LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Air Mancur Taman Indonesia Kaya

Ngadem Sejenak di Taman Indonesia Kaya

| 114 Comments

Ngadem Sejenak di Taman Indonesia Kaya

Ngadem Sejenak di Taman Indonesia Kaya. Hai..apa kabar Sahabat Lalang Ungu? Tetap sehat dan ceria, bukan? Kali ini aku ingin cerita pengalamanku mampir ke Taman Indonesia Kaya pada hari Sabtu, 28/04/2019 lalu.

Apa itu Taman Indonesia Kaya?

Taman Indonesia Kaya adalah suatu ruang publik yang didedikasikan untuk segenap masyarakat dan dunia seni pertunjukan, khususnya di Kota Semarang.

Lokasinya

Taman yang telah diresmikan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi pada tanggal 10/10/2018 yang lalu ini berlokasi di Jl Taman Menteri Supeno, Mugassari Semarang Selatan Kota Semarang.

Berseberangan dengan SMA Negeri 1 Semarang -almamaterkuuuu 😘- dan berseberangan juga dengan kompleks Gubernuran.

Patung Ibu dan Anak di Taman Indonesia Kaya

Patung Ibu dan Anak di Taman Indonesia Kaya

Lhoo..itu kan lokasi Taman KB?

Haha..iya betuuul…memang Taman Indonesia Kaya ini sebelum direnovasi juga sudah merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau yang dikenal dengan nama ‘Taman KB’ dengan ikon patung Ibu dan Anak serta Kolam Air Mancur di tengah taman.

Baca Juga : Mengais Kenangan di Taman KB

Waktu operasional

Taman seluas sekitar 5000 meter persegi yang pembangunannya mendapat dana dari Bakti Budaya Djarum Foundation ini terbuka untuk umum dan tidak ada jam operasionalnya, artinya buka selama 24 jam.

Harga Tanda Masuk

Sebagai kawasan yang terbuka untuk umum, pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Untuk parkir kendaraan pengunjung di sekitar taman ini, antara lain di depan SMA 1 Semarang, tentunya untuk parkir ada tarif parkir ya..

Denah Taman Indonesia Kaya

Denah Taman Indonesia Kaya

Apa saja yang ada di Taman Indonesia Kaya?

Panggung Budaya dan Pelataran Penikmat Seni

Panggung Budaya & Pelataran di Taman Indonesia Kaya

Panggung Budaya & Pelataran Penikmat Seni di Taman Indonesia Kaya

Di Taman Indonesia Kaya terdapat panggung pertunjukan maupun pelataran panggung pertunjukan yang dapat digunakan oleh para seniman-seniman untuk mementaskan seni budaya dan hasil kreasi seni mereka.

Pertunjukan biasanya diselenggarakan pada Malam Minggu atau Hari Minggu, sehingga pengunjung pada waktu-waktu tersebut relatif lebih padat. Ohya, Panggung Budaya ini terdiri dari 2 sisi yang masing-masing dapat digunakan yaitu sisi yang menghadap ke SMA N 1 Semarang dan sisi yang menghadap ke Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Panggung Budaya di Taman Indonesia Kaya

Sisi Panggung Budaya yang menghadap ke SMA N 1 Semarang

Menurut beberapa sumber bacaan, selain dilengkapi dengan toilet untuk umum, taman ini dilengkapi juga dengan ruang rias / ruang ganti seniman sehingga akan membuat nyaman bagi para penampil seni di sana.

Kawasan Hijau

Kawasan Hijau Taman Indonesia Kaya

Kawasan Hijau di Taman Indonesia Kaya

Kawasan Hijau ini terletak di sebelah kanan Panggung Budaya, merupakan bagian taman yang langsung kita temui bila kita masuk melalui Gerbang Mural.

Ohya, ada beberapa pintu masuk ke Taman Indonesia Kaya ini, yaitu : Pintu Barat, Pintu Timur, Pintu Selatan dan Gerbang Mural.

Kawasan Hijau Taman Indonesia Kaya

Jalan santai di Taman Indonesia Kaya asyik juga lho…

Taman Pandawa Lima

Di antara Pintu Barat dan Pintu Timur Taman Indonesia Kaya adalah lokasi dari Taman Pandawa Lima, yang ditandai dengan 5 buah Patung Wayang Pandawa berwarna biru (pada siang hari) dan berwarna-warni saat lampu menyala di malam hari.

