LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

3 Tips menabung untuk ONH

| 51 Comments

Mampu memenuhi panggilan-NYA untuk menjadi tamu Allah atau menyempurnakan rukun islam dengan melaksanakan ibadah haji mungkin merupakan impian setiap muslim / muslimat.

Namun sayangnya, biaya untuk pelaksanaannya atau yang seringkali kita sebut ONH -Ongkos Naik Haji- masih relatif mahal bagi sebagian (besar) dari kita.

Bersyukurlah bagi muslim / muslimat yang berkecukupan rizqinya sehingga tak kesulitan untuk memenuhi ONH yang ditetapkan pemerintah setuap tahunnya. Namun tidak semua orang seberuntung itu, masih banyak umat Islam yang sangat terkendala oleh tingginya biaya ONH itu.

Tapi apakah lalu berhaji menjadi hal yang mustahil bagi yang kurang mampu?

Menurut saya, tidak. Ya, rezeki memang sudah diatur oleh Yang Kuasa, namun kita juga wajib berusaha. Dan menabung, adalah salah satu usaha yang dapat kita lakukan. Berikut ini adalah pengalaman saya menabung untuk ONH.

Sebagai seorang pegawai negeri tingkat menengah yang tidak mempunyai penghasilan lain untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup saya, memang saya sempat merasa pesimis bisa menyisihkan sebagian penghasilan tersebut untuk ditabung.Β  Belum lagi, pengalaman beberapa rekan yang lebih senior, yang menyatakan bahwa sudah cukup lama menabung untuk ONH namun jumlah tabungannya tak banyak bertambah bahkan lebih sering berkurang. Lhah..kok bisaa??

Ternyata, itu terjadi karena beberapa rekan itu menabung bukan di rekening khusus haji, jadi sewaktu-waktu bila ada keperluan yang (dirasanya) lebih mendesak, dana yang sudah disisihkan itupun dapat dengan mudah diambil kembali. Pantas saja jumlahnya tak bertambah-tambah, bukan?

Tips 1 Menabung untuk ONH : Membuka Rekening Khusus

Nah, oleh karena itu, tips pertama menabung untuk ONH adalah : #1. Membuka rekening tabungan Haji.Β 

Dengan menabung di tabungan khusus Haji ini, dana yang sudah disetorkan akan aman dari pengambilan sewaktu-waktu karena memang rekening ini hanya sebagai penampung dana cicilan ONH, yang hanya dapat diambil pada saat pelunasan ONH setelah jumlah ONH tergenapi.Β  Saat ini ada banyak bank tempat kita dapat membuka tabungan khusus haji ini, pilih saja yang paling sesuai di hati πŸ™‚

Setelah membuka rekening khusus Haji, apa yang harus kita lakukan? Tentu saja kita harus konsisten untuk ‘menggemukkan’ rekening ini sehingga semakin cepat memenuhi batas ONH yang telah ditentukan pemerintah (pada tahun 2011 lalu, batas dana untuk mendapatkan porsi Haji adalah Rp. 20.000.000,- dan saat ini telah menjadi Rp. 25.000.000,-) . Berapa jumlah yang rutin harus kita setorkan?

Tips 2 Menabung untuk ONH : Perencanaan Jumlah Setoran

Jadi, tips kedua menabung untuk ONH adalah : #2. Perencanaan jumlah setoran minimal.

Menurut pengalaman saya, pertama kita harus menentukan sejumlah dana yang akan rutin kita setor ke tabungan haji kita setiap bulannya, sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya, Rp. 100.000,- atau Rp. 200.000,- atau berapapun jumlah yang kita putuskan MAMPU untuk kita sisihkan setiap bulannya.Β  Jumlah itu adalah jumlah minimal yang harus kita setorkan secara rutin.Β 

Menentukan jumlah minimal setoran dan waktu rutin penyetoran bisa juga kita hitung dengan menjadikan batas minimal mendapat nomor porsi haji sebagai patokan kita. Misalnya seperti saat ini, batas itu adalah Rp. 25.000.000,- . Jika batas minimal yang kita tentukan Rp. 100.000,- /bulan maka batas itu baru dapat kita capai / dapat terpenuhi setelah kita menabung lebih dari 20 tahun. Atau misalnya kita ingin bisa memenuhi batas itu dalam waktu 5 tahun, maka batas minimal setoran perbulan seharusnya adalah Rp. 417.000,- Sekali lagi, tentukan batas minimal itu sesuai kemampuan kita agar dapat benar-benar terpenuhi nantinya.

