LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Minuman Olahan Okra
Minuman Olahan Okra

Yuuk, Mengenal Kopi Okra

| 73 Comments

Kopi Okra Elgiro Semarang

Kopi Okra Produksi KT Elgiro Semarang

Yuuk, mengenal Kopi Okra. Selamat pagi Sahabat Lalang Ungu.. Apa kabar? Semoga sehat selalu di pertengahan Bulan Mei, sekaligus hari ke-14 Ramadan 1440 H ini.

Beberapa waktu lalu, aku mengikuti salah satu pertemuan ‘Teman Berkebun’ yang membahas tentang pembuatan Kopi Okra. Nah..awalnya aku penasaran tuh, maksudnya minuman kopi + okra atau minuman kopi dari okra ya? Teman-teman ada yang sudah tahu atau pernah mencicipi Kopi Okra ini? Nah..jika belum, mari berkenalan dengan Okra dan Kopi Okra ini ya..

Tanaman Okra

Nama Latin dan sebutan lainnya

Okra ( Abelmoschus esculentus (L.) Moench ) ini adalah tanaman yang banyak dikonsumsi sebagai sayur sekaligus juga sebagai tanaman obat. Tanaman ini sebenarnya berasal dari Benua Afrika, yang mempunyai beberapa nama / sebutan, a. l : Kacang Bendi (Melayu), Ladies Finger (Thailand), Okura (Jepang), Okro / Gumbo (Jawa), dll.

Botani Tanaman Okra

Okra merupakan tanaman tahunan yang mempunyai batang yang tegak dan dapat tumbuh hingga 4 meter, ditunjang dengan perakaran tunggang yang dalam, batangnya bercabang, agak berkayu dan berwarna hijau kemerahan.

Daunnya berbentuk menjari, berselang-seling, sedikit berambut dan berwarna hijau tua. Bunganya berwarna putih kekuningan dengan 5 kelopak dan dasar kelopak berwarna merah tua, serta diameter bungan 4-8 cm.

Okra Merah

Bunga, Buah dan Daun Okra Merah

Ada 2 jenis Okra, yaitu Okra Merah dan Okra Hijau. Yang terlihat membedakan di antara kedua jenis ini adalah warna buahnya. Buah okra berbentuk kapsul, silindris dengan ujung meruncing seperti piramid. Buah muda berwarna hijau / ungu dan menjadi hijau kecoklatan ataupun merah kecoklatan setelah tua. Panjang buah dapat mencapai 18 cm namun yang kondisi terbagus untuk panen adalah saat buah muda dengan ukuran 6-8 cm.

Okra diperbanyak melalui bijinya, dengan masa panen dimulai sekitar 90 hari setelah penanamannya. Bagian Okra yang dimanfaatkan adalah daun, buah dan bijinya.

Manfaat Okra

Umumnya Okra dikonsumsi sebagai sayur terutama bagian buahnya yang masih muda, ada pula yang mengkonsumsi daunnya. Buah dan daun Okra ini bisa ditumis, di Sayur Bening, dilalap, digoreng, dll.

Dari berbagai literatur diperoleh informasi tentang manfaat tanaman Okra bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai obat menurunkan kadar gula darah. Manfaat Okra lainnya : membantu produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah / mengobati anemia; anti kanker; mengurangi asma; menguatkan tulang; menurunkan kolesterol; menjaga kesehatan mata.

Kedua jenis Okra (merah dan hijau) keduanya mempunyai manfaat yang sama, namun menurut farming.id buah Okra Merah lebih banyak kandungan seratnya, namun kandungan flavonoidnya lebih rendah dibandingkan Okra Hijau.

Kopi Okra

Manfaat Biji Okra

Narasumber Kelas Membuat Kopi Okra

Bp Wisnu – Ketua Kelp Tani Elgiro Semarang- narasumber Kelas Membuat Kopi Okra

Bp Wisnu Nugroho -narasumber dalam pertemuan Teman Berkebun- menyampaikan bahwa dalam 100 gr biji Okra, terkandung mineral-mineral, a.l : 135 mg Ca, 335 mg Mg dan , 5 mg Cu, Fe dan Zn. Hal ini menyebabkan biji okra dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dan salah satu cara mengkonsumsi biji Okra ini adalah dengan cara diseduh sebagai minuman semacam / pengganti Kopi, kita sebut saja ‘Kopi Okra’.

