LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Mudahnya Mencari Info Kesehatan di SehatQ.com

| 59 Comments

Salam, Sahabat Lalang Ungu…. Semoga tetap sehat dan bahagia ya.. Sehat memang merupakan salah satu anugerah yang tak ternilai harganya, karena dengan kondisi ini kita dapat menjalani semua aktivitas harian kita tanpa kendala yang berarti.

Saat kita sakit, atau ada anggota keluarga kita yang sakit, pasti sangat terasa perbedaannya, bukan? Ritme kehidupan keluarga kita bisa berubah karenanya, belum lagi beban pikiran akibat kondisi tersebut.

Seperti beberapa waktu lalu, Ibu kami yang sudah sepuh sempat harus opname di rumah sakit, karena jatuh. Ternyata saat pemeriksaan ditemukan juga tanda-tanda beliau terpapar cacar : ada bintik-bintik kecil yang menyebar di wajah hingga kulit kepala dan terasa panas serta sakit. Apakah ibu kami terkena Cacar Air, atau Dompo?

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap ibu, dokter menyatakan bahwa beliau terkena Cacar Api. Weleeh, apa pula itu ya? Kami kan tahunya Cacar Air yang pernah juga menyerang saat kami kanak-kanak dulu. Apakah sama?

Menurut keterangan dokter spesialis kulit yang merawat beliau, Si Cacar Api ini merupakan ‘bentuk lanjut’ kemunculan virus Cacar air yang tidak mati namun hanya tidur dan bisa menyerang kembali dalam bentuk Cacar api ini.

Alhamdulillah, setelah melalui serangkaian perawatan selama 6 hari, ibu kami diperbolehkan pulang. Memar akibat jatuhnya beliau sudah hampir hilang, keluhan pusing dan lemas tidak lagi ada, namun kondisi cacar masih membuat ibu harus kontrol ke dokter spesialis kulit yang menangani beliau, seminggu sekali.

Sambil mendampingi ibu menjalani perawatan lanjut ini, kami juga berusaha mencari informasi sebanyak mungkin mengenai penyakit yang saat ini diderita oleh ibu kami tercinta, agar lebih paham dan bisa turut memberikan perawatan yang terbaik dan paling tepat untuk beliau.

Idealnya memang berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani. Dan meskipun -Alhamdulillah- kami mendapat dokter yang baik dan komunikatif, namun tetaplah waktu konsultasi saat periksa itu sangat terbatas. Pasien selalu banyak dan sudah antri sejak pagi, tentu dapat dimaklumi bila konsultasi tidak dapat dilakukan selama yang kami inginkan..hehe..

Solusinya, kami harus mencari informasi secara mandiri. Mudah ditebak, pencarian informasi secara online adalah pilihan kami ☺┬áNamun┬ákami juga harus memilih-milih sumber informasi, karena kita semua tahu apa yang tersaji melalui internet tidak semuanya benar. Apalagi yang kami cari adalah mengenai masalah kesehatan, tentu saja kami tak mau mendapat dan menerapkan imformasi salah yang justru akan merugikan kesehatan kami.

Pilihan kami jatuh pada SehatQ.com sebuah web terpercaya untuk mencari tahu informasi seputar kesehatan, bahkan untuk kota-kota tertentu dapat juga melakukan booking dokter via web ini lho.. Mantab betul ya.. 👍

Nah, saat membuka web ini pertama kali, di Beranda kita menemui 4 pilihan : Direktori Penyakit, Informasi Obat, Forum Tanya Jawab dan My Sehatq. Nah, awalnya aku memilih Direktori Penyakit, lalu memilih ‘Cacar Api’. Maka di sanalah aku mendapat info seputar penyakit ini.

Tentang penyakit Cacar Api di Sehatq.com

Ternyata, Cacar Api ini adalah infeksi yang disertai ruam dan terasa sangat sakit, disebabkan oleh virus varicella zoster yaitu virus sama yang menyebabkan Cacar air. Bila seseorang terkena cacar air, meskipun telah diobati, virusnya tidak mati namun sekedar tidur saja dalam tubuh orang itu, dan dapat aktif kembali dalam bentuk Cacar Api ketika daya tubuh orang itu melemah.

Jadi, setiap orang yang pernah terkena Cacar air mempunyai resiko terkena Cacar api ini. Kelompok yang beresiko antara lain pada usia >50 tahun serta orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah. Aduuuh..aku juga pernah terkena Cacar air nih.. Harus benar-benar jaga kondisi tubuh agar daya tahan tubuh meningkat dan virus Cacar air yang ada di tubuhku tetap tidur pulaaaas..

Hal penting yang kudapat dari pencarian itu antara lain hal-hal yang harus dilakukan agar penderita Cacar Api tidak menularkan virusnya, yaitu : (1) tidak menggaruk cacar api tersebut; (2) tidak melakukan kontak dengan ibu hamil, bayi dan orang dengan imunitas rendah; (3) menjaga kebersihan.

Dari Direktori Penyakit pada web SehatQ.com ini kemudian aku berpindah ke bagian Forum Tanya Dokter. Untuk mencari tanya jawab tentang suatu penyakit/keluhan, kita dapat memilih kategori atau mengetikkan kata di kolom bagian bawah tulisan Tanya Dokter.

Mencari tanya jawab tentang Cacar Api di SehatQ.com

Dengan kata Cacar Api aku diarahkan ke 2 pertanyaan tentang Cacar Api yang keduanya sudah dijawab, sehingga aku bisa membaca juga jawaban dokter atas pertanyaan tersebut. Setelah membacanya dan masih kurang puas, aku ingin bertanya juga terutama mengenai ada tidaknya pantangan bagi penderita.

Nah, tinggal klik tulisan ‘Tanya Dokter’ yang berwarna kuning itu, lalu menuliskan pertanyaan pada kolom / form yang sudah disediakan, selanjutnya klik tulisan ‘Tanya Sekarang’ maka pertanyaan kita otomatis terkirim dan akan ada notif pada email kita bila pertanyaan kita sudah terjawab oleh dokter. Mudah sekali, bukan?

Tanya Dokter di SehatQ.com

Nah teman..itulah pengalamanku mencari info kesehatan agar kami dapat memberikan perawatan tepat bagi keluarga yang sedang sakit. Alhamdulillah dengan adanya SehatQ.com upaya pencarian informasi di bidang kesehatan ini menjadi lebih praktis dan cepat ya. Yang belum kenalan dengan SehatQ bisa kepoin dulu di akun-akun medsosnya : Twitter @Sehatq ; Instagram @Sehatq_id dan FB @SehatQ .

Bagaimana dengan kalian, teman-teman.. Adakah pengalaman yang sama? Yuuk, bagi ceritanya di kolom komen ya.. Terima kasiiih…

59 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.