LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Manfaat Honda EU30IS untuk Kantor

| 16 Comments

Beberapa planlet mati di Lab Kuljar

“Lho mba, kenapa ini planlet nya banyak yang mati?”

“Iya Bu, kan kemarin lusa sempat mati listrik, jadi planlet yang baru-baru terpengaruh dengan kondisi tanpa AC meski hanya beberapa jam itu”

“Genset nya nggak dinyalain?”

“Sudah dicoba tapi gagal, Bu. Kata Pak Nur, ngadat lagi..maklum sudah tua. Sudah waktunya ganti..”

Percakapanku dengan mba Ra -pengelola Laboratorium- itu terjadi beberapa waktu lalu ketika kunjungan rutin ke Laboratorium Kultur Jaringan dan menemukan banyak planlet (tanaman baru hasil kultur jaringan yang masih ada di dalam botol) anggrek, nanas dan pisang yang gagal tumbuh alias mati.

Rupanya beberapa hari sebelumnya sempat terjadi kondisi mati listrik selama beberapa jam, yang mempengaruhi AC ruang budidaya di laboratorium kultur jaringan kami dan mengakibatkan tanaman-tanaman baru terganggu perkembangannya. Sayang sekali.. 😭

Sebenarnya kami sudah mengantisipasi kondisi darurat padamnya listrik itu dengan menyediakan Genset/generator, namun sayangnya kondisi genset yang sudah relatif tua itu menjadikannya tidak dapat selalu diandalkan. Memang sudah saatnya kami melakukan peremajaan dengan membeli yang baru.

Setelah itu aku sempat diskusi dengan Pak Nur, salah seorang staf yang mengurusi sarana prasarana. Kami kemudian sepakat akan mencari genset dari Honda saja yang terpercaya dan dia berjanji akan mencari informasi tentang generator yang kami butuhkan.

Aku sendiri juga ikut mencari informasi secara online, dan setelah bersilancar di dunia Maya dengan kata kunci ‘genset Honda untuk kantor’ alhamdulilah aku menemukan tempat yang tepat untuk mencari informasi yang kubutuhkan itu.

Pencarian membawaku ke website Honda Power Products Indonesia

Pencarianku sampai ke website Honda Power Products Indonesia, sebuah website yang menyediakan banyak informasi tidak hanya tentang produk-produknya namun juga memuat artikel-artikel yang bermanfaat terkait produk, dealer, purna jual, dll. Yang paling penting adalah informasi-informasi itu sangat mudah untuk diakses. Hanya dengan meng-klik 3 garis yang ada di kanan atas halaman, maka kita bisa melakukan pencarian sesuai dengan yang kita butuhkan.

Pencarian info yang mudah di website Honda Power Products Indonesia

Hmm…terus terang aku sempat tergoda ketika menemukan artikel-artikel menarik tentang pertanian dan alat mesin pertanian yang ada di website satu ini..sebelum teringat tujuan utama dan lanjut mencari info Genset! ūüėÄ

Setelah melihat-lihat produk-produk generator yang ada di website Honda Power Products Indonesia ini, akhirnya perhatianku tersita sepenuhnya pada  salah satu produknya, yaitu Generator Honda EU30IS 

EU30is genset keren dari Honda

Dari penjelasan produk kuketahui bahwa Genset EU30is ini merupakan generator yang irit bahan bakar karena dilengkapi dengan  Eco-throttle yang menyesuaikan kecepatan mesin untuk memenuhi permintaan beban.

Dikutip dari Honda Power Equipment bahwa Eco-throttle itu adalah kunci efisiensi bahan bakar. Generator tradisional harus bekerja pada 3600 RPM untuk menghasilkan listrik 60 hertz (siklus). Namun generator dengan Eco Throttle dapat bekerja pada RPM yang jauh lebih lambat dengan tetap mempertahankan frekuensi dan daya untuk beban yang diminta. Eco Throttle menggunakan pengatur tipe kontrol kecepatan yang bergantung pada beban untuk secara otomatis menyesuaikan kecepatan engine ke tingkat optimal. Karena mesin tidak harus terus-menerus bekerja pada kecepatan penuh, Eco Throttle mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 40%. Ini juga membantu mengurangi emisi gas buang.

Lebih lanjut terdapat juga keterangan bahwa dengan penggunaan Eco Throttle pada Genset tipe ini juga menyebabkan berkurangnya kebisingan saat penggunaannya. Nah..pas banget nih untuk digunakan di kantor yang tentunya juga memerlukan suasana kondusif dalam bekerja, antara lain tak terganggu dengan kebisingan genset.

Selain itu, dengan dimensi mesin 658 mm (panjang), 447 mm (lebar) dan tinggi 558 mm menjadikan genset EU30is tak makan tempat terlalu banyak baik dalam penyimpanannya maupun penggunaannya, mengingat ruang laboratorium kami juga tidak terlalu luas. Ditambah lagi dengan adanya roda pada bagian bawah mesin akan mempermudah pengelola lab kami untuk memindahkan genset berbobot kering 59 kg ini dengan relatif lebih mudah.

Mengetahui lebih jauh tentang generator EU30is ini membuatku makin yakin bahwa jenis generator satu ini akan sangat bermanfaat bagi kantor kami, antara lain karena:

  1. Solusi keadaan darurat akibat listrik padam. Dengan adanya genset EU30is ini, pasokan listrik bagi kegiatan kantor dapat terjaga, mengantisipasi kejadian listrik padam secara mendadak.
  2. Menjaga Tetap Awetnya Peralatan Listrik di kantor. Kondisi seringnya mati listrik secara tiba-tiba sangat berpengaruh terhadap kondisi peralatan kantor yang berhubungan langsung dengan listrik. Menggunakan genset EU30is ini merupakan salah satu upaya untuk menjaganya tetap awet.
  3. Menjaga Produktivitas Kerja. Dengan menggunakan genset EU30is produktivitas kegiatan kantor kami (termasuk kegiatan di laboratorium) akan tetap terjaga karena tidak lagi terkendala dengan padamnya aliran listrik.
  4. Menghindari Kerugian Akibat Listrik Padam. Peristiwa gagal tumbuhnya planlet di Laboratorium akibat mati listrik tentunya menimbulkan kerugian secara finansial, dan hal semacam ini akan dapat dihindari dengan menyiapkan genset terpercaya: Honda EU30is.

Langsung deh informasi tentang genset Honda EU30is yang telah kuperoleh itu kucatat untuk kudiskusikan lebih lanjut dengan staf sebagai bahan pengambilan keputusan tentang pembelian genset baru untuk Lab Kuljar kami.

Sahabat Lalang Ungu, itulah sedikit cerita pengalaman kami memilih generator/ genset yang kami butuhkan dalam operasional kantor, dalam hal ini operasional laboratorium kultur jaringan di kantor kami. Apakah kalian mempunyai pengalaman serupa? Yuk, bagi kisahnya di kolom komen ya..

16 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.