LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Portulaka / krokot hias

Mudahnya Bertanam Krokot Hias

| 72 Comments

Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu… Sahabat, dalam tulisan kali ini aku ingin menceritakan tentang mudahnya bertanam Krokot Hias.. Oh ya, teman-teman sudah mengenal tanaman Krokot bukan? Untuk menyegarkan ingatan, ini dia salah satu penampilan Krokot Hias.

Nah, bagaimana, sudah sering melihat tanaman ini kah? Di pedesaan atau daerah pinggiran kota, Krokot merupakan tanaman liar yang tumbuh begitu saja di halaman atau lahan-lahan terbuka. Namun saat ini di perkotaan, tanaman ini sudah menjadi salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai nilai ekonomis / diperjualbelikan.

Jenis Krokot Hias

Jenisnya pun tidak hanya satu macam, baik itu jenis tanaman maupun warna-warni bunga dari masing-masing tanaman. Itu sebabnya, tanaman yang dikenal juga dengan nama Moss Rose / Mawar Tanah ini menjadi alternatif pilihan sebagai tanaman penghias taman / pekarangan / teras-teras rumah.

Krokot berdaun runcing

Krokot hias berdaun runcing

Krokot hias berdaun runcing

Krokot berdaun bulat

Krokot hias berdaun bulat

Krokot hias berdaun bulat

Nah, itulah antara lain dua jenis krokot atau Portulaka yang rupanya tidak hanya berbeda bentuk daun saja, namun juga bentuk bunganya tidak sama ya..

Portulaca grandiflora adalah nama latin dari bunga cantik yang mempunyai banyak nama / sebutan ini. Selain Mawar tanah / Moss Rose, adapula yang menyebutnya Bunga Pukul Sembilan -merujuk pada waktu mulai mekarnya yaitu pada pukul 9 pagi- juga ada yang menyebutnya sebagai Bunga Sutera Bombay.

Konon, bunga yang juga dikenal sebagai Bunga Alur atau Krokot Jarum ini berasal dari Amerika Selatan ( Brazil, Argentina, Uruguay) dan kemudian menyebar ke pelosok dunia, termasuk ke Indonesia.

Tanaman ini termasuk tanaman semusim berbatang basah, mempunyai batang dengan panjang sekitar 15-30 cm dan bercabang-cabang mulai dari pangkalnya. Ohya, batang krokot yang berwarna merah/hijau ini bisa tumbuh tegak ataupun menjalar.

Bertanam Krokot

Portulaka Krokot hias

Mari bertanam Krokot Hias / Portulaka

Portulaka atau krokot ini adalah tanaman yang sangat mudah ditanam, oleh pemula sekalipun. Bahkan ada yang berseloroh bilang, ini adalah tanaman anti gagalsaking mudahnya ditanam dengan jaminan hidup yang tinggi! Hehe..

Apakah harus ditanam dari biji?

TIDAK. Itulah salah satu kemudahan bertanam krokot. Tanaman ini dapat ditanam dari biji ataupun dari batang. Bila ingin bertanam dengan biji, maka kumpulkan buahnya yang mungil-mungil, biji berwarna coklat itu dapat langsung ditanam di media yang sudah disediakan.

Selain dengan biji, yang lebih mudah lagi adalah bertanam dengan batang. Yang diperlukan hanyalah batang-batang yang dipotong seukuran panjang jari. Untuk mendapatkannya dapat meminta dari teman-teman yang memiliki krokot atau membeli 1 pot krokot dari penjual tanaman hias, lalu dapat kita kembangkan sendiri.

Langkah-langkah bertanam Krokot dengan batang

  1. Siapkan batang-batang krokot yang akan ditanam dengan cara memotongnya dari tanaman krokot yang telah rimbun.
  2. Siapkan tempat menanam (bisa menggunakan polibag, aneka jenis pot ataupun lokasi lahan -bila ingin ditanam langsung sebagai penutup tanah / groundcover)
  3. Siapkan media tanam, berupa tanah yang sudah dicampur dengan humus / pupuk, masukkan ke dalam tempat tanam. Jika sebagai groundcover, gemburkan lahan yang akan ditanami. (Baca juga : Yuk membuat media tanam organik)
  4. Tancapkan batang-batang yang sudah dipotong, sesuai dengan kerimbunan yang diinginkan.

