LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Antara Belitung dan Lombok

| 24 Comments

Lalang Ungu. Hai kawan, apa kabar? Hujan sedang turun dengan derasnya saat ku sedang menulis ini, seperti kondisi beberapa hari belakangan ini.. Yah, namanya juga musim hujan ya -mungkin bahkan saat ini adalah puncaknya- jadi ya mari kita nikmati saja…jangan sampai hal ini mengurangi kadar bahagiamu, teman..

Saat musim hujan begini, memang agak sulit untuk kemana-mana, termasuk berwisata ya.. Meskipun hujan adalah anugerah, namun -bagiku- agak kurang nyaman saja untuk berwisata di musim hujan begini. Di samping repot karena barang bawaan jadi bertambah, tidak asyik juga rasanya mengeksplor ย alam di tengah hujan (maklum, kondisi badan emak-emak satu ini rentan terhadap hujan..hehe). Jadi, mari kita tunggu cuaca membaik dulu, sambil mempersiapkan perjalanan ke destinasi impian nantinya.

Nah, bicara tentang destinasi wisata impian, jadi ingat tema arisan Blogger Gandjel Rel saat ini, yaitu tema yang diajukan oleh duo mbak-mbak anggota Gandjel Rel penyuka traveling yang tak lain adalah Mara dan Erina. Ya, ‘tujuan wisata impian di Indonesia’ adalah tema pilihan dari mereka.

Hm, sebenarnya ini pertanyaan yang cukup sulit bagiku, karena memang baru sedikit tempat indah di Bumi Pertiwi yang sudah kudatangi, jadi masih buanyaaak destinasi wisata impianku di Bumi Persada ini.. 😉 Juga mengingat kesukaanku yang hampir sama antara ke pantai dan ke pegunungan, membuatku ingin mendatangi semua tempat-tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah, baik itu di pantai maupun pegunungan, lebih OK lagi kalau suatu daerah punya pantai dan pegunungan yang indah. Ada nggak ya?? 🤔

Ke gunung atau ke pantai? sama-sama sukaaa…

Tapi, setelah kupikir-pikir lagi, pilihan destinasi-destinasi wisata impianku itupun mulai mengerucut, menyisakan dua daerah yang saat ini sedang sangat ingin kukunjungi. Dua daerah itu adalah Belitung dan Lombok (urutan penyebutan hanya berdasarkan urutan alphabet ya, bukan urutan prioritas..hehe). Nah, kenapa aku ingin ke dua daerah itu?

Belitung

Jujur saja, sudah lama aku ingin mengunjungi daerah yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya ini. Ada Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Punai, Penyabong, Nyiur Melambai, dll. Juga pulau-pulau indah antara lain Pulau Lengkuas dan Pulau Pasir. Tak ketinggalan ada Bukit Berahu dan Danau Kaolin. Waah, semuanya sangat mengundang ย untuk dijelajahi.

Terlebih saat booming novel & film Laskar Pelangi, makin ingin segera kujejakkan kakiku ke sana, menikmati indahnya alam & lokasi shooting film itu, mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata, syukur-syukur bisa mengunjungi dan berbincang dengan Ibu Muslimah Sang Guru legendaris di Laskar Pelangi itu! Ah..sungguh impian indah bagiku..

Dan sebenarnya, impian itu pernah hampir terwujud beberapa tahun lalu. Tiket kereta maupun pesawat PP sudah kupesan, izin cuti sudah diajukan, singkat kata persiapan keberangkatan ke sana sudah 90% dengan antusiasme yang bahkan sudah lebih tinggi lagi…namun benarlah kata pepatah : manusia boleh berencana, namun Tuhanlah yang menentukan. Karena satu dan lain hal, perjalanan itu harus kubatalkan. Kecewa? Ya..tentu saja. Sedih? Banget.. Tapi, aku ikhlas. Aku yakin, ada skenario NYA yang lain untukku, dan skenario Tuhan adalah sebaik-baiknya skenario hidup bagi umat-NYA, bukan?

Maka ikhlas kuterima penundaan perjumpaanku dengan pulau nan indah itu, namun terus kusimpan mimpiku untuk bisa berkunjung ke sana suatu saat nanti. Insya Allah…

Lombok

Nah, daerah satu ini juga tak kalah menariknya bagiku, setelah banyak membaca, melihat foto-foto dan mendengar kisah teman-teman yang sudah berkunjung ke sana. Rupanya, alam Lombok dapat dinikmati dengan kumplit, tak hanya pantai-pantai indah namun juga alam pegunungan yang memanjakan mata.

