LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

7 Tips Kontrak Rumah Bandung Untuk Pasangan Baru Menikah

| 64 Comments

7 Tips Kontrak Rumah Bandung Untuk Pasangan Baru Menikah

7 Tips Kontrak Rumah Bandung untuk Pasangan Baru Menikah (foto: Pixabay)

Hampir semua pasangan baru menikah tidak ingin tinggal dengan orang tua atau mertua. Iya, tidak? Tinggal di rumah sendiri tentu jadi impian semua pasangan yang sudah resmi di hadapan hukum dan agama ini.

Selain karena tentu tidak mau lagi merepotkan orang tua, tinggal di rumah sendiri untuk pasangan yang sudah menikah adalah momen untuk benar-benar hidup mandiri untuk mendapatkan privasi.

Tapi, tentu saja tidak semua pasangan muda mampu untuk langsung membeli rumah. Sehingga, menyewa rumah kontrakan menjadi alternatifย  yang mau tidak mau harus diambil.

Nah, untuk anda yang berniat tinggal di Bandung bersama pasangan anda, saya punya beberapa tips yang sangat berguna untuk memilih rumah kontrakan Bandung. Apa saja, ya, kira-kira? Ayo kita bahas satu per satu!

#1 Kontrak rumah Bandung yang sesuai budget

#1 Kontrak rumah Bandung yang sesuai budget

(foto: Pixabay)

Masalah budget akan jadi pertimbangan pertama yang harus anda dan pasangan pikirkan. Ya, mau bagaimana? Pasti untuk pasangan yang baru menikah, masalah finansial adalah salah satu yang paling krusial.

Untung bila anda dan pasangan datang dari keluarga berada atau memang sudah matang secara finansial, tips yang pertama ini masih tetap berlaku, lho!

Karena bagaimana pun, mengurus keuangan ketika masih lajang akan sangat berbeda dengan mengurus keuangan saat sudah menikah.

Jadi untuk kontrak rumah Bandung, anda dan pasangan harus memilih rumah yang harga sewanya sesuai budget.

Jangan sampai karena memaksakan untuk menyewa rumah yang harganya selangit, kebutuhan penting yang lain jadi tidak terpenuhi. Intinya, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, ya!

Tentu harga kontrak rumah Bandung ini bervariasi, sehingga anda dan pasangan akan selalu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan keuangan.

#2 Kontrak rumah Bandung yang dekat dengan tempat aktifitas rutin

#2 Kontrak rumah Bandung yang dekat dengan tempat aktifitas rutin

(foto: Pixabay)

Tips kedua untuk kontrak rumah Bandung adalah cari rumah yang dekat dengan tempat aktifitas rutin. Umumnya, pasangan yang baru menikah akan masih sibuk sekali merintis karir profesionalnya.

Dengan kata lain, setiap hari harus bolak-balik kantor atau tempat kerja. Penting untuk mencari rumah yang letaknya tidak jauh dari tempat kerja ini. Karena anda pasti tidak mau menghabiskan banyak waktu di jalan.

Apalagi, pasangan baru menikah pasti sedang dekat-dekatnya. Tidak mau pasangan pulang larut malam dan pergi pagi buta karena tempat kerjanya jauh, kan?

Jika anda dan pasangan sama-sama bekerja, usahakan untuk cari rumah kontrakan Bandung yang berada di tengah-tengah kedua tempat kerja. Sehingga salah satunya tidak harus kejauhan.

Selain itu, dengan memilih rumah kontrakan Bandung yang dekat dengan tempat kerja, anda bisa menghemat uang karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi yang banyak setiap harinya.

Pasangan baru menikah harus pintar-pintar menghemat uang, kan? Ini adalah salah satu caranya. Meski uang transportasi ini terasa kecil karena dikeluarkan sedikit-sedikit, jika diakumulasikan menjadi satu bulan, angkanya besar juga, lho!

#3 Kontrak rumah Bandung yang lingkungannya nyaman dan aman

#3 Kontrak rumah Bandung yang lingkungannya nyaman dan aman

(foto: Pixabay)

Tips kontrak rumah Bandung berikutnya adalah soal memilih lingkungan. Pada dasarnya, lingkungan rumah haruslah aman dan nyaman bagi penghuninya.

