LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Wisata Taman Anggrek Guci

Menikmati Bunga-bunga Indah di Wisata Taman Anggrek Guci

| 58 Comments

Salam Merdeka!

Hai, Sahabat Lalang Ungu…sudah ikut acara apa saja nih untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini? Nah, sambil rehat yuk simak ceritaku saat menikmati bunga-bunga indah di Wisata Taman Anggrek Guci beberapa waktu lalu.

Wisata Taman Anggrek Guci

Tentang Guci Tegal

Oh ya, sudah tahu tentang Guci? Ok, sebelumnya kenalan dulu yuk dengan GUCI yang menjadi lokasi dari Wisata Taman Anggrek ini.

Guci adalah nama sebuah desa di lereng Gunung Slamet, yang menjadi tujuan wisata alam di Jawa Tengah dan terkenal dengan air panas alaminya. Terletak di Kecamatan Bumijawa, Kab Tegal Prov Jawa Tengah.

Dulu, hanya ada satu destinasi wisata yang terkenal di Guci yaitu sumber  dan kolam air panas yang menarik banyak wisatawan, namun saat ini semakin bertambah banyak destinasi wisata di Desa Guci ini, ada GUCIKU, ada WAGU ( Wana Wisata Guci), dan ada pula Wisata Taman Anggrek nya! Asyik sekali…

Baca juga cerita outbound kami di Guci yuuk…

Wisata Taman Anggrek Guci

Wisata Taman Anggrek Guci Tegal

Wisata Taman Anggrek Guci Tegal

Jujur, kunjungan kami ke sini beberapa waktu lalu merupakan suatu kebetulan / tidak direncanakan, bahkan sebelumnya kami belum tahu ada Taman Anggrek ini! Haha..

Ceritanya ketika menuju tempat rapat di salah satu hotel di Guci, kami melihat ada papan nama besar bertuliskan ‘Wisata Taman Anggrek’ di tepi jalan Dusun Tuwel, langsung deh kami tertarik dan memutuskan untuk singgah dalam perjalanan pulang hari berikutnya.

Rupanya ini tempat wisata yang relatif baru. Taman bunga yang berlokasi di Daerah Tuwel, Jl Raya Guci, Bumijawa, Kab Tegal ini baru resmi dibuka setelah Lebaran tahun 2019 ini. Info ini kami dapatkan dari perbincangan dengan salah seorang pekerja  taman waktu itu.

Dengan membayar HTM Rp.12.000,-/orang dan parkir mobil Rp.2.000,- kami sudah dapat menikmati aneka bunga yang ada di Taman yang beroperasional dari jam 9 pagi hingga jam 17 sore ini.

Tidak hanya ada Bunga Anggrek di Wisata Taman Anggrek Guci

Oh ya, karena namanya Taman Anggrek, maka agak surprise bagi kami ketika masuk lokasi taman dan tak disambut bunga-bunga Anggrek… Mungkin sebagai ‘pemanasan’ hamparan bunga-bunga hias menyemarakkan taman menyambut pengunjung, hehe..

Wisata Taman Anggrek Guci

Disambut lansekap taman nan cantik…

Aku langsung jatuh cinta pada hamparan tanaman berbunga ungu dan pink lembut yang sedang bermekaran di sana. Sejenis Seruni, yang kemudian kutahu namanya adalah Bunga Peacock dan Bunga Daisy. Nih..penampakan kedua jenis bunga itu :

Peacock di Wisata Taman Anggrek Guci

Peacock ungu di Wisata Taman Anggrek Guci

Bunga Daisy di Wisata Taman Anggrek Guci

Daisy pink nan cantik dari Wisata Taman Anggrek Guci

Selain kedua jenis bunga itu, ada pula deretan Bunga Gerbera / Herbras, Bunga Kastuba Merah, Bunga Begonia, Bunga Lily, Bunga Soka, Bunga Petunia dll yang masing-masing ditata berkelompok secara artistik. Sungguh menggoda untuk berselfie-ria tentunya!

Bunga hias di Wisata Taman Anggrek Guci

Beberapa bunga hias nan cantik di Wisata Taman Anggrek Guci

Beragam Jenis Anggrek di Wisata Taman Anggrek Guci

Nah, setelah puas mengagumi kecantikan bunga-bunga yang tertata rapi itu (sambil pepotoan tentu saja! Haha..), kami pun beralih mengagumi bunga-bunga Anggrek aneka jenis yang ada di sana.

Anggrek di pohon inang

Tanaman anggrek di pohon inangnya

Sebagian Anggrek itu ditata menempel pohon-pohon, di tengah taman terbuka. Senang rasanya menikmati tangkai-tangkai Anggrek yang sedang mekar warna-warni, menjuntai dari pohon-pohon yang menjadi inangnya.

