LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

3 Destinasi Traveling Impianku di 2020

| 67 Comments

Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu. Apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia ya… Sahabat, pekan ini adalah pekan pertama pada bulan ketiga di Tahun 2020 ini. Eh, tak terasa dua bulan telah berlalu di tahun ini ya. Nah, mumpung masih terhitung di awal tahun 2020, kali ini aku ingin menuliskan tentang 3 destinasi traveling impianku di tahun 2020 ini.

Kenapa hanya tiga?

Sebenarnya, sebagai salah satu orang yang hobi jalan-jalan, tentunya aku punya buanyaaaak tujuan / destinasi traveling. Karena, memang masih sebanyak itu tempat yang belum kujelajahi di Indonesia ini, apalagi di dunia. Hehe..

Tapi…mengingat keterbatasan waktu -dan juga isi dompet, hehe..- maka aku pun harus membatasi jumlah destinasi wisata impianku untuk tahun ini. Setelah membuat daftar tempat-tempat yang ingin kudatangi, inilah 3 tempat yang paling ingin kukunjungi tahun ini :

Belitung

Mungkin teman-teman masih ingat film yang booming  di Tahun 2008 yaitu  Film Laskar Pelangi yang merupakan adaptasi dari novel karya Andrea Hirata? Nah, sejak saat itu lah kira-kira aku memendam mimpi untuk melihat langsung keindahan alam Pulau Belitung yang menjadi lokasi film keren yang disutradarai Riri Riza itu.

Alternatif Destinasi Wisata di Pulau Belitung

Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Leebong, Pulau Lengkuas itulah nama-nama pulau dan pantai eksotis di Pulau Belitung yang ingin kulihat langsung keindahannya. Selain itu, ingin juga menikmati Danau Kaolin serta Museum Kata Andrea Hirata.

Foto Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi ( Foto : Barry Kusuma, Kompasdotcom, 2016)

Kuliner khas Belitung

Berwisata ke suatu daerah tak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Maka, bila berkunjung ke Belitung tak lupa ingin kucicipi Mie Belitung, Nasi Gemok, Gangan dan kuliner-kuliner khas Belitung lainnya.

Baca Juga : Menjejak Pantai Tanjung Tinggi : Sebuah Mimpi yang Tertunda

Lombok

Aku bukan penikmat makanan pedas, Lombok (Jw : Cabai) adalah salah satu bahan makanan yang hampir selalu kuhindari. Tapi untuk Lombok yang merupakan nama salah satu pulau di negeri ini, adalah salah satu yang sangat ingin kudatangi! 😊

Tepatnya sejak kapan Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang kuimpikan, aku sudah lupa…hehe.. Beberapa tahun lalu pernah ada wacana gathering kantor ke Lombok, namun karena satu dan lain hal tidak dapat terlaksana. Padahal sudah sempat cari-cari info tentang tempat-tempat wisata di sana dan langsung jatuh cinta dengan keindahan alam dan juga budayanya.. Mungkin sejak saat itu aku memupuk mimpi untuk mewujudkan wacana liburan ke Lombok yang gagal itu..hehe..

Beberapa Destinasi Wisata di Lombok

Pulau Lombok mempunyai banyaaak destinasi wisata tentu saja, baik itu wisata alam maupun wisata budaya. Nah, dari hasil penelusuran ku ke berbagai sumber, inilah beberapa destinasi wisata Lombok yang ingin kudatangi : 3 Gili ( Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air), Pantai Pink, Pantai Senggigi, Pantai Tanjung Aan, Kawasan Mandalika, Desa Adat Sasak Sade, Taman Narmada, dll.

Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok (Foto : Google / Agus Setiawan)

Kuliner khas Lombok

Selain menikmati keindahan alam dan budaya, menikmati kuliner Lombok tentunya sangat kunantikan. Ayam Taliwang, Sate Rembiga, Plecing, Babalung, Beberuk…adalah nama-nama kuliner Lombok yang menimbulkan rasa penasaran untuk kucicipi..hehe..

Baca juga : Antara Belitung dan Lombok

Banyuwangi

Kalau keinginanku mengunjungi Belitung dan Lombok sudah ‘terpendam’ bertahun-tahun, maka berbeda dengan mimpiku untuk menjelajahi daerah Banyuwangi. Daerah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa dan berjuluk ‘Kota Gandrung’ ini belum lama menarik perhatianku.

