LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Mudahnya Mencari Info Kesehatan di SehatQ.com

| 59 Comments

Salam, Sahabat Lalang Ungu…. Semoga tetap sehat dan bahagia ya.. Sehat memang merupakan salah satu anugerah yang tak ternilai harganya, karena dengan kondisi ini kita dapat menjalani semua aktivitas harian kita tanpa kendala yang berarti.

Saat kita sakit, atau ada anggota keluarga kita yang sakit, pasti sangat terasa perbedaannya, bukan? Ritme kehidupan keluarga kita bisa berubah karenanya, belum lagi beban pikiran akibat kondisi tersebut.

Seperti beberapa waktu lalu, Ibu kami yang sudah sepuh sempat harus opname di rumah sakit, karena jatuh. Ternyata saat pemeriksaan ditemukan juga tanda-tanda beliau terpapar cacar : ada bintik-bintik kecil yang menyebar di wajah hingga kulit kepala dan terasa panas serta sakit. Apakah ibu kami terkena Cacar Air, atau Dompo?

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap ibu, dokter menyatakan bahwa beliau terkena Cacar Api. Weleeh, apa pula itu ya? Kami kan tahunya Cacar Air yang pernah juga menyerang saat kami kanak-kanak dulu. Apakah sama?

Menurut keterangan dokter spesialis kulit yang merawat beliau, Si Cacar Api ini merupakan ‘bentuk lanjut’ kemunculan virus Cacar air yang tidak mati namun hanya tidur dan bisa menyerang kembali dalam bentuk Cacar api ini.

Alhamdulillah, setelah melalui serangkaian perawatan selama 6 hari, ibu kami diperbolehkan pulang. Memar akibat jatuhnya beliau sudah hampir hilang, keluhan pusing dan lemas tidak lagi ada, namun kondisi cacar masih membuat ibu harus kontrol ke dokter spesialis kulit yang menangani beliau, seminggu sekali.

Sambil mendampingi ibu menjalani perawatan lanjut ini, kami juga berusaha mencari informasi sebanyak mungkin mengenai penyakit yang saat ini diderita oleh ibu kami tercinta, agar lebih paham dan bisa turut memberikan perawatan yang terbaik dan paling tepat untuk beliau.

Idealnya memang berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani. Dan meskipun -Alhamdulillah- kami mendapat dokter yang baik dan komunikatif, namun tetaplah waktu konsultasi saat periksa itu sangat terbatas. Pasien selalu banyak dan sudah antri sejak pagi, tentu dapat dimaklumi bila konsultasi tidak dapat dilakukan selama yang kami inginkan..hehe..

Solusinya, kami harus mencari informasi secara mandiri. Mudah ditebak, pencarian informasi secara online adalah pilihan kami ☺ Namun kami juga harus memilih-milih sumber informasi, karena kita semua tahu apa yang tersaji melalui internet tidak semuanya benar. Apalagi yang kami cari adalah mengenai masalah kesehatan, tentu saja kami tak mau mendapat dan menerapkan imformasi salah yang justru akan merugikan kesehatan kami.

Pilihan kami jatuh pada SehatQ.com sebuah web terpercaya untuk mencari tahu informasi seputar kesehatan, bahkan untuk kota-kota tertentu dapat juga melakukan booking dokter via web ini lho.. Mantab betul ya.. 👍

Nah, saat membuka web ini pertama kali, di Beranda kita menemui 4 pilihan : Direktori Penyakit, Informasi Obat, Forum Tanya Jawab dan My Sehatq. Nah, awalnya aku memilih Direktori Penyakit, lalu memilih ‘Cacar Api’. Maka di sanalah aku mendapat info seputar penyakit ini.

Tentang penyakit Cacar Api di Sehatq.com

Ternyata, Cacar Api ini adalah infeksi yang disertai ruam dan terasa sangat sakit, disebabkan oleh virus varicella zoster yaitu virus sama yang menyebabkan Cacar air. Bila seseorang terkena cacar air, meskipun telah diobati, virusnya tidak mati namun sekedar tidur saja dalam tubuh orang itu, dan dapat aktif kembali dalam bentuk Cacar Api ketika daya tubuh orang itu melemah.

Jadi, setiap orang yang pernah terkena Cacar air mempunyai resiko terkena Cacar api ini. Kelompok yang beresiko antara lain pada usia >50 tahun serta orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah. Aduuuh..aku juga pernah terkena Cacar air nih.. Harus benar-benar jaga kondisi tubuh agar daya tahan tubuh meningkat dan virus Cacar air yang ada di tubuhku tetap tidur pulaaaas..

