LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Hasil Creative Art Series Colour Your Own Totebag
Hasil Creative Art Series Colour Your Own Totebag

Merasakan Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa Bersama Faber Castell ‘Colour Your Own Totebag’

| 58 Comments

Aktivitas mewarnai memang sangat mengasyikkan, tidak hanya untuk anak-anak namun juga bagi orang dewasa. Aku merasakan hal itu ketika kembali melakukan aktivitas mewarnai beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Sabtu 6 Februari 2021 kemarin saat berkesempatan mengikuti Soft Launching & Workshop Creative Art Series dari Faber-Castell dan mencoba salah satu paketnya yaitu ‘Colour Your Own Totebag‘. Meskipun paket Creative Art Series dari Faber-Castell ini sasaran utamanya anak & remaja, tapi ternyata sebagai orang dewasa akupun dapat merasakan manfaatnya lho..

Apa saja sih, manfaat aktivitas mewarnai untuk orang dewasa? 

Manfaat Aktivitas Mewarnai Untuk Orang Dewasa

Manfaat mewarnai bagi orang dewasa

Apa manfaat mewarnai bagi orang dewasa?

Dari berbagai sumber kubaca bahwa aktivitas mewarnai tidak hanya bermanfaat bagi anak namun juga bagi orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa manfaat mewarnai bagi orang dewasa, yang kubaca dan telah kurasakan pula :

Mewarnai Dapat Menciptakan Perasaan Senang

Nah, ini yang paling kurasakan. Diawali dengan memutuskan jenis-jenis warna yang akan kugunakan, lalu mencampurkan dua atau lebih warna dasar untuk mendapatkan warna yang kuinginkan, memoleskan warna-warna berbeda pada bidang-bidang berbeda, semua tahapan ini menimbulkan rasa senang di hati.

Rupanya proses berfokus pada berbagai bentuk, warna dan ukuran gambar ini menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dan pada akhirnya menerbitkan rasa senang di hati. Aku juga merasakan hal ini saat mewarnai Mandala Self Love beberapa waktu lalu.

Mewarnai Membangkitkan Nostalgia Masa Kecil

Mungkin ini juga yang menjadi pemicu timbulnya rasa senang di hatiku saat mewarnai kemarin itu, karena timbulnya kenangan-kenangan bahagia di masa kecil dahulu.

Aku ingat, rasa senang saat menggambar bunga-bunga dan membuatnya berwarna-warni. Juga saat mewarnai gunung dengan warna biru tua, pepohonan hijau tua, sawah menguning, tentu saja tak terlewat dari kenanganku, ada matahari berwarna kuning ceria di sela dua gunung, awan-awan putih berarak dengan latar langit biru muda. Ahaay, sepertinya itu lukisan khas anak SD waktu itu. Kalian pernah membuat juga kah lukisan begini, teman? 🙂

Kenangan indah masa kecil yang hadir di benak kita, akan mengusir pikiran-pikiran negatif dari sana dan melepaskan stres, itu kata para pakar.

Mewarnai Dapat Menurunkan Tingkat Kecemasan

Berdasarkan hasil-hasil penelitian, efek therapeutik dari aktivitas mewarnai adalah menurunkan tingkat kecemasan, menajamkan fokus dan membuat pikiran lebih tenang. Hal ini terjadi karena saat mewarnai, otak kita harus mengesampingkan hal-hal lain agar bisa fokus melakukan kegiatan ini.

Mewarnai Menurunkan Tingkat Kecemasan

Mewarnai dapat menurunkan tingkat kecemasan lho..

Oya, aku sempat merasa cemas ketika membuka paket CAS yang kuterima, menemukan ada totebag bergambar Burung Hantu dan set alat mewarnai di antaranya cat warna.

