LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Beberapa Destinasi Wisata Alam Keren di Pekalongan dan Sekitarnya

| 68 Comments

Beberapa destinasi wisata alam keren di Pekalongan dan sekitarnya.  Wisata alam Pekalongan ada nggak, sih? Itu pertanyaan yang kuterima beberapa waktu lalu, dari seorang teman. Aiih..tentu saja ada lah ya… Mungkin karena melihat Kota Pekalongan yang wilayahnya relatif kecil, temanku jadi bertanya-tanya di mana lokasi wisata alamnya? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, berikut akan kutuliskan beberapa destinasi wisata alam di Pekalongan ( kota dan kabupaten ) dan juga Kab Batang, tetangga sebelah Kota Pekalongan.

Wisata Pantai

Kita mulai dari daerah Batang, ada 2 pantai yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Sigandu dan Pantai Ujungnegoro. Keduanya cantik dan mempunyai keindahannya masing-masing, namun aku pribadi lebih suka Pantai Ujungnegoro.

Bermain di Pantai Sigandu yang landai…

Pantai Sigandu berlokasi di Desa Sidomulyo Klidang Lor, berjarak sekitar 10,7 km Kota Pekalongan. Di pantai ini pengunjung dapat bermain di hamparan pasir pantai ataupun sekedar bersantai menikmati semilir angin dan panorama pantai dari kursi-kursi beratap yang ada di tepi pantai, yang disewakan Rp. 10.000/kursi. Oya, tersedia juga rumah makan yang cukup representatif juga untuk menikmati kuliner lautnya.

Jangan takut panas…ada kursi-kursi beratap di tepi pantai Sigandu

Adapun Pantai Ujungnegoro berlokasi di Desa Ujungnegoro Kec Tulis yang berjarak sekitar 7,3 km dari Pantai Sigandu dan 18,3 km dari Kota Pekalongan. Kalau di Pantai Sigandu disewakan kursi-kursi beratap untuk menikmati panorama pantai, di Ujungnegoro pengunjung dapat menyewa tikar-tikar dengan harga yang sama (Rp 10.000/bh). Pengunjung juga dapat bermain di sepanjang tepian pantai, dengan tetap waspada untuk tidak berenang di laut karena berbahaya.

Sisi berpasir Pantai Ujungnegoro Batang

Oya, keistimewaan pantai yang sebagian dapat kita lihat bila kita naik kereta api melewati daerah ini, adalah terdapat 2 sisi pantai dengan pemandangan yang berbeda. Satu sisi pantai landai berpasir lembut tempat anak-anak bisa bermain pasir atau berkejaran lidah ombak, sisi lainnya adalah pantai landai dengan batu-batu yang berserakan di sepanjang tepian airnya. Untuk mencapai sisi pantai berbatu ini pengunjung harus melipir ke sisi bukit sebelah kanan (yang ada tulisan BATANG) itu. Harus hati-hati, teman…

Sisi berbatu Pantai Ujungnegoro Batang

Selanjutnya di wilayah Kota Pekalongan juga ada 2 wisata pantai yaitu Pantai Pasir Kencana dan Pantai Slamaran. Pantai Pasir Kencana terletak di Kelurahan Panjang Baru, berjarak sekitar 4,9 km dari Stasiun Pekalongan sedangkan Pantai Slamaran berlokasi di Kelurahan Krapyak, sekitar 7 km dari stasiun Pekalongan. Di kedua pantai ini pengunjung tidak bisa bermain pasir pantai, karena keduanya bukan merupakan pantai yang landai. Daratan dan lautan dibatasi oleh semacam tanggul yang terbuat dari bebatuan. Namun jangan kecewa, di kedua pantai ini pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang cantik lho..

Menjelang senja di Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Lukisan langit senja di Pantai Slamaran Pekalongan

Bergeser ke wilayah Kabupaten Pekalongan, ada Pantai Depok Indah dan Pantai Asri Api-api Wonokerto. Pantai Depok Indah berlokasi di Kec Siwalan Kab Pekalongan berjarak 16 km dari Kota Pekalongan dan Pantai Asri Api-api berlokasi di Sawah, Api-api Wonokerto Kab Pekalongan yang berjarak 10,5 km dari Kota Pekalongan. Kedua pantai ini merupakan pantai landai, sehingga pengunjung dapat langsung bermain-main pasir dan air di tepian pantainya.

Pantai Depok Indah Pekalongan

Wisata Pegunungan

Kalau wisata pantai ada di tiga wilayah Kab Batang, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan, maka destinasi wisata pegunungan hanya bisa ditemui di Kabupaten Batang & Kabupaten Pekalongan. Tentu saja, karena tidak ada daerah pegunungan di Kota Pekalongan..hehe..

