LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Mataram
Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Mataram

Singgah Sejenak di Masjid Raya Hubbul Wathan Mataram

| 88 Comments

Singgah Sejenak di Masjid Raya Hubbul Wathan Mataram. Sahabat Lalang Ungu, tentunya sering mendengar tentang Lombok Pulau Seribu Masjid, bukan? Sebutan yang merujuk pada pulau yang mempunyai banyaaaaak masjid-masjid nan indah dan unik, juga mewakili suasana religius masyarakat setempat. Itu sebabnya, ketika berkesempatan ke Lombok medio Maret lalu, aku pun berharap bisa mengunjungi beberapa di antaranya.

Alhamdulillah, harapan itu terwujud. Pada kunjungan kami ke Lombok saat itu, sempat mengunjungi 3 masjid cantik yaitu Masjid Nur Syahada di Desa Wisata SadeMasjid Nurul Bilad di Mandalika Lombok Tengah dan yang ketiga adalah Masjid Hubbul Wathan di Kota Mataram. Nah, kali ini akan kutuliskan pengalaman kami singgah sejenak di Masjid Hubbul Wathan ini.

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Mataram

Masjid Raya Hubbul Wathan Mataram NTB (Foto by Mechta)

Masjid megah dan cantik Hubbul Wathan ini terletak di area Islamic Center Nusa Tenggara Barat yaitu di Dasan Agung, Gomong, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Didahului dengan pendirian Menara yang diresmikan oleh Gubernur NTB pada Tahun 2013 lalu, kompleks Islamic Center ini dibuka untuk umum Tahun 2016. Masjid raya ini tidak saja dibangun sebagai sebuah masjid tempat sholat namun juga sebagai icon dan monumen yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Suasana Kota Mataram terasa sendu siang itu saat kami sampai di kompleks Islamic Center. Bukan karena itu jam-jam terakhir kunjungan kami ke Lombok, namun karena memang hujan mengguyur kota sejak beberapa waktu sebelumnya…

Bersama mba Wati di halaman Islamic Center NTB (Foto by Holiq)

Begitu sampai di kompleks Islamic Center Mataram itu, kami langsung menuju ke dalam masjid untuk menunaikan kewajiban, baru setelah itu kami menikmati keindahan bangunan masjid yang didominasi warna kuning-hijau tersebut.

Tangga Masjid Hubbul Wathan Mataram

Tangga menuju bagian utama Masjid Hubbul Wathan

Suasana di dalam masjid raya ini terasa sejuk dan nyaman. Karpetnya lembut dan tebal, mengundang untuk berlama-lama di sana. Tempat berwudhu cukup luas dan bersih, dengan dua macam model, untuk wudhu sambil berdiri atau sambil duduk. Aku pribadi lebih suka dengan disain tempat wudhu yang memungkinkan pengguna untuk duduk, hehe..

Tempat wudhu Masjid Hubbul Wathan Mataram

Tempat wudhu Masjid Hubbul Wathan

Saat menengadah, kulihat dekorasi langit-langitnya cantiiik 😍 Sebelum keluar masjid, kusempatkan mengintip bagian utama masjid raya ini. Luas, bersih, rapi dan sangat nyaman untuk beribadah. Itu kesan yang kuperoleh saat itu.

Interior Masjid Hubbul Wathan Mataram

Langit-langit Masjid Hubbul Wathan yang cantik (Foto by Mechta)

Interior Masjid Hubbul Wathan Mataram

Bagian utama Masjid Hubbul Wathan Mataram (Foto by Mechta)

Menuruni tangga ke luar tempat sholat, kulihat detil-detil lain yang tak kalah cantik. Ada kaligrafi Asmaul Husna di atap yang bercat putih, dan ornamen dinding yang tembus pandang tampak menarik. Ada ornamen-ornamen lengkung yang mengingatkanku pada bentuk rumah adat Sasak.

Detil masjid Hubbul Wathan

Detil cantik lain di Masjid Hubbul Wathan (Foto by Mechta)

Di bagian bawah, sebelah kiri tangga itu terdapat sebuah bedug besar dengan rangka kayu bertuliskan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) NTB.