Lalu kami lihat di tengah taman ada dua pot besar yang ditempatkan di dalam ‘sangkar’ atau dipagari jeruji besi. Kami pun penasaran dan bertanya pada Pak Wayan, salah seorang pekerja taman yang ada di sana. Ternyata, itu tanaman Anggrek yang terkenal dengan sebutan Anggrek Tebu (grammatophyllum speciosum) atau Anggrek Raksasa / Anggrek Harimau / Ratu Anggrek.

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Konon…harganya berjut-jut..haha.. Padahal melihat penampilannya saat itu biasa banget kan ya? Cuma seperti Tebu pendek.. kok bisa mahal? Kata Pak Wayan, spesies ini cukup langka dan bila berbunga indah sekali dengan tangkai bunga yang panjaaaang sarat dengan kuntum-kuntum nan indah. Lhah..makin penasaran dong aku.. Sayang tidak ada dokumentasi foto bunganya, dan akhirnya sesampai di rumah aku nggugling dong..saking penasarannya..hihi.. Mau tahu bunganya? Gugling juga gih..hehe..

Selain itu ada pula jenis Anggrek yang menjadi spesies khas daerah ini (kawasan Gn Slamet) yaitu Anggrek Vanda Tricolor.  Cantik tentu saja! Dan mengamati salah satu kuntumnya, aku berimajinasi melihat ‘wajah’ boneka kelinci! 🤣🤣

Vanda Tricolor di Wisata Taman Anggrek

Vanda Tricolor spesies khas kawasan Gn Slamet

Dendrobium di Wisata Taman Anggrek Guci

Beberapa jenis Dendrobium di Wisata Taman Anggrek Guci

Anggrek Bulan di Wisata Taman Anggrek Guci

Beberapa jenis Anggrek Bulan di Wisata Taman Anggrek Guci

Jenis-jenis Bunga Anggrek lainnya dapat kita lihat di taman terbuka ataupun di dalam green house nya. Semua cantik-cantik.. Di sini aku baru tahu ada jenis Anggrek yang kuntum bunganya tak terlihat seperti anggrek biasanya, dan ada jenis anggrek yang pohonnya tidak seperti Anggrek tapi kuntum bunganya seperti Anggrek pada umumnya! Haha…aku mengenal anggrek-anggrek baru (bagiku) di taman ini..

Spesies anggrek dari Maluku ini, menurutku bunganya tidak mirip dengan bunga anggrek umumnya..

Anggrek di Wisata Taman Anggrek Guci

Yang ini, kukira Pohon Cempaka…eh, kata Pak Wayan ini anggrek juga lho…

Tak terasa lebih dari 2 jam kami berkeliling taman yang areanya cukup luas namun masih dalam taraf penataan ini.. Padahal kami datang siang hari saat matahari sedang terik-teriknya, tapi tak keberatan berpanas ria untuk melihat dari dekat (dan berfoto-toto) dengan bunga-bunga yang ada di sana! 😁

Selfie di Wisata Taman Anggrek Guci

Biar muka dah kucel..tapi tetep maksain selfie dengan bunga-bunga syantiek..hehe..

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah ceritaku tentang kunjungan singkat ke Wisata Taman Anggrek di Guci Tegal. Jadi, saat kalian sedang ada di Guci, jangan lupa mampir ke sini… Asli nggak nyesel deh!! Oya, di sini kita juga dapat membeli bunga Anggrek ataupun bunga-bunga lainnya dalam pot-pot kecil.. Buat kenang-kenangan..hehe..

Berwisata ke taman bunga memang mengasyikkan.. Baca juga cerita jalan-jalan kami ke Romantic Garden ya..

Adakah di antara Sahabat Lalang Ungu yang juga suka wisata ke taman bunga seperti kami juga? Yuk..bagi ceritanya di kolom komen ya…

58 Comments

  1. Mbaaaa, itu bunga2nya tsakeeeppp banget!
    Ga perlu jauh2 ke Belanda ya Mba
    Ternyata di Tegal ada kampung wisata yg punya koleksi bunga super keceeee

  2. sama seperti pemikiran mba padahal itu tampilannga sederhana banget yang Anggrek tebu wkwkwk tapi harganya bisa berjut-jut ya mba 😀
    cakep nih bunga-bunganya jadi pengen liburan

    • Lha iya..aku kan awam Anggrek mba..jd agak heran sj dg bbrp jenis di sana yg penampilannya sederhana eh..lihat harganya bikin mata terbelalak! Haha..

