LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Belajar Seni Semakin Menyenangkan Di Museum Nasional Jogja

| 21 Comments

Museum Nasional Jogja

Foto : indonesiakaya.com

Lalang Ungu. Selamat pagi, sahabat… Akhir pekan sudah datang lagi. Mau jalan kemana nih? Bagaimana kalau ke Jogja? Daerah Istimewa Yogjakarta memang terkenal akan budaya dan seninya yang selalu terjaga. Berjalan-jalan atau menikmati tempat wisata di Yogyakarta seakan mengajak kita untuk selalu mencintai budaya kita sendiri. Jika selama ini kamu ke Jogja dan hanya datang ke Malioboro atau tempat-tempat populer saja, maka tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berkunjung sekaligus belajar seni di Museum Nasional Jogja.

Museum Nasional Jogja sendiri adalah sebuah museum seni yang memamerkan seni kontemporer dari berbagai seniman-seniman lokal yang berada di bawah Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara. Seperti yang kita sudah tau, Jogja memang menyimpan berbagai ragam budaya jawa dengan nuansa yang kental di setiap sudutnya. Dengan mengunjungi Museum Nasional Jogja, kamu bisa belajar tentang seni kontemporer langsung di sana. Banyak sekali karya terkenal yang bisa kamu lihat di sana, beberapa di antaranya adalah karya dari Ugo Untoro, S. Teddy D, Agus Suwage, dan seniman lain.

Foto : @aan_marom

Kompleks bangunan yang kini jadi museum ini dulunya adalah sebuah kampus seni rupa lho. Karena kampus tersebut sudah tutup dan bangunan terbengkalai, akhirnya pendiri yayasan merenovasi bangunan tersebut dan mendirikan museum seni. Di dalam kompleks museum ini terdapat beberapa ruang khusus untuk memamerkan karya seni anak bangsa. Ada juga Gallery for Citizens, sebuah ruang bagi para seniman untuk memamerkan karyanya. Pssst.. Gallery for Citizens ini gratis dan terbuka untuk siapa saja lho, jadi kamu juga bisa memamerkan karyamu di sini.

Pengunjung museum ini juga dipastikan tidak bosan. Karena selain pameran seni, Tempat wisata di Yogyakarta ini juga seringkali mengadakan pentas seni, diskusi seni, lokakarya, dan juga seminar. Tak perlu takut kelaparan, karena museum ini telah menyediakan kantin dengan berbagai cita rasa masakan lokal dan juga art shop untuk kamu berbelanja oleh-oleh.

Foto : decodeko.co.id

Museum ini terletak di Jalan Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta. Jika kamu berangkat dari daerah Malioboro, kamu hanya tinggal jalan kaki saja lho untuk menuju ke sini. Pastikan untuk datang sebelum petang ya, karena museum ini hanya buka mulai 08.00 hingga 17.00 saja. Biaya masuk ke museum ini juga amat sangat murah, hanya dengan membayar senilai Rp 5000 kamu sudah bisa menikmati berbagai macam karya seni sekaligus belajar tentang karya seni tersebut.

Foto : sdmuhpurwo1.sch.id

Sebagai anak bangsa tentunya kita tak ingin jika seni dan karya kita tidak terapresiasi dengan baik. Jadi, jika kamu sedang berwisata di Jogja, pastikan untuk mengunjungi Museum Nasional Jogja ya. Mari kita jaga dan lestarikan seni budaya kita. Masih ada banyak museum menarik di Jogja yang menjadi rekomendasi layanan Traveloka Aktivitas & Rekreasi, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Yogyakarta tersebut dengan lebih mudah.

Nah, gimana… siap untuk belajar seni di Museum Nasional Jogja? Yuuuk…mariiii….

21 Comments

  1. Wah mau aah kesana kalau sampai Malioboro lagi. Biasanya cuma sight seeing ke tempat pernik-pernik. 🙂

  2. itu batu tumpuk warna-warninya lucu bgt 🙂

  3. Aku suka berkunjung ke museum. Di tahun2 terakhir kuliah dulu, sempat ke museum Affandi. Sekarang museumnya bertambah lagi ya, wah asyik bener ini

  4. wah boleh banget nih dimasukin list tempat yang mau dikunjungi kalo ke jogja

  5. Mba, lokasinya dekat dengan benteng Vederburg kah?

  6. wah keren, aku selalu suka dengan museum

  7. Wah ada rencana mau ajak bocah piknik jogja seru niih…

  8. Bagus juga nih kalau ke Malioboro, jalan kaki, dekat dong yah, mb?

    Baru tau juga itu dulunya Kampus Seni Rupa. Tx infonya, mb kuu ~

  9. Nyimak aja mbk….sambil numpang ngopi…

  10. Batu-batunya keren dan instagramble yaa. Sudah satu tahun gak ke Jogja

  11. Wah museum ini ternyata dekat dengan Malioboro yaa… bisa dijadikan tujuan wisata berikutnya nih kalo ke jogya

Leave a Reply

Required fields are marked *.