LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Tahu Gimbal Semarang

| 34 Comments

Hai, Sobat Lalang Ungu… apa kabar? Semoga sobat semua sehat dan bahagia ya… Oh ya Sobat, berhubung aku sedang kangen Semarang, maka kali ini aku akan berbagi cerita tentang salah satu kuliner khas Semarang, yaitu Tahu Gimbal Semarang, yang selalu membuatku kangen Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Tahu, adalah salah satu bahan makanan yang mudah ditemui di daerah kita dan seringkali menjadi bahan dasar olahan / menu kuliner suatu daerah, termasuk Semarang. Ya, mungkin karena bahan pangan olahan kedelai ini mudah ditemui di pasar-pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern, menyebabkan tahu menjadi bahan olahan pangan yang relatif populer di Nusantara.

Dan sebagaimana orang-orang lokal lainnya, aku adalah salah satu penikmat tahu dengan berbagai olahannya. Itu sebabnya, salah satu jenis kuliner Semarang favoritku adalah Si Tahu Gimbal ini.

Oya, adakah yang belum mengenal Tahu Gimbal? Ok deh.. untuk yang belum kenal Tahu Gimbal Semarang, mari kita kenalan dulu.. 😉

Sepiring Tahu Gimbal kala itu…

Sepiring makanan khas Semarang yang satu ini terdiri dari potongan kupat / lontong, potongan tahu goreng, irisan kol / kubis mentah, telur ceplok, taoge dan tentu saja potongan-potongan Gimbal Urang, lalu disiram dengan bumbu kacang nan legit. Jangan lupa kerupuknya ya… Kerupuk  Udang akan menambah kenikmatan sepiring Tahu Gimbal ini, tapi kalau tak ada kerupuk udang, kerupuk biasapun tak aklah nikmat… Hmmm..maknyuuus

Oo…seperti Tahu Campur Magelang, ya?

Oh tentu saja tidak!!

Meskipun sama-sama mengandung unsur potongan tahu (yang digoreng sebentar), irisan kol mentah dan ada bumbu kacang, tapi Tahu Gimbal Semarang ini sama sekali berbeda dengan Tahu Campur Magelang, baik dalam segi rasa maupun tampilannya.

Adanya Gimbal Urang memberi rasa yang berbeda. Oya, yang disebut Gimbal Urang ini adalah Udang yang digoreng dengan tepung dan berbentuk lebar / lembaran. Selain itu, bumbu kacang yang digunakan dalam Tahu Gimbal ini juga khas karena menggunakan Petis Udang, sehingga sangat berbeda citarasanya dengan bumbu kacang bercitarasa manis yang digunakan dalam Tahu Campur ataupun bumbu pecel dari berbagai daerah.

Eh, Tahu Gimbal  ini menu sarapan, makan siang atau makan malam?

Oh.., jangan salah.. Ini kuliner yang sangat fleksibel..hehe.. Kita dapat menikmati sepiring Tahu Gimbal ini sebagai sarapan, saat makan siang, ataupun saat makan malam. Bahkan dikonsumsi sore hari pun tidak masalah! Tergantung keinginan kita saja…

Lalu, di mana kita bisa membeli Tahu Gimbal ini?

Di Semarang, ada buanyaaaak pedagang kuliner satu ini, sehingga menurutku kita tak akan kesulitan mencarinya, baik pagi, siang, sore ataupun malam.. Di warung-warung tenda kaki lima, warung makan ataupun rumah-rumah makan di daerah Semarang.

Ah, jadi ingat.. Aku pernah menyantap seporsi Tahu Gimbal yang lezat sebagai menu sarapan di sekitar kawasan obyek wisata Lawang Sewu, juga sering menyengaja mencari menu satu ini di deretan tenda kaki lima di kawasan Simpang Lima / Taman KB (sekitar SMA 1 Semarang). Maknyuuus kabeeh… 😋

Nah…bagaimana teman-teman, ingin mencicipi Tahu Gimbal Semarang? Hayuuk deeh…langsung ke Semarang dan kita santap bersama Tahu Gimbal Semarang yang enake pwuool ini.. capcuuus…

#roadto4thgandjelrel #blogchallengegandjelrel Pekan 1 : Tentang Semarang

34 Comments

  1. Pas banget, aku nyobain tahu gimbal juga di Simpang 5 & Taman Indonesia Kaya. Tapi menurutku enakan yg di Taman Indonesia Kaya sih. Lebih nampol rasanya 😀

  2. Pagi-pagi jelajah kesini, jadi salah arah melihat tampilan seporsi tahu gimbal nan ngehitsss. Ayo mbak, kapan-kapan janjian kuliner di pak Edy yaaa

  3. Kalau lihat fotonya, sepintas mirip dengan kupat tahu di Bandung. Tetapi, tidak menggunakan bahan mentah. Setelah baca lagi, ternyata pakai petis. Berarti memang beda. Saya jadi penasaran sama tahu gimbal

  4. Tahu gimbal Semarang memang citra kuliner masakan Jawa sangat kental dengan gurihnya udang.

    Petis udang memang memberikan citra rasa yang berbeda pada setiap makanan

  5. udah lama gak makan tahu gimbal

  6. Saya pernah nyobain ga ya ini pas tinggal di semarang. Yg inget cuma tahu bakso dan lumpia aja haha. Nanti kalau saya pulkam, mau coba mampir deh ya. Kok ya nggak ngeh ada makanan hits gini. Pantesan ada blogger yang merekomendasikan menu ini juga haha

  7. aku belum pernah coba Mbak, dan kayaknya enak banget. apalagi aku penggemar udang, huhu pengennn

