LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Cream soup

3 Alternatif Penyajian Sup Krim Instan

| 40 Comments

Hai Sahabat Lalang Ungu, apakah kalian penggemar makanan instan? Bukan makanan sehat memang, tapi terus terang aku suka nyetok mi instan di rumah, dan akhir-akhir ini menambahkan sup krim instan ke dalam daftar stok makanan kering di rumah, hehe..

Awalnya, waktu itu ada anggota keluarga yang sedang tidak enak badan dan malam-malam ingin makan yang anget-anget tapi nggak mau nasi.  Buka-buka almari dapur nyari mi eh malah nemu 1 sachet sup krim. Alhamdulilah dia mau makan separuh porsi, sisanya jatah aku yang harus ngabisin, eh lha kok aku malah jadi suka! 😀

Setelah itu waktu belanja bulanan aku sering ambil beberapa sachet sup krim dengan berbagai varian rasa untuk persediaan. Seringnya sih dibuat saat ingin sarapan selain dengan nasi/mi, atau pengganjal perut malam-malam 🙂

Cara bikinnya yang super gampang -ya iyalaah, namanya juga instan, meski nggak instan-instan amat alias bisa langsung hap melainkan tetap harus dimasak juga- membuatnya jadi alternatif pengganjal perut yang bikinnya cepat selain mi.

Seperti juga kalau masak mi, biar nggak bosan, kami sering menambahkan bahan-bahan lain ke dalam sup krim instan tersebut. Selain menambah rasa, kata adikku biar ada tantangan ngunyahnya, hehe…

Apa saja variasi olahan sup krim instan yang kami suka? Hmm..sebebarnya tergantung bahan lain yang ada di rumah sih..hehe.. Berikut ini kami tuliskan 3 di antaranya ya..

Sup Krim Instan + Roti Tawar

Cream soup

Contoh penyajian Sup krim dengan roti tawar.
(Pic by Pixabay – Julitas89)

Adikku bilang, kalau cuma sarapan sup krim saja nggak nyenggol usus dia alias masih lapar, hehe.. Solusinya adalah menambahkan roti tawar saat makan sup ini.

Langkah pertama buat dulu sup krim sesuai petunjuk pada kemasan, yaitu: (1) Masukkan bahan sup ke dalam panci berisi air 500-600 ml, lalu aduk hingga larut. (2) Panaskan di atas kompor dengan api sedang hingga mendidih, sambil tetap diaduk. (3) Setelah mendidih, kecilkan api dan tetap dimasak sambil diaduk hingga 2-3 menit kemudian, lalu matikan api. (4) Sup Krim instan siap disajikan.

Ambil roti tawar, potong-potong dan masukkan ke dalam  mangkuk saji, lalu siram dengan sup krim yang telah masak. Atau sebaliknya, sajikan Sup menggunakan mangkuk, lalu tambahkan irisan roti tawar di atasnya. Sup krim + roti tawar siap disantap.

Sup Krim Instan + Sayuran

Chicken soup cream

Sup krim rasa ayam ditambah Jagung Manis

Nah, berbeda dengan adikku yang lebih suka makan sup krimnya dengan roti tawar, aku lebih memilih menambahkan sayuran ke dalam sup krim.

Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditambahkan, tapi seringnya pilihanku adalah antara jagung manis, brokoli atau wortel. Kebetulan ketiganya adalah sayuran kesukaanku dan paling sering ada di kulkas kami 🙂

Sayuran yang akan kutambahkan itu dikukus dulu, lalu ditambahkan pada saat pengolahan sup krim setelah mendidih / 3 menit sebelum kompor dimatikan. Atau bisa juga sayuran yang telah dikukus dimasukkan ke mangkuk saji, lalu diguyur dengan sup krim yang sudah masak. Jadilah sup krim + sayuran siap santap. Yummy…

Sup Krim Instan + Telur/Tahu

Selain ditambah sumber karbo dan sumber vitamin, ada alternatif penyajian sup krim lainnya yaitu ditambah dengan sumber protein.

Makanan sumber protein yang paling sering tersedia di rumah kami adalah telur dan tahu. Oleh karena itu, kedua bahan tersebut sering juga ditambahkan saat kami membuat sup krim.

Untuk telur, dikocok lepas lalu ditambahkan setelah sup mendidih, sambil dimasak diaduk-aduk dengan garpu hingga membentuk benang-benang atau serabut. Sup krim+telur siap disantap.

Cream Soup with vegetables and egg

Sup krim dengan sayuran dan telur

Bila menggunakan tahu, pilih tahu putih, lalu dipotong dadu kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam panci saat olahan sup sudah mendidih, dimasak beberapa menit lagi sampai sup krim + tahu siap disajikan.

Nah Sahabat Lalang Ungu, itu lah 3 variasi/alternatif penyajian sup krim instan a la kami. Oya, dari beberapa rasa sup krim instan yang telah kami coba, kami paling suka yang rasa ayam. Sepertinya lebih cocok bila ingin ditambah bahan lain. Kalau masalah merk, untuk rasa masih relatif sama dari beberapa merek yang kami coba.

Apakah kalian juga suka sup krim instan juga? Ada rekomendasi rasa/merek tertentu? Bagikan di kolom komen ya.. Terima kasih…

Oya, mau tahu yang enak-enak, baca saja tulisanku di kategori  makanan yaa….

40 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.