Anda dan pasangan perlu mencari rumah yang sekiranya bisa menjamin keselamatan anda sekelurga. Apalagi, jika anda sudah memiliki anak. Tentu anda tidak mau hal buruk terjadi kepada anak anda akibat lingkungan yang tidak kondusif.

Idealnya, memilih untuk kontrak rumah Bandung yang berada dalam perumahan lebih baik karena punya sistem keamanan yang terorganisir.

Di Bandung sendiri, anda bisa temukan banyak sekali perumahan. Dan perumahan ini tidak terbatas hanya perumahan elit saja. Untuk kalangan menengah kebawah pun, banyak sekali perumahan yang menggunakan sistem keamanan mumpuni.

Selain masalah keamanan, kenyamanan juga perlu anda pertimbangkan. Pasangan baru menikah yang tinggal di rumah terpisah dari orang tua biasanya akan baru merasakan kehidupan bertetangga.

Ini kembali lagi pada pilihan masing-masing yang perlu anda diskusikan dengan pasangan. Tidak semua orang merasa nyaman dengan kehidupan bertetangga ala komplek perumahan.

Contohnya, anda akan diharapkan hadir di setiap acara RT dan ikut berkontribusi dalam setiap perayaan yang digelar. Jika anda merupakan tipe orang yang pendiam, hal ini pastinya bukan sesuatu yang akan anda nikmati.

Jadi, sebelum memilih untuk kontrak rumah Bandung, anda harus pastikan dulu lingkungannya aman seperti apa yang ada di benak anda. Jangan sampai tidak betah dan memutuskan untuk cepat-cepat pindah lagi karena pasti akan merepotkan anda sekeluarga.

#4 Kontrak rumah Bandung yang jangka sewanya minimal 1 tahun

#4 Kontrak rumah Bandung yang jangka sewanya minimal 1 tahun

(foto: Pixabay)

Tips keempat untuk kontrak rumah Bandung adalah memilih rumah kontrakan yang jangka waktu sewanya minimal 1 tahun.

Beberapa pemilik rumah mematok jangka waktu sewa rumahnya minimal 2 atau 3 tahun. Anda tidak disarankan untuk tinggal di rumah kontrakan yang seperti ini. Kenapa?

Selain karena pastinya anda harus mengeluarkan dana yang lebih besar, anda jadi terikat dengan rumah yang anda sewa ini.

Jika sewaktu-waktu harus pindah misalnya, jarang sekali uang sewa yang sudah dibayarkan itu bisa dikembalikan ketangan anda. Rugi, kan, jadinya?

Itulah mengapa, idealnya, anda lebih baik carirumah kontrakan Bandung yang jangka waktu sewanya minimal 1 tahun. Tidak sulit, kok, mencarinya.

Karena Bandung ini salah satu kota dengan jumlah pendatang terbesar, rumah kontrakan yang tersedia pun terbilang melimpah. Apalagi, saat ini anda sudah bisa mencarinya lewat situs properti sepertiย www.99.co/id.

Segala kriteria rumah yang anda inginkan bisa ditemukan di sana. Coba saja, deh!

#5 Kontrak rumah Bandung yang dekat dengan fasilitas umum

#5 Kontrak rumah Bandung yang dekat dengan fasilitas umum

(foto: Pixabay)

Nah, tips kontrak rumah Bandung berikutnya yang tidak kalah penting adalah : Carilah rumah kontrakan yang dekat dengan fasilitas umum.

Fasilitas umum terpenting mencakup fasilitas yang sering kali anda butuhkan dan fasilitas yang anda butuhkans ewaktu-waktu ketika darurat.

Misalnya, anda tentu akan perlu memenuhi kebutuhan dapur dan rumah tangga dengan berbelanja. Artinya, penting untuk memilih rumah yang memiliki fasilitas perbelanjaan yang dekat. Karena hampir setiap hari, anda harus memenuhi kebutuhan ini.

Lalu, untuk waktu-waktu darurat, anda akan merasa sangat beruntung jika rumah anda berada dekat denganย  fasilitas kesehatan. Misalnya, jika suatu malam anda, pasangan anda, atau anak anda terkena demam tinggi, anda bisa langsung melarikannya kerumah sakit terdekat.

