LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Di tepi kolam renang Sekuro Village Beach Resort
Di tepi kolam renang Sekuro Village Beach Resort

Pengalamanku menginap di Sekuro Village Beach Resort

| 91 Comments

Nama Sekuro Village Jepara memang baru pertama kali kudengar -tepatnya kubaca- ketika beberapa waktu lalu aku mendapatkan tugas untuk hadir di sebuah acara dinas yang berlokasi di sana. Setelah mencari info dari teman-teman dan juga info dari dunia maya, aku mulai ada sedikit gambaran tentangnya, bahwa itu adalah nama sebuah hotel di pinggir pantai di Jepara. Nah pengalamanku menginap di Sekuro Village itulah yangΒ  akan kutuangkan dalam tulisan kali ini..

Lokasi Sekuro Resort

Sekuro Village atau lengkapnya Sekuro Village Beach Resort (selanjutnya kusebut SVBR) adalah sebuah hotel bintang 3 yang terletak di Desa Sekuro, Kec Mlonggo Jepara. Tepatnya di Jl. Jepara Bangsri RT 33 / RW 7 Desa Sekuro Kec. Mlonggo Kab Jepara.

Lokasi hotel SVBR ini di tepi Pantai Blebak Jepara, sekitar 12 Km dari pusat Kota Jepara. Nah, dari Kota Pekalongan tempat tinggalku, jaraknya sekitar 186 Km. Lumayan jauh ya? Hehe..

Transportasi ke Sekuro Village Beach Resort

Informasi yang kudapat sebelum berangkat, untuk mencapai Jepara dari Pekalongan aku bisa naik KA / bus / travel ke Semarang lanjut travel / bus dari Semarang ke Jepara. Wah lumayan ribet juga harus ganti-ganti transportasi ya.. Lalu ada juga teman yang memberi informasi bahwa aku bisa juga naik travel langsung dari Pekalongan-Jepara yaitu dengan salah satu agen travel yang berpusat di Pemalang.

Akhirnya alternatif terakhir inilah yang kupilih, naik travel Pekalongan-Jepara berangkat pukul 9 pagi dari Pekalongan dan sampai di lokasi (Sekuro Jepara) sekitar pukul 3 sore. Cukup lama juga, namun itu lebih karena aku menggunakan travel dengan sistem antar-jemput penumpang dan kebetulan saat itu ada salah satu penumpang yang lokasi tujuannya di daerah Weleri yang cukup jauh dari jalan raya Kendal-Semarang.

Oh ya, meski relatif lama di perjalanan, keputusanku menggunakan travel itu tidak kusesali karena ternyata lokasi Sekuro jauh dari pusat kota Jepara tapi aku bisa diantar sampai lokasi (tentunya dengan menambah biaya ke sopir..hehe).Β  Tak apalah..yang penting sampai lokasi tanpa harus pindah-pindah lagi..hehe.. Total biaya Pekalongan-Sekuro saat itu Rp. 200.000,- ( 175 ribu Pekalongan-Jepara + 25 ribu Jepara-Sekuro).

Nah, bila teman ingin ke SVBR namun transportasi dari kota kalian hanya sampai pusat kota Jepara saja, maka kalian dapat menggunakan sewa mobil online / ojek untuk sampai ke lokasi, begitu informasi yang kudapat dari mba Susi -rekan blogger Jepara.

Kesanku selama menginap di Sekuro Village Beach Resort

Ruang Pertemuan terasa sempit dan sempat mati listrik

Acara dinas yang kuhadiri di SVBR kemarin sudah dimulai ketika aku akhirnya sampai di lokasi. Setelah menanyakan lokasi hall yang digunakan pada resepsionis aku pun bergegas memasuki ruang rapat yang ternyata sudah penuh. Untung seorang rekan yang datang lebih dulu menyisakan satu kursi untukku.. Alhamdulillah..

Aku tidak tahu ada berapa ruang pertemuan di hotel ini dan juga tidak tahu berapa kapasitas ruang rapat itu, tapi saat itu ruang terasa sesak dengan pengaturan hanya separuh ruangan yang menggunakan meja dan separuh peserta di bagian tengah ke belakang duduk tanpa meja. Agak menyulitkan untuk kegiatan catat-mencatat hehe..