Petungkriyono adalah lokasi pertama yang kurekomendasikan untuk wisata pegunungan di Pekalongan dan sekitarnya ini. Ya, karena berwisata ke Petungkriyono ini tidak hanya mentok di satu lokasi saja, namun justru ada banyak lokasi di satu wilayah kecamatan ini saja.

Curug Bajing _ Petungkriyono

Kita dapat mengunjungi Curug Sibedug, Curug Lawe, Curug Bajing sampai Curug Muncar. Masing-masing lokasi mempunyai keindahannya masing-masing. Selain tracking melihat keindahan Curug kita juga dapat bermain air dengan rafting di Sungai Welo Asri. Oya jarak daerah Petungkriyono ini dengan Kota Pekalongan relatif jauh, sekitar 44 km atau 1,5 jam perjalanan.

Curug Muncar Petungkriyono

Taman Sungai Welo Asri Petungkriyono

Selain di Petungkriyono, kita dapat juga bermain rafting di daerah Lolong, menyusuri Sungai Sengkarang yang melewati bawah Jembatan Batu yang terkenal karena disebutkan dalam salah satu lagunya Ebiet G Ade. Wisata Lolong ini berlokasi di Kecamatan Karanganyar Kab Pekalongan, berjarak sekitar 25 km dari Kota Pekalongan. Oya, Lolong juga terkenal dengan duriannya yang rasanya maknyuuus…

Segarnya bermain air di Sungai Sengkarang Lolong

Kegiatan rafting juga dapat kita lakukan di daerah wisata lain di Kabupaten Pekalongan yaitu daerah Wana Wisata Kali Paingan yang berjarak sekitar 37 km dari Kota Pekalongan.

Demikian beberapa destinasi wisata pegunungan di Kab Pekalongan. Nah, di Kab Batang juga ada wisata pegunungan yang tak kalah menariknya lho.. Ada Agrowisata Pagilaran, Sikembang dan juga Rumah Pohon Tombo.

Sunrise di Pagilaran

Agrowisata Pagilaran merupakan perkebunan teh di mana pengunjung dapat menikmati tea-walk, petik teh, kunjungan ke pabrik teh, atau sekedar bermain-main di taman bermain perkebunan teh ini. Berlokasi di Kec Blado Kab Batang yang berjarak sekitar 39 km dari Kota Pekalongan.

Agrowisata Sikembang Batang

Masih di Kecamatan Blado Kab Batang, ada Agrowisata Sikembang di Desa Kembanglangit sekitar 39 km dari Kota Pekalongan, di mana pengunjung dapat melakukan outbound di kawasan hutan pinus dan tentunya juga dilengkapi dengan spot-spot swafoto yang lagi hits itu 😀

Rumah Pohon di Desa Tombo Batang

Satu lagi wisata pegunungan yang menarik di Kab Batang adalah Rumah Pohon Tombo yang terletak di Desa Kec. Bandar Kab Batang. Terlihat dari namanya, di lokawisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan alam pegunungan dari 2 buah rumah pohon yang ada di lokasi ini.

Nah itu lah beberapa destinasi wisata alam yang dapat teman-teman kunjungi saat ke Pekalongan. Tentunya masih adalagi yang lain-lainnya, namun akan kutuliskan di post yang lain ya…

Jaraknya bervariasi dari Kota Pekalongan, apakah bisa tercakup dalam kunjungan 1 hari?

Ya, memang bila ingin mendatangi semua tempat-tempat indah itu, tak cukup dalam waktu 1 hari kunjungan, karena jika dipaksakan maka kunjungan terburu-buru dan tak bisa menikmati dengan nyaman.

Lalu, apa solusinya?

Bermalam di Pekalongan itu salah satu solusinya. Jangan khawatir, ada banyak hotel yang nyaman di Kota Pekalongan, teman…

Saat ini banyak kemudahan yang kita dapat, termasuk dalam memesan akomodasi saat traveling. Sudah kenal dengan pegipegi, bukan? Nah, buka saja webnya, lalu ketikkan kata PEKALONGAN pada kotak ‘Nama Lokasi / Hotel Tujuan’, tentukan tanggal check incheck out, jumlah tamu dan jumlah kamar yang diperlukan, lalu klik kotak CARI yang berwarna orens itu. Kalian akan dibawa ke halaman selanjutnya yang memuat pilihan hotel-hotel di Pekalongan yang tersedia pada tanggal tersebut.