Beruntung, Bandung saat ini memiliki fasilitas umum yang sangat memadai. Sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mencari lokasi rumah kontrakan dengan akses mudah ke fasilitas-fasilitas umum ini.

#6 Kontrak rumah Bandung yang fasilitasnya baik dan tidak butuh renovasi

#6 Kontrak rumah Bandung yang fasilitasnya baik dan tidak butuh renovasi

(foto: Pixabay)

Tips kontrak rumah Bandung yang keenam adalah cari rumah yang tidak butuh renovasi. Karena rumah kontrakan ini sifatnya sementara, sebaiknya anda tidak perlu melakukan banyak perbaikan yang sifatnya jangka panjang.

Inilah mengapa anda perlu perhatikan betul-betul rumah yang hendak anda sewa ketika survey. Supaya anda bisa mengira-ngira apakah rumah ini layak untuk anda tinggali langsung atau butuh perbaikan dulu.

Memang, biasanya, rumah yang kondisinya tidak terlalu baik akan dibanderol harga miring. Tapi anda tidak boleh langsung tergiur.

Jangan-jangan, biaya yang harus anda habiskan untuk memperbaiki rumah tersebut agar layak tinggal malah jauh melampaui budget yang sudah anda persiapkan.

Anda harus perhatikan kondisi rumah apakah dilengkapi fasilitas seperti yang anda inginkan atau tidak. Juga apakah rumah tidak mengalami kerusakan seperti genteng bocor, kamar mandi yang bermasalah, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkannya, sebaiknya lakukan survei bukan hanya ke satu rumah, carilah beberapa rumah, catat kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jadi, bandingkan dulu dengan di tempat lainnya dengan harga yang sama, maka apa semua fasilitas rumah yang diberikan?

Misalnya, bagus tidaknya rumah tersebut, tempat tidur yang nyaman atau tidak, WC yang bersih atau tidak dan lain-lain.

Atau, anda bisa membandingkan antara dua rumah dengan fasilitas yang sama, dan carilah yang memberikan harga lebih miring.

Air bersih sangatlah vital, dan wajib tersedia setiap hari, sepanjang tahun, karena setiap hari orang membutuhkan air bersih, entah untuk minum, masak, mencuci, mandi, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, pastikan kondisi air bersih lancar dan tidak terkendala.

#7 Kontrak rumah Bandung yang tidak perlu terlalu besar

#7 Kontrak rumah Bandung yang tidak perlu terlalu besar

(foto: Pixabay)

Tips terakhir untuk kalian pasangan baru menikah yang ingin kontrak rumah Bandung adalah untuk mengingat bahwa ini adalah rumah sementara.

Jadi, anda dan pasangan tidak perlu terlalu perfeksionis dalam menentukan kriteria wujud rumah. Tidak perlu mewah dan besar, kok. Anda lebih baik menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Misalnya, untuk anda pasangan baru menikah, bahkan rumah satu kamar pun tidak jadi soal. Karena sejatinya, anda hanya perlu satu kamar untuk anda dan pasangan.

Untuk masalah anak pun, anda sebenarnya tidak memerlukan kamar terpisah untuk anak anda sampai setidaknya ia berusia beberapa tahun.

Apalagi, untuk anda yang berencana untuk tidak punya anak dulu, tidak perlu kontrak rumah Bandung yang besar-besar amat dan punya banyak kamar.

Idealnya memang dua kamar saja, sehingga anda masih punya kamar cadangan untuk sewaktu-waktu jika ada keluarga atau kerabat berkunjung.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa berguna untuk para pasangan baru yang berniat untuk kontrak rumah Bandung, ya!

Selamat memulai hidup baru di kota penuh cinta ini!

64 Comments

  1. Lingkungan yang aman itu juga jadi pertimbangan utama kalau mau cari tempat tinggal. (Selain harga yang sesuai buget hehe)

    • Nah iya ya mba..krn meski rumah sementara, kita harus ttp aman dan nyaman selama tinggal di sana ya .