Bedug Masjid Hubbul Wathan Mataram

Bedug di Masjid Hubbul Wathan Mataram (Foto by Mechta)

Alhamdulillah hujan sempat reda sehingga kami berkesempatan pepotoan di area masjid indah yang penamaannya diberikan langsung oleh Gubernur NTB Dr. TGH. M Zainul Majdi. Adapun nama ‘Hubbul Wathan’ itu sendiri mengandung nilai nasionalisme yaitu Cinta Tanah Air sebagai bagian dari Iman.

Pose di halaman Masjid Hubbul Wathan Mataram

Bersama mba Wati di halaman Masjid Hubbul Wathan (Foto by Wati Artanto)

Masjid Hubbul Wathan ini mempunyai 4 menara dengan ketinggian 66 meter, adapun menara utama di Islamic Center yang diresmikan pertama kali berketinggian 99 meter (angka yang terinspirasi dari jumlah Asmaul Husna), atap puncak bangunan ini setinggi 114 meter sesuai dengan jumlah surat dalam Al Qur’an. Dari puncak menara ini dapat dilihat suasana sekeliling Kota Mataram. Sayangnya karena keterbatasan waktu kami tidak sempat menaiki menara waktu itu.

Pose berlatarkan menara Masjid Hubbul Wathan

Pose bersama mba Wati, berlatarkan salah satu menara Masjid Hubbul Wathan (Foto by Wati Artanto)

Menara Masjid Hubbul Wathan

Salah satu menara Masjid Hubbul Wathan (Foto by Mechta)

Ohya ada keunikan lain dari Masjid Hubbul Wathan ini yaitu motif kubahnya yang diilhami dari corak khas batik Sasambo  (Suku Sasak-Samawa-Mbojo).

Kubah Masjid Hubbul Wathan Mataram

Ada corak Batik Sasambo di kubah Masjid Hubbul Wathan Mataram

Hujan kembali turun waktu itu, memutus keasyikan kami menikmati keindahan Masjid Raya Hubbul Wathan itu dan waktu yang terus bergulir membuat kami memutuskan langsung ke Bandara untuk perjalanan pulang dari Lombok. Itu sebabnya, aku pribadi masih menyimpan harap kembali ke sana di masa yang akan datang, mengunjungi bagian masjid Hubbul Wathan dan Islamic Center yang belum sempat kami kunjungi waktu itu. Insya Allah…

Islamic Center NTB

Islamic Center dan Masjid Hubbul Wathan..tunggu kedatangan kami kembali yaa… (Foto by Holiq)

Sahabat Lalang Ungu, begitulah cerita kunjungan singkat kami ke Masjid Raya Hubbul Wathan di kompleks Islamic Center NTB. Apakah teman-teman juga mempunyai kenangan di masjid megah dan cantik ini? Yuk, bagi ceritanya di kolom komen ya..

baca juga : Dolan Lombok : Menikmati Siang di Gili Trawangan

88 Comments

  1. Sepertinyaaa… Masjid ini yang saya lihat dari pesawat waktu ke Lombok. Karena bulek banyak yang disana, semoga kapan-kapan saya bisa masuk ke masjid ini. Dulu soalnya yang di buru Senggigi sih hahhaa.. luar biasa cantik memang Lombok, kangen terus pokoknya..

  2. Majestic dan megaaahhh banget ya Mbaaa
    Trakhir ke Lombok aku sekitar thn 2000-an udah lama buangeett
    Pengin main2 ke Lombok lagii
    maem plecing kangkung yg sedaaapp nian

  3. Masya Allah cakep banget hubbunul wathan Mataram. Ada identitas corak kain. Semoga dengan berdiri megah maka banyak jamaah rajin beribadah di masjid ini

  4. Wah mesjidnya bagus banget ya mbak, apalagi langit-langitnya sangat artistik. Saya belum pernah jalan ke Mataram mbak.