Pesan hotel di Pekalongan via pegipegi

Bisa gunakan filter pencarian berdasarkan : tarif kamar, bintang, hotel area, tipe hotel maupun fitur hotel. Masih bingung? Bisa juga melihat ulasan-ulasan atas hotel-hotel yang direkomendasikan itu. Setelah temukan hotel sesuai pilihan tinggal lakukan pemesanan dan pembayaran. Mudah, bukan?

Ulasan hotel di Pekalongan pada web pegipegi

Nah… tunggu apa lagi? Sudah tahu tentang beberapa destinasi wisata alam keren di Pekalongan dan sekitarnya, cari hotel di Pekalongan pun mudah, langsung saja rencanakan jalan-jalan ke Pekalongan ya teman… Yuuk, kutunggu di Pekalongan ya…

68 Comments

  1. Ternyata banyak juga ya destinasi wisata di Pekalongan dan sekitarnya. Sayangnya kalo ke Pekalongan cuma ke kotanya doang, hihi.
    Kapan-kapan aku mau dong diajakin ke pantai2nya, mbaak

  2. Fotonya yg bikin ngiler mbk…macan ..

  3. Aku pengin ke petung kriyono mba…udah lama gak ke sana

  4. Masih banyak yang blm kusebut ya. Kesesi juga punya wisata. Wmwmkwmwm

  5. Info yg mantebh bgt…smntr baru dolan ke lapangan Jatayu, jd next hrs diagendakan nih.

    Suwun mbak

  6. Petungkriyono rekomended banget mbak… Aku pun masih terngiang waktu disana.. #jejakbiru

  7. Aku tuh kalau lewat Pekalongan, slalu aja yang dicari tuh destinasi belanja batik pekalongan. Hahaha. Soalnya banyak banget pilihan tempat belanja batik pekalongan yang bagus. Padahal wisata alamnya bagus-bagus ya mba 🙂

  8. Tiap kali baca postingan Mbak Tanti lalu aku tuh pengen ke Pekalongan terus deh kayaknya. Hehehe. Aku cuma pernah ke pantai Sigandu dan pantai Ujungnegoro aja. Yang lainnya belum. Huhuhu.

  9. Pekalongan itu unik ya, ada wisata pantainya sekaligus wisata pegunungan, jadi sekali tujuan bisa ke berbagai pilihan destinasi atau bisa ke semuanya

  10. Wah pake pegipegi asyik jgua ya. Aku belum pernah pakai pegipegi sih. Boleh kuciba buat liburan nanti.

  11. aku tahunya cuma batik Pekalongan, Ternyata banyak destinasi wisata alam di sini, dari pantai sampai curug.

  12. Pekalongan yang indah..
    Aku rasanya kalau ke kota ini hanya numpang lewat pas mudik, belom pernah eksplor ke tempat wisatanya.

    Kalau sudah ada info begini, bisa di agendakan niih…

  13. Ternyata komplit juga ya wisata Pekalongan. Tadinya saya kirain hanya ada wisata pegunungan

  14. Sudah lama tak berkunjung ke blognya mbak Mechta…pakabar mbak? Dan aku suka dg tempat2 wisata sprti ini…jadi pengen berkunjung ke Pekalongan dan menikmati destinasi wisata disana…..

  15. Kalau petung kriyono pernah dengar, yang lainnya baru ini tau. Ternyata pekalongan menyimpan banyak wisata-wisata indah yaa.. kapan-kapan rencanain ke pekalongan sama anak-anak ah 🙂

  16. Wah baru ke sigandu aja nih pantainya, besok kalau ke semarang, mampir lagi ah ke pantai pekalongan dan batangnya 🙂

  17. Pekalongan banyak wisata airnya ternyata. Mesti diluangkan waktu khusus nih, terima kasih Mbak infonya

  18. Mbaaa… aku koq belum pernah ya ke Rumah Pohon Tombo. Pengin ik ke sana. Ke Petungkriyono juga pengin lagi nih, yang dulu rasanya kurang tuntas karena cuma sebentar, enggak semua spot dikunjungi.

  19. Dimanapun lokasinya, senja nggak pernah salah ibaratnya. Indah banget! 😉 Jadi tahu kalau di Pakalongan nggak hanya ada batik.