Waduuh..sudah lama tak menggunakan cat warna, bagaimana kalau hasilnya jelek ya??  Itulah pikiran negatif yang sempat timbul ketika itu. Tapi ternyata, saat kemudian melakukan pewarnaan dengan cat akrilik di atas totebag itu, tak ada lagi rasa takut itu. Aku sangat menikmati prosesnya, fokus pada menorehkan warna-warna di bidang-bidang yang kupilih, menikmati hasil kombinasi warna-warna itu, tak peduli apakah hasilnya bagus / jelek menurut orang lain, hehe..

Mewarnai Dapat Menaktifkan Kemampuan Otak Bagian Frontal serta Mengasah Otak Kiri dan Kanan

Menurut pendapat para ahli, aktivitas mewarnai ini ternyata juga dapat mengaktifkan kemampuan otak bagian frontal, yaitu bagian yang berperan penting dalam hal ingatan, kemampuan berbahasa, penyelesaian masalah, kemampuan sosial serta spontanitas.

Selain itu, dengan aktivitas mewarnai ini juga mengaktifkan kedua sisi otak, kiri dan kanan. Proses memilih warna, menentukan keselarasan warna, mengaplikasikan warna, dll akan melatih baik motorik halus maupun kemampuan penyelesaian masalah.

Nah sahabat, itu beberapa efek positif / manfaat aktivitas mewarnai bagi orang dewasa yang beberapa di antaranya juga kurasakan saat kemarin praktek mewarnai gambar Burung Hantu pada totebag yang merupakan salah satu dari paket Creative Art Series dari Faber-Castell.

Pengaruh Kegiatan Kreatif Terhadap Kecerdasan Emosional

Oya dalam acara Launching & Workshop CAS Faber-Castell kemarin, juga hadir salah satu narasumber yang merupakan dosen, praktisi pendidikan & parenting dari Jogja yaitu Dr. Aisyah Indarti, M.S, Psi. Beliau membahas pengaruh positif dari kegiatan kreatif seperti menggambar, mewarnai, membuat prakarya dll terhadap perkembangan Kecerdasan Emosional anak.

Dan pada orang dewasa, kecerdasan emosional ini juga sangat bermanfaat dalam dunia kerja, sebagaimana tertulis dalam tangkapan layar paparan beliau berikut ini :

Manfaat Kecerdasan Emosional dalam Dunia Kerja

Apakah paket Creative Art Series Faber-Castell ini hanya mewarnai totebag saja?

Tentu tidak. Selain ‘Colour Your Own Tote Bag’ ini, ada 5 jenis paket Creative Art Series (CAS) lainnya. Berikut ini penjelasan tentang ke-6 CAS Faber-Castell tersebut.

Tentang Creative Art Series Faber-Castell

Mengawali acara virtual tanggal 6 Februari 2021 kemarin,  Product Manager PT Faber-Castell Internasional Indonesia Bp Ricard Panelewen menjelaskan tentang Creative Art Series. Produk terbaru PT Faber-Castell ini dapat menjadi salah satu sarana kreativitas seluruh anggota keluarga, menumbuhkan bounding antar anggota keluarga melalui kegiatan bersama yang edukatif bagi anak dan anggota keluarga lainnya. Berikut ini adalah ke-6 jenis paket Creative Art Series Faber-Castell tersebut.

6 Jenis Paket Creative Art Series Faber-Castell

1. Stone Deco Art. 

Melukis tidak hanya dapat dilakukan dengan media kertas saja, nah Faber-Castell memperkenalkan media batu alam sebagai salah satu alternatifnya. Melalui paket ini, diharapkan anak dapat lebih mengenal lebih dekat dengan benda-benda alam, mengenalkan anak dengan media lukis baru, mengembangkan imajinasi mewarnai benda alam dengan kreatifitasnya sendiri dan sekaligus membangun interaksi anak dengan anggota keluarga lainnya.

Creative Art Series : Stone Deco Art

Stone Deco Art – salah satu Creative Art Series dari Faber-Castell (Gambar dari Web Faber-Castell)

Dalam paket Stone Deco Art ini kita dapat mewarnai dan melukis batu dengan menggunakan bahan-bahan yang ada : 8 batu berbagai bentuk, permanent marker berwarna hitam, 2 set Acrylic Colour Set 4 (merah, biru, putih, kuning), brush, palette, buklet tutorial dan kupon workshop online.