Ada pula insiden mati listrik di tengah acara, tidak terlalu lama tapi cukup mengganggu. Hm, menurutku sekelas hotel bintang 3, mestinya hal-hal seperti itu bisa dihindari / diantisipasi ya.. Terus terang insiden kecil itu menimbulkan kesan kurang di hati kami.

Kamar tidur yang nyaman

Alhamdulillah kamar yang kami tempati nyaman, menghapus kesan kurang baik di ruang pertemuan tadi..hehe..

Kamar di Sekuro Village Beach Resort Jepara

Kamar yang kami tempati di SVBR Jepara

Sejak melangkahkan kaki memasuki kamar di lantai 2 itu aku telah merasa nyaman. Penataan kamar yang didominasi warna putih-cokelat dengan 2 twin bed itu terasa simpel dan berkesan lapang. Oh ya panitia membagi peserta bertiga sekamar sehingga ada tambahan 1 kasur ekstra, namun tidak membuat kamar menjadi sesak. Masih ada ruang cukup lapang untuk aktivitas kami bertiga di kamar itu.

Kamar mandi pun ditata minimalis dan berkesan bersih. Perlengkapan mandi sebagaimana standar hotel bintang 3 lah. Oh ya, dinding pembatas ruang tidur dan toilet terbuat dari kaca, namun tentunya dengan semacam tirai waterproof yang dapat diatur membuka/menutup dari dalam ruang shower 😉

Kamar-kamar di lantai 2 ini masing-masing mempunyai balkon dengan pemandangan ke arah halaman hotel & pantai. Sayangnya, akses ke lantai 2 ini hanya menggunakan tangga sehingga bila menginap dengan Lansia harus mencari kamar di bawah saja…hehe..

Ruang Makan nyaman dan masakan enak

Rasa Resto Beach & Bar adalah nama ruang makan di SVBR ini. Ruangan cukup luas dan tertata dengan nyaman, dan memiliki pemandangan indah yaitu kolam renang yang seolah menyatu dengan laut 🙂

Setelah acara malam itu selesai, kami menikmati makan malam di luar ruangan, di tepi kolam renang, dengan menikmati hiburan musik organ tunggal.

Ruang makan outdoor Sekuro Village Beach Resort

Tempat makan malam di tepi kolam renang

Sedangkan pagi harinya kami menikmati sarapan di dalam ruangan, dengan menu standar. Menurutku rasa masakannya enak dan cukup menggugah selera.

Rasa Resto Sekuro Village Beach Resort

Rasa resto beach & bar di SVBR

Kolam Renang dengan pemandangan yang apik dan taman-taman yang cantik

Kolam renang Sekuro Village Beach Resort

Kolam renang di SVBR

Salah satu daya tarik dari SVBR ini adalah kolam renangnya. Bukan kolam dengan luas kelas olimpiade sih…tapi kolam cantik berair biru jernih yang ada di sana mempunyai pemandangan indah yaitu laut nan biru. Tentu saja kolam cantik ini menjadi salah satu spot foto tamu-tamu..karena dengan sudut pengambilan foto yang tepat, kolam ini seakan tak bertepi…langsung ke laut! 😍

Kolam renang Sekuro Village Beach Resort

Kolam renang cantik di SVBR

Patung-patung Kura-kura yang berbaris melengkung membatasi antara kolam renang dewasa dan kolam anak. Untuk kolam dewasa dilengkapi dengan kursi untuk bersantai di air kolam.. Properti foto yang ciamik deh..

Di tepi kolam renang Sekuro Village Beach Resort

Mejeng dulu di tepi kolam SVBR Jepara

Selain kolam renang dengan pemandangan cantik ini, hasrat pepotoan tetamu rupanya difasilitasi dengan baik di SVBR ini..hehe..

Ruang terbuka / taman di lingkungan Sekuro Resort

Banyak ruang terbuka yang tertata rapi dan cantik…pas untuk pepotoan..hehe..

Lingkungan hotel tertata dengan baik, diperindah dengan taman-taman cantik dan patung Kura-kura bertebaran di sana-sini…seolah menantang tamu untuk mengajaknya berfoto-ria ☺

Di lantai 2 ada SKY GARDEN, sebuah taman mungil di atap yang dilengkapi dengan meja-kursi minimalis yang terlihat elegan dan cantik yang pastinya menjadi salah satu spot cakep pepotoan di resort ini ☺

Sky Garden Sekuro Village Beach Resort

Sky Garden, taman di atap SVBR Jepara

Pantai yang bersih dan indah

Pantai Blebak Sekuro

View pantai nan cantik..