Patung Wayang di Taman Pandawa Lima Taman Indonesia Kaya

3 dari 5 Patung di Taman Pandawa Lima Taman Indonesia Kaya

Air Mancur Menari

Di Taman Indonesia Kaya ini juga ada Air Mancur Menari, yang dilengkapi dengan lampu warna-warni sehingga saat menyala pada malam hari tampak indah dan meriah, menjadi pemandangan yang mengasyikkan. Yang hobi selfie tentu sangat senang menuntaskan hobinya berlatarkan air mancur warna warni di malam hari.

Air Mancur Taman Indonesia Kaya

Air Mancur Taman Indonesia Kaya di sore hari

Berdasarkan informasi dari teman-teman di Semarang, Air Mancur Menari ini menyala setiap malam, mulai pukul 19.00-20.00 dan khusus di akhir pekan mulai jam 19.00-21.00.

Ngadem di Taman Indonesia Kaya

Memasuki Taman Indonesia Kaya pada siang hari seperti yang kulakukan kemarin, terasa sangat menyenangkan. Pepohonan rindang yang ada di sana menjanjikan keteduhan sejak langkah awalku ke taman ini. Bak menemukan oase sejuk di tengah panasnya udara Semarang 😃

Kursi dan bangku untuk istirahat

Kursi-kursi taman yang terletak di bawah pohon rindang dan menyebar di tepian jalan kecil di taman sangat mengundang untuk disinggahi. Siang itu, beberapa di antaranya sudah terisi oleh pasangan-pasangan, beberapa remaja yang asyik ngobrol, ada pula yang duduk sendiri membaca buku ataupun sibuk dengan gadgetnya. Ada juga keluarga dengan Balitanya.. Ya, rupanya cukup ramai juga siang itu di Taman Indonesia Kaya.

Kursi-kursi di Taman Indonesia Kaya

Capai jalan-jalan di Taman Indonesia Kaya? Duduk-duduk santai dulu..

Sambil mencari kursi yang kosong, kakiku melangkah ringan menyusuri jalan kecil di taman itu. Asyik juga berjalan santai di bawah pepohonan nan rindang sambil menikmati hijaunya taman yang tertata rapi, diselingi beberapa jenis tanaman berbunga. Merah, putih dan ungu, itu antara lain warna-warni bunga yang sedang mekar saat itu. Cantik.

Spot Pepotoan

Lihat taman nan cantik..suka gatel pengen pepotoan hehe ..

Jika ingin berfoto-ria di Taman Indonesia Kaya, banyak lho spot cantik di sini. Di kursi taman berlatarkan taman nan hijau, di antara pepohonan rindang ataupun berlatarkan taman dengan bunga-bunga bermekaran, pose bersama patung / karya seni yang ada di sana, atau pose berlatarkan mural. Pilih saja yang mana kau suka…dengan catatan jangan sampai merusak lingkungan ya..

Taman Pandawa Lima di Taman Indonesia Kaya

Selfie di Taman Pandawa Lima

Karya seni di Taman Indonesia Kaya

Selfie bersama karya seni ini asyik juga kali ya…

Demikianlah cerita singkat pengalamanku mampir ke Taman Indonesia Kaya di siang hari. Sebenarnya aku pun ingin menikmati indahnya suasana di Taman Indonesia Kaya di malam hari dengan semarak lampu warna-warninya, namun sayang kemarin saat acara yang kuhadiri selesai menjelang Maghrib, hujan deras turun menggagalkan niatku itu. Maka aku pun menyimpan keinginan itu untuk kunjungan di lain waktu..

Gerbang Mural Taman Indonesia Kaya

Yuuk ke Taman Indonesia Kaya…

Sahabat Lalang Ungu ada yang suka ngadem juga di taman kota seperti Taman Indonesia Kaya ini? Yuuk bagi ceritanya di kolom komen ya.. Terima kasih…

114 Comments

  1. Cantik sekali memang tamannya ya mba, pengen ajak anak-anak main kesana, apalagi kalau malam hari ya lebih indah

  2. masih sangat natural ya kak tempat nya nyaman dan bersih, jadi pengen juga nih kapan kapan bisa jalan jalan ke situ buat ngadem juga :mrgreen:

  3. wah asri sekali , jadi mimpi kotaku juga punya taman

  4. wah sekarang taman KB semarang udah cantik bgt yaa. dulu waktu masih di semarang, taman kb gersang dan tidak terawat, kesana kalau minggu pagi atau malam jajan dipinggiran. Jadi kangeen.