  5. Desain masjid Hubbul Wathan cantik banget ya mbak, dijadikan Islamic Center & icon di NTB ya ternyata. Alhamdulillah sambil jalan-jalan bisa singgah di masjid-masjid ya mbak selama di sana

  6. masjidnya indah banget loh ini mba, jadi betah deh, cuma sekarang kan kalo ke masjid kita harus bawa perlengkapan sholat sendiri kan yaa mba berhubung lagi pandemi gini

  7. indah sekali arsitekturnya mba 🙂 tapi kadang sesih ya kalau melihat tempat ibadah kosong tuh

  8. wah cantik masjidnya. Sayangnya kemarin ga keburu singgah di beberapa masjid di Mataram. Karena kejar tayang ke Sumbawa. Mudah-mudahan februari nanti bisa singgah di Masjid ini.

  9. Aku belom pernah ke masjid masjid ini, pernahnya ke masjid yg dekat lokasi Al Quran tua di Alor. Masya Allah indah-indah banget ya

  10. Mesjidnya cantik banget yah, jd pengen ke sana dan sholat berjamaah, smga suatu hari nti bsa mampir di sana

  11. Wah Mbak Tanti masih menyimpan fotonya ya. Masjid Raya Hubbul Wathan ini indah ya ternyata.

  12. Megah banget, artistik pula desainnya. Aku belum pernah ke Lombok sih, mudah-mudahan kalau nanti berkesempatan ke Lombok bisa berkunjung ke masjid ini juga.

  13. Masha Allah indahnya masjidnya mbak. Ornamennya cantik-cantik adwm dan nyaman. Pengen deh kesana.

  14. Luar biasa megah yo mba, alhamdulillah pengalaman yang sungguh bikin rindu mengulang pastinya. Jadi pengen ikutan dolan, ya Allah kapan iso dolan maneh heheh

  15. MasyaAllah bagus zekali masjidnya mba. Aku belum pernah mba ke masjid ini mba. Bismillah semoga Allah mengabulkan bisa berkunjung

  16. waaah 2 blogger jalan bareng jadilah konten, hehehe.

    Eh iya ya Lombok terkenal dengan 1000 masjid saking banyaknya masjid di sana tapi kenapa aku malah cuma main ke pantai. Wah kudu balik liburan ke Lombok nih supaya puas eksplorasi masjid-masjid di sana. Salah satunya mau ke masjid raya Hubbul Wathan ini karena cantiiik banget detail langit-langitnya.

  17. Masya Allah, cantik dan unik desain Masjid Raya Hubbul Wathan Mataram ini, ya, Mbak. Saya kalau berkunjung kayaknya bakalan betah berlama-lama di sana. Tidak hanya desain luarnya yang cantik, interiornya juga menarik ya…banyak ornamen yang membuat masjid terlihat megah.

  18. Mesjid ini keren banget ya kk. Apalagi desainnya mewah serta teduh. Saya belum pernah jalan ke kota Mataram kk semoga ada kesempatan berkunjung ke daerah ini.

  19. Lombok memang salah satu pulau dengan populasi muslim terbesar jadi gak kaget sih kalau masjidnya sebagus ini, jadi pengen kesana juga nih

  20. Duh jadi kangen pengen ke Islamic Center. Padahal dekat banget. Hahahha. Sejak masa pandemi ini sepertinya saya gak pernah ke sana lagi. Oh ya, pas ke Lombok belum sempat kopdaran nih kita~ kapan-kapan kalau pas ke sini, berkabar ya 🙂

  21. Keindahan masjid Habbul Wathan Mataram, mashaAllah..
    Dan megah juga cantik dan bersih.
    Pasti nyaman sekali sholat di Masjid Habbul Wathan Mataram.

  22. Adem banget sepertinya suasana di dalam masjid ya. Entah kenapa lihat fotonya itulah yang muncul dalam hati. Interiornya juga indah dan megah banget.

  23. MasyaAllah selalu suka lihat masjid yang interiornya cakep gini, bikin betah singgah lama lama

  24. Ya Allah, megah banget masjidnya. Semoga aku juga bisa berkesempatan berkunjung ke Masjid Hubbul Wathan. Rasanya gak cukup seminggu untuk explore Lombok.

  25. Masya Allah indah banget ya pemandangan dan juga ornamen masjidny,a jadi pengen ke sana deh

  26. Megah ya Mba masjid2nya, kukira meski banyak jumlahnya, masjidnya tipe yg kecil2 gitu kayak musholla, ternyata aristekturnya apik2 semua yaa, dan sepertinya khas sana, selalu ada menaranya ya

    • Alhamdulillah kemarin sempat mampir di 2 masjid besar dan cantik.. Sepertinya banyak masjid seperti ini di sana..