Tips 3 Menabung untuk ONH : Konsisten.

Tips menabung untuk ONH selanjutnya adalah : #3. Konsisten dalam menabung

Bagaimana cara agar dapat konsisten? Konsistensi yang dimaksud dalam hal ini adalah pada jumlah setoran minimal dan waktu penyetoran.Β  Setelah menentukan jumlah setoran minimal yang akan kita sisihkan sesuai dengan kemampuan kita, penting juga untuk menentukan waktu penyetorannya.Β  Masih berdasarkan pengalaman saya, waktu penyetoran sebaiknya rutin pada awal penerimaan penghasilan.Β  Kenapa demikian? Tentu saja karena pada awal masa penerimaan penghasilan ini dana kita relatif masih ‘utuh’ belum terbagi-bagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan kita, bukan? Oya, sengaja saya menyebutnya waktu awal penerimaan penghasilan, karena memang ada yang menerima penghasilan ini pada awal bulan, ada yang akhir bulan…

Apakah itu berarti kita hanya bisa menabung sejumlah minimal dan pada waktu yang telah kita tentukan saja?

Tentu tidak! Sekali lagi, itu adalah batas minimal yang harus kita usahakan untuk kita penuhi. Jika memang ada rezeki lebih, tentu kita bisa menambahkan jumlah yang kita setorkan, atau melakukan setoran ebberapa kali dalam sebulan.Β  Makin banyak / sering kita menabung di sana, makin cepat gemuk rekening haji kita dan makin cepat nomor porsi haji itu kita dapatkan. Insya Allah.. πŸ™‚

Nah, itulah 3 tips utama menabung untuk memenuhi ONH, yaitu :

  1. Membuka rekening tabungan Haji
  2. Perencanaan jumlah setoran minimal
  3. Konsisten dalam menabung

Untuk teman-teman yang sudah membuka rekening haji, semoga batas minimal segera tercapai dan nomor porsi haji segera didapatkan. Adapun bagi teman-teman yang ingin berhaji namun belum membuka rekening haji…yuuk, segera saja cari bank terdekat.

Sahabat Lalang Ungu mau berbagi kisah seputar tips menabung untuk ONH? Yuk..tuliskan di kolom.komen ya..

51 Comments

  1. mantap nih Mbak..tips menabung utk ONH.. Dgn membuka rekeningnya berarti sdh punya niat smga niat itu insyaAllah terealisasi…amin..

    Trims mba Rita.. Saya setuju, membuka rek Haji adlh slh satu perwujudan niat suci itu dan saya percaya Allah SWT akan memberi kemudahan bagi ummat-NYA utk mewujudkan niat itu. Insya Allah.. Aamiin..

  2. tulisan ini mengingatkan kembali impian bisa berkunjung ke rumah Allah, mbak. Kadang kalau lagi sendiri suka malu, traveling sampai kemana-mana tapi kesana gak sampai-sampai. Banyak faktor sih memang, salah satunya niat yang kuat kali ya, mbak. Gak cukup sekedar keinginan. Thanks sudah mengingatkan melalui tulisan ini…

    Betul mbak..mmg banyak faktor..tp saya rasa bukan krn tak ada niat bukan? Hehe.. Insya Allah akan ada kemudahan dari NYA utk menjadi tamu Allah.. Aamiin..

  3. Wah mantaps tips menabungnya. Sedikit tersentil juga karena saya tidak pernah punya keinginan untuk pergi haji hi hi hi. Jadi dipikir masak2 deh. Klo ada rejeki lebih mungkin lebih baik memberangkatkan orang tua saja. Kalau saya terlalu malas he he he

    maaf bkn bermaksud menyentil siapa2 lho..hehe.. Insya Allah mendpt kemudahan dari NYA utk menghajikan orang-tua ataupun diri pribadi. Aamiin…

  4. kalau niatnya kuat, Allah pasti memudahkan jalannya ya Mbak πŸ™‚

    Insya Allah demikian, mba Tarry πŸ™‚

  5. Kalau niatnya kencang ditambah menabung dengan tekun, Insya Allah berhaji juga ya Mbak Mechta πŸ™‚

    Insya Allah demikian adanya, mba Evi..sdh bnyk contohnya πŸ™‚

  6. Kita berusaha Allah yg mencukupi ya mbak. Ayo semangat nabung
    #selfnote πŸ˜‰

    Setuju…. Yuuk, semangat, Say.. Insya Allah diparingi gampang & lancar dening Gusti Allah.. Aamiin…

  7. Tirulah rakyat kecil yang dengan niat, tekad, dan usaha sungguh2 untuk naik haji.
    Masa kalah sama pemulung
    Salam hangat dari Jombang

    Inggih Pakde, sampun kathah contonipun nggih… Salam manget2 saking kutho Batik Pakde πŸ™‚

  8. tipsnya harus dipraktekin nih, saya belum buka tabungan haji soalnya mbak

    mangga…Insya Allah diberi kemudahan oleh Allah SWT. Aamiin..

