LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

5 Hotel Cantik Yang Paling Berkesan Untukku Selama Tahun 2019

| 50 Comments

5 Hotel Cantik yang paling berkesan untukku selama Tahun 2019. Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Di awal bulan kedua di Tahun 2020 kali ini aku ingin bernostalgia tentang 5 hotel cantik yang memberiku kesan indah selama tahun 2019 kemarin ya..

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pekerjaan mengharuskan ku bepergian ke luar kota beberapa kali. Namun, rupanya selama Tahun 2019 kemarin hampir setiap bulan selalu ada tugas ke luar kota lebih dari sehari dan beberapa di antaranya bahkan lebih dari satu kali dalam bulan yang sama. Capek sih…tapi ya kusyukuri saja, minimal aku berkesempatan bepergian dan menikmati layanan berbagai hotel tanpa harus merogoh kocek sendiri, bahkan bisa jadi bahan tulisan pula! Haha…

Nah dari hotel-hotel yang sempat kusinggahi di tahun lalu, terdapat 5 hotel yang bagiku memberikan kesan lebih. Bukan karena rate atau jumlah bintangnya tentu saja, tapi lebih ke suasana yang kurasakan saat menginap di sana. Mau tahu? Ini dia daftarnya :

1. The Sunan Hotel Solo

Aku berkesempatan singgah beberapa kali di hotel bintang 4 yang berlokasi di Jl. A.Yani No 40, Kerten, Kec. Laweyan, Surakarta Jawa Tengah ini, dan persinggahan pertamaku di Tahun 2019 lalu adalah di Bulan Maret.

Sejak membuka pintu dan masuk ke dalam kamarnya, aku telah merasa nyaman. Ruang tidur tak terlalu luas sebenarnya, standar saja namun kesan hangat dan nyaman kudapatkan dari penataan kamar dengan furnitur yang sebagian besar ada unsur kayu sehingga tampak klasik.

Kamar Hotel Sunan Solo

Tempat tidurnya melambai-lambai tuk gegoleran…

Tempat tidurnya terlihat sangat mengundang dan menjanjikan kenyamanan istirahat, dan aku tertarik dengan panel-panel kayu yang menjadi hiasan di dinding atas tempat tidur. Minimalis tapi cantik..

Salah satu sudut kamar di The Sunan Hotel Solo

Sudut nyaman tuk bekerja di kamar nih..

Terdapat meja kerja menghadap dinding kaca luas yang menjanjikan pemandangan langit nan luas dan sinar matahari di pagi hingga siang hari atau view perkotaan dengan kerlap-kerlip lampunya di malam hari.

Eh..ada jendela di kamar? Hehe..

Bagian dinding yang berseberangan dengan dinding kaca itu adalah dinding dengan ornamen jendela bertralis. Lhoo..kok ada jendela di dalam kamar?? Hehe, itu hanya hiasan saja tentunya. Di balik ‘jendela’ itu adalah kamar mandi yang juga tertata cantik, dengan perpaduan kayu dan porselen.

Kamar mandi Hotel Sunan Solo

Nah..penampilan sebagian kamar mandinya seperti ini..

Psst…yang lebih menarik bagiku adalah lantai kamar yang berlapis kayu. Telapak kaki tidak terasa dingin meski tanpa alas kaki di dalam kamar, dan ketika terkena sinar mentari pagi terasa hangat dan juga cantik..hehe..

Cabuk Rambak & Brambang asem Gelandir

Hal lain yang berkesan adalah waktu sarapan, menemukan masakan yang ‘Solo banget’ buatku, yaitu Cabuk Rambak dan Brambang asem Gelandir. Nyam-nyaaam…

2. Same Hotel Cepu

Same Hotel Cepu

Same Hotel Cepu

Bulan Juli 2019, aku pertama kali berkunjung ke Cepu, sebuah kota kecil di Kab Blora Jawa Tengah yang dikenal sebagai Kota Minyak. Dalam kesempatan itu kami menginap di Same Hotel yaitu sebuah hotel bintang 3 yang berlokasi di Jl. Raya Cepu – Randublatung, Sawah, Memung Cepu Kab. Blora Jawa Tengah.

Yang menonjol dari hotel ini adalah kolam renang di halaman tengah hotel dan di bagian belakang hotel terdapat ruang terbuka yang bisa digunakan untuk berjogging ria di pagi hari, berupa taman yang tidak hanya ditanami bebungaan namun juga pohon buah dan tanaman sayur 🙂

Kolam renang Same Hotel Cepu

Area kolam renang Same Hotel Cepu

Lebih lengkapnya review tentang Same Hotel Cepu ini bisa dibaca di sini ya..