Tulisan teman-teman Blogger tentang kunjungan mereka ke Banyuwangi -yang tentunya dihiasi foto-foto cantik- adalah pemicu ketertarikanku pada salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Juga berita wisata tentang acara wisata Banyuwangi yang mengedepankan adat & budayanya, tak ketinggalan menyita perhatianku.

Wisata alam dan budaya di Banyuwangi

Nah, setelah membaca tulisan teman-teman dan juga info-info wisata Banyuwangi, beberapa alternatif tujuan wisata Banyuwangi yang ingin kulihat langsung antara lain : Blue Fire Ijen,Taman Nasional Baluran dan Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Wisata laut Bangsring Under Water, Desa Adat Kemiren, Wisata Mangrove Bedul, Festival Gandrung Banyuwangi, dll.

Teluk Biru Banyuwangi

Teluk Biru Banyuwangi (Foto : Wisata Bagus dotcom)

Kuliner khas Banyuwangi

Ketertarikanku akan Banyuwangi tentunya tidak hanya terhadap keindahan alam maupun ragam budayanya namun juga pada ragam kuliner khasnya. Saat berkesempatan berkunjung ke Banyuwangi kelak, aku ingin juga bisa mencicip aneka kulinernya, antara lain : Sego Cawuk, Nasi Tempong, Pecel Rawon, Sop Kesrut,ataupun Rujak Soto. Hm, mana yang paling enak yaa…?

Nah Sahabat, itulah 3 destinasi traveling impian ku di Tahun 2020 ini. Mudah-mudahan ketiganya berhasil kukunjungi di tahun ini, tidak harus seperti urutan itu sih, karena bagaimanapun urutannya, akan tetap kusyukuri. Ohya, In syaa Allah pada pertengahan bulan ini aku berencana berkunjung ke salah satu destinasi impian itu, doakan perjalanan aman dan lancar ya teman-teman… Aamiin..

Bagaimana denganmu Sahabat, adakah destinasi wisata traveling impian kalian di 2020 ini? Yuk, bagi ceritanya / rekomendasi tentang 3 destinasi itu di kolom komen ya.. Terima kasih…

67 Comments

  1. Hi, Mbak. Destinasi wisata impiannya cakep semuaaa. Setuju deh pokoknya. Dari semuanya itu, aku baru pernah ke Lombok. Itu pun belum eksplor semuanya. Satu yang paling kuingat, masakan khas Lombok uenak banget. Sampai terbayang-bayang meskipun sudah tiba di depan pintu rumah, hahaha …

    Happy traveling, Mbak. Sehat-sehat dan dilancarkan perjalanannya, ya.

  2. Aku suka banget sama Lombok.
    Karena ada saudara yang domisili di sana.
    Dan pengen ke Labuan Bajo sama Raja Ampat.
    Uuwuwuw~
    Bismillah…semoga diberi kesehatan dan rejeki menjejak ke bumi Allaah yang indah lainnya.
    Aamiin~

  3. Semuanya destinasi yang ada pantainya ya. Aku juga suka pantai. Adem dan nggak mau pulang kalo udah di pantai

  4. Nasi tempong tuh kayak apa, ya?

    Dua kali mau nyicipin nasi tempong di Madiun, eh ga jodoh. Anak-anak ga setuju, plus warungnya tutup.

    Pantai Pink-nya di Belitung cakep, ya. Masya Alloh.

  5. Saya juga ingin ke Lombok, selama ini liburan hanya mentok sampai Bali saja. Penasaran banget dengan Gili Trawangan yang begitu bagusnya

  6. 3 ny udh aku jelajahi neh mba.. tp yg pengen balik ke banyuwangi neh

  7. Daku punya destinasi impian selain pergi umroh ingin ke Sumatera. Semoga dapat terwujud cita-citaku, aamikn

  8. Sudah lama aku bermimpi bisa menjejakkan kaki ke Belitung mbak, pengen lihat langsung keindahan pulau Laskar Pelangi ini. Kalau lihat foto teman-teman tentang Belitung sungguh bikin takjub makanya ingin sekali kesana membuktikan keindahan pulau ini.