Nah… last but not least.. ini yang paling kusuka dari pengalamanku menginap di SVBR ini yaitu bisa bermain di pantai indah tanpa harus jalan jauh dan tempatnya relatif sepi.

Pantai di Sekuro Village Beach Resort

Niih…pantainya cakeeep kaan…

Ya, dari halaman resort ini ada akses langsung ke bibir pantai yang landai dan berpasir putih, Pantai Blebak namanya kalau tidak salah. Pantai berpasir putih yang relatif bersih kulihat, karena ‘sampah’ yang terlihat di sana hanyalah guguran daun dan buah Cemara, juga guguran bunga Waru. Eh..ada sih sampah lainnya yaitu bekas api unggun dan potongan tikar, mungkin sisa acara Bebakaran di pantai yang tidak dibersihkan dengan sempurna 🙁

Akses ke pantai dari halaman Sekuro Village

Pantai di Sekuro Village Beach Resort

Pasirnya putih…pantainya bersih…

Di sepanjang pinggir pantai ada pepohonan Cemara dan Waru yang cukup tinggi dan rimbun sehingga ada tempat teduh di bawahnya di saat mentari terik siang hari. Di pantai inilah aku pertama kali melihat Pohon Biduri berbunga cantik yang telah kutuliskan di post sebelumnya… ☺

Baca juga : Berkenalan dengan Pohon Biduri

Oh ya, konon waktu terbaik bermain di pantai ini sore karena ada sunset yang indah, sayang kemarin tidak bisa kutemui karena acara selesai hanya beberapa waktu jelang Maghrib..hehe.. Mudah-mudahan lain kali dapat datang lagi dan menikmati indahnya sunset di sini.

Pantai Blebak Sekuro Resort

Menikmati angin pagi ditemani debur ombak di tepi pantainya SVBR Jepara…

Tapi berdasarkan pengalamanku kemarin, menikmati awal hari di pantai ini pun sangat berkesan. Duduk-duduk santai di bebatuan / di bawah pohon sambil mendengarkan debur ombak bagiku sangat menenangkan. Atau berjalan-jalan dan berkejaran dengan lidah ombak di bibir pantai, menikmati pemandangan deretan kapal nelayan yang tertambat ataupun satu dua nelayan yang berjalan ke tengah hingga air sebatas dadanya, untuk menebarkan jaring ikan yang dibawanya. Sungguh pagi yang indah…

Perahu nelayan di pantai Sekuro Resort

Perahu-perahu nelayan di tepi pantai

Nah teman, itulah pengalamanku menginap di Sekuro Village Beach Resort Jepara…yang lokasinya mojooook di ujungnya Jepara, tapi mempunyai pemandangan yang indaaah.. Over all cukup memuaskan meskipun adalah sedikit kekurangan di sana sini.. Ohya pesan untuk pengelola, jangan buru-buru mematikan penerangan setelah subuh ya..menuruni anak-anak tangga menuju ke lantai 1 tanpa penerangan subuh-subuh itu cukup bikin deg2an..haha….

Adakah Sahabat Lalang Ungu yang senang berlibur di hotel / resort pinggir pantai juga? Yuuk bagi pengalamannya di kolom komen yaa…

91 Comments

  1. Pingback: Berkenalan dengan Pohon Biduri |

  2. Meskipun saat rapat ruangannya sesak dana da tragedi mati lampu tapi melihat yang lain seperti view dan kolam renangnya asik juga ya mba πŸ™‚ jadi pengen liburan lagi aku hahaha

  3. Untunglah, kamarnya nyamaaannn dan kece ya Mba
    Pemandangannya juga keren buangeetts

  4. Sepakat, perkenalan awal di aula pertemuan yang agak sesak dan inseden mati lampu terbayar lunas oleh fasilitas lain, serta pemandangan di area kolam renang, taman, kamar, dan tentu saja pantai bersih yang indah.
    Kita yang baca dan lihat foto jadi pengen ikutan duduk di sana.

