LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Ngangsu Kawruh bersama IIDN Semarang

| 8 Comments

Ngeblog buatku adalah penyeimbang dalam keseharianku. Setelah sesiang sibuk utak-utik angka-angka, atau merangkai kata demi kata untuk konsep laporan ataupun review kegiatan, atau bertukar kata dalam rapat demi rapat yang -kadangkala- membosankan… maka mengisi malam hari dengan aktivitas meng-update blog, ataupun sekedar blogwalking terasa menenangkan buatku.

Yah, mungkin memang baru sebatas itu arti blog buatku. Belum menjadikannya suatu ‘sumber rezeki’ sebagaimana yang telah banyak dilakukan oleh teman-teman lainnya, tapi tetap saja aktivitas ini penting buatku, dan aku ingin juga ngeblog tak sekedar mengisi waktu luang saja.

Itu sebabnya, ketika beberapa waktu lalu membaca wara-wara di grup FB IIDN Semarang bahwa akan ada semacam workshop blogging bersama Mak Indah Julianti Sibarani dengan tema Blogging with heart  pada Minggu, 23 November 2014 akupun langsung daftar sambil berdoa mudah-mudahan tak ada acara lain yg tiba-tiba menggagalkan keikutsertaanku.

Alhamdulillah… rupanya Tuhan merestui harapanku untuk bertemu teman-teman sekaligus ngangsu kawruh tentang per-blog-an itu.  Tidak ada acara mendadak lainnya, sehingga Jumat sore aku sudah bisa meluncur ke Semarang, naik KA lagi.. 🙂

Setelah sempat tanya sana-sini sebelumnya tentang lokasi pertemuan itu, maka di minggu pagi yang cerah itu akupun berhasil sampai di Rumah Alby Tlogorejo tanpa kesasar-sasar..( itu sebuah prestasi juga buatku yg jarang pergi sendiri ini..hihi..).

Setelah mengisi daftar hadir dan berkenalan dengan peserta lain yang sudah hadir, akupun langsung terlibat obrolan dengan mbak Susi yang pagi itu langsung datang dari Jepara. Obrolan makin seru dengan kehadiran Noorma dan mbak Esti. Ah, jadi ingat setahun lalu kami pertama kali bertemu di KBN 2013 Jogja…

IIDN

Mengulang keasyikan di KBN 2013.. (Foto pinjam dari FB mba Esti Sulistyawan)

Tak lama kemudian Mak Injul pun hadir, dan acara segera dimulai. Sebagai pemandu acara adalah Mbak Hartari Hartawan sebagai MC yang kocak dengan pantun-pantun kerennya, dan pembuka acara adalah Mbak Dian Nafi mewakili Mbak Dewi Rika -Ketua IIDN Semarang- yang berhalangan hadir.

IIDN2

Mbak Indah Julianti sedang berbagi pengalaman ngeblog

Pagi itu, Mbak Indah Julianti berbagi pengalamannya tentang banyak hal. Mulai dari keinginannya untuk serius menjadi penulis sehingga nekat resign dari pekerjaannya di salah satu stasiun TV swasta, awalnya ngeblog sebagai selingan dari kegiatan utamanya menulis buku, cerita saat pertama kali mendapat tawaran posting berbayar, hingga berbagi tips-tips yang penting dalam kegiatan blogging, terutama bila ingin menjadikan blog sebagai salah satu sumber rezeki…

Blogging with heart, money will followitu ungkapan Mak Injul yang kugarisbawahi dalam catatanku. Menulislah dengan sungguh-sungguh namun tetap dengan senang hati. Kita dapat menjadikan blog kita sebagai rekam jejak kehidupan kita sehari-hari, atau sebagai dokumentasi karya-karya kita, atau sebagai penampung opini-opini kita… ada banyak pilihan.  Tetapkan pilihan dan seriusi hal itu. Penting pula untuk memperkuat branding blog kita, terutama pada blog utama (bila kita mempunyai banyak blog) dan tak ketinggalan lakukan 3 hal penting yaitu : posting – blogwalking – networking.

Posting secara rutin, minimal 1 minggu sekali. Usahakan terbit pada waktu yang tetap, misalnya setiap senin pagi, maka tulisan kita akan mudah teridentifikasi misalnya oleh google. Tulisan yang berpotensi membawa pembaca baru juga penting dan melakukan riset sebelum menulis juga perlu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Blogwalking atau BW adalah hal penting lainnya selain posting.  Sempatkan BW setiap hari dalam seminggu, tidak hanya ke blog-blog teman-teman kita, namun juga ke blog-blog baru.  BW tidak hanya menambah jejaring pertemanan kita namun juga bisa membawa inspirasi baru untuk bahan tulisan selanjutnya.

Networking tidak hanya melalui BW. Untuk memperluas jejaring kita, optimalkan media-media sosial yang ada. FB, twitter, Google +, linkedin, pinterest, Instagram dll. Nah… ini dia yang jarang kulakukan, hihi…

Begitulah… ada banyak hal yang kudapat dari ngangsu kawruh bersama teman-teman IIDN Semarang di pagi hingga siang itu. Namun tak semuanya dapat kutuliskan di sini, karena -terus terang saja- aku begitu terpesona dengan penuturan Mak Injul…hingga seringkali lupa mencatat! hihi… Reportase lebih lengkapnya mungkin akan segera ditampilkan oleh teman-teman lain di Blog IIDN Semarang… 🙂

Terima kasih, Mak Injul dan juga teman-teman & panitia dari IIDN Semarang… Mudah-mudahan lain waktu bisa kembali bertemu dan belajar bareng lagi yaaa….

IIDNS

Mbak Indah Julianti bersama IIDN Semarang “Blogging with heart” (Foto pinjam dari FB Grup IIDN Semarang, hasil bidikan Mbak Inung Nie ).

8 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.