LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Pantai Goa Cemara

5 Keistimewaan Pantai Goa Cemara Bantul

| 103 Comments

Pantai Goa Cemara

Hai, Sahabat Lalang Ungu… Salam Jumpa… Kali ini aku akan menceritakan pengalaman kami saat menghabiskan sepenggal siang di Pantai Goa Cemara Bantul yang mempunyai banyak keistimewaan, dan 5 di antaranya kutuliskan kali ini.

Oh ya, kunjungan kami ke Gocem -sebutan lain untuk Pantai Goa Cemara itu- sudah beberapa hari yang lalu, tepatnya Hari Minggu, 21 Juli 2018 yang lalu saat kami mengantar ibu yang ingin bersilaturahmi ke keluarga di Solo dan Jogja

Lokasi Pantai Goa Cemara

Sebelum cerita lebih jauh, aku ingin bertanya nih.. Apakah teman-teman sudah tahu lokasi pantai ini? Atau pernah berkunjung sebelumnya?

Pantai Gocem (Goa Cemara) ini merupakan satu dari sekian banyak pantai yang letaknya relatif berdekatan, di wilayah Bantul. Tepatnya di Jl Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Pantai Goa Cemara Bantul

Lokasi Pantai Goa Cemara di Google map

Rute dari arah Jogja :

Jika teman-teman ingin menuju pantai ini dari arah Kota Jogja inilah rute kasarnya : Jokteng Kulon – Bantul – Perempatan Polbapang belok kanan-  Pos Retribusi Pantai terpadu (Samas dan sekitarnya) – lurus terus, di pertigaan ambil yang lurus – lalu di persimpangan ke Pantai Pandansari masih ambil jalan yang lurus – selanjutnya belok ke kiri mengikuti panduan arah ke Pantai Goa Cemara.

Atau bisa juga menggunakan google map.  Masukkan saja nama ‘Pantai Goa Cemara’ di google map dan klik ‘petunjuk arah’ dan ‘mulai’ maka sesembak dari google akan memandumu ke arah pantai ini dari lokasimu. Namun perlu lihat-lihat sekitar juga, kemarin kami sempat diajak muter-muter oleh petunjuk dari si mbak google ini, yang berakhir di Pantai Gocem lewat jalan belakang  🤣  Rupanya kadangkala sistem ‘GPS = Gunakan Penduduk Sekitar’ alias bertanya langsung ke orang sekitar lebih tepat hasilnya..haha…

Apa saja keistimewaan Pantai Goa Cemara?

Berikut ini adalah list berisi 5 diantara banyak keistimewaan Gocem :

1. Teduh karena rimbunnya Pepohonan Cemara

Adakah teman-teman yang suka menikmati pemandangan pantai yang indah namun seringkali merasa enggan ke sana karena umumnya pantai itu identik dengan panas? Hamparan pasir luas memang nyaman dipandang namun pepohonan di pantai (umumnya Pohon Kelapa) biasanya jaraknya berjauhan hingga terik mentari sangat tak nyaman di badan kita.

Kondisi itu berbeda lho dengan Pantai Gocem, teman-teman…

Pohon Cemara Udang di Pantai Goa Cemara

Rimbunnya pepohonan Cemara Udang di Pantai Goa Cemara

Yang pertama kali menawan mata kita saat sampai di Pantai Gocem ini adalah banyaknya Pohon Cemara. Apalagi di sekitar bibir pantai…pepohonan Cemara Udang itu relatif rapat sehingga banyak  tempat yang bisa digunakan pengunjung untuk berteduh dengan nyaman sambil menikmati deburan ombak dan belaian angin pantai.. ahaay…

Di beberapa tempat, pepohonan itu tumbuh cukup rapat hingga ranting-rantingnya saling bertaut satu sama lain, menjalin membentuk lorong atap atau sekilas terlihat seperti goa. Mungkin itu sebabnya pantai cantik ini dinamakan ‘Goa Cemara’

2. Punya beberapa alternatif kegiatan wisata

Apa saja yang bisa kita lakukan di Gocem ini? Mungkin banyak teman yang bertanya-tanya begitu.

Bersantai di Pantai. Tentu saja inilah aktifitas utama kita di Pantai Goa Cemara. Berkejaran dengan lidah ombak di bibir pantai, bermain pasir atau sekedar jalan-jalan dan duduk-duduk santai di pinggir Pantai Goa Cemara ini sungguhlah asyik.

