LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

3 Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Membantu Korban Bencana.

| 22 Comments

Lalang Ungu. Hai sobat…apa kabar? Semoga tetap sehat dan semangat ya di 10 hari kedua Ramadhan ini… Meskipun kadangkala ujian-ujian di bulan suci ini datang silih berganti, namun semoga itu tak mengurangi semangat kita tuk melakukan yang terbaik di bulan penuh rahmat ini.

Oya, salah satu ujian bagi kami di daerah Pekalongan saat ini adalah banjir rob yang melanda sebagian wilayah khususnya di bagian Utara yang berbatasan langsung dengan pantai dan di bagian Barat. Rob memang sudah menjadi ‘langganan’ bagi penduduk di daerah pantai, namun rob kali ini lebih parah dari waktu-waktu sebelumnya. Daerah yang terkena rob lebih luas, dan ketinggian genangan rob juga lebih dari sebelumnya. Walhasil banyak penduduk yang terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih kering, meninggalkan rumah seisinya dalam rendaman rob 🙁

Rob di Kota Pekalongan (foto : Istimewa)

Menyikapi hal ini, apa yang dapat kita lakukan?

Setidaknya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu mereka yang sedang terkena musibah ini.

1. Menggalang dan menyalurkan donasi bantuan

Penggalangan dana / bantuan saat ini bisa lebih mudah karena adanya alat komunikasi yang semakin terjangkau oleh masyarakat. Melalui WA grup, ataupun media sosial yang kita punya, kita dapat mengetuk hati rekan atau kerabat kita untuk bersama-sama mengumpulkan dana yang dapat meringankan beban mereka yang ditimpa musibah.

Ajakan berbagi via WAG

Bentuk bantuan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan sasaran. Apakah berbentuk uang tunai, atau barang-barang kebutuhan seperti makanan, minuman, pakaian,obat-obatan, selimut, kebutuhan Balita, Lansia, kaum wanita, dll. Ada baiknya berkoordinasi dengan POSKO yang sudah ada untuk mengetahui spesifik bantuan yang diperlukan.

Demikian pula dalam penyalurannya. Memang bisa saja disalurkan langsung kepada para pengungsi namun dapat pula diserahkan melalui POSKO induk sehingga terkoordinir dalam penyaluran ke POSKO-POSKO lainnya yang ada sesuai jumlah dan kebutuhannya.

Penyaluran bantuan lewat Posko penanganan bencana

2. Membantu di POSKO / dapur umum

Bahu membahu membantu di Posko Penanganan Bencana ( Foto : Istimewa )

Hal kedua yang dapat kita lakukan adalah menyisihkan waktu dan memberikan bantuan tenaga. POSKO-POSKO ataupun dapur umum sangat membutuhkan bantuan tenaga dari relawan-relawan. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan di sana untuk membantu.

Membantu membungkus nasi dan lauk-pauk misalnya. Sekilas tampaknya ini hal yang remeh, namun dalam kenyataannya menyiapkan ribuan nasi bungkus setiap kali waktu makan tiba bukanlah hal yang remeh sama sekali. Butuh banyak tangan yang cekatan untuk itu. Tidak harus tangan-tangan terlatih, karena semua dapat kita pelajari secara langsung bersama relawan-relawan lain di sana.

Membantu pembungkusan nasi dan lauk-pauk di dapur umum (foto : Istimewa)

Dalam mendistribusikan makanan-minuman itu juga memerlukan banyak tenaga. Ada kendaraan-kendaran pengangkut kalau tak ada sopir atau tenaga untuk membagi-bagikannya juga akan menjadi penghambat distribusi ke berbagai lokasi yang berbeda tersebut. Jadi sangat diharapkan bantuan tenaga ataupun kendaraan untuk distribusi ini tentunya di bawah koordinasi petugas Posko agar teratur dan lancar.

Kegiatan lain yang perlu banyak tenaga adalah memilah dan mengemas barang-barang bantuan lain juga diperlukan, misalnya pakaian pantas pakai. Perlu dipilah mana yang masih layak pakai atau tidak, pakaian anak-anak / dewasa, pakaian laki-laki / perempuan, dll.

