LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Tutupan Menjelang Ramadan ke Bandar Batang

| 44 Comments

Piknik di Bandar ECO Park

Tutupan Menjelang Ramadan di Bandar ECO Park

Tutupan Menjelang Ramadan ke Bandar Batang. Salam Jumpa Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Untuk sahabat-sahabat muslim, sudah bersiap menyambut Bulan Ramadhan ya? Dalam kesempatan ini, izinkan aku mohon maaf lahir dan batin serta mengucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadhan bagi sahabat muslim ya…

Sebagaimana kita tahu, banyak tradisi / kebiasaan masyarakat dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Di daerah Jawa misalnya ada tradisi nyadran, Ruwahan, padusan, megengan dll. Nah, kali ini aku akan cerita tentang salah satu acara menjelang Ramadan yang kulakukan bersama teman-teman beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga : Pembuatan Kue Apem dan Pasung untuk Ruwahan

Acara Tutupan Menjelang Ramadan

Selain jenis-jenis kegiatan yang kusebutkan sebelumnya, di lingkungan kami ada juga kebiasaan untuk berkumpul bersama teman / keluarga, yaitu acara yang sering kami sebut ‘Tutupan Menjelang Ramadan’.

Dalam acara ini, kami mengadakan kumpul-kumpul -bisa dengan rekan kerja / teman main / sahabat / tetangga / keluarga- dan melakukan makan siang bersama sebelum memasuki Ramadan yaitu bulan di mana tidak ada jadwal makan siang bagi yang menjalankan puasa ☺

Tentu acara ini diakhiri dengan saling bersalaman, bermaaf-maafan agar tak ada yang mengganjal di hati dan dapat lebih fokus dalam beribadah di Bulan Suci ini.

Tutupan bisa dilakukan di rumah / kantor / tempat makan, dan lebih asyik lagi bila dilakukan sambil wisata bersama. Seperti yang kami lakukan saat libur 1 Mei kemarin, berwisata bersama rekan kerja + keluarga.

Bandar ECO Park

Karena sebagian besar anggota keluarga kami adalah anak-anak, maka kamipun memutuskan lokasi tutupan yang tidak jauh dari Kota Pekalongan, sekaligus dapat memfasilitasi kesukaan anak-anak terhadap air. Maka pada Rabu, 1 Mei 2019 lalu kami berombongan menuju ke Bandar ECO Park.

Lokasi

Bandar ECO Park atau yang dulu dikenal sebagai Pemandian Bandar ini berlokasi di Jl Raya Sidomulyo KM 1 KaretanΒ  Desa Wonokerto Kec Bandar Kab Batang Jawa Tengah.

Terletak sekitar 17 km dari pusat kota Batang atau sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tidak sulit untuk menemukan lokawisata ini, ketikkan saja ‘Bandar ECO Park’ di google map dan kita akan dipandu sampai ke lokasi tujuan.

Menuju kolam renang Bandar ECO Park

Menuju Area Kolam Renang Bandar ECO Park

Jam Operasional & Harga Tanda Masuk

Lokawisata ini buka sejak jam 07.00 pagi hingga sore hari jam 16.00. Harga Tanda Masuk nya pun murah meriah. Hanya Rp5.000,-/orang lho.. 👍

Itu untuk tiket masuk, sedangkan untuk menyewa perlengkapan renang / ban pelampung akan dikenakan bea tersendiri.

Di hari Minggu atau hari libur lainnya, sebaiknya datang lebih awal, karena jika terlalu siang maka pengunjung sudah menyemuuut… Jadi seperti kolam cendol deh! Haha..

Fasilitas

1. Kolam Renang

Kolam Renang Bandar ECO Park Batang

Kolam Renang Bandar ECO Park Batang

Tentu saja kolam renang adalah fasilitas utama di sini ya… Ada kolam untuk anak ada pula kolam dewasa (kedalaman 2m). Nah kolam anak ini dilengkapi dengan seluncuran dan juga sarana ‘air tumpah’ yang akan menambah keseruan anak-anak untuk berenang dan bermain air. Oh ya, dibuat juga jalur semacam sungai kecil sehingga pengunjung dapat berenang berkeliling.