Hal penting yang kudapat dari pencarian itu antara lain hal-hal yang harus dilakukan agar penderita Cacar Api tidak menularkan virusnya, yaitu : (1) tidak menggaruk cacar api tersebut; (2) tidak melakukan kontak dengan ibu hamil, bayi dan orang dengan imunitas rendah; (3) menjaga kebersihan.

Dari Direktori Penyakit pada web SehatQ.com ini kemudian aku berpindah ke bagian Forum Tanya Dokter. Untuk mencari tanya jawab tentang suatu penyakit/keluhan, kita dapat memilih kategori atau mengetikkan kata di kolom bagian bawah tulisan Tanya Dokter.

Mencari tanya jawab tentang Cacar Api di SehatQ.com

Dengan kata Cacar Api aku diarahkan ke 2 pertanyaan tentang Cacar Api yang keduanya sudah dijawab, sehingga aku bisa membaca juga jawaban dokter atas pertanyaan tersebut. Setelah membacanya dan masih kurang puas, aku ingin bertanya juga terutama mengenai ada tidaknya pantangan bagi penderita.

Nah, tinggal klik tulisan ‘Tanya Dokter’ yang berwarna kuning itu, lalu menuliskan pertanyaan pada kolom / form yang sudah disediakan, selanjutnya klik tulisan ‘Tanya Sekarang’ maka pertanyaan kita otomatis terkirim dan akan ada notif pada email kita bila pertanyaan kita sudah terjawab oleh dokter. Mudah sekali, bukan?

Tanya Dokter di SehatQ.com

Nah teman..itulah pengalamanku mencari info kesehatan agar kami dapat memberikan perawatan tepat bagi keluarga yang sedang sakit. Alhamdulillah dengan adanya SehatQ.com upaya pencarian informasi di bidang kesehatan ini menjadi lebih praktis dan cepat ya. Yang belum kenalan dengan SehatQ bisa kepoin dulu di akun-akun medsosnya : Twitter @Sehatq ; Instagram @Sehatq_id dan FB @SehatQ .

Bagaimana dengan kalian, teman-teman.. Adakah pengalaman yang sama? Yuuk, bagi ceritanya di kolom komen ya.. Terima kasiiih…

59 Comments

  1. Kalau punya anak kayak saya nih, butuh banget aplikasi kayak sehatq ini, secaraaa, kalau googling infonya jadi kurang akurat.
    Kalau cari info di sehatq, lebih kredibel dan terpercaya ya 🙂

  2. Alhmdulillah, ada satu lagi terobosan teknologi yang memberi kemudahan dan membantu dlm segi kesehatan. Kalau mau konsultasi atau tanya-tanya, tinggal berkunjung ke sehatQ saja. Untuk penanganan lebih lanjut barulah pergi ke tempat kesehatan setempat. Yeay.

  3. Baru pernh denger cacar api ini mbak. Semoga ibu sehat2 trus yaaa.. Sehatq membantu bgt yaa

  4. Komplit ya mbaaa info yang tersedia.. semoga selalu sehat ya kita semua

  5. wahhh, aku baru tau nih ada aplikasi seperti ini. Jadi lebih mudah mencari informasi tentang penyakit ya, mbak 🙂
    mau coba liat aplikasiya, ahh 🙂

  6. Saya langsung ulik website ini. Suka deh karena isinya informatif banget. Gak ada berita hoax

  7. Semoga lekas sembuh dan sehat2 selalu utk ibu mba. Baru tau juga namanya cacar api, sebutan cacar air yg muncul kembali… Bermanfaat bgt situsnya bisa kasih wawasan kalau kesulitan tatap muka langsung dg dokter ya.

  8. Aq baru tau detail cacar api ini, biasanya yg pnh aq lihat cacar air.
    Oiya pengen akses web SehatQ, nyari info ttg kehamilan

  9. Alhamdulillah ibunda sudah sehat dari cacar api ya, mba.
    Web Sehatq ini sangat membantu banget bagi saya yang termasuk berbadan ringkih, tapi suka malas ke rumah sakit.

