LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Ajarkan Anak Lindungi Diri dari Kekerasan Seksual, Bisa kah?

| 92 Comments

Ajarkan anak lindungi diri dari kekerasan seksual, bisa kah? Hai sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Semoga semua sehat dan bahagia ya..

Oya, pertanyaan di awal tulisan ini, mungkin pernah juga terlintas di benak sahabat, terlebih ketika kita mendengar / membaca kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak. Bagaimana perasaan kita saat membaca / mendengar hal tersebut? Tentunya merasa kesal dan marah, bukan?

Terlepas dari kita mengenal atau tidak korban kasus-kasus tersebut, kita pasti sepakat bahwa hal tersebut sangat biadab dan harus dicegah semaksimal mungkin. Masalahnya, bisakah kita mengajarkan kepada anak-anak untuk melindungi diri mereka sendiri dari kekerasan itu?

Jawaban atas pertanyaan itu adalah : bisa dan bahkan sangat perlu!

Ya, sejak dini kita bisa dan sangat perlu mengajarkan kepada anak-anak kita -baik anak laki-laki ataupun perempuan- tentang ketrampilan keselamatan pribadi (personal safety skills) agar anak-anak ini dapat terhindar dari kekerasan seksual.

Lalu, bagaimana caranya?

Beberapa waktu lalu, aku mengikuti pertemuan di lingkungan kantor kami yang membahas tentang hal ini dan inilah ringkasan dari materi tersebut, kubagikan di sini siapa tahu ada yang membutuhkan ya….

Kita dapat mengajarkan anak-anak agar dapat melindungi diri dari kekerasan seksual melalui pengenalan hal-hal dasar berikut ini :

Mengenali (recognize)

Anak-anak harus diajarkan untuk mengenal bagian-bagian tubuh pribadinya, yang TIDAK BOLEH dilihat dan disentuh sembarang orang. Bagian-bagian pribadi itu terdiri dari : mulut, dada, kemaluan dan pantat.

Nak, ini bagian-bagian pribadi kita

Bagian-bagian pribadi yang disebutkan di atas hanya boleh disentuh seperti saat ibu memandikan mereka atau membersihkan mereka setelah buang air, atau saat dokter memeriksa, dengan didampingi oleh orang-tua.

Ajarkan anak untuk mengatakan TIDAK dan menolak apabila :  orang lain menyentuh bagian pribadinya, atau menyuruhnya membuka baju di hadapan orang itu, atau menunjukkan bagian pribadinya, atau menunjukkan film / foto telanjang.

Nak, katakan TIDAK saat…

Mampu bertahan & melaporkan (resist & report)

Apabila mengalami kejadian-kejadian itu, apa yang dapat dilakukan anak-anak? Ajarkan mereka untuk :

* lari ketempat yang ramai

* berteriak minta tolong

* melaporkan kepada orang tua / guru / orang dewasa lain di sekitar mereka.

Lari, teriak dan laporkan ya Nak…

Penting untuk mengajarkan kepada anak agar mau bersifat terbuka atas kejadian-kejadian yang menimpa mereka, agar segera dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi anak.

Nah.., itulah beberapa hal dasar yang dapat kita ajarkan kepada anak-anak dalam upaya perlindungan diri terhadap kekerasan seksual, selain itu perhatikan juga tips-tips untuk orang tua ini  :

  • Mandikan dan pakaikan baju anak sendiri. Usia anak 3-5 tahun sudah mulai dapat diajarkan untuk memakai baju sendiri.
  • Selalu periksa bagian tubuh anak
  • Jangan biarkan orang tak dikenal menyentuh anak anda
  • Sering-sering ngobrol dan dengarkan anak
  • Sering tunjukkan rasa sayang dan peluk anak
  • Beri pakaian yang sopan
  • Jangan suka memarahi dan menyalahkan anak
  • Berkata baik dan lemah lembut