2. Taman Bermain

Taman Bermain di Bandar ECO Park

Taman Bermain di Bandar ECO Park

Selain kolam renang, ada pula taman bermain dengan beragam mainan anak yang tersedia, seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dll.

3. Area Lesehan

Area Lesehan di Bandar ECO Park

Area Lesehan di Bandar ECO Park ada di sisi kanan atas dari kolam renang

Maaf, itu sih istilahku saja ya..hehe.. Maksudku, di sekitar / area pinggir kolam renang terdapat lokasi yang memang diperuntukkan bagi pengunjung bisa menggelar tikar di bawah pohon rindang dan duduk santai menikmati suasana sambil menunggu yang sedang berenang atau istirahat sejenak di antara beberapa sesi renang (tahu sendiri kan..anak-anak kalau sudah ketemu air nggak akan sebentaaar..hehe)

Oh ya, di sini pengunjung bebas membawa makanan / minuman dari luar, jadi di area inilah bisa menikmati bekal yang dibawa, bila tidak ingin membeli makan/minum dari pedagang di lokasi ini.

4. Kamar Mandi / Tempat Bilas / Toilet

Di area kolam renang ini tentu saja dilengkapi dengan tempat bilas / Kamar Mandi / Toilet. Hanya aku tidak bisa menggambarkan kondisinya masing-masing karena kebetulan kemarin tidak menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut.

5. Mushola

Musholla Bandar Eco Park

Musholla cantik di bawah rindang pohon

Untuk pengunjung muslim, ada mushola di lokasi Bandar ECO Park ini, tepatnya di luar area kolam renang, sebelah kiri dari area bermain anak.

Tampak luar mushola ini kecil -maaf kemarin aku tidak masuk jadi tidak tahu seberapa luasnya- tapi aku suka dengan bentuknya yang unik dan menyatu dengan lingkungan.

6. Warung-warung Makan

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal sendiri, jangan takut kelaparan atau kehausan. Di lokasi ini terdapat banyak pedagang makanan/minuman, tepatnya di sepanjang jalan sejak area parkir hingga masuk ke area bermain. Dan menurut teman yang mencoba kemarin, harganya wajar alias tidak terlalu mahal.

7. Lingkungan Asri

Lingkungan Asri Bandar Eco Park

Jalan2 di sini asyiiik sekali…

Nah..ini yang paling kusuka dari lokawisata ini. Lingkungannya sangat asri, sejuk dan teduh oleh pepohonan besar. Sejak kedatangan kami di lokasi ini (sekitar pk 10 pagi) suara serangga dan kicau burung bersahut-sahutan seolah menyambut kami!

Di lokasi ini juga disiapkan track untuk jalan-jalan menikmati lingkungan yang teduh dan berhawa segar ini. Pecinta selfie pasti senang dengan banyaknya spot foto alami, di bawah atau di antara pepohonan nan rindang.

Pohon tua di Bandar ECO Park

Banyak pohon-pohon tua nan rindang di Bandar ECO Park

Hanya perlu berhati-hati saat musim hujan seperti saat ini, permukaan paving di sekitar kolam, area lesehan, maupun track jalan kaki cenderung agak berlumut. Harus hati-hati melangkah agar tidak terpeleset!

8. Area Parkir

Tempat Parkir di Bandar ECO Park

Tempat Parkir Motor

Terdapat area parkir yang terpisah untuk sepeda motor dan mobil, namun khususnya parkir mobil dirasa sudah sangat kurang.

Ini juga salah satu alasan untuk datang pagi, karena bila sudah siang tidak dapat parkir di area parkir yang disediakan, melainkan parkir mengular sampai ke jalan raya. Wah..lumayan juga jalannya jika harus parkir di jalan raya.