  9. 3 yang di atas itu juga list destinasi impianku, mba.
    Tapi untuk waktu dekat ini aku ngiterin Sentul dulu, yg terdekat dr tempat tinggal 🙂

  10. Mb Erni juga ingin ke Banyuwangi dan Belitung loh mb. Maya juga ingin ke Belitung. Siapa tau bisa satu rombongan ya

  11. Wah, destinasi itu aku juga belum pernah ke sana semua, cakep-cakep ya, Indonesia memang mozaik keindahan, dimanapun berada selalu ada dijumpai keindahan

  12. Saya juga pengen liburan ke Lombok dan pulau Belitung. Ingin melihat langsung tempat-tempat dengan pemandangan yang indah

  13. Eh salah satunya juga jadi destinasi impianku Mba, yaitu Lombok. Belon kesampaian juga jalan-jalan ke sana. Moga impiannya tercapai semua ya Mbaa

  14. Huaaa aku pengen juga tuh ke Belitung sama Lombok, destinasi impian banget deh. Pengen ke Mandalika juga sih hehe.

  15. Mbak, dari 3 destinasi tempat liburannya.. lombok dan banyuwangi sama lho sama impian aku hehe.. Alhamdulillah belitung sudah kesana.. dan semoga tahun ini bisa terwujud untuk ketiga destinasi traveling impiannya ya mbak.. yuk saling mendoakan semoga bisa terwujud.. aamiin

  16. Semoga bisa terwujud ya, Mbak. Destinasi wisata impian saya juga salah satunya ke Belitung…semoga terwujud. Aamiin

  17. Duh Belitung juga destinasi impian saya selain kota Malang, tempatnya indah banget ya mba apalagi pantainya cantik banget, mudah2an segera terwujud impian destinasinya ya mba 🙂

  18. Selain Belitung, Bangka juga konon bagus. Bedanya, Belitung lebih terkenal. Jadi, sekalian mumpung nggak begitu jauh jaraknya.

  19. Waah pantainya bagus2 semua. Saya juga mau ikut hehe. Tapi mampir ke Lampung juga yuk Mba. Banyak juga pantai yang bagus

  20. Waaa aku juga pengen banget ke Belitung dan Banyuwangi, Mbak. Kok sama ya? Hehe. Dan kayaknya ke Bwi dulu deh, secara lebih deket dari Sidoarjo. Emang tempat-tempat itu mempesona banget kayaknya. Kulinernya pun menggoda selera.
    Btw semoga perjalanannya nanti lancar ya, Mbak 🙂

  21. Destinasi impian semua nih Diajeng. Belitung, Lombok dan Banyuwangi dengan kekhasannya masing-masing.
    Rujak soto menunggu. Moga disempatkan tercapai di 2020. Salam wisata

  22. Gagal fokus pas baca ada kuliner namanya SOP Kesrut, itu sop semacam SOP ayam atau daging gitukah mba?

  23. Mo ke Lombok ya mbak bulan ni? Asyiknya have fun ya dan salam buat 3 gili. Aku kangeenn

  24. Lombok, Belitung dan Banyuwangi bagus-bagus semua mbakk. Bikin ngiler bacanya, palagi saya yang nggak pernah jelong-jelong nii. Semoga semua bisa terwujud di tahun ini ya mbak

  25. Kyknya mirip target kita, apa perlu dikoordinir aja ni liburannya.. Seru x y kk.

  26. lombok yg jadi fsvoriteku, mau banget kesana dan jalan2 liburan yg lamaaaaa

  27. Wah kita punya impian yg sama untuk traveling ke Banyuwangi dan Belitung, ayook nnti klo ke Lombok smoga kita bs ktmu ya mba

  28. semoga terwujud mbak, kalau aku yang belum pernah ke Lombok. padahal pengen banget ya soalnya bagus-bagus kalai lihat foto videonya nih

  29. Toss Mbak Tanti, aku sudah ke Lombok dan Belitung, dan pengen banget ke Banyuwangi moga ada rezekinya tahun ini bisa main ke sana aamiin

  30. Belitung salah satu destinasi wisata impianku juga mbaa…semoga kita bisa kesana bareng yaa

  31. Semuanya di luar propinsi ya mbak.. Aku masih merencanakan yang dalam propinsi aja dulu. Semoga harapan kita terwujud ya mbak.. Aamiin

  32. Bentar lagi salah satu destinasi impian itu akan dikunjungi ya mbaaa… Aih senangnya. Semoga sehat selalu ya mba agar perjalanannya lancar

  33. Pingback: Dolan ke Lombok : Drama-drama di Awal Perjalanan |

Leave a Reply

Required fields are marked *.