LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar
Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

| 21 Comments

Kemuning. Kalau mendengar kata itu, apa yang terpikirkan oleh kalian, Sahabat Lalang Ungu?

Kalau aku, terus terang langsung terbayang bunga putih cantik nan mungil yang beraroma harum.. Ya, Bunga Kemuning yang sepertinya sudah tak asing lagi bagi para pecinta bunga hias ya..

Kemuning

Sekuntum Kemuning : Putih. Mungil. Wangi.

Namun, kali ini aku ingin bercerita tentang Kemuning yang sama sekali tak ada hubungannya dengan bunga hias, namun sama-sama mengandung keindahan dan menimbulkan rasa senang.

Kemuning yang ada dalam tulisanku kali ini adalah nama sebuah desa di Kecamatan Ngargoyoso Kab Karanganyar Jawa Tengah. Desa Kemuning ini terkenal karena mempunyai potensi wisata kebun teh.

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

Nyore di Resto Kemuning Karanganyar

Kunjungan Mendadak ke Karanganyar

Jadi ceritanya hari Sabtu kemarin aku dan kakak-adikku mendadak harus pergi ke rumah keluarga di Desa Sedayu Kec Jumantono Karanganyar Jawa Tengah untuk takziah kerabat kami dari keluarga alm bapak yang berpulang sehari sebelumnya.

Setelah selesai takziah di rumah tempat lahir alm bapak, siangnya kami lanjut perjalanan menuju Kec Jumapolo khususnya ke makam keluarga alm bapak yaitu di Karangbangun. Kebetulan memang kami tidak bisa sering-sering nyekar ke makam mbah kakung & mbah putri dari bapak ini karena terkendala jarak dari kota kami.

Ke Makam Karanganyar

Nyekar Simbah Kakung – Putri

Nah, setelah dari makam alm-almh kakek-nenek kami itulah, tiba-tiba salah satu dari kami mempunyai ide untuk mampir ke kebun teh Kemuning Karanganyar sebelum pulang kembali ke Semarang. Sudah cukup lama mendengar tentang keindahan kebun teh Kemuning, tapi belum ada kesempatan menikmatinya secara langsung.

Jarak ke Kemuning di Google Map

Melihat dari google map jarak dari lokasi makam simbah ke Kemuning itu sekitar 28-30 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, kami merasa masih cukup waktu sebelum pulang ke Semarang, maka kami pun memutuskan untuk merealisasikan ide itu. Capcus kita ke Kemuning…

Nyore di Resto Kemuning

Dalam kenyataannya, perjalanan lebih dari 1 jam karena beberapa kali ganti rute akibat kurang yakin dengan rute yang disarankan google khususnya ketika  disarankan melewati jalan-jalan sempit / jalan kampung. Takut nyasar! 😊

Sekitar waktu ashar kami sampai di kawasan kebun teh Kemuning Karanganyar, disambut langit yang mendung hingga kami memutuskan memilih menghabiskan waktu di salah satu resto dibanding mengunjungi lokasi outdoor dengan resiko kehujanan..hehe..

Ohya untuk masuk ke kawasan kebun teh ini gratis namun bila ingin menggunakan wahana yang ada di sana baru membayar sesuai tarif masing-masing. Aktivitas yang bisa dilakukan di Kemuning sebenarnya cukup beragam, a.l : tea walk, outbound, berkeliling naik jeep, mengendarai kuda, paralayang, atau sekedar berfoto-ria di kebun teh.

Nah untuk resto / cafe di Kemuning pun ada buanyaaaak pilihannya ya.. Ada Rumah Teh Ndoro Donker, Java Resto, Bali Ndeso Resto, Resto Kemuning, dll. Nah di kesempatan sabtu kemarin kami memilih nyore di Kemuning Resto, lebih karena pas kelewatan pertama dan sekilas pandangan awal tempatnya cukup representative. Lain kali mudah-mudahan bisa mencoba resto/cafe lainnya.

Kemuning Resto ini relatif luas tempatnya, ada tempat makan semi indoor yaitu di semacam aula ataupun ruang semi terbuka sekitar kolam ikan. Di tempat ini bisa menampung cukup banyak pengunjung, sepertinya cocok untuk gathering / makan bareng 20-30 orang.