Pantai Goa Cemara Bantul

Asyiknya bermain di Pantai Goa Cemara Bantul

Namun ternyata di Gocem ini kita tidak hanya bisa piknik / duduk santai di pinggir pantai lho.. Ada beberapa alternatif kegiatan di Pantai Gocem, antara lain :

Berkuda. Pengunjung dapat berkuda di pantai ini dengan dipandu oleh pawang kudanya. Biayanya adalah Rp.30.000,- per orang untuk 1x putaran.

Berkuda di Pantai Goa Cemara

Berkuda di Pantai Goa Cemara

Bermain ATV. Tidak hanya di Parangtritis  yang menyediakan sewa ATV lho…di Pantai Gocem ini pun kita bisa melakukannya. Anak-anak, remaja ataupun dewasa boleh menaiki ATV ini dengan biaya sewa Rp.30.000,- perkendaraan untuk 10 menit.

Permainan anak di Pantai Goa Cemara

Permainan anak di Pantai Goa Cemara

Permainan anak & Kolam renang anak. Di antara jalan masuk dan bibir pantai, ada beberapa alat permainan anak antara lain kotak pancing ikan2an, juga ada kolam-kolam kecil di mana anak-anak dapat berenang karena memang tidak diperkenankan berenang di laut pantai ini (namun kemarin kulihat banyak yang melanggar larangan ini ☹️ )

Berkemah. Ada camping ground nya juga lho di kawasan Pantai Gocem ini. Beberapa tahun lalu kami pernah menjenguk keponakan yang kemah semalam di sini, saat itu dia masih SD. Sayangnya aku tidak tahu berapa biaya camping di sini sekarang.

Mengunjungi Penangkaran Penyu Hijau. Masih di kawasan Pantai Gocem, kita dapat juga mengunjungi penangkaran penyu -khususnya Penyu hijau- untuk lebih mengenal tentang binatang laut satu ini.

Belanja. Haha…ini mah hobi emak-emak ya.. Nah, di kawasan Pantai Gocem ini ada juga pasar tradisionalnya lho.. Berbagai dagangan digelar di sana mulai dari makanan, peralatan dapur hingga pakaian. Letaknya dekat dengan Gerbang Masuk.

3. Harga tiket murah

Wah..asyik juga ya main ke Pantai Goa Cemara Bantul ini, tapi apakah HTMnya mahal? mungkin ada di antara teman-teman yang bertanya-tanya demikian.

Nah, jawaban dari pertanyaan itu adalah : TIDAK. Ya, HTM ke Pantai Gocem alias Goa Cemara ini murah kok… Dengan membayar Rp. 10.000,- / orang saat di pos retribusi Pantai, kita sudah bisa masuk tak hanya ke Pantai Gocem ini tapi juga ke beberapa pantai lain yang berdekatan.

Yang benar saja…kok bisa?

Asli ini beneran kok. Nih kalau nggak percaya ada bukti tiket / tanda masuknya seharga Rp. 9.750,- dan tertulis di papan pengumuman selain tarif retribusi tersebut juga ada biaya asuransi Rp. 250,- sehingga total biaya masuk / orang adalah Rp. 10.000,-

Retribusi & asuransi ke Pantai Goa Cemara

Retribusi & asuransi ke Pantai Goa Cemara

Tarif itu berlaku 1 kali masuk ke beberapa pantai a.l : Samas, Goa Cemara, Patehan, Kwaru, Pandansimo dan Pandansimo baru. Mantaaab bukan? ☺

Setelah membayar di pos retribusi  tersebut kita hanya perlu membayar tarif parkir di masing-masing pantai tersebut. Tarif parkir di Pantai Goa Cemara sendiri sebesar Rp. 15.000,- untuk bus, Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 2.000,- untuk sepeda motor.

4. Buka 24 jam

Keistimewaan lain yang menjadi daya tarik dari Pantai Goa Cemara ini adalah jam buka / operasional yang seharian alias 24 jam!

Mungkin ini karena adanya area berkemah / camping ground ya.. meskipun demikian, dari beberapa sumber sempat kuperoleh informasi bahwa kunjungan yang paling ramai di pantai ini adalah pagi, siang hingga sore hari. Menyaksikan sunset di Pantai Goa Cemara konon merupakan salah satu tujuan dari pengunjung pantai ini, yang membuatku penasaran untuk membuktikannya suatu waktu nanti..hehe..