Pantai-pantai nan indah di Lombok tak terhitung banyaknya, ada Pantai Pink yang merupakan satu dari 7 pantai berpasir merah muda di dunia, Pantai Semeti dengan karang-karangnya yang spektakuler, Pantai Nambung dengan air terjunnya, tentu saja juga Pantai Senggigi dan Pantai Kuta Lombok.

Untuk pemandangan pegunungan ada Taman Wisata Pusuk Sembalun di Gunung Rinjani nan elok, juga ada Bukit Pengasingan dengan alam hijaunya yang menyegarkan mata. Tak ketinggalan ada Air terjun Penimbungan, Air terjun Mangku Sakti, Air terjun Benang Kelambu,dll..

Oya..hampir saja ketinggalan, ada banyak pulau-pulau kecil -yang disebut Gili- yang indah sebagai tujuan wisata island hopping, antara lain Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Naah..kumplit banget kan? Belum lagi wisata budaya dan wisata belanjanya.

Siapa belum mendengar tentang Desa Sasak ataupun pusat kerajinan mutiara di Lombok? Duh, mana dulu yang ingin ku datangi saat ke Lombok yaa?? Semua menarik rasa keingintahuanku dan juga menimbulkan rasa penasaranku. Pusiiing… *lalu melirik ke tabungan dan emak-emak riweuh satu ini semakin pusing.. 🙄

Haha…itulah teman, ceritaku tentang dua daerah di Indonesia yang -saat ini- menjadi destinasi wisata impianku. Mohon maaf, ini tulisan 100% curcol dan tanpa foto-foto indah sebagai ilustrasi.. Maklum, belum sampai ke sana jadi belum punya foto-foto indahnya kaan?? *alasanreceh 😜

Bagaimana denganmu teman, daerah mana di Indonesia yang menjadi destinasi wisata impianmu? Share di kolom komen yaa…

24 Comments

  1. Aku mau ikut curhat dong mbak Me, dr dulu ngimpi bgt ke lombak, ke pantai pasir pinknya.. Ngiler deh beneran, dan semoga tahun ini bisa ke sana.. Aamiin
    Mbak me juga ya, semoga bisa segera ke belitung ataupun lombok ๐Ÿ™‚

  2. Aku juga belum nyampe Belitung & baru bisa lihat foto2nya aja. Semoga mbak Mechta bisa segera ke Belitung & Lombok. Ini urutan perginya mau menyesuaikan urutan alphabet juga nggak mbak? Hehe

  3. Belitung udah. Lombok belum. Oh ya, moga terwujud impiannya ya mbak

  4. Waah di belitung banyak pantai kece..jd pengen kesana juga…

  5. semoga mbak mechta bisa terealisasikan segera ke lombok dan belitung. baca ini jadi pingin masukin belitung dan lombok ke whistlist ku

  6. Semoga bisa tercapai mbaa ke belitung dan lombok, aamiin..indah pisaan…

  7. Belitung dan Lombok pun dua tempat yang ingin kukunjungi

  8. Iya saya mengenal Belitung dari film Laskar Pelangi, film dan lokasinya sama-sama keren ya mbak. Sementara Lombok lebih sering dengar dan baca karena sering diekspos juga di blog teman yang pernah kesana.

    Saya ingin juga pergi ke Belitung dan Lombok, karena pemandangannya indah dan merupakan kekayaan Indonesia yang berharga. Semoga mbak Tanty suatu hari nanti kesampaian kesana ya aamiin ๐Ÿ™‚

  9. Belitung juga destinasi impianku banget ini mbaa…huhuhu semoga bisa kesana sama intan

  10. smoga tercapai apa yg diinginkan ya mbak ^^

  11. Waktu itu dah rencana mo bareng kita ke Belitungnya ya mbaa. Moga segera bisa terealisasi yaa..

  12. Amin, semoga mimpinya tercapai Mbak. Cemungudh ๐Ÿ™‚

    Kalau impian saia ke Sabang , Rote, Kep Natuna, Banda Neira, Sawu, Pulau Wetar, Kaimana, terus…terus…banyak ternyata, hehe! Namanya jg mimpi, ngga ada yg melarang kan ya ;p

  13. Aku juga pengen mbak liburan ke Belitung, ke negeri Laskar Pelangi. Lombok juga asik ya, ada gunung Rinjani.

Leave a Reply

Required fields are marked *.