3. Sekuro Village Beach Resort

Sekuro Village Beach Resort

Suasana malam di Sekuro Village Beach Resort

Sekuro Village Beach Resort ini adalah sebuah hotel resor yang terletak di Jl. Jepara-Bangsri, Sekuro, Pantai Blebak Kec Mlonggo Kab Jepara Jawa Tengah.

Kunjunganku ke sini pada Bulan Agustus 2019 lalu adalah yang pertama, namun aku langsung jatuh cinta dengan hotel yang satu ini. Selain kamar yang nyaman, yang menonjol dari hotel ini adalah adanya sebuah kolam renang cantik dan juga akses langsung ke bagian Pantai Blebak, sehingga pengunjung bisa puas bermain air, entah itu di kolam renang ataupun tepi pantai.

Di tepi kolam renang Sekuro Village Beach Resort

Kolam renang dengan pemandangan lepas ke pantai Blebak

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan indah tanaman yang tertata cantik di halaman hotel maupun lokasi khusus di Sky Garden yaitu taman di atap hotel.

Pemandangan Sky Garden di Sekuro Village Beach Resort

Pengalamanku menginap di SVBR ini sudah kutuliskan di sini ya..

4. The Wujil Resort & Conventions

The Wujil Ungaran
(Foto : The Wujil )

Bulan September 2019 lalu aku berkesempatan menginap di hotel bintang 3 yang berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta, Settigen Wujil, Kec Bergas saat rapat dinas di Kab. Semarang. Dari Stasiun Poncol menggunakan rental mobil online, sempat salah masuk ke kompleks GOR, sebelum kemudian bertanya ke penjaga dan diberi ancer-ancer setelah RM Kebun Raja (kanan jalan dari arah Kota Semarang).

Kamar di The Wujil Ungaran

Kamar yg kutempati di The Wujil kala itu

Untuk kamarnya menurutku sama lah dengan hotel-hotel lainnya. Bersih dan relatif nyaman tentu saja, dengan penataan minimalis termasuk di kamar mandinya.  Suasana hotel secara keseluruhanlah yang kurasa mengesankan. Lobby yang cukup luas dilengkapi dengan kursi rotan a la jadoel dengan meja kopi terbuat dari lesung (untuk menumbuk padi) yang telah dimodifikasi. Kesannya hangat dan kekeluargaan.

Kolam renang The Wujil

Kolam renang cantik The Wujil (Foto by The Wujil)

Lingkungan asri The Wujil

Lingkungan nan asri di The Wujil Ungaran

Selain kolam renang yang cantik, juga ada taman-taman asri dan tempat ngerumpi yang cukup asyik di Wujil ini. Oya, ada tempat main anak juga, outdoor (di taman) dan indoor (di area resto), sehingga nyaman lah kalau ajak krucil-krucil ke sini.

Banyak juga spot-spot instagramable di area hotel ini, antara lain lorong-lorong di antara pondok-pondok tempat makan, yang dihias dengan caping-caping. Sederhana sebenarnya, tapi eye catching. Dan mas-mbak yang bertugas ramah-ramah, menawarkan untuk memotret kan di beberapa tempat itu.. asyiik.. 🙂

Spot instagramable di The Wujil

Beberapa spot pepotoan di The Wujil

Spot pepotoan di The Wujil Ungaran

Nggak bisa lihat spot cantik nganggur..hehe..

Nah yang paling kusuka di sini adalah resto nya, Taman Indah Sari. Banyak juga pojok-pojok cantik untuk berfoto ria di sini, dan saat sarapan kita disuguhi pemandangan gunung nan cantik di kejauhan. Aku juga sempat mencoba menu Nasi Liwet dan Es Doger saat makan siang di resto ini, endeees..hehe.. Oya kalau tidak salah resto ini juga buka untuk umum ya, jadi bisa mampir untuk makan saja tanpa harus menginap.

Suasana resto di pagi (atas) dan siang hari (bawah)

Nyam-nyaaam…

5. The Stones Hotel, Legian Bali

The Stones Hotel Bali

The Stones Hotel Legian Bali

Awal Nopember 2019, kami mengikuti salah satu rapat yang diadakan oleh Kementan RI, di Bali. Acara tersebut diselenggarakan di The Stones Hotel, salah satu hotel bintang 5 yang berlokasi di Jl. Raya Pantai Kuta Banjar Legian Kelod, Legian Bali.

Lobby The Stones Hotel Bali

Lobby The Stones Hotel Bali

Ketika kami sampai, seperangkat gamelan di salah satu sudut lobby sedang dimainkan menyambut pengunjung. Ohya dari  lobby ini kita dapat mengakses langsung kolam renang yang luas dan cantik, juga ke area resto hotel yang terletak di sebelah kolam renang tersebut.