  5. Taman Kota tempat ngademku juga mbak…
    keren taman kota Indonesia Kaya nih.., banyak fasilitas dan dekorasi pendukungnya..
    apalagi duduk2 di bangku di bawah pohon rindang, ada angin sepoi2 pula, bisa2 ketiduran he.. he..

  6. Waduh… baru tahu mbak. Yg paling kusuka ada tempat buat para seniman. Nih sukakkkk banget. Jd inget jmn di yogya, pentas seni terbuka…

  7. wahh semarang adalah kota tujuan aku selanjutnya mampi-mampir ah ke taman ini, terimakasih ya ka infonya

  8. Kerenn bangett ya mbaa, udh lewat berkali2 cuma lihat dr luar..belum sempat jalan2 ke dalamnya..duh, mupengg banget pengen liat dalemnya langsung

  9. Wiih instagramable sekali tamannya, kayaknya tiap pojokan bisa buat foto tuh hehehe. Apalagi kayaknya pagi-pagi jalan sehat/joging kecil di taman itu seru kali yaa

  10. Keren banget mba tamannya, jadi kangen Semarang deh.

    Dulu ke Semarang bingung mau ke mana aja, cuman ke Lawang Sewu deh dan Simpang Lima.

    Jadi ketambahan lagi deh tempat tujuan kalau ke sana.

    Betewe, kayaknya seluruh Indonesia tuh mulai bebenah selalu ya, mempercantik kotanya.

    Salut deh 🙂

    • Alhamdulillah y mba.. Dengan perhatian Pemerintah yg bagus ini, mudah2an mady nya juga berperan bagus dlm pemeliharaannya ya mba..

  11. Ih, seneng liat Semarang punya taman model begini. Saya tertarik banget sama patung Pandawa 5-nya dan penasaran bagaimana rupa mereka di malam hari.

    Yang ingin saya tanyakan, taman yang luas ini banyak tempat sampahnya, kan?

  12. Emang perlu banget ruang publik atau RTH gini yang gak mesti bayar buat selonjoran kaki doang. Enak emang kalau ada taman kota deket rumah tuh, anak2 juga bisa main, orang tuanya bisa santai-santai

  13. Mba Tanti malah udah jelajah Taman Indonesia Kaya aja. Aku malah baru sepenggal2 lewat di sana, ga sampai eksplore semua area. Yang ada area Pandawa itu aja aku belum nemu 🙂

    Kalau Minggu pagi rame mbaaa.. terutama yang ada air muncratnya, lokasi khusus untuk anak2 untuk basah2an. Wuiiyy… cah cilik dho ote2 sambil main air, seruuuu…

    • Iya…kebayang rame nya kalau pas hari libur ya.. Alhamdulillah ada tempat wisata gratis buat masy.sekitar dan semoga terjaga hingga bisa bermanfaat lama..

  14. Wah, keren, banyak juga ya spot yang bisa dipakai untuk ngadem. Di Bandung pun, aku sering nih ngadem di taman2 kota. Hiburan murah meriah yang menyenangkan.

  15. Taman ini ternyata keren bangeet, dan aku belum pernah mampir ke sana. Padahal dulu zamannya masih kuno sering ke situ buat anter anak-anak main. Hihi

  16. Aku tiap minggu kesini, mbak. Sayangnya kita nggak ketemu ya kemarin karena pas kebetulan absen. Ada ponakan yang ijab jadi libur dulu ke CFD. Kalo agak siang, sekitar jam 7.30 ada anak muda yang menggelar lapak baca buku gratis. Deket pintu keluar yang ada pos satpam nya mbak

  17. Banyak pohonya. Adem. Bagus tamannya. Kayaknya menyenangkan, bawa anak-anak kesini.

  18. Wah… renovasinya bagus ya. Dulu sekali pernah mampir, wakttu masih jadi taman KB.

  19. Keren banget nih tempatnya. Terus, sering untuk pagelaran seni lokal jugakah?

    • Iya mba…malam Minggu / hari Minggu biasanya ada pentas di sana. Itu info dari teman2 Semarang..

