LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Kisah Foto Instagram Si Awam Dapur

| 28 Comments

Awam dapur. Ya, itulah sebutan yang kusematkan pada diriku sendiri, yang sampai setua ini tak pandai masak. Tak hafal semua jenis bumbu dapur dan kurang akrab dengan aneka jenis alat masak. Hanya sesekali saja menyambangi dapur, itupun dengan hasil seadanya saja, hehe…

Beberapa waktu lalu bahkan ada seorang teman yang secara bercanda -minimal begitu anggapanku- mengatakan padaku bahwa ‘keibuanku’ patut dipertanyakan karena tak mengenal istilah SABLU yang ternyata adalah sebutan -di daerah Pekalongan dan sekitarnya- bagi alat masak semacam dandang / kuali besar untuk memasak soto! Ok..resmilah sudah aku sebagai Si Awam Dapur! ­čśÇ

Sebenarnya bukan tak bisa sama sekali sih, sedikit-sedikit sih tahulah aku tentang beberapa jenis bumbu sehingga bila terpaksa harus memasak sendiri ya masih bisa, tapi itupun hanya porsi kecil masakan sederhana saja..hehe..

Menu sederhana itu seperti apa?

Tetumisan alias tumis-tumisan, itu jawabnya! Bumbu-bumbu minimalis yang dipadukan dengan bahan-bahan seadanya di rumah pun bisa menghasilkan teman makan nasi yang cukup enak buatku, maka jadilah Tetumisan menu andalanku di dapur. Haha…

Tetumisan - Foto IG @mechtadeera 25 Okt 2014

Tetumisan – Foto IG @mechtadeera 25 Okt 2014

Dan saat sedang iseng, hasil masakan yang super sederhana itupun kupotret juga, salah satu alasannya adalah sebagai bukti untuk diri sendiri bahwa akupun pernah bekerjasama dengan bahan, bumbu dan alat-alat dapur.. ­čÖé

Selain itu, bisa menjadi tambahan post di akun instagramku, lumayaaan… Disamping itu, foto-foto hasil kerja Si Awam Dapur ini bisa juga untuk bahan pelengkap post di blogku. Misalnya ketika beberapa waktu lalu kumenulis tentang bonggol brokoli yang ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk kita konsumsi karena masih ada kandungan gizinya.

Tumis Batang Brokoli - Foto IG @mechtadeera 2 Sept 2014

Tumis Batang Brokoli – Foto IG @mechtadeera 2 Sept 2014

Baca Juga : Batang Brokoli dibuang sayang

Konon, tulisan kita akan bernilai lebih bila┬áberdasarkan bukti / pengalaman penulis. Nah, jadi akupun mencoba memasak juga bonggol brokoli itu. Dimasak bagaimana? Ya ditumis sajalaah… ­čÖé

Oya aku memang lebih suka mencoba resep-resep sederhana sayuran atau lauk, dibandingkan resep kue atau kudapan. Entah kenapa, mungkin karena aku menyadari keterbatasan keterampilan memasakku itu, atau karena pada dasarnya aku orang yang males ribet, hehe..

Tapi suatu waktu aku tertarik juga untuk mencoba memasak kudapan. Tepatnya setelah pertemuan / silaturahmi keluarga pada lebaran tahun 2014 lalu.

Pada kesempatan kumpul keluarga itu, kami bertemu seorang kerabat yang berdomisili di Jakarta dan hobby masak. Klop dengan adikku yang juga hobby masak terutama kue-kue. Obrolan seru dilanjutkan saling tukar pin BBM dan berbagi resep.

Salah satu resep darinya adalah Quiche Brokoli. Katanya, itu resep sarapan favorit keluarga mereka, yang bahan-bahannya mudah didapat dan cara masaknya sederhana saja. Dijamin, seorang yang awam dapur sepertiku pun bisa membuatnya. Hmm, akupun penasaran dibuatnya.

Maka jadilah di suatu hari minggu saat lagi iseng, aku mencoba mempraktekkan resep sederhana tersebut.

Memang betul, bahan-bahannya mudah diperoleh meskipun di kota kecil kami. Brokoli, daging asap, telur, keju, susu, roti tawar, lengkap tersedia. Langkah-langkah membuatnya pun tak mentulitkan seorang awam dapur seperti diriku ini. Untuk mencampurkan bahan-bahannya, tak perlu memakai alat-alat rumit seperti mixer dll, cukup diublek dengan spatula saja..haha..

Quiche Brokoli - Foto IG @mechtadeera 30 Agst 2014

Quiche Brokoli – Foto IG @mechtadeera 30 Agst 2014

Hasilnya, alhamdulillah tidak mengecewakan. Rupanya benar promosi sepupuku itu bahwa menu sarapan -yang agak kebarat-baratan- ini mudah dibuat dan enaaak… Sebagai catatan bagi diri sendiri dan -mudah-mudahan juga bagi orang lain- tentang hal ini maka akupun menambahkan foto proses & hasil masak Quiche Brokoli ini di akun IG ku serta menuliskan resepnya di blog.

Silakan baca juga : Quiche Brokoli a la Mechta

Nah itulah Kisah Foto Instagramku, pengalaman masak Si Awam Dapur yang merupakan kisah di balik 3 foto Instagramku. Kebetulan semua di tahun 2014 ya.. Apakah setelah itu aku nggak masak lagi? Ya, masihlah sekali-dua, tapi kebetulan belum iseng motret-motret lagi..hehe..

Bagaimana dengan kisah foto instagrammu, teman ?

picsart_12-22-01-12-300x169

Tulisan ini diikutsertakan dalam Hani Widiatmoko First Giveaway Kisah Foto Instagramku.

28 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.