  27. Hubbul Wathan, artinya cinta tanah air. Konsep catnya juga berwarna-warni, sebagaimana keragaman yang dimiliki bangsa ini.

  28. Masjidnya bagus banget ya Mbak. Interior desain juga menarik. Bikin betah ya lama-lama di dalamnya

  29. Masyaallah cantik banget masjidnya mbak. Kebayang shalat di sana pasti adem ya. Masjid di Lombok emang2 xantik2 ya ga heran lah kalo disebut sebagai kota seribu masjid

  30. Masjidnya keren sekali kakak. Tempat wudhunya, ruang sholatnya. Nyaman banget rasanya. Pasti betah sekali di sana. Habis sholat mau ngaji sampai waktu sholat berikutnya pasti nggak kerasa banget.

  31. Waktu aku ke Lombok aku juga lihat Masjid ini, tapi sayangnya nggak bisa mampir. Dari luar aja udah keliatan cantik banget masjid ini. Tapi aku liat hampir semua masjid di Lombok tuh cantik-cantik, dan jumlahnya banyak banget. Makanya disebut sebagai kota seribu masjid ya mbaa

  32. Masjidnya warnanya terang dan cerah. Detailnya menarik dan lumayan rumit tapi asik. Emang kalo di masjid gitu bisa naik ke atas menara ya mbak, aku baru tahu nih. Suasana di menara masjid pasti beda ya.
    Semoga mbak Tanti bisa datang lagi ke Masjid Raya Hubbul Wathan di Mataram ya.

  33. MasyaAllah mesjidnya megah dan cantik banget.. Tapi memang Mataram itu bangunannya bagus-bagus ya dan bisa kita kunjungi untuk mendokumentasikan

  34. Bagus ya mb mesjid hubbul Wathan..kpn tuh mbak jalan2nya..duh jd pingin liat dr dekat nih..unik ya bertema batik

  35. MasyaAllah ternyata dalamnya tak kalah indah dengan eksteriornya ya Mbak…dulu pas ke Lombok lewat sana tapi pas hujan adi langsung bablas menuju penginapan deh..semoga suatu saat bisa kembali kesana dan menikmati keindahannya langsung aamiin

  36. Huhuhu, jadi auto inget, gagal kopdar sama mbak Tanti dan mbak Wati.
    Tapi, kalo inget pas itu aku lagi flu, dan sekarang pandemi masih nggak slese-slese, jadi brasa sungkan juga kalo maksa ketemuan.

    Mudah-mudahan bisa berkunjung ulang ke Lombok dan kita bisa silaturahmi ulang ya mbak. Aamiin ya Allah ^^

    • Kondisi sedang tidak mengizinkan kita kopdar waktu itu ya mba.. insya Allah ada kesempatan lain yg lebih baik. Aamiin

  37. Wah, masijidnya cantik banget Mbak Tanti, betah ya salat di sana terus berkeliling menikmati keindahan interiornya…Masya Allah, semoga bisa mampir ke sana nanti…

  38. MasyaAllah…. Megah dan cantik masjidnya.
    Warnanya mewah banget sampai sekarang Lombok masih jadi salah satu destinasi impianku. Semoga pas masih di Bali.bisa ke sana biar ga kejauhan

  39. Bagus banget mba masjidnya, besar dan megah yaaa… Masyarakat Mataram pasti bangga banget nih punya masjid sebagus ini. Bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dari luar Mataram.

  40. MasyaAllah, indah dan megah bgt masjidnya. Kapan ya kunjungan ke Lombok, jd pengen huhu

  41. Aku belum pernah ke Lomboookkkkkkk. Megah banget masjidnya. Arsiteknya keren ya, mengangkat budaya lokal, sempat beli batik sasambo juga ga, Mbak?

  42. MasyaAllah indahnya, seneng banget kalau liat masjid kok semegah dan seindah ini, apalagi dengan banyaknya jamaah yang singgah di sini. Ini mah nggak cuma buat beribadah saja tapi bisa buat wisata juga ya. One day harus ke sana ya, Mba

Leave a Reply

Required fields are marked *.