  9. Yang nyebelin kayanya bukan di nabungnya, bu. Tapi daftar tunggunya itu…
    Harusnya yang plus plus itu dihapus wae biar kasih kesempatan yang belum pernah haji
    Ibadah kok serakah…

    Klo yg itu bonusnya mas, latihan sabaaaar hehe…

  10. Emang harus buka tabungan khusus ya mbak, biar ngga diutak-atik

    iya Mi.. Biar utuuuh dr godaan hehe.. BTW aq dr blogmu, gagal komen bbrp kali milih makanan hehe… Ntar deh pas g pakai hp tak coba lg…

  11. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mectha…

    sebaiknya menabung itu dimula sejak anak kecil lagi mbak. Di Malaysia pihak Tabung Haji Malaysia menggesa ibu bapa untuk menabung bagi haji sejak usia anak dini dengan jumlah sekecil RM50 sahaja. maka dalam tempoh 18 tahun wang tabungnya sudah menjangkau RM19.000. lebih dari yang dikehendaki untuk seluruh pakej haji.

    Seoga sukses dalam GAnya mbak.
    Salam Ramadhan yang manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

  12. Disegarkan dengan sharing notes from Mecca, dan sangat relevan dengan kekinian, langkah nyata menuju cita ya Jeng. 3 tips jitu semoga membantu banyak pembaca ya Jeng dan sukses untuk GAnya. Salam hangat

    maturnuwun Ibu..salam hangat ugi kagem ibu sekelg.. πŸ™‚

  13. Assalamu’alaikum wr wb
    Salam silaturahmi, dik …
    saya sdh setoran awal tabungan haji, semoga tips yg selanjutnya bisa diikuti, berguna sekali.
    Hatur nuhun, ya

    waalaikumsalam… Semoga bermanfaat.. Aamiin..

  14. yg penting niat, ya mba..

    bismillah,, sy juga berniat menabung utk naik haji.. mohon doanya biar segera berangkat.. aamiin..

    sukses kontesnya mba πŸ˜€

    Bismillah ya mbak…smga dg niat kuat panjenengan, Allah memberi kemudahan.. Insya Allah… Aamiin.. Trims jg supportnya mba Eda πŸ™‚

  15. Patut dicoba nih tipsnya mbak.. Walaupun waktunya lama, tapi kalau konsisten. Insyallah bisa..

    Bismillah sj mas, Insya Allah diberi kemudahan.. Aamiin..

  16. Selamat pagi Mbak…

    Memang ongkos naik haji dirasa mahal, hal yg saya rasakan juga.
    Ini tips yg bagus, saya belum begitu lama menjalankannya juga atas desakan istri. Walau memang sudah berniat untuk membuka rekenening tabungan ini bertahun-tahun lalu, entah lah selalu ada saja halangan menuju bank-nya. Alasan ya mbak…hehehe

    Salam dari saya di Sukabumi,

    Alhamdulillah sdh memulai.. Bismillah smga Allah memberi kemudahan & kelancaran.. Insya Allah.. Salam kembali dr Kota Batik, Pak πŸ™‚

  17. Assalamu’alaikum wr wb

    Saya mau bertanya mba… Kalau duda pns dengan beberapa anak,, nabung ONH nya gimana ya mba tips nya…??

    Tolong di jawab ngiih…..

    Waalaikumsalam wrwb.. Mangga dicermati lg…sy tdk spesifik menulis ttg status dsb.. πŸ™‚

  18. terima kasih untuk tipnya, Mbak πŸ™‚

    terima kasih kembali, Chi πŸ™‚

  19. Semoga selekasnya mbak Mechta bisa segera ke Baitullah.. aamiin…

    Aamiin πŸ™‚

  20. Pingback: Kali Pertama Kutatap Kiblatku |

  21. Alhamdulillah bila bermanfaat…

  22. Pingback: Perjalanan Haji, Traveling Pertamaku Ke Luar Negeri |

  23. Moga segera ada niat yang baik untuk segera bisa berangkat ke tanah suci…

  24. Semoga bisa mewujudkan impian untuk ke tanah suci. Meskipun keadaan sekarang sedang tak baik-baik saja. Tapi keinginan untuk ke sana amat besar. Poin ketiga untuk senantiasa konsisten dirasa penuh penjuangan ya.