  2. Aku pun daridulu suka punya rumah yg kecil aja mbak gampang natanya dan pastinya ga capek beberesnya heheh #pemalas

  3. Pas banget, ada saudara di cimahi, pinggir bandung, yang baru merit, kayaknya perlu informasi ini ya

  4. Kalau masih berdua aja mending pilih yg praktis dan murah ya

  5. Jadi ingat dulu awal nikah pun kami ngontrak rumah mba. Dan alhamdulillah memang bener untuk pilih rumah yang nyaman dan aman ๐Ÿ™‚

  6. Cocok nih temenku ada yang habis nikah dan sekarang dinas di Bandung bisa dijadikan referensi apalagi pasangan baru kan ga usah sewa yang gede yangpenting nyaman, aman dan harga pas dikantong hehe

  7. Sekarang cari rumah kontrakan ga perlu susah2 lagi ya, Mbak. Sudah ada situs penyedia kontrakan. Jadi hemat waktu & bisa banget menyesuaikan budget & kebutuhan.

  8. wah jadi pengen juga nih bisa kontrak rumah bersama keluarga ya, jadi bisa hidup mandiri dan tidak merepotkan orang tua dan mertua, bisa dicoba nih kak tips nya, makasih ๐Ÿ˜‰

  9. Cari rumah kontrak itu emang kaya cari jodoh,, mesti ditimbang2 kecocokannya. Faktor pendukungnua juga banyak, mesti dipikirin mateng2.
    Makasih tips-nya mbak.

  10. Ndak penting seberapa besar kontrakannya, yang penting seberapa besar cintanya.. Eaaaaakkk.. Namanya juga pasangan baru yah hihi

  11. aku dulu pernah ngontrak rumah sekali di Bandung di daerah sarijadi, emang sih di bandung banyaknya yang tahunan, enaknya jd ga mikir bulanan, cuma emang berasa bgt bayar setahun itu

  12. Iya kontrak rumah yang dekat dengan lokasi kerjaan jadi lebih irit ongkos ya mba

  13. Tipsnya semua keren bikin pasangan muda gak pusing2 mikir, tinggal ngikutin aja tips jitunya mbak Mechta.

  14. Sebagai ((calon)) pasangan baru, tips-tips begini berguna banget, Mbak. Semuanya perlu disurvey dan dipertimbangin dengan seksama yak, macem nyari pasangan gitu. *lahhhh

  15. Meskipun statusnya ngontrak, tetep penting ya mba memilih rumah yang lokasinya berada di lingkungan yang baik. Biar hidup juga tenang gitu loh. Bisa jadi referensi nih untuk mereka yang sedang berburu rumah kontrakan di kota Bandung.

    • Betul dik..jangan asal2an saja, karena bagaimanapun itu akan jadi tempat bernaung kita untuk waktu tertentu..

      • Setuju mbaaa… ga boleh asal2an jika menentukan tempat tinggal. Harus memikirkan banyak faktor agar nantinya kerasan tinggal di rumah tersebut.

  16. Jadi pengen tinggal di Bandung, tapi sama siapa? Cari calon dlu deh oia soal rumah tu emg pling ena yg kecil tp halaman luas biar g capek ngepel trus lingkungan yg aman n nyaman jg,

  17. Tempat tinggal bagi aku lebih memilih yang memiliki lingkungan aman. Karena kalo sendirian gitu jadi ngga cemas. Kan ada tuh si suaminya lembur atau kerja dinas luar kota ya mba.

  18. Cari rumah buat kontrakan juga mirip dengan cari jodoh juga mbak, cocok-cocokan, hiih. Ada yang rumahnya enak tapi lingkungannya enggak. Ada yang rumah dan lingkungannya enak tapi akses kemana-mana susah. Eh, begitu semuanya oke…ternyata harganya mahal banget, hihi

  19. faktor utama agar kita betah di sebuah rumah adalah lingkungan ya, jadi lingkungan yang nyaman dan aman pasti akan jadi pilihan.

  20. Beberapa tips-nya aku praktekin waktu ntari rumah di Denpasar, Mbak. Utamanya sih lingkungan, deket sekolah dan fasilitas umum, apalagi aku masih trauma naik motor. Suami yang ngalah kerjanya lumayan jauh ๐Ÿ˜€

  21. Pasangan baru aku dong wakkakaa
    Baru terus. Asikk ya ini mba tips buat yang tinggal di Bandung. Memang sih kalo kontrak santai aja yang pentinf nyaman untuk ditinggali. Belajar mandiri tanpa ikut mertua atau orangtua sendiri

  22. Dulu waktu aku baru nikah, mampunya cuma sewa kost doang mbak, belum sanggup ngontrak rumah karena budget terbatas hahaha.