2. Origami Fashion Design

Ini adalah paket kreativitas seni melipat, menempel dan mewarnai. Diharapkan anak dan remaja dapat berimajinasi dalam fashion art, mempelajari keseuaian warna yang pas dalam suatu fashion, memeplajari teknik mewarnai sesuai imajinasi fashion design, dll.

Creative Art Series Origami Fashion Design

Origami Fashion Design, salah satu Creative Art Series Faber-Castell (Gambar SS paparan Launching CAS)

Dalam 1 paket Origami Fashion Design ini terdapat 8 buah template dalam kertas DC ukuran A5, 1 set origami knitting patern, 1 set pensil warna (isi 12), lem, buklet tutorial dan kupon workshop online.

3. Colour Your Own Totebag

Nah inilah paket CAS Faber-Castell yang telah kucoba. Dalam tiap paketnya, terdiri dari 1 totebag ukuran 30×40 cm bergambar Burung Hantu, 2 set cat akrilik dengan 4 warna dasar (Merah, Putih, Biru dan Kuning), 1 kuas, 1 palet untuk mencampur warna, buklet tutorial dan 1 kupon workshop online.

Paket CAS Colour Your Own Totebag

Isi paket Creative Art Series : Colour Your Own Totebag + buklet tutorial & kupon workshop online.

Dengan paket ini, Faber-Castell ingin mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan dengan menggunakan totebag yang dapat dipakai ulang, mengembangkan imajinasi dan kreativitas dalam mewarnai gambar dan juga berlatih mix n match warna-warna.

Air Jet Sport Car

Produk ini menawarkan pengalaman seru membuat prakarya berupa mainan mobil-mobilan dari kardus yang dapat bergerak meski tanpa listrik / baterai.

CAS Air Jet Sport Car

Creative Art Series : Air Jet Sport Car (Gambar dari Web Faber-Castell)

Dalam tiap paketnya terdapat bahan dan alat untuk merakit mobil kardus ini, alat penggerak berupa balon dan sedotan, juga perlengkapan mewarnai untuk menghias mobil sport tersebut. 😍 Selain itu juga terdapat buklet tutorial dan 1 kupon workshop online.

Make Your Own Kite

Suka bermain layang-layang? Pernahkah berkreasi dengan membuat layang-layang sendiri? Nah, kita dapat melakukannya ataupun memberi pengalaman seru ini kepada anak-anak dengan menggunakan paket CAS Faber-Castell yang satu ini.

CAS Faber Castell Make Your Own Kite

Make Your Own Kite salah satu Creative Art Series Faber-Castell (Gambar dari Web Faber-Castell)

Dalam setiap paketnya terdapat bahan dan alat untuk merakit 2 buah layang-layang, konektor pen untuk menghias kedua layang-layang tersebut, buklet tutorial dan 1 kupon workshop online.

3D Art Frame

Dengan CAS yang satu ini, anak dan remaja dapat membuat prakarya berupa bingkai foto / gambar dengan teknik ‘papertole’ yang akan menghasilkan efek 3 dimensi.

Creative Art Series 3D Art Frame

3D Art Frame, salah satu Creative Art Series dari Faber-Castell (Gambar dari Web Faber-Castel)

Dalam tiap paketnya terdapat alat dan bahan pembuatan bingkai, sarana menghias dan mewarnai, buklet tutorial dan juga 1 kupon workshop online.