    Bertanam krokot dg batang

    Sesaat setelah batang-batang Krokot ditanam

  5. Siram pot / lahan yang sudah ditanami Krokot.
  6. Simpan / letakkan pot di tempat yang diinginkan.

    Bertanam krokot hias

    Beberapa hari setelah ditanam

Perawatan Krokot hias

Nah, setelah beberapa hari Krokot yang kita tanam akan tumbuh subur. Tak perlu disiram terlalu sering, terutama pada krokot jenis daun bulat. Jika tanah terlalu lembab, dapat muncul jamur-jamur putih di bawah daun. Oleh karena itu, perhatikan saja media tanamnya, jika sudah tampak kering baru disiram.

Krokot juga merupakan tanaman penyuka sinar matahari, jadi tak perlu diberi naungan untuk tanaman ini. Benar-benar tanaman yang tidak rewel deh! Hehe..

Bam bekas sebagai pot tanaman

Portulaka, krokot hias pecinta sinar mentari

Hanya saja, bila ditanam di pot, sekitar 3 bulan atau bila tanaman sudah tampak kurang subur -yang ditandai dengan daun yang rontok, batang patah-patah dan bunga tak lagi rajin muncul,-maka pot portulaka itu perlu dibongkar, ditanam ulang / ‘dipecah’ untuk ditanam dalam pot-pot lainnya.

Penataan / penempatan Pot Krokot

Setelah tumbuh subur, pot-pot berisi tanaman yang rajin berbunga ini dapat kita tempatkan sesuai selera kita. Bisa kita deretkan / kelompokkanย  pot-pot itu sesuai jenis / warna, bisa pula kita gabungkan beberapa jenis / warna dalam satu kelompok atau bahkan ditanam dalam satu pot.

Selain itu, dapat pula ditempatkan dalam pot-pot gantung sebagai penghias pinggir teras rumah kita. Alternatif lain adalah menanamnya secara vertikal, yaitu dengan menggunakan pot-pot yang menempel di dinding / pagar atau menggunakan rak susun.

Penataan pot Krokot Hias

Beberapa alternatif penataan pot Krokot Hias

Nah teman…itulah ceritaku tentang mudahnya bertanam krokot hias. Tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya, hasilnya kita dapat menikmati keindahan bunganya yang warna-warni menghiasi halaman / teras rumah kita. Bagaimana, mau mencoba? Atau ada teman yang sudah bertanam Krokot juga? Yuuk, bagi ceritanya di kolom komen ya..

72 Comments

  1. waooo waooo waaoooo, mata jadi berbunga-bunga liat bunga ini hahaha.
    Dulu saya punya banyak bunga kayak gini di rumah ortu.
    Waktu kecil saya suka banget bikin taman bunga di depan rumah.
    Dan bunga-bunga aneka warna ini selalu jadi salah satu favorit ๐Ÿ˜€

    Tapi baru tahu kalau namanya bunga Krokot hehehe

  2. Cantik cantik ya bunganya. Cara menanam dan merawatnya juga lumayan mudah ya. Di tempat saya belum ada tuh bunga krokot ini. Kalau beli membubarkan belum tahu bakal tumbuh atau gak.

  3. Beluuum coba nanam tapi pengen juga coba nanam-nanam tanaman hias agar rumah gak suram. Sudah coba nanam di pekarangan depan tapi struktur tanahnya yang melandai jadi susah dan bikin saya malas karena kalau hujan air dari atas akan menyerbu ke bawah dan merusak tanaman. Yah, mesti minta suami bikin semacam meja bertingkat untuk pot-pot tanaman atau polibag agar bisa nanam dan gak diganggu ayam.
    Krokot itu bunganya cantik tapi namanya berkesan aneh, entahlah. Dari bahasa apa, ya? Saya tidak tahu kalau dalam bahasa Sunda disebut apa. Belum googling.
    Sepertinya saya harus merayu suami agar mau meluangkan waktu untuk bikin meja rak tanaman, sudah lama saya pengen dan pernah bilang tapi suami sibuk dan lelah jadi tidak tega.
    Padahal nanam krokot sebagai permulaan bisa untuk menyemarakkan pekarangan rumah. Bosan suram gini tanpa tanaman hias karena piara ayam jadinya takut dirusak.