  20. Keren-keren juga ya.
    Btw blm pernah menjelajah Pekalongan, padahal beberapa kali lewat. Dulu pernah sama teman2 SMA mbolang ke Pkl juga, tapi cuma lewat pantai pasir kencana klo ga salah

  21. Ternyata pantai-pantai di Pekalongan cantik juga ya. Terus terang kalo lewat Pekalongan ingetnya cuma mampir beli batik, abis baca ini jadi banyak to do list niy. Hahaha

  22. Pantai-pantai di sekitar Pekalongan oke juga yaaa mba.. dan aku suka juga liat air terjunnya yang sejuk itu!

  23. Yang saya tahu tentang Kota Pekalongan adalah batiknya. Pernah mampir ke sana, unutk belanja batik. Kalau tau ada pantai bagus di Pekalongan, bisa mampir main di sana, deh!

  24. ternyata benar pekalong bukan hanya kota batik, tetapi kota wisata juga

  25. Wah… naksir sama rumah pohonnya. Saya sendiri belum pernah ke Pekalongan. One day kalau bisa ke sana jadi pengen ke rumah pohon itu.

  26. Penasaran dengan Petungkriyono, Mbak..kalau pantainya baru pernah ke slamaran dan pantai kencana doang huhu

  27. Ke Petungkriyono kayanya asik tuh,
    bisa ke beberapa destinasi sekali dateng. 😀

  28. Ternyata Pekalongan kaya tempat wisata yaa. Bukan batik doang. Masukin bucket list ah

  29. Wah aku penasaran sama sungai dan rmh pohonnya. Kapaann ya liburan ke pekalongan?

  30. Duh, indah banget ya tempat-tempat di Pekalongan ini. Aku belom pernah ke sana. Semoga bisa berkesempatan main ke sana. Seru dan pasti mengasyikkan. 🙂

  31. Ngga sabar mau kesini. Cantik sekali angle fotonya juga. Bisa jadi spot siluet yang cetar.

  32. Bisa buat rekomendasi luburan akhir tahun nih mba, kali suka banget wisata yg ada airnya

  33. wah banyak juga ya curug di Pekalongan, dan indah-indah semuaa

  34. Wah aku penasaran pengin masuk rumah pohon itu mbak..kira-kira lutut gemetaran nggak ya hahaha

  35. Belom pernah main ke Pekalongan dan ternyata keren yah, ada wisata pantai dan dataran tinggi duh, jadi pengen main ke Pekalongan

  36. Pengen ke Petungkriyono kak, tapi naiknya itu ko.. hehehe. Semoga bisa lagi.

  37. Artikel ini mesti dishare ke keluarga besar suami. Meski ada kakak yg tinggal di Pekalongan, kayaknya mereka nggak pernah ngajakin dolan ke petung kriyono. Kalo ke pantai sih sering mbak, jaman anak2 masih kecil

  38. Wah, banyak banget ya tempat wisata di Pekalongan, keren-keren. Bisa jadi referensi kalo liburan ke sana. Seru pantainya bagus trus ada wisata sungai juga.

  39. Waaaa cakep2 ternyata wisata alam di dekat2 Pekalongan. Kapan2 mesti ekplorasi ke sana nih

  40. Wah,ternyata pantai2nya keren2. Kmrn ke Pekalongan kok blm puas. Mo ngunjungin air terjun jg ah…klo kesana lagi.

  41. Spot wisata alamnya Pekalongan banyak banget.

    Yang paling teringat, spot mancing di Batang (suamiku dulu sering trip mancing ke sini) dan pastinya sentra kerajinan batiknya ya.

    Salam pagi dari Lombok

  42. Pekalongan itu lengkap ya punya pantai sama punya bukit pankapan mbolang sana lagi ahh

  43. Waah main banyak aja.. aku baru pernah ke Pantai Ujungnegoro sama Kebun Teh Pagilaran aja.. next bisa dan wajib berkunjung ke destinasi yang lain nih…

  44. Mbak Mechta….ternyata Pekalongan keren, dulu pernah tinggal sebulan di sana bantuin dosen penelitian, tapi gak tahu kalau ada pantai keren keren begini.
    Musti ke sanaa lagi nih sepertinya hihihi….

  45. WAHHH keren keren banget ya ternyata. Pantai Ujungnegoro itu sekilas mirip pantai labuhan jukung krui Lampung lho mbakkk. dan Btw itu batu-batu di sungai untuk rafting dan air derasnya bikin seru banget kalau rafting disitu haha. ku jadi pengen rafting. duh kapan ya bisa jelajah pekalongan hehe

  46. ternyata pekalongan bisa punya wisata air terjun sebagus ini ? aaahh mupeng ah

  47. Pengen balik ke Pekalongan lagii jadinyaa uh, kalo ke sana kek balik ke rumah ke dua. Eyyaaaa

  48. Beberapa kali udah pengen ke pantai di Pekalongan ga jadi-jadi. Padahal seru ya.

Leave a Reply

Required fields are marked *.