LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Hari Keluarga, Hari Kita Semua

| 66 Comments

Hari Keluarga, Hari Kita Semua adalah tema peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2019 ini. Oh ya, Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) diperingati setiap tanggal 29 Juni dan peringatan tahun ini adalah yang ke-26.

Apa itu HARGANAS?

Tanggal 29 Juni baru ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) melalui Keputusan Presiden RI no 39 Tahun 2014 pada tanggal 15 September 2014, namun peringatan HARGANAS pertama adalah pada tanggal 29 Juni 1993.

Peringatan Hari Keluarga Nasional dimaksudkan sebagai pengingat bagi masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Tema dan Slogan HARGANAS 2019

Sebagaimana tersebut di atas, tema peringatan Harganas 2019 ini adalah “Hari Keluarga, Hari Kita Semua”. Tema ini diangkat untuk menumbuhkan kembali kesadaran bersama akan pentingnya arti keluarga dalam tatanan kehidupan sosial. Sesuatu yang tampaknya agak terabaikan dalam masa sekarang ini. Adapun slogan HARGANAS 2019 adalah ‘Cinta Keluarga, Cinta Terencana’.

“Keluarga merupakan entitas terpenting bagi kehidupan seseorang sejak ia kanak-kanak. Melalui keluarga karakter dan kebiasaan seseorang terbentuk” -skata (dot)info-

Oya, seremonial peringatan HARGANAS 2019 akan dipusatkan di Kota Banjarbaru Prov Kalimantan Selatan pada tanggal 6 Juli 2019 yang akan datang. Nah…yang dekat sana asyik tuh ya, pasti banyak kegiatan menarik dalam rangka HARGANAS ini…

8 Fungsi Keluarga

Sahabat, di Hari Keluarga Nasional ini, ada baiknya kita mengingat kembali 8 Fungsi keluarga yang telah dirumuskan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ya.. Kedelapan fungsi keluarga itu adalah sbb :

  1. Fungsi Agama. Keluarga menjadi tempat di mana nilai-nilai agama diberikan, diajarkan dan dipraktekkan.
  2. Fungsi Kasih Sayang. Keluarga menjadi tempat pertama seseorang mengenal dan menerima kasih sayang. Ini menjadi modal penting setiap anggota keluarga untuk menumbuhkan dan menyebarluaskan kasih sayang dalam konteks yang lebih luas.
  3. Fungsi Perlindungan. Keluarga harus dapat berfungsi sebagai tempat yang paling membuat aman dan tentram bagi setiap anggota keluarganya.
  4. Fungsi Sosial Budaya. Keluarga merupakan tempat pertama pengenalan dan penerapan nilai-nilai sosial budaya yang berlaku dalam masyarakat.
  5. Fungsi Reproduksi. Melalui pernikahan yang sah, keluarga menjadi entitas yang mampu menghasilkan generasi penerus keluarga, penerus bangsa.
  6. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan. Dalam keluarga, seorang anak pertama kali belajar bersosialisasi dengan orang lain dan mendapatkan pendidikan yang akan menjadi dasar dalam pembentukan pribadi dan kehidupannya kelak.
  7. Fungsi Ekonomi. Dalam fungsinya di bidang ekonomi, idealnya keluarga harus berada dalam pondasi ekonomi yang relatif kuat. Kondisi ekonomi keluarga berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga.
  8. Fungsi pembinaan lingkungan. Keluarga juga memberikan dasar dalam pembinaan lingkungan, dalam hal ini lingkungan keluarga terdiri dari lingkungan internal dan eksternal. Tidak hanya lingkungan sosial namun juga lingkungan hidup sekitar.

Untuk dapat mewujudkan ke-8 fungsi keluarga tersebut, dilakukan upaya-upaya melalui 4 Pendekatan Ketahanan Keluarga, yaitu : (1) Keluarga Berkumpul;(2) Keluarga Berinteraksi; (3) Keluarga Berdaya ; dan (4) Keluarga Peduli dan berbagi.

Nah, mari kita cermati kondisi keluarga kita masing-masing. Sudahkah semua fungsi keluarga itu terwujud dalam keluarga kita? Jika belum, jangan berkecil hati. Setidaknya kita telah menyadari kekurangan kita, tinggal kemauan kita untuk memperbaikinya.. 🙂

Arti Keluarga bagiku

Apa arti keluarga bagimu, kawan? Jika pertanyaan itu ditanyakan kepadaku maka jawabanku adalah segalanya.