Cara Membuat Kopi Okra

  1. Buah Okra yang telah kering dibuka dan diambil biji-bijinya, kumpulkan sekitar 250 gr.
  2. Biji-biji yang telah terkumpul kemudian dijemur hingga kering betul
  3. Biji yang telah kering dijemur kemudian disangrai hingga berwarna lebih gelap dan berbau harum
  4. Hasil sangrai kemudian digiling hingga menghasilkan serbuk halus berwarna coklat kehitaman
  5. Ambil secukupnya dan diseduh / dimasak dengan air panas, tambahkan pemanis bila suka.
  6. Kopi Okra siap untuk diminum.
Biji Okra untuk Kopi Okra

Biji Okra bahan baku Kopi Okra

Dalam pertemuan kemarin, Bp Wisnu memberikan contoh Kopi Okra untuk dicicip. Aku suka rasanya. Tidak sepahit dan sekental kopi asli memang, namun menyegarkan dan wanginya pun seperti wangi kopi. Hanya saja, adikku -yang notabene pecinta kopi- menyatakan hal berbeda, menurutnya sama sekali tidak bisa disamakan antara kopi asli dan kopi Okra. Haha…ya..kembali ke selera masing-masing lah ya…

Mencicip Kopi Okra

Salah satu peserta Kelas Membuat Kopi Okra sedang mencicip Kopi Okra

Kelp Tani yang dipimpin oleh pak Wisnu juga sudah membuat dan menjual Kopi Okra ini dalam kemasan-kemasan mungil 250 ml, terdiri dari 2 jenis yaitu Original dan Creamer. Masing-masing hanya Rp.10.000,- saja loh… Mantaaab…

Minuman Olahan Okra

Selain dibuat Kopi Okra, ada 2 jenis minuman lain yang merupakan hasil olahan dari Okra, terutama olahan buahnya, yaitu Infuse Water dan Jus Okra. Gunakan buah yang masih muda ya..karena bila sudah tua akan berserat dan kering, tidak enak untuk dikonsumsi.

Okra Infused Water

  1. Buah Okra muda dipotong-potong melintang
  2. Masukkan ke dalam botol / jar
  3. Tambahkan air matang
  4. Simpan di dalam lemari pendingin, minimal 3-4 jam agar lendir keluar.
  5. Aduk agar tercampur rata, lalu saring, untuk memisahkan air dan potongan buah Okranya.
  6. Air hasil saringan dapat langsung dikonsumsi
  7. Potongan buah Okra dapat dimasukkan kembali ke dalam botol / Jar, ulangi proses sebelumnya. Dapat digunakan hingga 2-3x pemakaian sebelum dibuang.

Jus Okra

  1. Ambil 1-2 buah Okra muda ukuran sedang, berat sekitar 4-5 gr. Bisa Okra hijau / Okra Merah.
  2. Potong-potong melintang / membujur untuk mempercepat proses penghancuran.
  3. Masukkan potongan-potongan Okra ke dalam blender, tambahkan 5 buah strawberry dan 250 ml air mineral / air matang.
  4. Tambahkan pemanis dan es batu apabila suka.
  5. Nyalakan blender dan blender hingga hancur dan tercampur semua.
  6. Saring hasil blender, jus Okra-strawberry siap diminum atau bila ingin diminum dalam kondisi dingin, simpan dulu dalam lemari pendingin.
Minuman Olahan Okra

Minuman Olahan Okra : kopi, infuse water, jus Okra.

Nah teman, itulah sharing  hasil mengikuti kelas Teman Berkebun sesi “Membuat Kopi Okra’ yang berlangsung pada Hari Sabtu, 29 April yang lalu di Kebun Pojok Space Semarang.