Untuk kendaraan yang digunakan pengunjung -khususnya mobil- memang bervariasi. Ada mobil pribadi, angkot, bus mini, hingga truk! Ulalaaa… 🤣

Kedai Dahar Bumbu Kampung

Siang menjelang, anak-anak sudah puas berenang, bapak-ibunya pun sudah puas cemal-cemil bekal sembari ngobrol ngalor-ngidul, maka waktunya berkemas.

Ya, kami pun berpindah lokasi karena makan bersama di area ini untuk kami ber-30 rupanya tidak memungkinkan. Pilihan kami adalah salah satu rumah makan yang tak terlalu jauh dari sana, yaitu Kedai Dahar Bumbu Kampung.

Tempat makan yang berlokasi di Jl Raya Sidomulyo No 7 Tambahrejo Bandar itu pun ternyata siang itu ramai diserbu pengunjung. Untung kami sudah memesan sebelumnya sehingga makanan telah tersedia saat kami tiba. Oya, selain bersantap bersama, di sini pengunjung juga dapat berfoto-ria karena ada beberapa spot instragamable di tempat makan ini.

Spot foto di Kedai Dahar Bumbu Kampung

Beberapa spot pepotoan di Kedai Dahar Bumbu Kampung

Maka di sanalah kami menuntaskan acara Tutupan Jelang Ramadan sekaligus perpisahan rekan yang mutasi dan rekan yang purna tugas. Sebuah acara gayeng-gayengan yang kami harapkan dapat mempererat silaturahmi antar rekan kerja beserta keluarga, sekaligus mempersiapkan kami menyambut Ramadan penuh rahmat.

Sekali lagi, mohon maaf lahir batin dan selamat menjalankan ibadah di Bulan Ramadan, Sahabat… Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat, di akhir masa ujian Ramadan nanti. Aamiin…

44 Comments

  1. Satu lagi tempat di Jateng yg wajib dikunjungi, Nih. Thank you for sharing the information ya, Mbak.

  2. Asyik banget suasananya ya mba, murmer pula masuknya.
    Yang alami-alami gini bikin mupeng deh, lebih asri aja liatnya.

    Wajib banget deh dikunjungi πŸ™‚

  3. enaknyaaa cuma bayar 5000 rupiah udah bisa menikmati fasilitas ijo royo-royo di Bandar Eco park. Trus boleh bawa makanan sendiri jadi bisa liburan hemat.

  4. Kumpul begini silaturrahmi merupakan moment yang sangat berharga ya mba, selain bisa memperpanjang umur, juga bisa lebih bahagia lho.. senyum bersama, tertawa bersama.. hati riang gembira deh.. apalagi didukung dengan tempat yang nyaman, outdoor bagi aku lebih nyaman sih kalo kumpul2 gini

  5. Dulu ini istilahnya minggu tenang ahahahha atau minggu ceria di sini bilangnya heheh,, tahun ini aku ga kemana-mana sih ya paling jalan2 santai aja di mall sama anak-anak, soalnya keluarga senengnya ngumpul di rumah aja hihihihi. seru ya piknik makan2 banyak gini

  6. Baru tahun ini saya merasakan adanya acara tutupan menjelang Ramadan. Alhamdulillah ya, semuanya dapat merasakan suasana keakraban dan pastinya setelah maaf memaafkan tidak ada lagi yang mengganjal di hati. Selamat menjalankan ibadah puasa, Mbak

  7. Seru banget mba, walaupun aku ga ada acara tutupan menjelang ramadhan tapi suasana ditulisan bagus baget sampe mupeng juga. Oh ya selamat menunaikan ibadah puasa ya mbayuu

  8. Waah ini sih murah meriah banget. Kalo di deket rumahku kolam renang tok aja udah 10rb. Aku kmrn tutupan cuma kumpul di rumah aja xixi. Pergi sama anak2 doang sih ke perpus hehe.

  9. Wahhh seger banget liatnya Murah bgt pula. Cocok nih buat destinasi liburan bersama keluarga waktu lebaran nanti. Hihihi

  10. Murah banget tiket maduknya, befa dengan di sini yang sufah 25 atau 30 ribuan. Asyil tempatnys dan bikin mupeng karena benar-benar menyatu demgan alam.
    Saua juga mohon maaf lahir batin, ya. Selamat menunaikan ibadah shaum ramadhan.
    Kalau di daerah saya namamya munggahan.

