LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Camping di Sikembang

Serunya Super Camp Famtrip Batang 2019 (2)

| 61 Comments

-bagian kedua-

Melanjutkan cerita dari post sebelumnya, setelah pembukaan Super Camp Famtrip Batang 2019 dan sharing session oleh Pembina GenPI Jateng, acara dilanjutkan dengan eksplor singkat dua destinasi wisata yaitu Wisata Alam Sikembang dan Forrest Kopi. Nah ini dia cerita serunya ikut Super Camp Famtrip Batang 2019 selanjutnya.

Baca juga : Serunya ikut Super Camp Famtrip Batang 2019 (1)

Wisata Alam Sikembang

Sikembang Park Batang

Gerbang Wisata Alam Sikembang Batang (Foto by Ila)

Sebenarnya ini bukan kali pertama aku berkunjung ke lokawisata ini. Saat pergantian tahun 2017/2018 aku pernah berkunjung ke sini bersama keluarga. Dan rupanya dalam waktu hampir 2 tahun ini sudah ada banyak perkembangan dalam pengelolaan lokawisata ini. Salut deh.

Lokasi & Jam operasional Wisata Alam Sikembang

Salah satu destinasi wisata alam Batang yang mulai dibuka sejak 2016 ini letaknya adalah di Dukuh Kebaturan, Kembanglangit, Blado, Batang. Dari alun-alun Batang kalian bisa ambil arah selatan menuju Bandar, hingga tiba di Pesantren Tazaka. Nah dari sini ambil jalan yang kanan saja, karena kalau ke kiri itu ke Pagilaran. Jalur ke Dieng ini akan terus menanjak, hingga nanti kalian sampai di Dusun Kebaturan, Sikembang Park ini ada di pinggir jalan kok..

Wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30, kecuali di kawasan Camping Groundnya ya.. Dengan HTM Rp. 3.000,- saja kalian sudah dapat masuk ke taman ini.

Ada apa saja di Sikembang Park Batang?

Menurutku, wisata Sikembang ini cukup kumplit. Inilah beberapa hal menarik yang dapat kita temui di Sikembang :

Spot pepotoan instagramable. Banyak spot-spot pepotoan cakep di tengah hutan Pinus Sikembang ini, sebagaimana yang banyak ditemui di tempat-tempat wisata kekinian lainnya yang ‘dituntut’ instagramable. Hamock susun, Payung terbang, Jembatan bambu, Rumah pohon, dll.

Spot pepotoan Sikembang Park

Beberapa spot pepotoan di Sikembang Park (Foto by Mechta, Ila & Hadi)

Gardu pandang. Dari atas gardu pandang ini, pengunjung dapat melihat keindahan alam di sekitar atau berfoto dengan latar belakang pemandangan sekitar.

Camping Ground. Nah bagi yang ingin merasakan suasana malam atau awal hari di hutan Pinus maka berkemah di area kemping Sikembang ini tentunya menjadi salah satu solusinya. Dan Alhamdulillah aku kemarin telah menikmati pagi di Sikembang ini ☺

Pagi di Sikembang Park

Lepas subuh 1 Suro di Camping Ground Sikembang Park (Foto by Mechta)

Area Outbound anak. Di area ini ada 18 jenis alat permainan yang dapat digunakan oleh anak-anak usia TK/Paud dengan hanya membayar HTM Rp 35.000/anak. Bila berombongan minimal 20 orang dapat melakukan outbound dipandu instruktur dari sini.. Asyik, bukan?

https://www.instagram.com/p/B11UxxOHtb6/?igshid=1fesdx5qr67fx

Off road. Ada 2 jalur off road yang dapat kalian coba di Sikembang ini, teman. Ada jalur ringan sekitar 1 km yang dapat ditempuh tak sampai 1 jam untuk satu kali putaran dan ada pula jalur ekstrim yang membutuhkan waktu seharian untuk ditempuh. Kalian cukup membayar Rp 50.000/mobil (max 4 orang) untuk jalur ringan sedangkan untuk jalur ekstrim Rp. 300.000/orang. Nah..pilih mana? Hehe..

