dibakar saja seperti yang tampak pada gambar di atas.  

Lha kalau terlanjur kebakaran besar, gimana??  Siapa yang mau disalahkan??   🙁

9 Comments

  1. Satu lagi Aunty …

    Sangitnya itu yang ndak nahan …
    nempel semua baunya di jemuran

    salam saya Mechta

    lha ya itu lho… tapi tetep saja banyak yg ngerjain tapa mikirin kanan kirinya… 🙁

  2. Duh aku masih bakar sampah e…..

    gak bisa dipendam saja sampah e ? 🙂

  3. Dilema Jeng, biaya babat rumput cukup tinggi. Semprot herbisida juga polusi, pembakaran (terkontrol) jadi pilihan sulit ya. Nanggung belum mekanisasi penuh.
    Beberapa kebun tebu di Lampung juga menerapkan bakar terkontrol saat panen, untuk mengurangi biaya buang tebon/daun kering, perhitungan arah angin dll sangat ketat.
    Sangitnya itu lho gak nahan…..

    ah…mungkin itu alasannya ya buu… jadi, pembakaran masih dibolehkan asal terkontrol?

  4. pancen lek pas obong-obong ngene ambune sing gak nguati… semerbak mewangi, parfum gratisan

    masiyo gratisan, gak bakalan onok sing gelem nganggo parfum wangi sangit iku… hehe…

  5. Paling benci kalau ada yg bakar-bakar apa saja termasuk sampah, apalagi kalau dekat perumahan penduduk. Bikin susah bernafas.

    memang sih yg kemarin kulihat itu di pinggir jalan…jauh dari pemukiman penduduk…(tapi deket perkantoran) yoo…sami mawon…hehe…

  6. lahan sedang tidur enak enaknya dia bakar? wah keterlaluan banget nih, harus dikasih pelajaran nih orang :@

    rupanya itu cara dia membangunkan si lahan yg sedang enak2 tidur itu… hihi…

  7. mampirrr

    silahkaaan… *nyodorin kursi 🙂

  8. wiihhh ….kok ngono yooo

    ternyata isih anaa…wae sing ngono, mbak Lies… 🙁

  9. Sugeng rawuh, mba Umi… *nggelarklasa:)

Leave a Reply

Required fields are marked *.