  11. Wah, cucok ni mbak
    Skrg langka ya ke tmpat wisata tp boleh bawa makanan sendiri. Apalagi yg ada kolam renangnya gt. Mana harganya murah pulak 5000 rupiah. Kpn2 bisa diagendakan nih kesana. Tfs ya mbaaakk

  12. Murah meriah banget karcis masuknya, mbak. fasilitasnya komplit pula. rindang gitu, kan. bisa nih dijadiin list buat piknik lebaran nanti bareng keluarga. hehe.

  13. Mbaaa aku baru tahu kalo ada tradisi tutupan menjelang Ramadan. Keren banget lho ini. Bisa silaturahmi bareng dan saling memaafkan buat memulai bulan yang suci. Di tempatku gak ada beginian hihi

  14. Cuma marebu aja bisa dapet fasilitas lengkap ya mbak. Bocahw ni biasanya seneng liat kolam renang. Hawanya kecehh

  15. Kalau di daerah saya namanya Munggahan mbk asyikn banget nih main d kolam renang

  16. Ini sih betul2 taman rekreasi untuk rakyat ya, Mba. Murah dan komplit. Teduh pula tempatnya di Sidoarjo gini susah deeh cari yang macam itu hihihi

  17. Jadi ingat waktu kuliah dulu deh, sebelum memasuki Ramadhan biasanya kami selalu piknik bersama

    Btw, tempat wisatanya keren, Mba. Jadi pengen ke sana juga, sayang tempatnya jauh

  18. Kalo di Jakarta kemarin teman-teman nyebutnya Munggahan, Mbak, acara makan bareng sebelum memasuki bulan puasa. Sayangnya kami ngumpul cuma di rumah makan gitu, coba bisa ke Bandar Eco Park juga, pasti lebih seru ya… Hahaha. Oh ya, mohon maaf juga ya, semoga puasa di ramadhan tahun ini lancar.

  19. wah bagus juga ya kak tempat nya ini untuk berlibur wisata, ternyata kabupaten batang ada tempat yanng bagus untuk kumpul-kumpul bareng teman dan keluarga, jadi pengen main kesana deh saya, kayaknya seru dan rame banget ya πŸ˜‰

  20. Wah acara sederhana tutupan ramadhan terasa beda dan hangat kumpul keluarga di bandar bantang

    Pohon rindang dan fasilitas parkir aman jadi bisa tenang selama menjaga anak yang berenang

  21. Seru banget sih kak, kemaren pas awal ramadhan kami sekeluarga cuma munjung ke rumah orang tua aja, hehehe… Tapi sebenarnya inti nya sih sama ya, sama sama menjalin silaturahmi gitu deh

  22. Wah mantaps nih…murmer bisa menikmati suasana alami yg asri. Kalau ke Jateng wajib nih ke sini..

  23. Kayak Padusan di Boyolali ya mbak, ke Tlatar sih biasanya. Atau sendang, umbul gitu, mandi kramas barengan banyak orang. Aku belum pernah ikut, tapi melihat aja jaman awal dapat orang Boyolali, hihiii

  24. Bandar Eco tempatnya luas dan nyaman ya, cocok untuk acara bersama keluarga besar, kalau di tempat saya acara makan menjelang Ramadhan gini disebutnya papajar, selamat menjalankan ibadah puasa ya di bulan Ramadhan

  25. Kesukaan banget ni tempat kek gini mbak. Cocok buat bawa anak2, apalagi tempatnya adem giti, kolam renangnya juga lumayan luas. Btw maaf lahir batin ya mbak, selamat menikmati ibadah ramadhan

  26. Wah seru banget. Kalo di Sunda ini namanya munggahan. Ngabisin waktu seharian sebelum Ramadan. Makan di luar, main ke tempat terbuka. Nyenengin pastinya. Dan bikin kangen deh momen kayak gini.