    Tapi emang bener semua sih tipsnya, aku setujuuu!

  23. aku juga dulu langsung kontrak rumah sendiri, selesai akad malamnya langsung pindah kontrakan sendiri, walaupun gak ada apa-apanya tapi puas ๐Ÿ™‚

  24. Selama ini saya belum pernah tinggal di kontrakan, Mba. Mampunya tinggal di kost-kostan aja, tapi alhamdulillah sekarang gak ngekost lagi karena udah tinggal di rumah dinas ๐Ÿ™‚

    Btw, makasih tipsnya ๐Ÿ™‚

  25. Jadi inget dulu pertama kali menikah dan ngontrak di Smrang nih. Alhamdulillah

  26. Jangan menyewa rumah dengan harga selangit. Haha ini pengalaman aku banget mbak, pengen rumah model ini dan itu ternyata harganya luar biasa mahal.

  27. Di Bandung banyak pilihan tempat tinggal untuk disewa, ya. Bandung semakin ramai.

  28. Kalau saya malah suka nyari kontrakan yang sebulanan Mba. Jadi kalau gak sesuai atau kurang cocok, bisa langsung mlipir, hihi. Trus kalo ntar ternyata cocok baru deh minta diperpanjang kontraknya per tahun ๐Ÿ™‚

  29. Wah boleh nih..suka banyak yg nyari..kontrakan terutama teman2 yg kerjanya lg di bandung…gitu deh nyati nya bulanan aja..

  30. Biar lebih muah harganya, bisa dipilih di daerah Bandung selatan, Barat, dan Timur. Kalo Utara mahal-mahal. Banyak kampus dan memang kawasan elit ๐Ÿ™‚

  31. Aku malah pengen punya rumah di Bandung hehehehe. Udaranya sejuk banget di Bandung

  32. Setuju bangeeeet, kalau ngontrak mending nyari yang terdekat dengan tempat aktivitas sehari-hari ya Mbak. Biar nggak capek-capek banget mobilisasinya….

  33. rumah di bandung memang sekarang mahal mahal tanah mulai naik harganya paling masuk akal untuk pasangan baru ya ngontrak

  34. Skrng malah kyknya rumah kontrakan tu mintanya emang tahunan atau minim 6 bulan kyknya. Jatuhnya jd lbh murah emang ya mbak.
    Betul kalau masih manten baru gak usah kontrak yg gede2 rumahnya, yg penting nyaman.

  35. Uwuuww…kota penuh cinta.
    Aku rasa asal bersama pasangan halal, segalanya terasa indah.
    Hehehe…dan awal menikah dulu ingat banget cari kontrakan rumah yang sesuai budget ini susah-susah gampang.

    Semua ada rejekinya…
    In syaa Allah.

  36. Utk pasangan newly wedd , nyari hunian yg dekat kantor emang rekomendasi nih, apalagi yg gak perlu renovasi segala. Biar gak rugi double

  37. wah ini tips yang berguna banget, soalnya memang ada rencana pindah, tapi belum waktu dekat sih

  38. Wah. Anakku yg gede udah nikah dan mereka malah ngontrakin rumah sendirimya lalu mereka tetep tinggal ama aku dong. Jadi akunya senang krn masih tetep ngumpul dan malah nambah 1 anak lagi..si menantu

  39. Biasanya itu kalau langsung 2 atau 3 tahun lebih murah ya, Mbak. Tapi bisa juga jebakan betmen. Hahaha. Mending per tahun memang.

  40. cari rumah yang lingkungannya aman itu penting sekali. karena hampir tiap hari kita beraktifitas butuh keamanan dan kenyamanan. pilih rumah pertahun biar bisa sesuaikan dg lingkungan sekitarnya. kalau betah tinggal perpanjang. kalau ga betah yg cari lagi yg bener2 sesuai keinginan kita.

  41. Boleh juga nih tipsnya Mbak. Eh tapi saya nggak ada rencana mau pindah ke Bandung sih apalagi buat cari kontrakan, kecuali kalau sebatas jalan2 gitu mau banget secara saya belum pernah ke sana.

Leave a Reply

Required fields are marked *.