Itulah ke-6 jenis CAS Faber-Castell yang bisa dipilih untuk berkegiatan bersama seluruh anggota keluarga di masa pandemi ini. Dalam tiap paket, selain tutorial juga ada kuponyang dapat digunakan mengikuti workshop online secara gratis yang diadakan oleh Faber-Castell, jadi kita dapat mempraktekkan CAS ini dengan didampingi tutor handal dalam workshop online tersebut. Harganya pun relatif terjangkau, antara 75000 – 125000, teman-teman dapat melihat secara lengkap pada web Faber-Castell

Hasil Creative Art Series Colour Your Own Totebag

Yang ini totebag BurHan-ku

Nah, Sahabat Lalang Ungu, itulah cerita pengalamanku mengikuti Launching & Workshop Creative Art Series Faber-Castell sekaligus mencoba salah satu CAS yang ‘Colour Your Own Totebag’ dan merasakan juga manfaat mewarnai bagi orang dewasa. Kalian sudah mencoba juga CAS Faber-Castell ini? Suka yang mana? Bagi kisahnya di kolom komen ya..

Sumber tulisan :

* Materi launching & workshop Creative Art Series 6/2/2021

* Aktivitas Mewarnai, Ini Manfaatnya Untuk Orang Dewasa (klikdokter, 2018)

* Official Web Faber-Castell

58 Comments

  1. Pensil warna yang bisa jadi cat air dulu perasaan aku taunya faber Castell ini pelopornya. Kalau ngewarnain pake faber Castell berasa keren aja gitu dulu waktu sekolah. Ahaha. Baru seminggu lalu juga ini prakarya anakku disuruh melukis di totebag. Lumayan bagus dia gambar pohon nuansa 4 musim.

  2. Wah hasilnya bagus mba, saya belum pernah nih melukis di atas tote bag. rasanya pasti menyenangkan ya mba mencoba hal yang baru, saya juga suka mewarnai gambar doodle gitu pake spidol atau pensil warna ada rasa puas gitu kalau hasilnya cantik dan bikin hati senang

  3. aduuuh aku kok ngga kebagian yaah hahaha.. pengen jugaa dan aku suka lhooo doodling or mewarnai hehehe. for sure it’s very relaxing ya

  4. Sering banget membaca kalau mewarnai bagi orang dewasa itu dampaknya luar biasa, menenangkan.
    Tapi saya belum pernah cobain deh.

    Kayaknya bisa juga nih jadi rekomendasi buat mengisi waktu libur atau me time.
    Apalagi kalau pakai faber castle kan ya 🙂

  5. Aduhaii, enjoy bangettt kalo mewarnai Tote Bag kayak gitu ya mbaaa
    hasilnya super kecee
    mupeng banget eikeh.

  6. Wah…isinya lengkap banget yaa, kak Tanti.
    Kudu cari di Gramedia kah?
    Anakku paling suka aktivitas mewarnai menggunakan cat air. Berasa dibebaskeun sama Mamak untuk berkreasi.

  7. Pensil warna yang saya tahu hanya faber Castell mbak warnanya juga stand out. Setuju sama manfaat mewarnai mbak saya termasuk suka Mandala art lebih rileks kalau mewarnai itu kayak ada rasa bahagia.

  8. wah, faber castle ada yg cair juga ya. aku juga masih senang mewarnai. Ada kesenangan tersendiri ya kalau lagi mewarnai begini. pengen cari cat air faber castle ini ah…

  9. Ternyata banyk aktivitas yang bagus yang bisa dilakukan dirumah saja. Dengan fabel castel semua jadi lebih mudah

  10. Wah ternyata manfaatnya banyak sekali ya Mbak. AKupun kalau sedang mewarnai bersama anak, bawaannya ingin ikutan mewarnai dan ternyata menghasilkan aura positif dan tentu saja merefresh otak dan pikrian loh

    Paket dari Faber Castle nya bikin mupeng banget yaaa

  11. Mewarnai ternyata punya dampak besar buat dewasa, untung ada produk sebagus faber castell yg bikin mewarnai jadi makin asik

  12. Hooo… Ternyata memang di desain untuk art theraphy ya…. Seru juga nih kayaknya.

    • Sepertinya tidak khusus utk art therapy sih..CAS ini lebih kepada alternatif kegiatan anak & anggota kelg lain di rumah saat pandemi begini

  13. Menarik. Di artikel yang lain saya banyak baca manfaat creative art untuk anak. Di artikel ini sudut pandangnya berbeda, yakni untuk orang dewasa.