5. Dekat dengan tempat-tempat wisata lainnya

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, lokasi pantai ini berdekatan dengan beberapa pantai lainnya di Bantul, yaitu : Pantai Samas, Pantai Patehan, Pantai Kwaru, Pantai Pandansimo dan Pantai Pandansimo baru.

Selain itu, saat menuju ke pantai ini -dari arah Jogja- kami melewati setidaknya ada 2 taman bunga yang difungsikan juga sebagai wisata Selfi kekinian, salah satunya adalah Taman Bunga Romantic Garden yang sempat kami singgahi sejenak dalam perjalanan pulang dari Pantai Goa Cemara. Nantikan cerita tentang Romantic Garden ini tayang di Lalang Ungu ya.. ☺

Nah teman, itulah ceritaku tentang 5 keistimewaan Pantai Goa Cemara Bantul yang merupakan daya tarik bagi para pengunjung termasuk keluarga kami. Apakah teman-teman pernah berkunjung ke Gocem juga? Yuuk..bagi ceritanya di kolom komen ya..

Baca juga : Singgah sejenak di Taman Bunga Romantic Garden Bantul

103 Comments

  1. Biasanya pantai identik dengan pohon kelapa. Tapi, ini unik banget ya, Mbak. Malah banyak cemara di sana. 🙂

  2. Whoaaa, aku mauuuk ke sini
    Aku udah lama banget ngga mantai nih mbaaa

  3. Ohh ini tho enampakan Gocem, awal Juli pas liburan ku mau kesana sama anak, ga keburu waktunya cuma sampe menjajal pinus di mangunan dsk.
    Btw beneran ya murah banget cuma 10’rb bisa memanjakan mata, pohon2 cemaraa rindang gitu, baiklah next journey pake maps ke Gocem

  4. Wah bagus juga ya pemandangan pantai Goa Cemara ini, pengin ke sana juga. Anak-anak suka kalo diajak ke pantai. Ternyata bisa camping juga di sana ya, bisa lihat sunrise dong nantinya. Pasti indah banget.

  5. Belum pernah ke sini, tapi kapan hari liat di akun instagramnya siapa ya, mereka lagi ke pantai ini dan mupeng.
    Boleh banget nih kalau ke sana mampir, masa iya setiap ke sono mainnya di pantai parangtritis mulu hahaha

  6. Duh, asyik banget ya tempatnya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Mana murah punya HTM-nya. Andai deket deh….

  7. Bagus sekali pantainya mbaa. Kalau kayak gini, jadi puasa untuk menghabiskan waktu di pantai bersama keluarga 🙂

  8. Gmaps memang kadang galau 😉 Aku sampai goa cemara nggak sengaja malahan, dari mangunan ambil jalan pintas ke parangtritis, trus nemu plang penunjuk ke goa cemara.

  9. Bagus banget nih mbak sebagai destinasi tujuan wisata. Berwisata ke Goa Cemara bisa menikmati pemandangannya lengkap dengan spot-spot yang ditawarkan. Apalagi kalau tiket masuknya murah, pastinya bisa mengajar serta anggota keluarga untuk menikmati liburan di sini. Ah Jogja selalu indah untuk dikunjungi.

  10. aku pernah foto prewed disini haha jaman kuliah ada 1 spot di goa cemara yang waktu itu terkenal dengan nama “spot fenomenal” gara2 saking viral dan fenomenalmya spot iti sampe harus antri kalau mau foto

  11. KAdang map itu aneh bikin kita nyasar juga ya mbak hihihi, eh itu sih aku deh pernah disasarin sama map.
    Bagus ya banyak pepohanan cemara gitu berasa lagi gak di Indonesia 🙂

  12. Wah seru bangey di pantai ini ya mbak, banyak kegiatan dan permainan. Apalagi tiket cuma 10.000 bawa keluarga happy banget.

  13. Duh, adem bener liat pantainya mba, ada tempat main anak sama kolam renang buat anak pula, ada tempat belanja dan ada kudanya juga seneng banget semuanya ada ya 🙂

  14. Recommended banget pantai goa ini ya Mbak, karena punya banyak kelebihan udah gitu harga tiketnya terjangkau pula. Coba kalau dekat, pasti pantai ini bakal jadi destinasi wisata yang kudu saya datangi

  15. Enak banegt ya ga hanya pantai aja tapi ada aneka mainan yang bisa dinikmati anak-anak seperti kolam renang. Btw harga masuknya juga murce banget ya 10 ribu kita bisa seharian disini.