Bagi teman-teman yang ingin membeli Kopi Okra ini, bisa langsung berhubungan dengan Kelp Tani ELGIRO (Lemah Gempal RT 06/IV Semarang) atau via Kebun Pojok Space, Jl, Menteri Supeno (sebelah SMA N I Semarang), yang dekat Taman Indonesia Kaya itu lho… Yuk..capcuuus laaah…

Sumber : materi Kelas Membuat Kopi Okra (narasumber Bp Wisnu Nugroho) dan sumber bacaan lain.

73 Comments

  1. Pasti seger juga itu jus Okranya ya mbak selain dikemas sebagai minuman teh berkhasiat.sayangnya aku kok belum pernah menyicipinya.Kira2 kalo nyari di Kudus di mana ya mba?

  2. Baru pernah denger mbak. Hehe. Bukan penggemar kopi juga sih jd mungkin aku jg ngga bakal ngerasain bedanya sm kopi, hahaha

  3. wah baru tahu nih

  4. Menarik banget ini. Ternyata biji okra bisa jadi kopi juga ya. Penasaran sama rasanya

  5. Aku kok penasaran pengen nyoba bertanam Okta ya. Kira-kira mbak Mechta punya info kah untuk dapetin bibitnya di mana?

    • Mba di Semarang kah? Kalau iya, coba hubungi Kelp Tani ELGIRO di Lemah Gempal itu atau Pojok Kebun Space di Taman Menteri Supeno. Atau coba cari di toko2 tani mba..biasanya ada yg sachetan..

  6. wah baru tahu nih, aku sih kurang suka kopi, tapi kayaknya yang bentuk jus itu menggoda deh hehehe

  7. Bunga,buah, dan daunnya cantik banget ya mbak. Jadi penasaran pengen coba sari buahnya juga

  8. Udah pernah beberapa kali makan, dimasak rendang gitu mbak. Tapi kalo diambil bijinya dan dibikin kopi, aku belum pernah nyobain rasanya.

  9. Dari kopi kopra ini bisa dijadikan beberapa hidangan minuman ya.. bisa disesuaikan dengan keinginan dan mood saat membuatnya sudah pasti, karena memuat minuman apalagi makanan jadi effort tesendiri, tapi ya, jika sudah berhasil, maka tidak ada yang bisa merasakan kebahagiaan tersebut selain diri sendiri

  10. Kayaknya kalo kopi okra ini aku bisa minum. Kalo kopi asli kadang ga kuat sama kadar caffein-nya. Kalo ga deg2an ya pusing. Makin inovatif aja ya kuliner Indonesia.

  11. Murah sekali harganya cuma ceban untuk mendapatkan 250grm kopi Okta. Walaupun bukan asli dari kopi akan tetapi khasiat tidak kalah sama kopi

  12. Baru tahu mba saya mengenai tanaman Okra, apalagi kopi Okra, saya kepo banget kok bisa ya mirip wangi kopi 😀

    Saya suka wanginya kopi, meski ga selalu coffe addict sih, cuman pas butuh aja sama suka wanginya 😀

  13. Wah terimakasih infonya. Saya di rumah ada tanam okra. Tapi cuma dikonsumsi sendiri saja. Direbus dan kasih kecap asin atau mayonaise gitu. Kalau ada yang tua mau coba sisihkan bijinya selain buat bibit juga dibuat kopi ya

  14. Kopi OKra, hmmm … kopi terbaru yang belum pernah aku coba
    Rasanya nikmat pasti, tapi untuk pertama kali coba mesti aku gimana gitu wkwkw
    kalau bikin sendiri paling belum berani mba, ahaha beli aja dulu lah ya.
    Kapan-kapan semoga bisa mampir

  15. baru tau tentang tanaman okra ini. bisa dibikin kopi pula.
    jadi pengen nyoba juga, mbak. penasarannn.