  10. Gara-gara salah beroleh info dari beragam situs, saya terkena imbasnya Bingung harus ngapain, jawaban yang diberikan dari yang terpampang juga belum tentu cocok kasusnya dengan saya. Nanti saya akan coba aplikasi Sehatq. Penting banget sebagai rujukan kesehatan, mana ada ruang tanya jawab.
    Saya baru tahu bahwa cacar air bisa bangkit dan jadi api kalau kondisi tubuh melemah. Wah, harus jaga diri juga soalnya kala kecil saya pernah kena cacar air.

  11. Sehatq tuh udah kaya obat anti hoax buatku kak, daripada cari info di tempat lain yang belum jelas kebenarannya ya mending ke sini aja, ya kaaannn…

  12. simple sekali cara menggunakan website ini ya sista, jadi semakin mudah mencari informasi mengenai kesehatan baik untuk keluarga maupun diri sendiri

  13. Dewi senang banget ada aplikasi Sehatq, karena selama ini sering tersebar hoax tentang kesehatan.

  14. Dengan aplikasi SehatQ dapat membantu kita mendapatkan informasinya terpercaya seputar kesehatan ya mbak. Supaya kita benar-benar tahu informasi yang terpercaya.

  15. Saya dan warga kampung butuh banget aplikasi seperti ini. Ke RSUD jauh, ke puskesmas jarang ada dokternya jadi daripada ga ada referensi informasi kesehatan sejenis aplikasi begini sangat membantu…

  16. Alhamdulillah sdh sehat ya Mba… Alhamdulillah jg sekarang dimudahkan dgn teknologi nih .

  17. Aku pernah konsultasi di sehatq mengenai sinusitis yang aku alami, seneng banget responnya cepat dan penjelasan nya cepat.

  18. Wah iya banget, SehatQ udah jadi tempat nyari referensi kesehatan keluarga dong. Segala macem ada di sana. Bahkan untuk menangkal hoax kesehatan pun bisa dicari di sana. Bisa sampe janjian dengan dokter pula ya 🙂

  19. saya juga suka nih sehatQ.com, info kesehatan yang disajikan itu lengkap dan terpercaya 🙂

  20. Ohh ternyata cacar api itu virus cacar air yang tertidur ya mbak. Duhhh aku dan keluarga jadi bisa juga kena karena pernah cacar air jaman anak-anak dulu.
    Hmmm, harus baca info kesehatan yang banyak di SehatQ nih, karena pengen dapat info kesehatan yang benar valid gitu

    • Jaga kondisi jangan sampai ngedrop mba.. sekitar 2 th lalu aku kena mba saat kondisi ngedrop, pdhl cacar airnya sudah jaman SMP. Hanya pas aku kena kemarin, dokternya gak nyebut itu Cacar api..

  21. Saya juga pakai aplikasi SehatQ ini mbak, beberapa kali anak bermasalah dengan perut dan nanya di aplikasi ini jadi tahu dan lebih tidak kuatir lagi mbak.

  22. Baru tau lho kalau cacar api itu adalah bentuk lanjut dari cacar air jaman dulu.
    Untungnya ada sehatQ di mana kita bisa mencari informasi kesehatan yg valid dan terpercaya.

  23. SehatQ emang andalan banget mba Tant
    Buat cari tips atau cara mengatasi biar kitanya nggak parnoan
    bahkan keren bisa berinteraksi dengan dokternya.

  24. Senangnya ada yang bisa menjawab pertanyaan kita seputar penyakit dengan jawaban yang akurat dan dari ahlinya.
    Semoga dengan penanganan yang tepat, sakitnya akan lebih cepat teratasi.

  25. Wah ada lagi aplikasi keren yang bisa membantu saat butuh informasi atau referensi akan kesehatan ya. Langsung unduh juga ah.

  26. Aku suka banget bisa konsultasi online juga, jadi semua bisa lebih praktis dan mudah hanya melalui web sehatq.com mntap

  27. aku pernah mba menderita cacar api, dan beneran gak nyaman banget apalagi sembuhnya juga lama, dan bekasnya itu sampe sekarang gak ilang, cuma pudar doang.

  28. aplikasi yang bikin kita suka krn bisa mencari tahu banyak hal tentang kesehatan

  29. Alhamdulillah ya mbak, gak riweuh lagi kalau.mau nyari info kesehatan, cukup.klik aja di aplikasi sehatQ, ada semua di sana yaa. Tfs mbak

  30. Lengkap banget ya mbaa aplikasi sehat ini, kayak google aja semua nya ada. Dan aku juga baru tau ini mba tentan cacar api, get wellsoon buat mamahnya ya

Leave a Reply

Required fields are marked *.