  20. Asik banget ya mbk kalau ada taman terbuka gini. Selain asri, gratis, kita bisa refreshing disini. Duduk sambil baca buku atau sekedar duduk sambil ngobrol dan ngemong anak2… Asik tempatnya

  21. Menarik nih mbaakk kalau lagi wisata ke Semarang.. Thanks infonya yaa

  22. suka dengan kawasan hijaunya bikin adem dan sejuk di mata melihatnya, enak untuk tempat refreshing ya

  23. Cantik banget, bersih dan rapi. Tantangannya adalah menjaganya tetap cantik dan bersih ya. Karena masih banyak orang yang belum peduli menjaga lingkungan, apalagi yang masuknya gratis.

  24. Tamannya benar-benar kaya dan alami mbak, asik juga kalau bawa keluarga kemari dan gratis pula. Andai taman seperti ini ada di daerah saya jadi tempat favorit yang selalu dikunjungi.

  25. Sekarang di setiap daerah wajib ada taman kota dan sejenisnya ya. Lumayan tuh ada tempat buat main, menghirup udara segar dan melakukan hobi. Semoga pengunjungnya menjaga kebersihan dan ketertiban ya

  26. Taman bagus dan gratis, idaman banget bisa datang ke tempat2 seperti ini. Mudah-mudahan bisa mampir kalau lagi ke Semarang 🙂

  27. Asri banget ya mba, jadi tenang rasanya. Seneng deh kesana bisa ajak anak2 buat main dan menikmati taman. Kalo week end mungkin ramai ya mba. Karena bisa jadi hiburan gratis buat keluarga atau penat rutinitas kerja.

  28. Tamannya cantik ya, fasilitasnya lengkap kalau capek jalan-jalan bisa duduk sambil ngadem dan menikmati pemandangan, ada panggunh dan payung-patung keren, asyik buat foto-foto

  29. Menghijau banget yah adsm lihatnya mbk banyakin yang hijau hijau asyik.banget nih fasilitasnya juga

  30. asiknya semarang punya taman publik yang keren begini, Jogja ngiri nii.. sampai sekarang malah belum punya public park yang layak, apalagi sampai ada arena pertunjukannya begitu 🙁

    • Lho apakah iya mbak? Kukira Jogja malah banyak taman2 seperti ini mengingat Jogja terkenal sebagai Kota Budaya ya

  31. ingat Taman KB ingat patung ibu sama dua anaknya. haha.. eh masih ada gak sih bu semenjak jadi TIK?

    • Iya..itu ikonnya Taman KB. Masih ada patung ibu dan anak di TIK meskipun aku tidak tahu apakah patung lama atau patung baru. Itu ada fotonya di atas..menurutmu sama.kah dg yg dulu? Kalau menurutku kok tampilannya beda

  32. Lihat fotonya aja udah berasa adem ya mbak. Apalagi kalau langsung ada disana. Pasti seger banget udaranya karena ijo begitu. Senang ya ruang publik bisa diakses dengan mudah untuk masyarakat

  33. Wah keren nih mbak tamannya. Luasnya juga memadai. Harusnya kota2 di Indonesia membuat taman kota kayak gini ya

  34. Aku harus balik lagi ke Semarang segera nih.. belum sempet main ke taman yang satu ini

  35. MBa tempat ini nyaman sekali mba, Banyak pohon pohon juga yang membuat suasana makin terasa ngadem. Kalau sama keluarga juga pasti enak banget

  36. Akutu kalau baca tentang banyaknya taman atau ruang publik gini di kota-kota besar, langsung iri hati Mba, hiks

    Soalnya di kotaku, Kebumen, masih jaraaang banget ada. Atau malah nggak ada. Iya sih memang termasuk pedesaan yang banyak banget sawah dan kebun, tapi tetep aja lain dengan taman buatan yang memang ditujukan untuk masyarakat. Indah dan banyak fasilitas.

    Semoga di kotaku segera ada juga taman-taman begini. Amin.