  16. Kreatif sekali idenga membuat kopi dari buah okra :). Iparku kebiasaan renda. Okra untuk dikonsumsi mbaa

  17. Hebat ya manfaat okra ini… Aq tahunya yg hijau bisa mengatur gula darah. Penasaran sama yg merah, rasa kopinya pingin nyobain:)

  18. Wah, baru tahu kalo biji okra bisa dibikin jadi kopi. Rasanya gimana mbak Tanti?

  19. Aku inget temanku yang pernah kebingungan masak okra. Ditumis lho mbaaa… bisa bayangin kan jadinya kayak apa. Lintrek2 nggilani hiiihh…. Memang cara konsumsinya bukan dimasak gitu kalik ya, lendirinya banyak banget.

    • Konon justru lendirnya itu yg bermanfaat bagi kesehatan tubuh,dik..hehe.. Tapi aku sendiri pernah coba bikin infuse water ya lentrek2 bgtu..ternyata harus disaring katanya..

  20. aku kirain tadi okra ini jenis coffee bean nya ternyata dari tanaman gitu ya bisa dibikin macem macem juga kayak sirup

  21. Aku pertama kali nyobain juga di Kebun Pojok Mba. Meski bukan seleraku, tapi inovasinya harus diacungi jempol. Aku malah lebih suka infused water pake potongan okra.

  22. Wah idenya keren ya, kopi okra. Aku sering liat okra di supermarket tapi belum pernah beli dan masak.

  23. Apakah kopi Okra juga mengandung kandungan yang sama seperti bijih kopi pada umumnya?
    Penasaran sekali sama rasa dan keunikan Kopi Okra.

  24. Wah baru tahu nih mbak ada kopi okra jadi penasaran sama rasanya. Saya juga suka minum kopi, pengen merasakan sensasi dari kopi okra ini, apalagi harganya murah pasti banyak pembeli yang penasaran dengan cita rasanya ya mbak…. Dan yang bikin takjub lagi ternyata okra bisa dijadikan infuse water dan jus…hmmm….kok jadi makin mupeng ya…. terimakasih informasinya semoga saya bisa mencoba kenikmatan kopi okra dan minuman lain berbahan okra ini….

  25. Baru dengar kalau saya..bunga nya bagus ya..manfaatnya banyak.jd pengen nanam

  26. Wah, penasaran deh kayak gimana rasanya. Selama ini cuma baru minum kopi buah kopi aja. Gak dijual online, ya?

  27. MasyaAllah penemuannya sungguh luar biasa
    Kopi dari biji okra. Mba Tanti seneng banget pastinya bisa Menyaksikan langsung di lokasi

  28. Aku baru tau klo okra ini bisa jadi kopi biasanya buat makan aja sih . Btw aku jadi penasaran sama rasanya kopi dari biji okra.

  29. Bagus artikelnya. Konsumsi okra utk kesehatan mata, berarti utk ngurangin mata minus buat yg berkaca mata bisa ya hehe..

  30. BElum pernah lihat okra merah ternyata ada dua jenis ya, selama ini cuma tahu okra hijau aja nih Mbak.
    Daaan, ternyata bisa dijadikan kopi juga ya, biasanya lihat cuma dijadikan sayur bening aja di rumah Mama, heheh

  31. Wah kopi okra, aq bru tau. Rasanya enak gak mba? Pengen cobain, bawain k smrg dong… Hihihi
    Aa pertama x mkan okra waktu di malaysia, enak. Tp masak sndri gak bsa wkkk

  32. Aku nembe reti ono kopi okra dan itu tanaman semuanya bermanfaat, dari bijinya daunnya buahnya

  33. wah inovasinya keren sekali. okra ini lagi ngetrend skrg ya, byk manfaat katanya. jadi pengen cobain deh

  34. Mbak Tanti terima kasih postingnya. Alhamdulillah banyak yang suka. Okra sangat banyak manfaatnya. Mari menanam dan mengkonsumsi Okra.

    Semoga tak lama lagi saya bisa mengisi pelatihan membuat kopi Okra lagi ya. Lagi menyusun tambahan materi baru. Follow IG Teman Berkebun ya.

    • Sami2 Pak Wisnu..terima kasih sudah berbagi ilmu. Saya sdg follow IG Teman Berkebun pak..dan pengen main ke Elgiro juga tuk ngangsu kawruh hehe..

Leave a Reply

Required fields are marked *.