    • Iya mba..tanaman ini mudah dan indah bunganya sebagai penyemarak lingkungan rumah kita. Kalau ada kaleng2 bekas atau peralatan dapur bekas bisa dipakai juga tuh mba untuk pot nya..hehe

  4. Krokot ini cantik, mudah dikembangbiakkan dan hasilnya bisa banyak, ya. Sangat umum dijumpai sebagai tanaman hias.

  5. Cantik yaaa mba bunganya.. aku baru ngeh namanya krokot. Mau deeh coba di rumah

  6. oo bunga ini namanya bunga krokot hias ya xD bagus yaa.. pernah liat sesekali di pot bunga orang, hihi.. pengen juga punya tanaman hias deh jadinya..

  7. Sukaaaaaaa banget lihatnya Mbak. Tertutama yang krokot berdaun runcing. Jarang banget saya lihat di sekitar rumah saya yang tumpuk begitu. Kebanyakan yang hanya satu saf. Cantik banget ya….

  8. Zaman dulu sempat punya salah satu jenis krokot ini…baru ngeh kalau itu namanya Krokot hehe..

  9. Ibu ku suka banget nih krokot, banyak jenisnya dan nanamnya juga gampang banget ya mbak..aku lihat ibuku cuma nanam batangnya gitu aja.

  10. cantik-cantik bunga krokotnya mbak. btw beli benihnya di mana ya mbak? aku pingin nanam deh biar agak berwarna terasku ๐Ÿ™‚

  11. Bagus bangeet bunganya..menanam dan merawatnya mudah ya. Di kampung Saya jg banyak bunga ini, tapi baru tau namany krokot ya

  12. Aku baru tau lho nama tanaman ini tuh krokot dan di SMA ku dulu ada tanaman ini di lahan kosong dpn kelas jadi ga pakai pot gitu kak.

  13. aku baru namanya Krokot mba dan variannya juga beda2 yah, kebetulan banget lagi pengen bercocok tanam baca cara tanam dan cara rawatnya termasuk gampil y mba apalagi bisa pake batangnya ditancepin

  14. Uda cantik…gak rewel pulaaa…
    Aah,
    Kayanya ini cucok buat tamanku.
    Hehhe…

    Jadi ingat mahkota-mahkotaan anak-anak yaaa…

  15. Namanya Krokot? ih cantik banget, ini bunga yang kecil-kecil biasa dijadikan tanaman hias di taman ya? banyak jenisnya tapi tep namanya Krokot ya? dulu aku suka banget tuh, buat mainan masak-masakan, kalau sekarang nanem terus anak ambil untuk mainan masak-masakan, sepertinya kumarahi deh, hehehee, cantik gitu bunganya

  16. saya pikir tadi krokot adalah nama tanamannya, cantik cantik ya bunga liar ini, saya jadi ingin nanem juga dirumah kebetulan ada sisa pekarangan

  17. Waahh, ada ya Mbak tanaman anti gagal. Jadi pengen juga deh tanam bunga krokot ini. Warnanya pun cantik2 ya Mbak. ๐Ÿ™‚

  18. Oalah nama tanaman cantik ini krokot ya. Baru tahu saya. Sering banget lihat tanaman ini dan memang biasanya untuk menutup tanah di halaman gitu ya, walau ada juga yang tanam di pot sih. Dulu sempat mengira menanam dan merawatnya bakal ribet, ternyata tidak ya.