  27. Looks like a perfect place for the whole family to have some time out and great time outdoors. The pool is cool

  28. Mba Tanti ke sini nggak ngajak-ngajak
    aku di rumah aja nggak kemana-mana menjelang ramadhan wkwkwk
    soalnya pagi ada acara sharing wes lempoh akhirnya di rumah

  29. Tutupan itu sama gak ya mbak istilahnya dengan munggahan? Kemarin ini sama ibu2 RT aku ke Taman Mini mbak tgl 1 Mei juga πŸ™‚
    Bandar Eco Park cocoklah buat acara seperti ini bisa makan2 lesehan juga ya, yang penting kebersamaannya.

  30. di tempatku juga ada tradisi gini, makan makan di pantai bareng keluarga sebelum Ramadhan kemarin minggu kami melakukannya, ternyata tradisi menyambut ramadhan unik unik ya

  31. Selamat menjalankan ibadah shaum Ramadan 1440 H.
    Semoga lancar…dan in syaa Allah penuh berkah.

    Senang sekali kalau dekat kelurga.
    Bisa gayeng-gayengan..hiihi~

  32. Oh Tutupan itu semacam megengan kalau di Jawa ya.
    Kalau di daerahku biasanya anter2 kue itu atau bikin naskun.
    Malah jarang rekreasi. Tapis eru jg ya kalau rekreasi sama keluarga gtu dan saling memaafkan sebelum Ramadan tiba…

  33. Tempatnya oke banget nih mba, itu loh apalagi yang tempat makannya, ada motor tua yang dijadikan landasan meja. Lucu dan unik banget ya πŸ™‚
    Kalau di tempatku nggak ada megengan mba. Entahlah, dari kecil koq kayaknya tidak ada budaya seperti itu. Sebenarnya oke juga ya agar bersama kerabat atau tetangga bisa saling maaf2an sebelum menjalani ibadah puasa.

  34. Di daerahku, nyadran ya ada, Mbak. Kebetulan sebulan lalu aku ke Pati bersama sekeluarga, jadi, sekalian nyadran. Biasanya kan nyadran ke Pati kalau mendekati puasa, kira-kira 2-3 hari.

    Oiya, di tempatku ada peringatan malam Nisfusya’ban, Mbak. Nah, di situ pada kumpul2 tuh, makan bersama di masjid atau musala.

  35. Tempatnya adem banget, dan murah ya Mba tiketnya. btw itu sudah include bayar ke kolam renang atau masih bayar lagi kalau mau renang?

    Selamat menjalankan ibadah puasa juga ya Mba, semoga lancar sampai akhir πŸ™‚

  36. Tempatnya masih asri banget mba

  37. kelihatan adem dan sejuk banget tempatnya, pas buat bawa tiker dan rantangan bareng keluarga besar. Buat piknik setelah lebaran juga enak kayaknya ya mba πŸ™‚

  38. Asyik banget tempatnya Mbak, fasilitasnya lengkap gitu, biaya masuk terjangkau pula, duuhh senangnya bisa berkumpul yah. πŸ™‚

  39. Tamannya menyenangkan ya mba, adem dan teduh juga segar kerena banyak pohon. Kalau Sunda nyebutnya cucurak..makan-makan sebelum Ramadan..

  40. Seneng banget bisa ikut acara Tutupan bareng keluarga besar. Apalagi tempatnya asri dan nyaman ya, mbak Tanti

  41. Aku baru tahu tentang acara Tutupan menyambut bulan puasa ini lho.
    Eco park-nya juga baru tahu. Adem, luas, & banyak fasilitas pendukung. Seru!

  42. Tempatnya masih rindang banget ya, Mbak. Cocok buat ngadem. Suka sama area lesehannya yang deket sama kolam renang.

  43. Tak liatin mas Hadi Mba wkkwkw
    Pengen mrene aku. Kapan kapan jare rono ntar nek wes ga musim puasa. Asikkk

Leave a Reply

Required fields are marked *.