Mobil off road Sikembang

Mobil untuk off road di Sikembang (Foto by Mechta)

Pinus Kopi. Nah, salah satu yang baru di Sikembang ini adalah kedai kopi atau coffee shop bernama Pinus Kopi ini. Kedai mungil berdinding bata dicat putih dengan penataan interior yang simple namun manis. Selain menikmati kopi khas setempat kalian juga bisa memesan camilan ataupun mie sebagai pengganjal perut. Kedai ini buka setiap hari sejak pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.

Pinus Kopi Sikembang

Pinus Kopi, tempat rehat setelah eksplor Wisata Alam Sikembang (Foto by Mechta)

Menu Pinus Kopi Sikembang

Yuk ngopi n cemal-cemil di Pinus Kopi (Foto by Mechta)

Forest Kopi

Menjelang maghrib kita kembali menaiki mobil Dalmas, kali ini menuju sebuah kedai kopi yang sedang hits di Batang dan sekitarnya.

Sore telah benar-benar berganti malam ketika kami sampai di kedai kopi yang masih di kawasan Desa Kembanglangit itu. Lampu-lampu kecil telah menyala..mengarahkan jalan menuju sebuah bangunan di tengah hutan Pinus yang bernama ‘Forest Kopi’.

Forest Kopi Kembanglangit Batangl

Forest Kopi di Kembanglangit Batang

Ooo..ini dia kedai kopi yang lagi hits di daerah kami. Hm, akhirnya sampai juga aku di sini, untuk melepas rasa penasaran..apa sih yang membuat tempat ini menarik banyak pengunjung yang rata-rata datang dari jauh?

Rasa penasaranku perlahan tapi pasti terjawab sudah. Pemandangan yang terlihat di Forest Kopi sejak dari lantai 1-5 seolah menjeritkan jawab itu. Ditambah lagi penampilan sebuah grup band di salah satu sudut  kafe yang memainkan lagu-lagu keren yang menambah asyik suasana malam itu.

Forest Kopi Kembanglangit

Forest Kopi, coffee shop yang menyatu dengan alam (Foto by Mechta)

Suasana terasa hangat dan santai. Hang out di kafe tengah hutan, menikmati minuman hangat dan camilan / makanan yang dipesan sambil berinteraksi hangat dengan teman duduk, entah itu sahabat, kerabat ataupun orang-orang kesayangan. Rupanya suasana inilah yang menarik dan mendatangkan banyak pengunjung. Belum lagi penataan kafe yang elegan dipermanis lampu-lampu membuat suasana makin romantis. Ahaay..

Suasana Forest Kopi Kembanglangit

Forest Kopi : ngopi dengan suasana nyaman di tengah hutan (Foto by Mechta)

Penjelasan dari owner maupun pengelola Forest Kopi pada sesi tanya jawab seakan mengkonfirmasi kesimpulanku itu, bahwa memang suasanalah yang dibangun sedemikian rupa untuk menjadi daya tarik utama kedai kopi yang baru mulai beroperasi sejak  11 April 2019 ini. Ngopi di kedai yang menyatu dengan alam dan mengedepankan nuansa tradisional, itulah branding yang dibangun Forest Kopi.

Pengelola Forest Kopi

Inilah sepasang suami-isteri yang kompak mengelola Forest Kopi (Foto by Mechta)

Ohya jangan mengeluh akan kenyataan tak ada sinyal WiFi di Forest Kopi. Hal ini memang disengaja. Mba Intan Narulita -yang mengelola Forest Kopi bersama Sang suami Nanang Faturohman- menjelaskan bahwa dengan tidak adanya WiFi ini diharapkan pengunjung berinteraksi dengan sesamanya secara lebih intens sehingga acara kebersamaan di Forest Kopi ini menjadi lebih hangat tanpa diselingi kesibukan berinternet ria atau setidaknya asyik WAnan masing-masing 😊

Jovens dan suasana romantis Forest Kopi

Sayangnya, malam terasa berlalu dengan cepat. Makan malam yang disajikan kami santap dengan lebih nikmat diiringi lagu-lagu asyik dari Jovens dan dilanjutkan dengan sharing session dari pengelola Forest Kopi yang nggak pelit berbagi ilmu & informasi, sebelum pulang sempat melongok ke dalam Rumah Joglo yang berfungsi sebagai ‘ruang produksi’ Forest Kopi. Lalu tiba saatnya kami harus meninggalkan kedai kopi unik ini, dengan penuh kenangan..