  19. aku punya tanamana mawar di rumah tapi sepertinya yang berdaun bulat itu belum menemukan bibitnya disini mba. bagus warnanya aku suka, dan beda bentuknya ya dari mawar pada umumnya ya

  20. kan krokot selain bisa jadi hiasan juga bisa dimakan mba. Direbus trus dimakan ama sambel kacang. nyam

  21. Saya suka sekali lihat taman-taman yang berbunga-bunga. Tapi sayangnya, saya nggak bisa merawat tanaman ๐Ÿ™ Tanaman yang saya beli, padahal tidak berbunga, dalam waktu 2 minggu sudah mati ๐Ÿ™ Pernah juga diberi kenang-kenangan bunga mawar dalam pot. Mati juga dalam waktu semingguan. Hiks sayangnya :((((

  22. Baru tahu nama bunganya bunga krokot, cantik dan warna-warni pas banget untuk mempercantik taman dan halaman depan rumah ya mba

  23. Hoalaaah aku baru tau namanya krokot. Tak kira ini sejenis tanaman liar gitu, ternyata emang liar ya xD cuma enak diliat. Warna warninya bikin seger mata

  24. Zaman masih anak-anak dulu, tanaman seperti ini namanya “Siti Maryam”. Dan gak tau juga gimana asalnya kok bisa punya nama seindah itu. Apa mungkin karena bunga-bunganya yang cantik memukau, secantik si Siti Maryam.

  25. Tanaman ini cantik untuk ditaruh di pagar, atau di dinding ya mbak. Tapi itu ditaruh di ban bekas juga cantik ih, gemes jadinya. Tapi ban nya kudu dicat dulu agar menarik juga

    • Di rumahku tak taruh di kaleng2 bekas mba.. warna-warni bunganya ‘menyembunyikan’ kaleng2 bekas yg tak sempat ku cat ulang itu..hehe..

  26. Bagus banget mbaa. Aku kalo lihat penjual taneman bawaannya pengen beli, tapi kadang komitmen merawatnya yang susah, haduuh.

  27. Teenyata krokot banyak macamnya ya mbak bunganya cantik2 deh. Ni kayanya tanaman yg aku cari buat di rumahku soalnya di rumah tamannya tu pas kena matahari banget jadi seringnya kalo aku nanam selalu mati

  28. Mbak suka berkebun ya? aku juga suka tapi sayangnya gak istiqomah hahaha.. Nanam bunga-bunga gini, bikin pemandangan di rumah jadi seger pasti

    • Berkebun saat kumat rajinnya..haha.. Tapi sekarang mau gak mau harus suka karena kerjanya di kebon & sawah..hehe .

  29. betul banget mbak, krokot hias ni tanaman yang mudah banget tumbuh dan perawatannya mudah. warna warni bunganya juga macem macem, bagus cantik. tapi kok kalau liat ini rasanya pengen bikin pecel krokot aja ya? hihii

    • Kalo yg krokot berbunga ini tetep bisa dipecel gak sih mba? Setahuku yg dipecel yg bunganya kecil-keciiil itu ya?

  30. aku tuh salut sama yang telaten mengurus tanaman, dulu pas awal di rumah baru setelah merit, sempat tanam ini itu tapi karena berakhir mati jadinya kapok huhuhu

  31. Tetanggaku bertanam ini dan kalau pas mekar, ya Allah cantiknya, warna-warniiii

  32. Suka banget lihat krokot pas lagi berbunga, apalagi warna-warni cantikkk. Dulu waktu masih kecil adanya krokot daun lebar yang bunganya pink, jarang banget lihat krokot warna lain. merasa amazed banget pas lihat krokot macem2… dasar anak kecil ya… ๐Ÿ˜€

  33. Ibuku nih mba yang seneng tandur2 gini. Ntar soal krokot hias ini akan kuceriatkan ke beliau, pasti njuk seneng dan mencari biji atau batangnya. Sering tuker2an tanduran sama teman komunitas lansia tuh beliau.

  34. Orang tua saya di rumah juga pernah memelihara krokot. Bunganya warna-warni. Terus, nggak diapa-apain juga hidup sendiri. Benar-benar tanaman mandiri. Tapi saya baru tahu ternyata nama lainnya moss rose. Keren juga nama asingnya.

  35. Wah, pas banget nih. Suamiky lagi rajin-rajinnya menata taman. Terima kaish ya mbak artikelnya. Tak catet.

  36. Dulu aku suka nanem ini mbaaw
    Tapi sekarang udah nggak. Nggal punya tanah luas soalnya hahahha. Ibuku tiap nandur ini bisa tumbuh apik.

  37. Baru tahu ada beberapa jenis krokot ternyata. Ku kira cuman krokot yg bisa disayur yg daunnya kecil itu bu.

Leave a Reply

Required fields are marked *.