  8. ah aku tahu nih, waktu itu makan tahu gimbal pak Edy yang puedesnya nampollll.. dan aku suka aku suka meski porsinya ya banyak bener

  9. Dulu waktu pertama kali menyantap Tahu Gimbal, kupikir juga sama dengan kupat tahu ala Magelang ternyata beda. Sejauh ini aku lumayan suka. Tapi kalo disuruh milih antara kupat tahu atau tahu gimbal, aku pilih kupat tahu bumbu kecap aja, hihi

  10. Baru tau ada tahu gimbal, awal lihat gambarnya. Ketoprak? Kupat tahu? Ternyata bukan..

    Jadi ngiler

  11. Mba, aku pas di Kudus tuh ya makan tahu gimbal dan aku suka banget. Secara penampilan tampaknya tahu gimbal kudus dan semarang sama ya 😉

  12. Aku pengeeeen deh nyobain mba.. liat fotonya aja udah enaaak banget. Kebayang makannya pedes-pedeees

  13. Saat pertama kali coba aku kok ada yang aheh rasanya, tampilanya juga beda. Hampir miriip tahu ulek khas sumpiuh tapi ternyata buka. Yang bikin beda delain dr gimbalnya ternyata ada petis didalam bumbunya

  14. Ini salah satu kuliner ngehits Semarang ya mbak. Aku pernah nyobain yg tahu baxo sama lumpia aja. Yang ini belum nyicipin.

  15. Kesukaan banget kalau lagi ke semarang nih.. Eh di jogja juga sering jajan tahu gimbal sih. Apalagi kalau gimbal udangnya gede mekar dg udang yg banyak. Duuh aku jadi pingin makan sekarang hahaha..

  16. Semarang banyak banget yang unik kulinernya ya kak
    jadi penasaran juga pengen kulineran di semarang
    ngecess ah liat tahu gimbalnya
    apalagi itu pakai sambel ya? atau bumbu kacang ?

  17. Mungkin ini seperti perpaduan antara kupat tahu magelang sama tahu telur Surabaya tapi ada bonus gimbal udangnya yaa…. Wkwkwkwk…. Jadi sok menganalisis aku…. 🙂

  18. Wab jadi makin penasaran ke Semarang baca review Taman Indonesia Kaya sekarang lihat penampakan tahu gimbalnya deuh menggoda banget hehe…

  19. Eh barusan aku baca mengenai tahu gimbal juga, tahu gimbal Pak Edy. Kayaknya makanan satu ini recommended juga ya. Penasaran pengen nyobain deh

  20. Baru mau bilang, mirip tahu kupat kah? Eh, Mbak Tanti udah dengan sigap menghalau pertanyaan ini, hihi..

    Beberapa kali ke Semarang, tapi Mbak Ika ngga pernah jajanin Tahu Gimbal ih.. Besok kalau ke sana aku harus nyoba pokoknya.

  21. Nak aku suka yang di simpang lima. Luged. Di kawasan SMA ak blm peenah cobain

  22. Ah ini bikin ngiler aku aja, salah satu yang aku kangenin dari Semarang ya tahu gimbal karena gak ada di sini mbak, kalau mau beli jauh 🙂

  23. Aku belum pernah sama sekali nih mbak makan tahu gimbal Semarang, pengin banget nyobain. Btw, dari kemaren aku baca postingan tentang Semarang terus nih mulai dari bandara baru, destinasi wisata yang semakin bersolek, sekarang tahu gimbalnya hehe siapa tau ya ada keejaan ke Seamarang.

  24. Namanya unik yah mba, tahu gimbal noted dulu lah nanti kalau ke Semarang cari tahu ini

  25. Selama kuliah di Semarang, baru sekali aku makan tahu gimbal wkwk.. Dulu itu perasaan harganya mahal dibandingkan makanan lain yang cuma 2000 an.

  26. Nyam, yg jelas tahu gimbal dr manapun keliatan enak hehe. Aku pikir Semarang selama ini terkenal dengan lumpia aja ternyata juga ada tahu gimbal yang khas yg berbeda dengan tahu gimbal di kota2 lain ya 😀

  27. Mba, penjual tahu gimbal sering keheranan kalau aku beli di tempatnya. Padahal kan aku cuma bilang : pak, mundhut tahu gimbal mboten ngangge gimbale pareng?
    Simple kan ya mbaaa…tinggal diganti telur ceplok kek atau ditambahi tahunya :))

  28. Yee .. aku juga sering makan di sini Mba Tanti. hehehe
    Murah meriah porsinya juga banyak dan enak. Kalau pas belum makan, biasanya aku lesehan makan ke sini

  29. Kesukaan aku nih mbak kalo aku sukanya beli di taman Erlangga belakangnya ACE hardware

  30. Ya ampun jadi ngiler cuma lihat gambar dan baca, hahaha…
    Memang olahan tahu itu banyak ya, tapi tiap daerah punya ciri sendiri, jadi tidak bisa disamakan.

  31. wkwkwkwk, saya dong..
    Tadi baca judulnya, mikir kalau tahu gimbal itu, tahu yang digoreng, terus ada kriuk2nya gitu.
    Eh ternyata makanan dicampur2 gitu ya.

    Saya malah tahu campur aja belom pernah makan, hahaha
    Yang pernah cuman tahu tek, tahu telu (itupun saya belum bisa bedakan mana tahu tek, mana tahu telur)

    makanan di Jawa itu emang unik2 ya, dicampur2 dan ditutup dengan kerupuk.
    Kalau cuman diliat rasanya gak menarik, tapi setelah dicicipin, nyammm

Leave a Reply

Required fields are marked *.