  5. Jauh Sekuro ini. Tapi kurasa karena investornya tidak bisa menemukan tanah luas untuk mewujudkan idenya bikin resort bagus, makanya dia terpaksa mencari tanah yang agak jauh dari pusat kota Jepara. Mudah-mudahan manajemennya menyediakan layanan airport transfer untuk menjemput tamu dari Semarang.

    Terakhir kali aku menginap di pinggir pantai, itu di sebuah resort bernama Watu Dodol di Banyuwangi. Pemandangannya sangat sepadan dengan harganya, karena kolamnya juga langsung menghadap laut. Aku sangat betah di sana lantaran view ini.

    • Nah itu dia mba..sayangnya kemarin gak sempat nanya ada fasilitas antar jemput ya gak.. Jauuuhnya bikin deg2an jangan2 nyasar nih..hehe..

  6. diliat dari kasurnya sih nyaman banget nih buat bobo cantik, kolam renang sama pemandangannya juga bisa bikin betah lama2 di sana

  7. Waaahhhh, entah mengapa, kalau ada hotel dengan view laut itu rasanya komplit banget.
    Apalagi tertata rapi kayak gini ya, kamarnya juga terlihat nyaman.
    Asyik banget nih kalau bisa staycation di sini, berenang di kolam rasa laut πŸ˜€

  8. Kelihatannya nyaman banget, Mba, terutama kamar, kolam renang dan ruang makannya. Saya mau nih berlama-lama nginap di hotel nyaman gini, hehehe

  9. JEPARA! Wahhhhh kece banget kak resortnya. Emang yah kalau udah ada kolam renang ditambah view laut pula, bawaannya hati ini pengen byar-byur nyebur gitu. Yang taman itu juga apik euy. Catet deh nama resortnya manatau berkesempatan mampir di lain waktu

    • Iya mba..andai bawa kendaraan sendiri aku pasti ikut byar-byur..masalahnya males pulang pakai kend umum bawa basahan ..haha…

  10. Aku salfok sama patung kura2nya, gak banyak kolam renang di resort yg punya view kayak gini, duh jadi pengen ke sana

  11. Overall membaca review dan melihat foto2nya hotel ini cukup nyaman dan luas ya mbak ditambah lagi fasilitas taman yang cakep.

  12. Alhmdulillah kesan pertama terganti seketika dg kamar yg nyaman kemudian disusul dg makanan yg enak serta pemandangan yg ciamik. Bnyk spot2 kece buat pepotoan ya, Mbk.

  13. Wah sayang ya jauh2 semalam aja. Padahal kolam renangnya bagus tepi pantai, pantainya juga landai buat main. Wajib renang dulu nih harusnya. Sudah pernah ke Jepara sekali, juga semalam aja, itupun kondangan jadi belum pernah eksplor.

  14. wah sayang ada acara mati lampu segala. tapi yg terpenting kamarnya nyaman.. dan kolam renangnya itu loh, kok cantik banget berasa di tepi pantai..

  15. baru tau jepara ada resort nyaman dulu pas mau karimun jawa langsung aja gak mampir jepara hehe

  16. Makanya namanya Sekuro identik ma kura2 ya mbak? Wah lokasi hotelnya deket pantai gtu, enak donk ya bisa jalan malam atau pagi abis sarapan ke pantai gtu? Kamarnya jg termasuk bersih dan ada kolam renangnya pula asyik πŸ˜€

  17. Tahun 2014 pernah sepedaan ke pantai ini, dan masih sangat sepi.
    Sempat bilang kalau pantai ini sebenarnya bagus, tapi belum dioptimalkan oleh investor maupun pengelola. Senang rasanya lihat pantai Blebak sekarang sudah ramai πŸ™‚

  18. Tempatnya asri, kamarnya bersih ya. Seru juga bisa nginap di sini, apalagi lihat kolam renangnya segar banget dengan pemandangannya.

  19. Terbayang ya kekcewaan di awal soal ruang meeting yang sempit & mati listrik. Allhamdulillah kamar dan fasilitasnya oke apalagi ada kolam renangnya. Jarang-jarang hotel bintang 3 ada kolam renangnya ya kalau di sini

  20. wahh jepara ya ini.. bagus bener..
    dari dulu penasaran sama daerah jepara ini

  21. Ini hanya sejam Mbak dari rumahku, Mbak. Pengeeeen ngajakin anak dan suamiku ke sini, Mbak. Sekali-kali gitu nginep hotel, terus bisa mainan pasir di pinggir pantai. Anakku pasti seneng banget. Ngintip harga semalamnya ah berapa di aplikasi.