Tips untuk orang tua

Sahabat, itulah ringkasan materi yang kami terima tentang  pencegahan kekerasan seksual pada anak. Semoga menjadi tambahan wawasan untuk kita dan semoga semua anak-anak kita terhindar dari kekerasan seksual maupun hal-hal buruk lainnya… Aamiin… Jika ada yang mau menambahkan tips lain, silakan share di kolom komen ya…

***

Sumber materi & foto infografis : “Aku Mandiri – Anak Mampu Menjaga Diri” (Leaflet Mitigasi Sosial Anti Kekerasan Seksual pada Anak).

***

#roadto4thGandjelRel #blogchallengeGandjelRel Pekan ke-3 : Perlindungan Anak

92 Comments

  1. Anak-anak memang harus belajar tentang ini, tarutama dari rumah. Karena orang tua gak selalu bersama anak. Jadi, anak juga harus belajar melindungi diri sendiri

  2. ini PR banget buat aku nih
    anakku masih 3 tahunan jadi bisa mulai ngajar pelan2 sampai dia paham ya mbak
    aku save aja nih postingannya

  3. BEner banget mbak anak-anak harus tau cara melindungi diri sendiri kalau pas gak ada orangtuanya. Gak maulah ada kejaidan yang tidak diinginkan. Mudah-mudahan anak-anak kita selalu terhindari dari hal yang jelek.

  4. Perlu banget dikasih pengetahuan ttg ini anak-anak soalnya sekarang banyak penyusup jahat diluar sana bahkan orang terdekat yang khilaf juga sekarang banyak aku takut banget sebenernya sebagai ibu ya mbak. Izin save posternya ya mbak

  5. Betul, Mbak. Memang anak-anak perlu dibekali gimana menghindari pelecehan seksual. Infografisnya bagus. Selama ini saya sudah ajarkan sama anak2 gimana menghadapi orang yg tak dikenal dan kudu gimana. Oya ada dalam bentuk lagu juga ya…anak2 dulu sering nyanyikan.

    • Bagus idenya tuh mba..edukasi lewat lagu2 ya..
      Oya, infografisnya bukan karya saya mba..sudah saya sebutkan di akhir tulisan ya..

  6. Ah iya saya jadi ingat saya punya ponakan yang sangat teredukasi baik tentang sex dari sekolahnya. Dan saya rasa Meski orang tua memiliki peranan penting, pendidikan di sekolah juga harus memadai ini. Hehehe

  7. Anak-anak harus dikasih tahu sejak dinu tentang ini ya mbak biar gak kena pelecehan dll. nya..

  8. Ada lagunya juga ya mba yang sentuhan boleh dan sentuhan tidak boleh, aku juga sudah mulai ajarkan anakku utamanya yang sulun mana yang boleh mana yang tidak dan berani menyuarakan kalau ada yang macam-macam

  9. Aku udah mulai ngasih tahu ke Rara nih mbak soal melindungi diri dari kekerasan seksual. Yang paling pertama aku kasih tahu kalo yg boleh pegang badan adek yang ini dan ini cuma bunda ya, kalo yang adek ga kenal jangan mau

  10. ngeri deh membayangkan kekerasan seksual pada anak ini. ya Allah, lindungi anak-anak kami dari orang-orang jahat di luar sana, amiin.

  11. Memang harus sedini mungkin ngajarin anak perkara ini mbak. Aku juga sering mengingatkan sama nadia apa2 yg ga boleh dipegang orang lain selain mamanya. Kalo sampe ada orang mencurigakan teriak yg keras

  12. Ya Allah, suka ngeri kalau baca kasus-kasus begitu, dan memang betul sebagai ortu nggak setiap saat bisa menjaga anak-anak, sehingga memang anak sebaiknya diajarkan untuk bisa berkata TIDAK dan meminta pertolongan

  13. Iya ini penting banget, karena parnonya aku sampai berkali-kali jelasi apa saja wilayah tubuh mereka yang tidak boleh dipegang oranglain, dan waktu pelecehan marak..setiap mereka pulang sekolah, pulang main dan dari masjid aku tanyain ada gak yang memegang mereka

  14. Daerah sensitif memang tidak boleh di pegang.

    Anak perlu mengetahui agar tidak jadi korban kekerasan dan pelecehan seksual.