Kolam renang The Stones Bali

Suasana pagi dari tepian kolam renang The Stones Hotel

Nuansa putih-krem mendominasi kamar yang kami tempati, dengan penataan minimalis tanpa hiasan baik di dinding maupun bedcover. Alhamdulillah bisa beristirahat dengan nyaman, meski merasa agak kurang sreg dengan model kamar mandinya dengan shower dan toilet dalam dua bilik berbeda dan terpisah dari wastafel yang hanya dipisahkan dengan tirai tebal dari ruang tidur.

Kamar di The Stones Bali

Kamar tidur yang kami tempati di The Stones Bali

Yang kurasakan  paling menyenangkan dari menginap hotel ini adalah lokasinya yang sangat dekat dengan pantai. Hanya perlu menyeberang jalan saja, kita sudah dapat menikmati pantai entah itu bermain pasir, berenang atau sekedar duduk-duduk menikmati sunset maupun sunrise. Asyik syekaleee… 🙂

Pantai di seberang The Stones Hotel

Tinggal nyebrang jalan…langsung bisa mantai dengan santai..

Pagi sebelum pulang, kita menikmati sarapan di resto sambil menikmati suasana pagi di tepi kolam renang.. Nikmaaat…

Yang ini bagian dari resto yang terletak di pinggir kolam

Sarapan di The Stones Hotel

yang ini sebagian sarapan di The Stones Hotel pagi itu..

Nah..teman, itulah ceritaku tentang 5 hotel cantik yang paling berkesan bagiku selama Tahun 2019 lalu. Gimana, mau berkunjung ke hotel-hotel itu juga? Asyik kali ya..kalau kita bisa bersama-sama menikmatinya. Hm, acara apa nih yang bisa kita rayakan bareng-bareng?

Oh iya…Ultahnya Gandjel Rel!

Lhoo…kue khas Semarang ultah?

Eits..jangan salaaah. Gandjel Rel yang mau ultah itu adalah Komunitas Blogger Perempuan Semarang, yang dibentuk tanggal 22 Pebruari 2015 oleh para founders cantik -yaitu : Rahmi Aziza, Dewi Rieka, Uniek Kaswarganti, Wuri Nugraeni dan Lestari- dengan membawa tagline Ngeblog ben rak ngganjel yang artinya ngeblog agar tidak ada yang mengganjal di pikiran dan mengutarakan isi hati.

Selamat 5 tahun, GR kesayanganku… Semoga terus eksis, semua GRes makin guyub rukun dan saling bersinergi untuk kemajuan bersama. Sungguh ku bangga menjadi bagian dari Komunitas Blogger Perempuan Semarang ini!

#GandjelRel5th

Selamat 5 th, Gandjel Rel..

BTW, #GandjelRel5Th mau dirayakan di mana nih ? Bagaimana kalau di salah satu dari ke-5 hotel tersebut? 🙂

50 Comments

  1. Wahahaa langsung mengamini mbaaa. Diantara kelima hotel yang aku pernah kunjungi baru the wujil. Tempatnya emang asyik banyak taman, banyak spot foto, arena bermain luass.

  2. Waaahh, Happy Birthdaaaayyy Gandjel Rel, komunitas blogger paporit yg ngga banyak drama yhaaa 🙂
    Semoga berkaaahh, rezeki kian melimpah.
    Duh, aku mau banget euyy, cobain hotel2nya ntuuuh.

  3. Aku yang di Jepara lho belum pernah ke Sekuro Village Beach Resort. Eh Mbak Tanti udah ke sana. Habis main di pantai, pulang aja sih yaaa. Ikut Aminin deh buat ultahnya Handheld Rel

  4. Wah, mbak. Kalau habis dari tempat keren macam hotel gini, biasanya saya jadi gatel.

    Gatel pingin berbenah rumah!

    Soalnya terasa banget nyaman di hotel, terus dibandingin rumah…duh.

    Bukannya ga bersyukur, ya. Tapi pingin juga tampil memesona kayak di hotel-hotel.

    Terus yang nginep siapa? Eh.

  5. Hoteeelnya cakep – cakep memang.. dan aku pernah juga ke the Stones di Bali. Yang di Solo aku stay di Royal Heritage mba.. banyak hotel Indonesia yang okee

  6. Wah, selamat ulang tahun yah Gandjel Rel semoga sukses terus dan selalu bisa jadi tempat nongkrong yang asyik buat para blogger Semarang hehehe

    Atuhlaaah, mbak Mechta meuni jalan2 terus dan nginep di hotel, aku kan pengen jugaaak hehe *anaknya mudah dengki*

  7. bagus2 banget mba hotelnya, apalagi ada kolam renangnya, wuuih mupeng sama yang di Bali, enak banget ya ke pantai tinggal nyebrang

  8. aaakk.. belom pernah mengunjungi kelima hotel tsb. cakep2 banget sih emang hotelnya, gak boong.

    aku save ah,, ntar kalo liburan bakal kunjungi salah satu hotel itu jugak. mudah2an mah harganya pas dikantong.. hehehe

  9. saya suka dengan pemandangan Sekuro Village Beach Resort, kolam renangnya itu lho bisa langsung liat pantai

  10. Hotelnya jaman semua mba Tanti.
    Benar-benar tempat istirahat yg bikin betah itu.

    Selamat ulath ke 5 buat Gandjel rel, semakin kompak dan bertambah banyak anggotanya.

