LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Piknik Keluarga ke Jogja-Magelang? Hayuuuk…

| 10 Comments

Lalang Ungu. Piknik keluarga ke Jogja-Magelang? Hayuuuk… Itulah yang langsung kukatakan ketika mendengar keinginan ibu untuk menyambangi keluarga kami yang berada di kedua kota tersebut, sekaligus piknik keluarga.

Foto-foto di Borobudur punya @triasarditya dan @marasolehah

Oh ya, beberapa hari lalu aku dan ibu sempat melihat-lihat foto dari beberapa teman yang baru saja pulang dari acara di Candi Borobudur.  Wah, pemandangan di sekitar candi Budha terbesar di Indonesia itu makin cantik saja. Jauh lebih cantik dari kondisi saat terakhir kami ke sana, beberapa tahun lalu. Beberapa waktu sebelumnya kami melihat juga liputan suatu acara di Candi Budha terbesar di Indonesia itu. Nah, saat itu beliau langsung tertarik. “Waah, apik yo saiki… Mbok kapan-kapan dolan mrana yuuk…” demikian tanggapan beliau. Lalu beliau menyambungnya dengan menceritakan kerinduan pada cucu-cucunya yang di Jogja dan juga adanya kerabat kami yang tinggal di Magelang dan telah lama kami tak berjumpa.

“Insya Allah nggih Mah…kita rencanakan saja dulu..”demikian jawabku waktu itu. Lalu aku pun mulai mencari-cari informasi tentang destinasi wisata yang kira-kira cocok untuk kita datangi dalam waktu yang cukup singkat –karena kami hanya punya libur Sabtu-Minggu- dan juga adanya anggota keluarga yang Lansia ini, tentu perlu pemilihan destinasi dan akomodasi yang nyaman untuk beliau.

Nah, untuk merencanakan piknik kali ini, aku melihat lagi catatan yang pernah kusimpan beberapa waktu lalu mengenai 4 hal penting dalam merencanakan wisata keluarga  agar acara piknik bersama ini benar-benar dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan untuk semua anggota keluarga yang terlibat. Inilah hasil perencanaan kami :

Waktu

Mengenai waktu pelaksanaan rencana ini, sebagaimana yang telah kusebutkan, adalah pada hari Sabtu-Minggu, karena kebetulan aku dan kakakku libur, sedangkan melihat kalender dalam waktu dekat ini tidak ada long weekend..hehe… Oya, mengingat kalender sedang tidak banyak tanggal merah, maka kemungkinan besar yang bisa mengikuti acara dadakan ini adalah keluarga Pekalongan dan Semarang, karena keluarga Brebes masih ada anak SMA yang tidak libur di hari Sabtu. Tanggal 21-22 Juli atau tanggal 28-29 Juli ini merupakan alternatif waktu yang kami sepakati. Tidak terlalu mendesak (sehingga persiapan bisa lebih baik) dan juga tidak terlalu lama (karena biasanya kalau terlalu lama perencanaan justru akan gagal terwujud…haha…)

Tujuan

Jumlah yang akan ikut piknik keluarga kali ini adalah 6 orang yang terdiri dari 1 Lansia, 1 Remaja dan 4 Dewasa.  Nah, tentunya tujuan / destinasi wisata yang akan kita datangi diharapkan sesuai dengan minat dari sebagian besar anggota keluarga kami. Syukurlah, kami semuanya menyukai alam dan pemandangannya, sehingga wisata alam merupakan salah satu destinasi yang akan kami pilih.

Setelah bersilancar beberapa waktu di alam maya untuk mencari informasi, maka kami pun mengumpulkan berbagai pilihan destinasi wisata dan inilah list tempat-tempat yang akan kami kunjungi :

  1. Rumah Keluarga di Jogja dan Magelang. Nah, tentu saja ini adalah tujuan utama kami. Mengunjungi keluarga di Jogja dan magelang ini menjadi agenda utama, yang akan disemarakkan dengan acara jalan-jalan di tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Jogja dan Magelang.
  2. Candi Borobudur. Tentu saja inilah salah satu lokawisata yang akan kami kunjungi karena dari foto keelokan Candi Budha terbesar di Indonesia inilah rencana piknik ini bermula..hehe.. Lho, apakah ini destinasi yang cocok untuk Lansia? Hehe..mungkin tidak. Terus terang kami belum mengetahui detil kondisi lapangan saat ini, namun kemungkinan besar memang ibu tidak bisa menikmati Candi sampai ke tingkat atas, namun karena memang ibu yang mempunyai keinginan ke sini, mudah-mudahan menikmati keindahan candi dari bawah cukup memuaskan rasa penasaran beliau.