Ya, keluargaku adalah pendukung utama bagiku…sejak kanak-kanak hingga kini ku dewasa. Masih jelas teringat alm Bapak waktu itu memberikan insentif khusus bagiku ketika tahu puisi pertamaku terbit di majalah sekolah 😊 dan mendorongku untuk terus menulis dan menulis.

Kenangan indah lainnya adalah ketika almh kakak sulungku menguatkan hatiku untuk berani mengambil kesempatan kuliah di luar kota dan beliaulah yang meyakinkan Bapak-ibu (eh, terutama Bapak sih) untuk merestuiku merantau. Maklum, saat itu aku memang Si Anak Bapak yang terbiasa dimanja di rumah 😅

Ketika aku harus melalui saat-saat berat dalam hidupku, merasa sakit -baik sakit fisik maupun terluka hati- maka kepada keluargalah aku kembali untuk mendapatkan kekuatan untuk bertahan dan berjuang bangkit.

Tanpa mereka harus berpanjang kata, hanya dengan melihat senyum ataupun tatapan mereka yang menguatkan, aku menggali semua semangat di hatiku untuk berjuang bangkit dari keterpurukan. Semua itu karena aku tak ingin mengecewakan mereka yang tulus mempercayaiku dan terus mendukungku.

Rasa itu berlaku timbal balik. Aku pun ingin memberikan yang terbaik bagi keluargaku. Mendukung di kala mereka membutuhkan dukungan, menguatkan di saat-saat mereka merasa lemah, berbagi suka dan duka bersama.

Idealnya, memang begitu, tapi tak selalu semudah itu. Dalam keluarga sekalipun ada saat-saat yang membuat hati panas. Ada kalanya tak sengaja saling tersakiti. Tapi, bukankah darah lebih kental daripada air? Meski berat aku berusaha untuk tetap ingat bahwa mereka keluargaku. Saat-saat indah bersama menjadi kenangan yang membasuh hati yang luka dan kembali bersama saling mengasihi sebagai satu keluarga.

Hari Keluarga, hari kita semua. Ayo luangkan waktu berkumpul bersama keluarga. Mari kita jaga keluarga kita, anugerah terindah dari NYA dalam hidup kita. Seperti yang ada dalam lirik lagu Harta Berharga yang menjadi OST Film Keluarga Cemara berikut ini :

“harta yang paling berharga, adalah keluarga

istana yang paling indah adalah keluarga

puisi yang paling bermakna adalah keluarga

mutiara tiada tara adalah keluarga”

Sahabat Lalang Ungu, apa arti keluarga bagi kalian? Yuk, bagi pendapat kalian di kolom komen ya.. Sementara itu, salam sayang dari keluarga kami untuk keluarga teman-teman semua  😘😘😘

Keluarga Soeranto mengucapkan Selamat Hari Keluarga kepada keluarga-keluarga Indonesia…

Sumber bacaan : website BKKBN dan website SKATA.

66 Comments

  1. wah baru tau ada Harganas, dan 8 fungsi keluarga tsb kalau beneran diaplikasikan dan terwujud, insya alloh keluarga Indonesia bakal jadi keluarga yang setrong yaa

  2. Waaa aku jadi pengin nyanyi OST-nya Keluarga Cemara
    “Harta yg paling berharga…..adalah keluargaaa….”

  3. Saya dan suami mencoba membina keluarga kecil kami sebagai tempat yang nyaman bagi anak semata weyang. Kami telah belajar dari masa-masa yang tidak bisa keluarga asal berikan. Suami kehilangan kedua orang tuanya kala bayi dan diasuh kakek-neneknya. Sedang saya memiliki anggota keluarga yang kacau secara moral serta tidak bisa dijadikan teladan. Ya, ibu dan kakak lelaki meski sedarah tidaklah bisa menjadi anggota keluarga yang baik karena secara kejiwaan terlalu egois. Bagi mereka ada cara pola perilaku hidup yang ekstrem dengan menjadikan diri sendiri sebagai titik pusat ego diri yang berlebihan serta tidak bertanggung jawab. Tidak peduli pada perasaan dua anggota keluarga lainnya yang banyak mengalah.
    Belajar dari itu, saya tidak ingin anak dan suami tidak bahagia. Berupaya hidup tenang dan saling menghargai. Bukan hal yang mudah tetapi itulah cara saya memulai akar pohon yang baru kala pohon lama telah tumbang pondasinya dan menyisakan luka yang tidak begitu saja mudah diobati.
    Saya rasa harus ada Hari Keluarga Nasional agar ada banyak keluarga yang bahagia, dengan demikian anggota keluarga yang bahagia pun bertambah. Harganas bisa jadi pengingat akan pentingnya pondasi dasar keluarga itu bagaimana. Keluarga adalah pondasi bangsa sendiri.