    Saya termasuk yang nggak jago mewarnai dan atau menggambar, pas sekolah juga dulu mentok di gambar gunung, jalan dan pemandangan. Hehe

  14. Aku punya faber castell dari pensil warna, spidol, sampe ke spidol kaligrafinya. Yang belum coba cat akriliknya. Serunya bisa mewarnai totebag mbak, healing banget ya lihat warna-warna tuh biar nggak stress hehe

  15. Pantesan kalau setiap mewarnai gambar aku merasakan ada perasaan nyaman, bisa fokus dan happy gitu. Apalagi warna dari faber castell juga menarik banget jadi semangat berkreasi.

  16. Wah paket creative art nya seru banget tuh. Jadi pingin beli deh. Aku juga mau bahagia dgn coret2 dan mainan pensil warnanya sekaligus nostalgia waktu kecil.

  17. Wah pengen beli semuanya wkwkwkwk… cuma harganya berapa dan ini belinya dimana ya ada ga dimarketplace

  18. Kelihatannya sederhana, tapi nyatanya mewarnai punya banyak dampak positif ya mba. Aku pun merasakannya, kecemasan jadi berkurang setelah mewarnai. Eh iya, Faber Castell juga favoritku nih sejak zaman sekolah dulu. Terbaik :))

  19. Wahhh ak pernah ikutan mewarnai itu, tapi untuk memadukan warna satu ke warna lainnya ternyata agak lumayan sulit juga yaaa.. Sampe kalah sama adek keponakan yang gak perlu mikir tapi hasilnya jelass bagus banget hhuww

  20. Naksir sama paket paket CAS Faber-Castell-nya, secara menggambar dan ngejurnal emang jadi me time harianku. Setuju banget nih, orang dewasa pun perlu lho sesekali menyediakan waktu untuk menggambar dan mewarnai untuk release stres, meningkatkan energi dan mendapatkan banyak manfaat dari proses menggambarnya itu. Mau pesan ah paketnya.

  21. Aku jadi pengen beli seri yang lain nih mbak setelah anak-anak terpuaskan dengan Tote Bagnya. Pengen beli yang Air Jet Sports Car dan Origami Fashion. Duh tapi yang Stone Decor Art juga bagus. Hmm, bingung deh jadinya, atau beli semua aja ya? Hehehe.

  22. Wah, kita sama-sama menyukai warna biru tampaknya.
    Burung hantuku juga ndak ketahan, jadi burung biruuuu .. Hehehehe

    Sepakat, mewarnai itu kadang bisa jadi stress healing ya.

  23. Bagus-bagus ya paket kreatifnya. Aku pengin yang fashion design mba, klo nyoba bareng anak wedok pasti seru nih. Mau aahh buat ngisi waktu ntar pas nak wedok pulang.

  24. Hasilnya bagus loh mbak, Tote bag nya kece sekaliii. Aku juga awalnya ragu bisa gak ya hasil mewarnai tote bag nya bagus. Takut belepotan nantinya, tapi gak apa lah yang penting jadi nostalgia masa kecil ya

  25. Aku naksir banget sama desain-desainnya terutama yang Origami Fashion Design. Aku percaya banget ini manfaatnya luar biasa sih untuk kesehatan mental kita. Thx 4 sharing yaa mba Mechta.

  26. Yuni tertarik sama pake yang mewarnai tote bagnya itu kak. Itu dapat sepaket alat gambar dan totebagnya kah?

  27. Mba Tan, hepi banget kemarin ya Mba mewarnai bersama.
    Baru kali ini begini, hahah jadi nagih pengen coba art series yang lain lho hehehe

  28. Mewarnai emang salah satu cara me time paling simple ya mba. Kalau urusan brand mah faber castle udah paham semua kualitasnya..

Leave a Reply

Required fields are marked *.