  25. Thank you tipsnya, emang bener sih kitanya harus konsisten. Semoga cepet tercapai ya, amiiin

  26. Segala sesuatu kalau dilakuin secara istiqomah emang insya Allah akan ada jalannya. Sekarang daftar tunggu buat berangkat haji juga makin lama ya, jadi selain persiapan materi ini butuh juga persiapan kesehatan juga.

  27. Bismillah, Semoga bisa menghajikan orang tua ya. Kalau melihat artikel kakaknya sebenarnya menabung haji itu tidak lama dan nominalnya tidak banyak juga. Semoga aku ada rezekinya, Amiin..

  28. Bismillah semoga bisa naik haji , informasi sangat bermanfaat untuk saya memanage keuangan khususnya untuk naik haji

  29. masyaallah mbak, tahun ini aku pun “dipaksa” buka rekening haji sama suami. Agar bisa dan konsisten menabung ke baitullah. nah walaupun masih kurang konsisten, setelah baca tulisan ini jadi ingat deh harus nabung.

    • konsisten adalah salah satu kuncinya. pengalamanku menabung sblm ke tanah suci di 2011 dan 2018 membuatku meyakini akan hal ini..

  30. Saya doakan semoga semua teman-teman Muslim bisa berangkat untuk naik haji yaa, amiinn..

    Nabung adalah salah satu cara agar keinginan tersebut bisa terwujud..

  31. Semoga tercapai naik hajinya mba. Apalagi saat ini kita musti antri agar bisa mendapatkan kloter atau kesempatan. Tapi jangan menyerah mba, menabung adalah satu cara untuk mewujudkan niat itu, pelan tapi pasti.

  32. wah iya, harus jauh jauh hari menyiapkan onh ini ya mbak
    baiknya emang paling pas klo di tabung di rekening sendiri

  33. soal perencanaan keuangan tuh emang penting banget yaa, dan pemisahan jenis-jenis tabungan sesuai target yang ingin dicapai, buat haji misalnya, juga ternyata jadi penting nih biar ga bentar2 diambil untuk alasan menolang kebutuhan

  34. Selain menabung apakah bisa dengan investasi ke saham atau emas gitu ya? Soalnya jika dalam waktu lama misal target 10th bisa naik haji kayaknya investasi bisa jadi salah satu solusi agar nominal yg dikumpulkan nggak terkena inflasi kak.

  35. Kalau nabung mandiri gini ditakutkan malah usianya jadi was-was juga nggak sih..
    Karena kelamaan nabung, heheheheh
    Kalau di lembaga gitu kan uda ditargetkan..

  36. Aku termasuk yg menyesal baru membuka tabungan haji tahun 2020 kemarin. Waktu dulu th 2011 setelah menikah ga nyangka kalau antrian haji bisa smpe 20 an tahun soalnya temenku yg dftr th 2011 antriannya cm
    5-7 tahunan. Jadi 2016 udah berangkat.

    Setelah akhirnya berniat dftr haji di th 2015,eh ktp ku dan suami beda provinsi. Aku udah smpt nanya2 gimana kalau nantinya ganti ktp. Jawabannya y nanti tetep bs brgkt sesuai pendaftaran awal, atau pindah kota keberangkatan sesuai domisili baru, tp kudu dftr lg dari awal akhirnya ketunda lagi. Pdhl uang nya ada lho. Inilah yg disebut dg blm rezeki.

    Pertama th 2011 uang ada, tp belum terpanggil. Th 2015 uang ada tp beda KTP dg suami, aku g mau berangkat sdri/ misah2 gitu.

    Alhamdulillah pas pandemi akhirnya malah semua keurus, ganti ktp, termasuk dftr haji. Doakan sampai usianya ketika jadwal berangkat tiba ya mbak. Msh tahun 2040 sekian soal nya hiks. Berharap bgt antrian memendek. Atau bs upgrade ke onh plus/furoda. Aamiin

Leave a Reply

Required fields are marked *.