  4. Saya juga baru tahu kalau tanggal 29 Juni adalah HARGANAS mbak. Dan 8 fungsi keluarga ini memang harus diterapkan dalam kehidupan berkeluarga sehari-hari. Bagi saya keluarga itu sangat penting artinya, tempat berkumpul, berbagi cerita, berkeluh kesah, menjalin kasih sayang makin erat, tempat mendidik anak, mengarahkannya, membekalinya dengan ilmu agama yang kuat serta tempat mencurahkan rasa sayang. Keluarga itu ibarat satu ikatan, makanya keterbukaan, kejujuran bahkan saling menghargai itu harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari….dan keluargalah tempat menuangkan ide kreatif demi mewujudkan hari tua yang lebih baik.

  5. Harganas mengingatkan kita semua untuk tafakur sejenak, mengingat keluarga. Apalagi dengan dibuatkan rincian 8 fungsi keluarga. Semoga semua anggota keluarga yang terpisah bisa ‘berkumpul’ lagi dalam silaturrahim.
    Sehat-sehat dan kompak terus semua anggota keluarganya ya, mba.
    Salam.

  6. Ternyata ada ya peringatan hari keluarga. Ini bagus mengingat saat ini fungsi keluarga semakin lemah ikatannya, terutama di kota-kota besar yang semuanya sibuk. Mulai dari orangtua sampai anak sibuk semua. Tapi alhamdulillah di lingkunganku, so far aku lihatnya adalah keluarga2 yang dekat satu sama lain. Saling dukung. Keluarga adalah pondasi awal tempat dibangunnya karakter yang baik utk tiap individu.

  7. Bagi aku, keluarga tuh emang segalanya mba. Tanpa keluarga tuh berasa hidup menjadi lebih hampa, mba. Aku baru tahu nih ada hari keluarga 🙂 Seru

  8. Aku kemarin ya baca mbak ttg hari Keluarga Nasional yang jatuh tgl 29 Juni. Dan pas lgi rame2nya juga ya ttg berita artis Korea yg memilih berpisah itu. Duuh, padahal keluarga itu kan yg menguatkan kita kan ya

  9. Baru tahu nih kalo ada peringatan hari keluarga nasional

    Sama seperti Mba, bagiku keluarga juga segalanya

  10. besar bangte keluarag itu segalanya, karena suak dan duka akan dirasakan tanpa pamrih

  11. Wah bagus jg ya ada hari keluarga sudah ke 26 tahun kok baru tau akutu.. keluarga memang elemen penting dalam negara jd memang hrs betul 2 diperhatikan sih..Krn berawal dr keluarga2 lah terbentuk nya masyarakat yg bahagia itu

  12. Waduh saya baru tahu kalau tanggal 29 Juni kemarin ditetapkan sebagai hari keluarga *ketinggalan banget nih

    Btw arti keluarga bagi saya sendiri sama seperti Mbak. Mereka adalah segalanya. Saya bisa tumbuh seperti sekarang berkat didikan dan lingkungan dalam keluarga terutama yang diterapkan oleh orang tua saya. Dan saya semakin dalam memaknai keluarga setelah punya “keluarga” kecil sendiri

  13. Meski kadang ada ribut2 dengan saudara ataupun pasangan, keluarga tetaplah ‘rumah’ yang paling nyaman untuk pulang. Hanya dalam keluarga lah kita bisa bebas menjadi diri sendiri. Selalu ada tempat untuk kita dalam keluarga, ye kaaann….

  14. Selama ini sudah tau Harganas tapi baru tahu 8 fungsinya, semoga keluarga kita tetap rukun dan penuh cinta, rezeki, berkah ya kak. Dan keluarga xemara bener2 contoh keluarga yang the best deh.