Ruang makan Resto Kemuning

Salah satu ruang makan di Resto Kemuning

Gazebo di Resto Kemuning

Gazebo di kebun teh

Ada pula tempat makan semi outdoor yaitu pondok-pondok / gazebo mungil di antara pepohonan teh. Untuk gazebo mungil ini daya tampung lebih kecil ya antara 3-6 orang. Karena kami hanya berlima kemarin, kami akhirnya memilih salah satu dari 3 pondok semi outdoor ini.

Gazebo Resto Kemuning

Gazebo Kecubung Resto Kemuning

Alhamdulillah gazebo mungil pilihan kami kemarin menjadi tempat nyore yang cukup nyaman buat kami. Makan bersama sambil bercerita ngalor-ngidul ber-4 kakak beradik memang tak selalu bisa kami lakukan setiap waktu mengingat kami tinggal di 3 kota yang berbeda : Semarang, Pekalongan dan Brebes.

Itu sebabnya kesempatan kumpul bareng seperti kemarin sore itu sungguh kami nikmati. Udara sejuk menjelang sore dengan pemandangan yang cukup indah di Kebun Teh Kemuning menambah nikmat rasa menu yang kami pesan.

makan sore di Resto Kemuning

Makan sambil ngobrol
gayeng dengan 2 kakak, 1 adik dan 1 keponakanku

Sore kemarin kami berlima memesan nasi bakul, iga bakar, nila asam manis, tumis taoge dan tumis kangkung untuk makanannya. Untuk minuman kami memesan es teh krampul, es teh lemon, teh panas, sebotol minuman bersoda dan seteko jeruk panas. Sedangkan untuk camilan kami memesan pisang goreng, tempe goreng, caranggesing dan jadah-tahu bacem.

Masakan a la Resto Kemuning Karanganyar

Sebagian pesanan kami di Resto Kemuning Karanganyar

Tentang rasa, menurut kami rasa masakan dan minuman yang kami pesan relatif sedhep / enak. Paling enak menurut kami iga bakarnya, empuk dan manisnya pas. Untuk minuman sih standar ya.. Sedikit berbeda karena teh yang digunakan adalah teh lokal dengan rasa agak sepet dan aroma khas. Teh krampul menurutku cukup istimewa, irisan-irisan jeruk nipis yang ada memberi keseimbangan rasa yang pas sehingga rasa sepet teh tidak terlalu terasa.

Overall menurut penilaian kami cukup memuaskan untuk makanan dan minuman, tempat dan pelayanannya. Rentang waktu pemesanan dan penyajian kemarin itu tidak terlalu lama sehingga menambah nilai untuk resto ini. Tentang harga menurut kami juga relatif terjangkau.

sebagian fasilitas Resto Kemuning

Ada mushola, kolam renang dan halaman/ruang terbuka yang cukup luas…

Fasilitas lain di resto ini ada mushola, kolam renang, area parkir cukup luas, area bermain anak dan kalau tidak salah juga menyediakan paket outbound , berkuda serta berkeliling dengan jeep.

senja di Kebun Teh Kemuning

Senja menyapa di Kebun Teh Kemuning

Sore mendekati ujungnya, satu persatu terlihat rombongan pengunjung mulai meninggalkan resto. Begitu pula dengan kami, bersiap meninggalkan resto dan juga Desa Kemuning, kembali ke kota kami.  Mudah-mudahan lain waktu bisa berkunjung lagi lebih lama untuk eksplor kawasan kebun teh Kemuning ini.

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah sedikit cerita pengalaman kami nyore di Kemuning Karanganyar. Kalian pernah berkunjung ke sini juga kah? Yuk bagi ceritanya di kolom komen ya..

Baca juga pengalamanku berwisata ke kebun teh lainnya yuk..

21 Comments

  1. Enak banget tuh makan di gazebo, udah gtu sebelah2nya juga gak deketan ma gazebo lain kaan? Bisa sekalian piknik ma keluarga tuh mbak 😀
    Menikmati makanan sambil bercengkerama, duh nikmat mana yang kau dustakan 😀
    Enaknya udah ada mushola juga dekat sana ya jd gak bingung pas mau sholat hehe

  2. Menu makanan di Resto Kemuning sungguh mengundang keinginan melahap satu demi satu. Masakannya hommie dan berasa sedang piknik di pinggir kebun sembari melihat aktivitas para petani kebun teh.