Intinya, memang banyak tenaga relawan yang dibutuhkan di tiap-tiap POSKO / dapur umum yang ada, namun tetap harus terkoordinir oleh petugas POSKO setempat. Saat beberapa waktu lalu membantu di POSKO Induk Rob di GOR Jetayu, kulihat ada serombongan anak sekolah yang datang untuk membantu di sana. Sebelum mulai membantu mereka dikumpulkan untuk diberi arahan terlebih dahulu oleh petugas POSKO dan kemudian diarahkan masuk dalam kelompok-kelompok sesuai pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

3. Mendoakan yang terkena musibah

Jika kita tidak punya dana yang dapat disumbangkan ataupun waktu dan tenaga untuk membantu, lalu tak ada lagi kah yang dapat kita lakukan sebagai partisipasi untuk meringankan beban saudara kita yang sedang terkena musibah?

Jangan salah…masih ada yang dapat kita lakukan yaitu BERDOA. Ya, minimal kita bisa membantu lewat doa-doa kita. Mari kita doakan semoga sumber musibah dapat segera teratasi, semoga saudara-saudara kita yang terkena musibah dapat bersabar, ikhlas dan kuat dalam menghadapi ujian ini, dan semoga banyak hati terbuka serta tangan terulur untuk meringankan beban saudara-saudara kita itu. Aamiin..

Demikianlah, 3 hal yang dapat kita lakukan untuk membantu korban bencana, ada saran lain? Silakan menambahkan di kolom komen ya.. Terima kasih…

Catatan : Foto-foto dari berbagai sumber, apabila ada keberatan tentang foto-foto ini akan dikaji ulang penayangannya.

22 Comments

  1. Aku lihat di Ig teman kita, katanya rob bakal bertahan sampai bulan Juni nanti ya mba? Duhhh kasihan yg kena banjir rob ya, moga diberikan kesabaran

    • Kali ini memang lebih tinggi dan lebih luas dari sebelumnya mba..sehingga pengungsi jg lebih banyak.. ya mba..semoga segera surut shg semua warga bisa kembali beraktivitas di tenang..

  2. Semoga segera surut ya Mba banjirnya dan orang2 diberikan ketabahan Serra kekuatan

  3. Ya Allah, menyaksikan secara langsung saja hati rasanya terketuk-ketuk haru.
    Ingin bisa membagikan yang lebih lagi, semoga diberi kekuatan buat mereka, aamiin.

    • Nyi..ada satu moment aku ngerasa trenyuh..yaitu saat menyendokkan nasi yg menggunung itu ke kertas-kertas pembungkusnya. Ada sebagian yg sudah dingin hingga agak mengeras..dan aku bayangkan penerimanya memaksakan diri untuk menelannya karena mmg hanya itu yg tersedia.. duuh..

  4. semoga bencana segera berakhir dan untuk teman-teman kita yang terkena bencana diberikan kekuatan. amin

  5. Semoga segera surut ya mbak rob-nya dan semoga yg kena musibah, juga para relawan selalu diberi kekuatan.

  6. semoga diringankan kesusahan warga yang terkena banjir rob..
    mudah2an nggak berlangsung lama ya mbak.., kasihan apalagi di bulan Ramadhan begini ya

  7. MasyaAllah…. Semoga sgr ada penanggulangan rob yang dipantau langsung oleh Presiden… Rakyat sudah menderita terlalu lama, jangan sp kejadian ulang Lumpur Sidoarjo dimana daratan sudah tertutup oleh lautan…
    Selain bantuan makanan, pakaian yg bersifat barang, sebetulnya mereka kg perlu sentuhan rohani utk ttp ikhlas dan sabar dlm ujian ini…

  8. Sebenarnya kalau mau banyak yang bisa kita lakukan untuk membantu korban bencana ya Mbak Tanti. Asalkan punya niat. Membantu tak harus selalu berupa uang atau barang, namun tenaga dan pikiran juga sangat berharga

  9. Semangat ya mbak tatnti semoga banjir robnya cepat surut dan saudara-saudara kita sehat selalu amin

  10. asal tidak disusupi kepentingan politik..
    tentu usaha jangka panjangnya adalah kajian..
    adek2 mahasiswa masih semangat kok untuk meneliti kejadian itu, apalagi yang disupport untuk jadi skripsi..

  11. Sekarang udah surut mbak? Atau masih terendam juga? Ya ampuun, masa ku baru tahu coba..

Leave a Reply

Required fields are marked *.