  15. Keluarga itu emang pondasi pertama dalam tumbuh kembang pola pikir dan kesehatan mental sih. Suasana rumah yang menyenangkan pastilah melahirkan anak-anak gemilang. Orang tua dan anak harus terus bersinergi untuk memiliki hubungan intens yang dekat. Jadi kangen mama papaku kakkk :))

  16. Baru tahu loh beneran, kalau ada hari keluarga hari kita semua. Keluarga memang menjadi satu satunya support system untuk melakukan sesuatu. Mau bekerja, selalu mengutamakan keselamatan keluarga pastinya. Mau ngajai, juga pasti bekal untuk mengajarkan kepada keluarga, iya kan ya. Selamat hari keluarga semua

  17. Saya baru tau ada Hari Keluarga Nasional ketika lihat foto instagram Mas Addie MS. Ya Allah, kudet banget ya saya..

    Sepertinya HARGANAS ini perlu sosialisasi lebih. Jadi harus dimeriahkan gitu, seperti peringatan hari-hari lainnya. Siapa tahu dengan cara ini, 8 Fungsi Keluarga bisa tercapai secara optimal. 🙂

  18. Keluarga adalah….tempat berbagi segala hal.
    Semoga tetap menjadi keluarga yang menenangkan dan dijauhkan dari permusuhan serta fitnah.

    Selamat Hari Keluarga Nasional.

  19. Fungsi afeksi paling kerasa sih di keluarga. Siapa lagi pintu pertama buat ngenalin rasa kasih sayang kalo bukan dari keluarga? 🙂

  20. Baru tahu ada hari keluarga. Dan memang keluarga itu yang paling utama. Apalagi aku sekarang hanya berempat saja tanpa anak2.. Insya Allah melakukan yang terbaik buat mereka

  21. Benar banget, pondasi utama seseorang ya keluarga yang mendukung ya, semua kebiasaan baik berawal dari keluarga

  22. baru tahu kalau tanggal itu adalah hari keluarga, kalau aku, hari keluarga adalah weekend karena bisa jalan-jalan bertiga hahaha

  23. Keluarga adalah support system terbaik. Keluarga yang paling tahu tentang aku & kebutuhanku.

    Selamat hari keluarga!

  24. Keluarga memang segalanya ya mbak, tempat kita kembali ketika lara. Keluarga juga menjadi amunisi ketika semangat ngedrop. Jadi bener banget kalo ada hari Keluarga, sebagai pengingat bahwa keluarga itu penting karena tempat tumbuh anggota keluarga agar menjadi manusia-manusia yang baik hati dan punya empati

  25. Saya ingat, pernah ada yang bilang bahwa menghebatkan Indonesia diawali dengan menghebatkan keluarga. Dan saya percaya itu. Meski ada praktiknya, 8 point itu ndak mudah dijalani ya hehe.. Ada aja ujiannya. Tapi jika visi misi dalam keluarga sudah sejalan, InsyaAllah bisa menjalani dengan kompak.

  26. Baru tahu ada hari spesial ini mbak. Sepakat banget keluarga segalanya. Saat up n down merekalah yg selalu di garda depan. Dan dari keluargalah sebuah momentum tercipta…

  27. Menurutku keluarga tempat belajar terbaik, mb 🙂
    Akademik dan nonakademik semuanya dapat! Sampai akhirnya berkeluarga sendiri pun, keluarga inti tetap jadi role model-nya. Salam untuk seluruh keluarga!

  28. Keluarga, tempat kasih sayang yang tak akan pernah hilang. Sebagaimana pun bentuknya kita, akhirnya keluargalah yang plg menerima kita.

  29. Mba Tanti jadi bikin kangen ama keluarga hehehe
    aku kalo pulang ke Kendal bahagia banget
    soalnya bisa jumpa ibuk, masku. Meski ketemu aja udah seneng
    Di Comal ya keluarga tapi keluarga dari suami, wkwkwk

  30. Sama dong mba, keluarga juga segalanya bagiku. Hanya dengan mereka semuanya bisa kita lakukan tanpa perlu jaim :)) Sudah terbukti, hanya keluarga yang paling tulus menyayangi kita meskipun kita melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang.

  31. Keluarga bagiku yang anak tunggal itu adalah nggak ada duanya. Aku nggak tahu deh kayak apa aku sekarang kalau tanpa bapak ibukku, Mbak. Aku nggak bisa auh dengan mereka. Aku mau melakukan apapun demi mereka bisa bahagia.

  32. Arti keluarga bagiku, terbesar adalah tentang hal-hal baik selama di dunia dan sampai akhirat nanti.

    InshaAllah aamiin ^^

  33. Keluarga sgat penting bagiku, tp aku bru tau ada hari keluarga nasional.
    Bagiku nih, keluarga adl tempatku pulang, setiap ada ksusahan hanya od mereka aku berani bilanh

Leave a Reply

Required fields are marked *.