  22. Belum pernah main-main di pantai Jepara. Aku tandain deh, siapa tahu nanti ada yang perlu info ini. Terima kasih postingannya mba. Salam kenal.

  23. tempatnya bagus dan nyaman bangeet ya mba..suka litany. pemandangan sekitarnya juga asri banget

  24. meski sempat kecewa di awal tapi overall Mbak bisa menikmati dengan baik juga ya segala fasilitas yg disediakan oleh hotel ini.
    itu yg patung kura-kura yg berjejer sebagai pembatas kolam keren ya idenya.. unik, pasti jadi salah satu spot wajib foto kalau mengunjungi hotel ini ya Mbak πŸ™‚

  25. Emang maskotnya Sekuro itu kura-kura ya.

    Hotelnya lucu juga, terutama di bagian kolam renang dan pantai. Bisa nih jadi referensi tempat staycation yang deket dari Semarang.

  26. Waaah bagus banget ya Mbak hotelnya. Kolam renangnya view nya langsung laut ya . Indah bangeeet….mupeng dot kom

  27. Sekuro ini jauuuuuh ya dari Kota Jepara. Padahal berpotensi secara internasional ya. Bagus banget kolam renangnya kayak nyambung ke laut gitu πŸ™‚ Fasilitasnya lengkap juga dan nyaman. Ah jadi ga sabar kepengen nyebur hehehe πŸ™‚

  28. Kolam renang SVBRnya mantap banget keliahatnnya πŸ˜€ adem sepoy sepoy gimana gitu kayaknya.
    Hotel bintang 3 bisa dibilang besar juga ya kamar hotel SVBR ini

  29. Lumayan lah ya mbak, walaupun kamar sempit tapi makann enak. Biar ngak kesel dua kali heheheh

  30. Lucu ya nama pantainya, Blebak.
    Kalau aku lihat, lahan untuk hotel bintang 3 ini luas sekali ya.
    Benar sih apa yang mbak bilang, saya pun langsung tertarik dengan kolam renangnya pas baca postingan ini.
    Sayang, waktu ke Jepara belum sempat main ke sini πŸ™‚

  31. Waaa setuju mbak. Kolam renang dan tamannya (baik taman yang di bawah atau yang di atas) juaraaa! Pemandangannya cakep. Mana di depan resornya langsung ada pantai pula. Asyik nih pagi-pagi jalan santai di taman sampai ke pantai.

    Hm, kalau ruang rapatnya sempit, berarti mungkin memang akomodasi ini lebih menjual kenyamanan untuk staycation atau liburan mbak.

  32. View sekelilingnya bagus. Seneng lihat kolam renang, pantai, sama tamannya juga. Makanannya juga enak kelihatannya. Ya meski ada mati lampu, tapi kan terobati sama yang lainnya.

  33. Kolam renang dengan view pantai langsung menjadi point tersendiri untuk hotel ini

  34. Aku sempet mikir, Jepara ada lautnya ya? Ingatnya ukir-ukiran. Jadi ngelihat peta deh aku. Bagus banget Mbak, foto di tepi kolam renang, seolah kolamnya nyambung ke laut. Jadi pengen nyemplung…hehe…
    Kuliner khas Jepara apa ya? Pastinya ada juga ya di resto hotel

  35. Aaatidaakk :((
    Huhu saya paling ga bisa kalau ada penginapan yang ada kolam renangnya. Pasti begitu nyampe langsung mau nyebur. Pernah tuh saya renang dari jam 5 pagi sampe 12 siang. Hitam seketika wkwkw.

    Dari semua hal/fasilitas yang disebutkan di atas, mata saya langsung terpaku sama kolam renangnya ehhe.