  3. Angin sepoi-sepoi dtambah makan bareng keluarga di Resto Kemuning bener-bener nambah suasana jadi nyaman sih mbak. Apalagi kalau tak lihat lingkungan sekitarnya kebun teh. Bakal bikin momen kebersamaan jadi lebih teduh 🙂

  4. Ini nyore yang bikin betah ya Bu..
    Sambil lihat pemandangan dilanjutkan santap bersama.
    Bikin sore yang indah

  5. Waahh kunjungan dadakan yang menyenangkan di balik cerita duka ya mba. Turut berdukacita semoga keluarga almarhum diberikan kesabaran.

    Aku juga dulu memilih makan di lokasi cafe outdoor, sambil menatap pucuk daun teh jadi lahap makannya, hehee. Teh krampulnya favorit banget, rasanya sepet enak. Kalo iga bakar malah aku belum nyobain

  6. Mbaaakkk, jadi laper pas zoom in zoom outnya di sepiring Nila Asam Manis dan Tumis Tauge.
    Aaakkk, tapi sudah jam 10 malam waktu Lombok. Mudah-mudahan diparingi Gusti Allah SWT, mimpi makan siang di Kemuning. Aamiin

  7. Tempatnya aku suka banget nih ada gazebo-gazebo mini tapi jaraknya gak deketan sama gazebo yang lain udah gitu view pemandangannya juga ciamik sekali. Yang paling saya suka sih ada bangunan musholanya sendiri ituloh

  8. Nila asam manisnya terlihat menggoda dan menggiurkan, Mba. Rasanya pasti nikmat dinikmati bersama tumis kangkungnya yaa, ditambah hamparan teh yang hijau, sungguh membuat nafsu makan meningkat, hehehe

  9. Yang suka bercocok tanam, pikirannya langsung ke bunga, ya. Pantas saudaraku minggu lalu pengin ke karanganyar. Ternyata emang makin banyak destinasi wisatanya, ya

  10. tempatnya nyaman banget buat nyore dan santap bersama dengan keluarga, bisa jadi referensi nih saat main kesana

  11. Serasa piknik ya mbak..nebayangin udara di kemuning sejuk gtu duuh sambil ngopi wuenak deh pasti. Udah lama banget aku ga mampir kemining mbak

  12. Belum pernah mbaaa ke sana. Nyaman dan indah juga ya nyorenya di Kemuning resto. Kapan-kapan ah jalan-jalan ke sana bersama keluarga, seruuu nih pastinya.

  13. Membayangkan ngeteh di gazebo di tengah-tengah kebun teh….waaah asyiknya.
    Tapi kalau udah gelap menjelang malam, serem juga ya mbak.
    Btw viewnya bagus, udara nyaman dan adem.

  14. Karanganyar itu banyak restonya, waktu akhir tahun 2020 kesini lagi sempat bingung nyari Resto Kemuning. Kangen teh krampul dan suasana makan yang nyaman di tengah perkebunan teh

  15. Mungkin krn pernah tinggal di Solo ya jadi denger Kemuning auto kepikiran Karanganyar. Eh ternyata bener. Hehe. Memang asyik wisata kesini banyak cafe. Kebetulan yg resto kemuning blm pernah nih. Pernahnya di ndoro dongker. Tapi ya suasana mirip2 kan pemandangannya kebun teh juga

  16. aku pernah ke sini mbak, dan pemandangan teh nya sejuk banget, apalagi lokasonya dibawah gunung.. rasanya kayak healing rtersendiri, cuma mbaca blog mbak, memoriku langsung keinget beberapa tahun silam

  17. Baca review mb Tanti jd pengen nyoba berkunjung kesana deh

  18. Aku masih penasaran dengan Ndoro Dongker mba, tapi memang suasananya nyaman dan tenang ya perkebunan teh itu apalagi kalau makanannya enak, betah deh

  19. Nila asam manisnya menggoda banget nih mbak..pasti bikin nambah ya ditambah view-nya cakep

  20. Aku kemarin ke karanganyar ke lawu park mbak, makannya bukan di sini deh hahaha tau gitu ke sini aja ya, view nya cantik banget Masya Allah

  21. Ini restonya cozy dan bagus buat healing sambil menikmati kudapan/kuliner yang lezat

Leave a Reply

Required fields are marked *.