Di dalam ruang produksi Forest Kopi

Pengen ngopi apa nih? Sok pilih saja aneka kopi yang tersedia di Forest Kopi

Rahatan malam di Sikembang

Pulang dari Forest Kopi hati masih merasa hepi..dan semakin hepi ketika sesampainya di camping ground Sikembang  disambut alunan live musik oleh “Sevenday” di panggung utama..

Setelah menyelesaikan kewajiban kepada Sang Pencipta maka akupun bergabung dengan teman-teman lain yang sudah meramaikan area depan panggung utama. Wah..pas beneer..rupanya saat itu sahabat kami Noorma Cah Kesesi Ayu Tea sedang menyumbangkan suara emasnya. Nggak tanggung-tanggung..beberapa lagu dibawakannya dan disambut dengan goyangan gembira oleh penonton.

Rahatan Super camp Sikembang

Tarik maaaang… Noorma in action.. (Foto by Mechta)

Malam semakin larut namun peserta Super Camp masih enggan beranjak dari depan panggung, bergoyang badan menikmati lagu demi lagu yang disumbangkan beberapa peserta dari dangdut hingga reggeae. Suasana malam itu benar-benar petjaaaah… 😃😃

Rahatan Famtrip Batang 2019

Makin malam makin petjaaaah.. (Foto by Mechta)

Pengganjal mata di malam  1 Suro itu.. hehe..

Aku lupa jam berapa tepatnya aku dan Ila mengundurkan diri dari rahatan malam itu menuju tenda untuk istirahat. Yang jelas, sebagian teman-teman masih asyik bernyanyi-nyanyi bahkan ada yang menyalakan api unggun. Perlahan keriuhan itu menepi dari alam bawah sadarku..tersaput kantuk dan lelah setelah sesorean wira-wiri mengeksplor lokasi kemping yang asyik ini. Mimpi pun bahkan tak sempat hadir di malam 1 Suro itu 😴😴

Keseruan hari terakhir Super Camp Famtrip Batang 2019 akan kutuliskan di post selanjutnya yaaa… Sampai jumpa teman-teman…

61 Comments

  1. Aaak.. aku jadi pengen ke Batang. Weekend kemarin aku enggak jadi datang karena kondisi badan. Ternyata seru banget di sana. Terus harga tiket masuknya di Sikembang Park juga murah meriah oey… dan bisa banget ya, offroad extrim, dengan Rp 300.000 itu wajarlah, karena road yang dilaluinya.

    Forest Kopi, kece deh, sengaja enggak menyediakan wifi biar yang datang bisa menikmati kopi dan saling ngobrol. The Best. Jarang-jarang cafe yang begini.

  2. camping, kopi dan keseruan teman di sekembang park adalah kenangan yang akan sulit dilupanak hahaha, mantab dah

  3. Paket komplit kakak
    Love banget dehhh
    Kapan kapan kita coba jeepnya hehehw

  4. Prinsip yg diusung Forest Kopi bener2 mantaaabb
    Memang interet tuh sering banget menjauhkan yg dekat sih yaaa

  5. Kalau di Cianjur, ada wana wisata pokland yang suasana dan peruntukannya mirip wisata di Batang ini.

    Wisata alam dengan spot foto kekinian saat ini memang sedang marak ya. Murah meriah tapi bikin keluarga puas. Hehehe

  6. Acara dan tempatnya seru banget mbak. Apalagi area outbond dan camping ini juga cocok untuk keluarga ya mbak.

  7. Seneng banget. Ada acara musiknya juga. Gk bakalan bosen berlama lama di sini ya mbk. Karena bnyak spot-spot kece yg asyik dinikmati terutama bersama keluarga.