  11. Belum pernah nginep di semua hotel itu ☹️. Simpen dulu ah ntar kalau ada rejeki karena kriterianya cocok banget, kami sekeluarga suka berenang

  12. Selamat ulang tahun, Gandjel Rel. Udah lepas masa balita, nih. Semoga sukses selalu

  13. Saya suka bangunan same hotel cepu, agak klasik ya. Keren

  14. Asiknya bisa staycation di hotel hehe,, akupun juga suka kalo staycation di hotel, dari ke 5 hotel diatas aku paling suka the wujil, napak luas, nyaman dan desainnya unik.. aku aja yang liat melalui tulisan langsung jatuh hati mau staycation di the wujil juga lho

  15. Dari kelima hotel, the sunan yang aku udah pernah, beneran asyik di sana. Terutama makan nasi goreng bebeknya, endolita. The Wujil jg seru ya kayaknya, kapan dijadwalkan sama Panda ke sini ah,,,

  16. Aku paling senang dengan The Stones Legian Bali mbak, sepertinya pernah lewat hotel ini dan rencana mau ke Bali lagi jadi tempat rekomendasi.

  17. Semua hotelnya asyik, kalau saya tetap sarapan enak yang menentukan nilai hehehe. Btw selamat ulang tahun GR. Sukses terus blogger perempuan semarang.

  18. Waahhh selama 2019 sering pelesir nih mbak 😀
    Hotelnya apik2 yaaa
    Wah aku penasaran kue Gandjel Rel kyk gimana rasanya. Selamat ultah ya buat komunitasnya. Moga nanti bisa segera ke Semarang kopdaran ma bloger Gandjel Rel.

  19. Aku baru nyobain The Sunan Solo nih mbak. Kalau yang lain belum pernah nyoba. Semoga kapan2 bisa main ke hotel2 tersebut ya

  20. Saya kok jadi suka dengan pemandangan dan suasana The Wujil Resort & Convention itu ya Mbak. Cool dan menarik banget di sana. Propertinya juga keren-keren.

  21. Aahhh cantik2 semua hotelnya mbak. Aku masih penasaran sama Sekuro nih tiap x mo booking selalu full

  22. Waaa luar biasa mbak ini keliling2 terusss

    Naksir sama wujil resortnya mbakk.. Ademmmm gtu lihatnya. .segerr dimata

  23. Wahhh, asik juga sekalian kerja sekalian staycation ala ala mbak, hehe. Mayoritas Jateng ya, selain Bali tadi. Aku penasaran sama The Sunan, bbrp kali lewat soalnya, hehe. Btw, congrats ya buat Gandjel Rel, jd kangen ngumpul.

  24. Dari semua hotel itu aku baru pernah menginjakkan Kaki di The Wujil tapi belum pernah nginap Juga sih hehe.

    Hmm.. memang list hotel terbaik nih. Dari foto-foto yang dibagikan mbak Mechta terlihat hangat dan lengkap fasilitasnya. Tertarik sama yang Sekuro dan Hotel yang di Cepu itu.

    Btw, waaah Gandjel Rel ultaah? Hmm nggak sabar nungguin party nya nih. Hehe.

  25. Asyik banget Mba, nginap di hotel yang keren pas tugas kantor, sekalian diulas hihi aku penasaran dengan hotel yang di Jepara kok seru banget di tepi pantai

  26. Huwaaa mba Tant, cuma Wujil yang pernah kucoba wakakak
    itupun dapet fasilitas. Semoga kapan2 bisa mencoba ke4 hotel idahamanmu yang berkesan itu. Aaamiin. Apik2 kabeh mba, mupeng

  27. Toss sesama anak pantay… aku ko lebih suka yg hangat2 dibanding ke gunung ribeud persiapannya. Menarik2 ulasannya ntr bwt oersiapan liburan lebaran ah…

  28. Wah Bookmark ah, bisa buat referensi nanti kalo mau jeng-jeng 😀

  29. wah 2019 aku kemana aja ya? ahhaha ampe lupa. tapi kalau yg bintang 5 cuma sekali, mercure hotel jakarta harmoni pas acara bank indonesia

  30. Bisa untuk referensi nih Jeng Mechta.
    Meski telat juga, selamat ultah dan sukses tuk GanjelRel Semarang. Kompak dan sukses selalu

Leave a Reply

Required fields are marked *.