    Seram dan amit amit kalau anak kita mengalami dan jadi korbannya

  15. Anak-anakku dulu juga mulai belajar memakai pakaian sendiri saat usia 3 tahun, mbak. Kalo untuk orang asing, sejak mereka bisa diajakin bicara, aku mengajarkan tidak ada yang boleh menyentuh tubuhnya kecuali ibu dan bapaknya aja.

  16. Yes, sex education. Harus diberikan asal sesuai usianya ya mbak

  17. Wahl, penting banget nih buat ngajarin Shoji dan Rey cara melindungi diri dari kejahatan seksual. Sebagai orang tua juga kudu paham banget keseharian anak ya, jadi anak juga nggak akan sjngkan kalau mau cerita cerita ke kita soal aktivitasnya sehari-hari.

  18. saya sangat setuju jika pendidikan tentang perlindungan seks sejak dini ditanamkan pada anak-anak, apalagi banyaknya modus kejahatan melalui sosial media

  19. Alhamdulillah nig aku juga sudah edukasi ke anak ,,, mudah2an anak2 Kita selalu dilindungi y mba

  20. wah pas banget nih materinya dengan kelas komunitas HS ku kamis depan. Anak-anak mau diajarkan melindungi tubuhnya termasuk materi diatas. Terimakasih mba

  21. Ngomongin soal kekerasan seksual terhadap anak selalu bikin ngeri. Tapi kita bisa menanamkan cara-cara di atas ya, biar terhindar. Plus doa yang banyaaaaak supaya terhindar.

  22. Sangat perlu mbak supaya anak2 bisa melindungi dirinya sendiri di luaran sana, krn kita kan gak mungkin ngawasin 24 jam. Semoga anak2 kita semua terlindungi dr predator anak yg jiwanya sakit ya mbak aamiin

  23. Kok ya pas banget baca blogmu ini Mbaaak. Kemarin aku nyari buku Aku Bisa Melindungi Diri Part 1 yang tentang kekerasan seksual, tapi habis, tinggal yang part 3 dan 4. Syukurlah baca tulisan Mbak, jadi ada bayangan sementara ini. Terimakasih sudah sharing ya Mbak, bermanfaat banget….

  24. Jadi ingin cari bukunya dan baca barenganak-anak mba.. Mereka harus tau cara melindungi diri masing -maaing

  25. Setuju banget mba, pendidikan seks harus sejak dini, anak harus aware terhadap pelecehan ya, sedih kalau baca berita ada anak jadi korban pencabulan 🙁 cry..

  26. Wah penting banget ini…iya anak2 memangg hrs dajarkan sejak dini supaya kita tdk kecolongan…a

  27. Beneerr…
    Penting banget tegas terhadap anak-anak atau orang dewasa yang exhibis.

    Aku ngalamin juga niih, mba…
    Anakku beberapa kali bilang kalau ada temen yang nyukain dia, bahkan terang-terangan bilang kalau “Hana cantik”.

    Awalnya begitu…
    Lama-lama berani sentuh-sentuh.

    KZL aku…
    Aku laporin ke Ibu Gurunya.
    Kalau terulang lagi, aku gak sungkan buat ngomong langsung ke Ibunya.

    Nah ini masalahnya, Ibunya sendiri bilang “Njun…kenapa Njun suka sama Hana?”

    Huh!
    Anak kecil diajarin suka-sukaan itu gimana siih???