  8. Tempat ngopinya enak tuh. Catet deh kalau2 dolan ke Batang. Itu Mbak Noorma selalu eksis yaaa. Di mana pun nembang

  9. Pengen ngerasain macem2 kopinya yg diatas.. Nongkrong di kedai kopi nya kyknya seru bgt. Ditunggu cerita supercamp nya Mba

  10. huhuhuhu… pengeeeennn nikmati suasana kek gini, camp bareng-bareng temen.
    Soalnya dulu saya cemen banget waktu camping, jadi pengen mengulangi lagi, dan menikmatinya.

    Sayang kudu nunggu krucil besar dulu baru bisa huhuhu

  11. Wah bagus ya. Lihat sebagian fotonya dari teman2 Pekalongan aja udah seneng. Buat pelarian liburan mereka.

  12. Huaaa seru banget ya tempatnya ketje dan ada off road juga , jadi inget waktu glamping di Bandung aku naik off road. Semoga aja bisa kesini juga suatu saat nanyi.

  13. Wah serunyaa ada acara beginian di Batang.. btw, aku tau Batang tuh karena Bupatinya yang terkenal itu lho, Mbak, yang sempet dapat penghargaan beberapa tahun lalu! Hehehe.

  14. Keluarg kami terakhir ikut camping keluarga ini tahun 2017 deh.. namanya Indonesia Kemah Ceria.. dan emang bikin nagih mau lagi lagi dan lagi.. tahun 2018 kemarin ngga ikutan huhu.. InshaAllah akhir tahun ini mau ikutan lagi.. semoga nanti cuaca mendukung ya

  15. Waahh Noorma ketemu mic langsung deh hehehe… nyenengin melihat keceriaannya ya, menyemarakkan suasana.

    Bagus juga ya mba Sikembang, cucok untuk tempat piknik. Bawa keluarga juga oke banget nih.

  16. wah.. Noorma cah kesesi luar biasa. aku dah lama nggak denger kabarnya karena emang udah jarang ketemu di media online, ternyata tetap nggak berubah; ceria dan antusias . Salam ya.

  17. Pingback: Serunya Super Camp Famtrip Batang 2019 (Bag Terakhir) |

  18. Ntar gedean dikit bakal tak ajak anak ke sini
    Bakalan senang pastinya kemah sambil eksplorasi apa saja yang dilihatnya

  19. Aaaak kece banget sih tempatnya…itu kok ngawe-awe sekali sih…jadi mupeng…kalau ajak balita aman ga mbak tanti?

  20. aku tertarik sama oubond anak tuh, kayaknya bisa ya ngajak teman-teman sekolahnya anakku ke sana, makasih infonya

  21. Destinasi pas banget buat liburan keluarga ya. Nge-camp pun jadi semakin asyik, karena ada spot ngopi buat para emak lan bapak. Anak-anak juga nggak bosan karena playing ground buat mereka pun tersedia lengkap.

  22. Masyaallah rahat tenan iki mbak. Ngajakin anak2 pankapan kemari supaya anak2 punya pengalaman camping. Baby K belum pernah soalnya

  23. Nggak nyobain off road, bu? Hihihi.. Aku udah lama banget gak ngecamp hiks terakhir waktu jadi manten anyar haha

  24. Nyenengin banget mbak. Mupeng ke Forrest kopinya. Semoga ada kesempatan jalan ke sana

  25. Pemandangan selepas subuh di tgl satu suronya kereeen deeh…langitnya, suasananya jadi kayak bisa ngebayangin udaranya area Sikembang

  26. Syahdu banget ya pemandangan hutan Pinus ya, mana ada kafe kopinya jadi nyaman buat nongkrong…seru mba tempatnya..

  27. Camping kesini enaknya sama temen-temen ya mbak, wahananya banyak banget. tapi kapan kapan pengen coba ajak anak-anak seru kali ya

  28. Ya ampyun seru bgt, tau gt aku ikutan ya. Aku kira cm di kebuntehh pagilaran doang, jdine males soale abis drsana

  29. Mbak… Aku auto pengen ngopi di situ.. Suasananya enak banget ya

  30. Kapan kapan nginep di mari lagi ya Mba. Camping kitahhh. Bahagianya bisa seru seruan bareng pokoknya. Kaya konten deh hepiii

Leave a Reply

Required fields are marked *.