  16. Baru tau lho mba soal Pantai Gocem ini. Seneng deh baca tulisan Mba Tanti yang sering jalan-jalan dan rajin menuliskannya di blog.

  17. Kalau ke Jogja belum pernah nih ke wisata alamnya jd pengen ke pantai nya juga nih kalau ke sana..

  18. Bisa foto Outfit Of The Day dong di sini karena background pohonnya yang artistik…

  19. Pohon pohon besar itu mengingatkan aku pada suatu daerah di luar negeri deh hehe.. bagus ya pemandangannya.. komplit banget ya.. ada pantainya.. bisa naik kuda.. dan juga bisa foto foto dengan background pohon besar seperti layaknya di luar negeri lho.. suka deh

  20. oh, ga boleh berenang di pantai, ya. Pantesan adanya kolam renang anak.
    Btw, unik ya di dekat pantai malah ada pohon cemara. Biasanya cemara kan di pegunungan.

  21. Waah disini pantainya berpasir hitam ya? Dan 10ribu untuk beberapa pantai? Wow murce banget haha.. berarti garis pantainya panjang yaaaa..
    dan ngebayangin pantai duh debur ombak apalagi sama teduhnya hutan cemara duh duh jadi pengen kesana

  22. Htm nya terjangkau banget kak. Indah banget yaaa. Andai dekat dari rumah kujabanin deh skrg hehehe lagi kangen pantai soalnyaaaa

  23. Nah, kebetulan mau ke Jogja tanggal 20an ini…..dari jogja enake naek apa mas? Nyewa motor? Berapa lama perjalanannya kesana?

  24. Waktu liburan hari raya aku mau ke Goa Cemara. Belum sampai lokasi ternyata macet berat 🙁 eh ternyata bagus juga ya.. mungkin harus diagendakan kalau bukan liburan long weekend

  25. Mau ah kapan2 naik kuda berkeliling … eh tapi cuma bisa satu putaran ya 30K itu? Bisa nego kalinya kalau pinjam kudanya kepengen muterin Pantai Goa Cemara hihihihi 🙂 Kelihatan teduh ah ga panas2 amat kecuali di pantainya kalau siang hari bisa ga adem. Cerita yang menyenangkan nih. Ajaka keluarga halan2 di sini bakalan seru dan ga akan terlupakan. HTM nya murah lah 🙂

  26. Namanya lucu juga kalau disingkat jadi Gocem. Hehehe. Btw komplit yah mau main apa aja disini

  27. Di satu tempat banyak hal yang bisa dilakuin dan dekat dengan tempat wisata lain juga, waah enak sekali ini.

  28. aaaakkkk jadi inget mas mantan, wkwkkw
    kl ke Jogja pasti nggak pernah absen main ke pantai, pernah beberapa kali main ke pantai goa cemara, uwuwuwuw

  29. Namanya asing banget, bahkan saya baru mendengarnya

  30. Di Jogja yang destinasi pantai baru sempet ke Gunung Kidul, itu pun hanya beberapa. Kl diliat sih ini agak keluar ya dari daerah Gn. Kidul?

    Tempatnya menarik banget, terutama area yang ada pohon cemaranya itu. Lumayan ya ada teduhan alami hehe.

  31. Kalau ke Goa Cemara sih belum pernah, tapi udah ke Pantai Pandansari di sampingnya. Lebih tertarik sama mercusuar Pandansari sih daripada pantainya. Di Pandansari juga pantainya rindang dengan pepohonan cemara, jadinya suasana sejuk dan teduh.

    Wah, lengkap juga ya sampai ada kolam renang segala 😀

  32. unik2 ya pnatai di Jogja ini, masing2 punya ciri khas…
    waktu itu sempat mantai ke beberapa tempat, tapi nggak ada pohon cemara…
    he.. he.. tulisannya belum kubuat

    btw ini mirip dengan Pantai Panjang di Bengkulu yang banyak cemara juga

  33. Pingback: Singgah Sejenak di Taman Bunga Romantic Garden Bantul |

  34. Belum pernah ke Bantul saya mbak. Pernahnya ke Jogja tapi itupun 15 tahun yg lalu. ha..ha… Ngarep tiket domestic turun nih

  35. Suka lihat view pantainya. Adem banget kalau lihat Pantai, mandang laut. Selalu terpesona. Wah, bisa Naik kuda juga. Seru, nih, kalau ajak sekeluarga main ke pantai

  36. Pantai di Bantul memang tak ada duanya. Tapi kalau ada tempat camping dan ada sewa ATV, berarti pantai ini ramai juga ya. Boleh juga nih, kali-kali menyusuri pantai-pantai Bantul seharian.