    Borobudur – Foto : anekatempatwisata(dot)com

  3. Pemandian air hangat Candi Umbul. Pemandian yang terletak di Kecamatan Grabag Magelang ini konon merupakan salah satu situs purbakala, peninggalan Wangsa Syailendra.
  4. Pinusan Kragilan. Nah, kami pun sudah lama ingin menyaksikan langsung keindahan hutan pinus di lereng Merbabu yang ngetop dengan nama Top Selfie Pinusan Kragilan, sebuah destinasi wisata dengan banyak tempat foto keren berlatar belakang alam nan indah. Wah, bisa panen konten buat IG nih..hehe…

    Pinus Kragilan – Foto : anekawisata(dot)com

  5. Istana Air Tamansari Jogjakarta. Meskipun sudah wira-wiri ke Jogja selama ini, namun belum sekalipun kelakon menyambangi salah satu situs sejarah di Jogja ini. Itu sebabnya, Tamansari merupakan salah satu yang kuusulkan untuk kudatangi kali ini.. 😀

    Tamansari – Foto : anekawisata(dot)com

Nah, itulah beberapa destinasi wisata yang ingin kami kunjungi di Jogja maupun Magelang, mudah-mudahan bisa tercakup kami datangi semua atau minimal sebagian besar di antaranya…

Akomodasi

Tanggal dan lokasi sudah kami sepakati, sampailah pada persiapan krusial yaitu akomodasinya. Kami bermaksud berkunjung namun tidak merepotkan keluarga yang kami kunjungi, terutama karena kami tidak hanya 1-2 orang saja namun rombongan 6 orang. Itu sebabnya kami pun kembali bersilancar di dunia maya untuk mencari informasi akomodasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kami. Oya, aku dan kakakku masing-masing mencari dulu, lalu kami mencocokkan hasilnya. Nah, di antara beberapa alamat web hotel-hotel di sekitar Jogja-Magelang dan web-web / aplikasi layanan jasa penyedia pemesanan akomodasi yang kusambangi via inet, sampailah aku di sini . Dan aku menemukan banyak kemudahan di sini! 😀

Awalnya aku tinggal mengetikkan lokasi yang kuinginkan ( sekitar Borobudur ), memasukkan waktu menginap ( 28 Juli, 1 malam ), mengetikkan jumlah tamu dan kamar ( 6 orang, 2 kamar ), lalu klik “Cari Hotel” dan hasilnya berderet dengan lengkap. Selanjutnya aku memasukkan filter pencarian : Ramah Keluarga, kisaran harga per kamar dan jarak terdekat. Maka muncul lah beberapa hotel yang sesuai dengan filter tersebut. Aku tinggal melihat dari masing-masing hotel tersebut mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kami. Mudah sekali, bukan? Aku menyimpan hasil pencarian itu dan mencocokkan dengan hasil pencarian dari kakakku.  Ternyata hasil pencarianku lebih lengkap dan harganya pun lebih terjangkau. Maka tak menunggu lama, kami pun menyepakati untuk menggunakan hasil pencarianku yaitu memesan akomodasi di Ardian Hotel Borobudur. Pembayarannya pun semudah pencarian informasi ini. Langkah-langkahnya mudah diikuti, konfirmasi pembayaran cepat dan kami pun lega karena telah memperoleh apa yang kami butuhkan dalam waktu yang relatif singkat.

Pencarian Hotel via Traveloka

Kamar hotel telah disepakati, dan untuk kendaraan kami menyepakati untuk menggunakan kendaraan kakak sehingga kami akan berangkat dari Pekalongan Jumat sore menuju Semarang, istirahat di rumah kakak lalu Sabtu subuh meluncur menuju Jogja. Fix…rencana telah disepakati.

Pembiayaan

Setelah waktu, tujuan dan akomodasi telah disepakati maka kami pun rembugan mengenai pembiayaan. Sebagaimana biasanya saat kami pergi bersama, memang selalu dibicarakan dari awal mengenai segala macam termasuk –atau bahkan lebih tepatnya adalah terutama- mengenai pembiayaan. Hal ini kami lakukan agar masing-masing merasa nyaman dan tidak ada satu pihak pun yang merasa dirugikan. Prinsipnya adalah kebersamaan : dari kita untuk kita.

Nah, itulah ceritaku kali ini, tentang rencana jalan-jalan keluarga kami ke Jogja-Magelang pada akhir bulan ini. Termasuk rencana yang agak mendadak memang, namun Alhamdulillah dengan adanya teknologi sangat memudahkan kami, baik dalam melakukan komunikasi dengan kakak di lain kota, mencari informasi hingga pemesanan akomodasi. Semua mudah dan lancar.

Apakah teman-teman ada pengalaman pula tentang merencanakan liburan dengan Traveloka? Asyik yah..mudah dan cepat… Nah, kalau belum, coba deh…pasti numan dengan beragam kemudahan dan manfaat yang kita dapatkan.. Yuk, share pengalamannya di kolom komen yaa… Terima kasih…

10 Comments

  1. wah, terima kasih buat tips untuk merencanakan liburannya kak 🙂
    nambah lagi nih info tempat wisata Pinusan Kragilan. aku baru denger, cantik ya!
    jadi mau ke sana 😀

  2. wah banyak wisata baru di magelang dan jogja ya

  3. Aku sebulanan ini lg pengen banget ke Magelang deh mbak. Pengen xplore magelang keknya banyak tempat baru yg seru

  4. Hutan pinus dan taman pemandiannya jg yang lagi bikin saya penasaran sekarang

  5. Wahh seru banget ya destinasi dan objek wisata di jogja magelang.
    Aku baru pernah ke borobudur doang , hehe.

  6. setujuuuu 🙂

Leave a Reply

Required fields are marked *.