  28. Noofa itu udah lumayan ngerti konsep aurat yang boleh dan yang gak boleh sembarangan dipegang orang.
    Pokoke tugase wong tua ben anak bener2 bisa menjaga diri dari kejahatan apapun. Melindungi anak dengan mengedukasinya sejak dini intine

  29. Bener mbak memarahi anak itu bukan solusi, jadi inget dulu waktu kecil gak berani cerita apa2 karena takut kena marah…

  30. Bisa bangeeeeet mba! Bahkan kita harus lindungi anak-anak sejak dini, ajari mereka dalam Bahasa yang mereka mengerti dan pahami. Semoga anak-anak kita bisa terhindar dari segala bahaya di luar sana

  31. Ini puentiiingg buanget ya mba secara kita nggak selamanya bisa terus ngejagain anak. Anak perempuan ataupun laki, menurutku sama pentingnya, harus diajari menjaga diri dari kekerasan dan pelecehan seksual.

  32. Betul banget. Anak-anakku malu kalau telanjang di depan orang lain, kecuali ibu bapaknya. Jadi gak pernah pipis sembarangan. Harus di toilet.

  33. Aku tempel di dinding juga soal info apa saja yang ga boleh disentuh orang lain ke tubuh Salfa, anak saya. Dan lagu-lagu yang mengingatkan itu aku sering dengarkan juga.

  34. Senang banget ya bisa mengajarkan anak menyelamatkan diri perlu banget mencegah hal yang tak diinginkan

  35. Setuju banget mba, kita harus mengedukasi anak agar tau tindakan mana saja yang tidak boleh dilakukan orang lain kepada tubuhnya. Penting banget nih, mana jamannya udah kayak gini, makin banyak orang yang melakukan tindak kejahatan.

  36. Benar! Memang harus dididik sejak kecil, diberi tahu bagian tubuh mana saja yg tidak boleh disentuh. Ada tuh tetangga saya dulu suka nyentuh bibir adek saya, saya gak marah ke tetangga. Tapi memberitahu adek saya kalau jangan mau disentuh” orang. Akhirnya si adek menjelaskan ke tetangga, kalau dia gamau disentuh. Dan tetangga berhenti menyentuh adek saya.

  37. Makasih banget mba, infonya bikin Ujame sadar harus banget ini ngajarin tentang ini ke ponakan, apalagi jaman sekarang banyak banget kejahatan seksual yang ngincer anak dibawah umur.

  38. Materi ini disampaikan juga untuk materi kelas 1 lho, Mbak, berkaitan dengan bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. Dan alhamdulillah bisa langsung diterapkan oleh anak-anak, sehari-hari.

  39. Iya benar mbak, penting mnegajarkan anak kita tentang boleh dan tidak boleh.

  40. Jelas penting bgt ya. Aku pernah juga dapat materi ini di paud

  41. Mbakkk…infonya asik, betul, anak anak harus diajarkan bagian bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
    Saya selalu bilang ke Dirga boleh memegang Dirga ya Ayah, Bunda dqn pak dokter.
    Kalau ada orang gak kenal mau memegang, teriak dan lari menjauh.
    Lebih baik mencegah dari.hal hal yang tidak diinginkan ya mbak….

  42. makasih banget untuk sharingnya mbak.. memang informasi seperti ini harus diketahui oleh orang tua di luaran sana juga.

  43. PR buat saya nih nanti ketika Baby Queen nambah besar…sekarang Queen masih 5 bulan, masih dipantau terus sama orangtua.

  44. Sekarang harus mulai lebih perhatian lagi nih soal pendidikan seksual untuk anak. Soalnya Kenzie dah 3 tahun. Ngeri kalau denger berita ttg kekerasan seksual pada anak.

  45. Setuju mbak..jaman sekarang kita memang harus aware apalagi banyak predator anak-anak, ngeri….semoga anak-anak kita selalu terhindar dari hal buruk amin

Leave a Reply

Required fields are marked *.