  37. Udah lamaaa nggak mantai. Keliatannya bersih ya mbak? Salut deh sama pengelola pantai yg bisa tetep jaga kebersihan. Fasilitas yg ditawarkan pun banyak, meskipun nggak renang di pantainya bisa menikmati keindahan pantai ini 😀

  38. Berarti kalau ke sini saya bisa nyanyi, “Kiri kanan kulihat saja. Banyak pohon cemara.” Tetapi, bukan naik ke puncak gunung hehehe

  39. Belum pernah ke pantai ini euy…pantai2 di daerah bantul keren2 ya…

  40. Waaah keren makin banyak pantai2 d Bantul yang sudah terekspos jadi makin banyak pilihan mantai kalau lagi liburan ke Jogja

  41. aku baru tahu nih di Bantul ada wisata menarik kayak gini, paket komplit ya, ada wisata alam, naik kuda, dll

  42. Pantai Goa Cemara emang berbeda dengan pantai lain yang cenderung panas. Pantai ini adem karena sesuai dg namanya, banyak cemaranya.

    Pas kemarin lagi musim ombak gedhe di Jogja, Pantai Gocem yg relatif lebih aman karena ada banyak cemaranya. Suka.

    • Tp kemarin sempat deg2an juga lho..pas di sana ada Tan yg ngabari.akan.ada gelombang macam tsunami gitu..jadi buru2 deh mantainya..

  43. Wah menyenangkan banget pantainya teduh karena banyak pohon Cemara ya Mbak, pantainya juga bersih jadi nyaman untuk main air dan main pasir..

  44. Enak nih dapat tiket terusan ke 6 pantai, murah lagi. Jadi ga perlu pusing kalau pantai pas penuh, ya

  45. Wow mau lah kesini, sekali masuk bisa langsung explore 6 pantai ya mbak. Catet ah

  46. wah! adem banget pantainya karena banyak pohon. jadi betah ya kalo mau berlama-lama. nggak terlalu ramai juga. baru tau ada pantai ini nih..

  47. Baca ini jadi kangen pengen main ke pantai, rasa rasanya tahun ini sama sekali belom liburan ke pantai
    Keknya gocem bisa jadi alternatif nih kalo mau maen ke pantai

  48. Jogja tuh selalu bikin kangen, apalagi ada pantai cantik dan bersih seperti Gocem ini ya mbak. Aku belum pernah kesana tapi si sulung pernah cerita kalo suka hunting ke Gocem bareng temannya

  49. Wah kayaknya wajib di kunjungi nih mumpung sekarang di Jogja hehe. Keren kayaknya yah tempatnya

  50. Beda banget ya suasana pepohonannya dengan pantai lain. Di sini banyak pohon cemara, jadi unik dan beda sendiri.

  51. Waah, di yogya memang bagus ya mba pantainya, apalagi pantai cemara ini. Biasanya pantai itu panas dan gersang ini pantainya teduh. Aku pengen jUga ke sini.

  52. Aku belum pernah main ke Goa Goa yang ada di Jogja. Penasaran sebenarnya, tapi aku selalu ke Jogja pas high season. Jadi rame banget.

  53. Unik ya, biasanya pantai belakangnya pohon kelapa. Ini pohon cemara.

  54. Pernah ke sana pas piknik RT, udah lama tapi, waktu masih hamil Salsabila

    Suka banget sama pohon2 cemaranya.

    Sayang sampai sana udah sore banget, jadi cuma duduk2 di pinggir pantai aja. Jadinya mau nulis pun ga jadi

  55. Wah, bisa naik kuda juga, anakku pengeeeen banget naik kuda, Mbak. Itu harganya juga masih masuk akal ya, 30 ribu. Kalau pas di Parangtritis dulu sedelman sekitar 40 ribuan untuk dua orang. Yah, ngggak mahal-mahal amatlah, ya.

  56. Belum pernah berkunjung ke pantai di daerah Bantul ini mba. Ternyata ada pantai yang cantik gini ya. Lengkap dengan berbagai lokasi wisata tambahan lainnya. Jadi kalau pergi ramai-ramai gitu bisa mencoba wahana yang lain

  57. tempat wisata di Jogja ini emang nggak ada matinya ya.. mana rame beud

Leave a Reply

Required fields are marked *.