    • Semoga segera ada ruang publik yang bisa untuk ngadem sekaligus mengenal.seni budaya di Kebumen ya mba..

  37. Paling suka dari BW tuh gini.
    Jadi tau tempat wisata, apalagi yang di alam gini aku lebih suka 🙂

  38. Belum pernah kesini pas siang. Pernahnya malem tapi bagus banget juga lampu2nya serasa di bandung

  39. Spot selfi tempat ngumpul tempat buat olahraga dengan paket komplit di sini yo Mba. Semakin bagus aja nih, gemes jadinya aku. Pengen main ke sini juga. Semoga ada kesempaatan, apalagi gratis

  40. asik ya mba. Di Jakarta ga banyak taman kaya gini mba.

  41. Jadi ingat museum yang di Jakarta yaa..
    Museum Indonesia Kaya.

    Sekarang,
    Di Semarang, ada taman Indonesia Kaya.
    Jadi makin kenal dengan budaya Indonesia.

  42. Taman Indonesia Kaya emang enak banget buat ngadem. Mau bareng teman mau sendirian juga asik aja. Tempatnya juga bersih dan sejuk.

  43. Wah itu kyknya anak SMA yang sekolah deket sana pulang sekolah mampir taman itu dulu ya. Bahkan malamm pun rame ya mbak tamannya 😀
    Luas dan menarik pula tamannya penuh ornamen modern dan tradisonal TFS 😀

    • Ada beberapa kulihat rombongan anak berseragam SMA, mungkin mampir sambil nunggu keg ekstra yg sore hari ya mba

  44. Bagusss tamannya. Ada patung wayangnya lagi kadi bisa icon khas taman ini nantinya

    • Betul mba..sambil mengenalkan tentang wayang ini.. agar tak banyak yg sepertiku..tak dapat membedakan dari ke-5 Pandawa haha..

  45. Ya Allah jadi bagus banget ya mbak sekarang…jujus sejak berubah jadi Taman Indonesia Kaya aku belum pernah menjejakkan kaki disana..njelehi ya ngakunya Orang Semarang tapi dateng ke salah satu destinasi ikonik Semarang aja belum pernah…malu-maluin…

  46. Asri banget ya tamannya… dan ternyata patung legendaris ibu dan anak itu masih ada juga 😀

    Semoga di Semarang makin banyak ruang publik seperti taman Indonesia Kaya ini. Seperti di Denpasar, jadi masyarakat punya tempat wisata gratis yang fasilitasnya lengkap mulai dari permainan untuk anak-anak sampai alat fitness 🙂

  47. KBP kapan-kapan piknik bareng mrene yok mba Tan hahaha
    mesti seru, pepotoan bareng, nongkrong bareng mamam bareng
    apik-apik ya spot fotonya.

  48. Walah..orang Pekalongan malah sudah sampai menjelajah sini. Aku baru muterin sama main air mbak. Memang Semarang makin hari makin cantik ya

  49. Setiap ke Semarang uma sering lewat taman Indonesia kaya saja, belum sempat duduk manis menikmati apa yang tersaji di sini

  50. Melihat logo Indonesia kaya, saya jadi ingat sebuah portal yang banyak berbicara tentang pariwisata di Indonesia. Jangan-jangan mereka yang bikin taman ini ya mbak, Tanti.

  51. Lhooo mbak, ternyata kita satu almamater to. Toss dulu ah.

    Taman KB yang sekarang udah jadi Taman Indonesia Kaya ini jadi penyimpan memori kala SMA. Untuk air mancurnya nggak digusur. Memorable banget itu air mancur. Hahaha.

  52. Bagus tamannya. Semoga tetap ada dan terjaga.

  53. Waktu ke Semarang belum Tau ada tempat ini. Nanti mau mampir ah

  54. Seger liat yang ijo ijo… Apa lagi kalau prgi sana sama si dia hiya hiya hiya

  55. Aku lumayan sering lewat tapi nggak pernah main ke Taman Indonesia Kaya. Kapan-kapan pengen mampir ah. Awalnya malah ku kira Taman Indonesia Kaya ini lokasinya di dekat pantai Marina.

  56. Pingback: Yuuk, Mengenal Kopi Okra |

Leave a Reply

Required fields are marked *.