  36. Waah terlepas tragedi mati lampunya, view hotelnya cantik banget kak. suka deh

  37. Liat laut rasanya nyaman yaa…Kebayang kalau sunset lalu foto-fotoan di kolam renang pasti keren banget.

  38. perjalanan dinas rasa piknik ini sih mbak..
    dimanfaatkan semaksimal mungkineksplor resort cantik di sela2 acara kedinasan ya….
    pantaninya memang cantik sih

  39. Aku ke sana untuk maksi sama rombongan. Tempatnya memang asiik dan yang paling top tuh area kolam renangnya. Cakeep

  40. Terlepas dari ruang rapat yang sesak dan pakai mati listrik pula, kayaknya masih recommended menginap di sini. Kamar nyaman, makanan enak, dan view yang cantik. Asalkan jangan mati listrik saat mau tidur aja. Bisa gak istirahat karena kepanasan. Kecuali kalau ada genset πŸ˜€

  41. Ruang pertemuan yang sempit itu bisa juga masalah anggaran ya? Biasanya ruang begitu bisa disekat atau disatukan sesuai request

  42. Wahhh pengalaman yang mengasyikan ya mbak. Btw tempatnya nyaman

  43. Wah mbak, aku check di traveloka harganya masih terjangkau banget ya dengan fasilitas dan kondisi hotel yang keren banget. Apalagi itu kolam renangnya luas plus deket banget sama pantai. Beneran ini harus kesini sih hehehe. Kebetulan banget belum pernah ke Jepara

  44. aku kalau cari hotel itu pasti nyari yang ada playground, atau kolam renang, hehehe, kayaknya yang ini boleh juga dikunjungi

  45. Mbak.. Pantai dan SVBR nya cakep banget mbak. Aduh.. Apalagi kolaM renangnya itu. Ternyata ada ya pantai Blabak di Jepara yang juga indah banget. Yang terkenal Bandengan sih ya.. Makasih infonya

  46. Kolam renangnya mantab, betah banget pasti ya kalau disana

  47. Beneran cantik ya ternyata, sempet beberapa x liat foto2nya di wa temen. Ah jadi pengen ke sekuro nih jadinya abis baca postingan mbak tanti apalagi liat swimming pool sama pantainya langsung pengen slulup hahaha

  48. Aku sering loh mba dipameri foto temanku saat nginap di Sekuro. Makanya mupeng lihat foto mba Tanti ternyata di tempat yang sama. Pasirnya itu bersih ya, karena pantai pribadi gitu

  49. Cantik amat mba pemandangan pantai dan kolam renangnya, juara pisan..aku mupeeng, pernah menginap di tepi Pantai Pelabuhan Ratu tapi nggak bisa tidur karena suara ombaknya gede banget kayak mau tsunami huhu..emang pantainya gede ombaknya..

  50. Wah baru tau ada SVBR…cakep viewnya ya asyik buat bersantai kayaknya dan anak-anak pasti suka…

  51. Pemandangannya ajiib, semoga bisa piknik bawa keluarga besar ke sini…liburan bangeet…

  52. Mba, kalau Mlonggo mah belum pojoknya Jepara mba, apalagi banyak sekali atraksi wisata yang disuguhkan daerah ini. Bandengan tuh masuknya juga Mlonggo lho mba.
    Asyik nih mba hotelnya, meskipun bintang 3 tapi ada kolam renangnya. Anak lanang pasti seneng kalau diajak ke situ. Kapan2 klo pas sinok libur aah diajak ke Jepara.

  53. Sebagai anak gunung, aku selalu terpukau melihat keindahan laut. meskipun saat lihat yang ijo-ijo juga seneng banget (intine sih seneng dolan.wkwkwkwk)

    Cakep banget ya Mbak, beach resort gini, apalagi kolam renangnya seperti langsung ke laut, hihi.
    Btw aku baru sekali main ke Jepara yang beneran jalan, tapi nggak nginep waktu itu, cuma ke pulau panjang aja

  54. Sekuro ini bagus bgt, aku jg direkomendasiin temenku. Dia klo poto produk di resort ini. Pan kapan nginep dsini deh

  55. Wah gambar /foto foto nya luar biasa cakep dan menarik. Jadi pengen ke sana jika ada peluang kesana mba

  56. Tragedi mati lampu saat acara jadi nggak berasa apa2 setelah menikmati langsung kamar yang nyaman dan fasilitas lain yang diberikan Sekuro hotel ini ya mbak. Buset hotel bintang 3 tapi lahan dan pelayanan ama pemandangannya keren bangettt euy

  57. Waah seru sekali tempatnya, view hotel dan pantainya, keren sekali.. Hotel sekuro bisa jadi pilihan menginap nih..

Leave a Reply

Required fields are marked *.