  3. Wah cakep banget ya tamannya, meskipun namanya taman Anggrek, tapi banyak jenis bunga lain yang ditanam di sini, adem banget liat tamannya 🙂

  4. Banyak banget ya Mbak jenis anggreknya. Kalau Mamaku ke tempat ini pasti happy banget, secara Beliau suka banget dengan anggrek. Dulu koleksi anggreknya lumayan banyak, ada anggrek bulan, putih, dll tapi sekarang udah gak sanggup lagi katanya merawatnya.
    Penasaran deh dengan si Anggrek tebu itu.

  5. Keindahan bunga-bunganya membuat betah mata mba. Dan yang warna ungu tetap primadonanya 😀 .
    Anggrek Vanda Tricolor cakep banget dan spesies khas Gunung Slamet. Keren.

  6. Masya Allah.. indah-indah semua bunga anggreknya! Ternyata di Tegal ada taman anggrek seindah itu ya, Mbak.. kalo Baturaden tuh di kaki Gunung Slamet tapi di wilayah Purwokerto ya, kalo ini di Tegal. Lumayan deket kali ya?
    Btw yg Vanda Tricolor tuh emang menurutku juga kayak wajah kelinci, Mbak 😀

  7. Walaupun pernah lama tinggal di Pekalongan, tapi belum pernah ke Guci. Cantik2 bunganya.

  8. Oh ini yang kemarin mba posting di instagram ya? Luas juga ternyata ya mba, dan aku kaget dong itu tiketnya murah meriah pake banget, bisa puas refreshing. Kalo deket bisa kali ya tiap hari kesana sambil ngerjain DL

  9. Jika disuruh milih wisata pantai atau wisata bunga, aku lebih baik milih wisata bunga deh, soalnya gimana gitu. Gemesss aja liat bunga apalagi kalau sudah berwarna warni

  10. Mamaku pecinta anggrek, dia pasti seneng kalau datang ke taman ini bagusnya datang pas musim lagi mekar sih tapi ya

  11. Mama mertuaku seneng banget sama bunga anggrek.
    Di rumah koleksi beberapa.
    Pasti bakalan seneng banget kalo main ke Wisata Taman Anggrek Guci, Tegal.

  12. Aku tau Guci ini waktu kuliah mbak, ada temanku orang Tegal ngajak jalan-jalan ke sana, tapi pastinya sekarang udah banyak perubahan ya soalnya udah puluahn tahun lalu hihihi.
    Sekarang sudah ada taman anggreknya ya mbak, kayanya kapankpana ke arah sana harus keluar tol dulu mampir ke Guci nih aku, pingin lihat macma-macam anggrek

    • Iya mba.. Wisata Air panas Guci memang sudah ada sejak lama.. nah sekarang di samping destinasi yg itu makin cantik..banyak pula destinasi baru bermunculan disekitarnya hehe..

  13. Wuih, bunganya cantik-cantik ya. Aku kalo ke sana kayaknya sibuk aja jeprat-jepret bunga-bunga ini. Huhu… udah makin sedikit nih bunga di sekitarku. Padahal seneng banget aku motret bunga. Sampe bikin akun IG khusus bunga jepretanku di @jepretanbunga 🙂

  14. Seneng banget bs liat bunga2 indah ..manjain mata banget ini mah hehe..

  15. Wow, bunganya cantik-cantik semua, Mba . Kayaknya pengunjung yang kesini bakalan betah yaa melihat taman bunganya

  16. Wuih, buat penyuka bunga seperti Mb Tanti ini berasa seneng banget pasti ketemu taman bunga yang super cantik ini. Dulu pas aku ke Guci barengan mba2, kok nggak mampir ke sini yaa… Nyesel deh.

  17. Dulu di Jakarta ada taman Anggrek. Katanya punya Almh Bu Tien Soeharto. Skrg sudah jadi mal. Sayang banget ya. Pdhl klo liat foto foto anggrek di sini alamak indahnya

  18. Mantul sekali anggrek Guci. Aku pas ke Guci kmrn kok ga memperhatikan yaa kalo di sana banyak bunga indah

  19. cantik semua, modelnya juga cantik sih, hehehe, aku sudah lama nggak ke tegal dari baru tahu ada inui, oke deh siap catet tempat wisatanya

  20. Waah bagusnya..aku belum pernah ke Guci jadi pengen deh…makasih banyak selayang pandangnya semoga next bisa main ke Guci amin

  21. Memang suka bunga ya, Bu? Kayaknya sering banget main ke taman bungan, hihi. Dulu pas ke Guci, kok gak main ke sini ya aku.. Aduuu

  22. Aku kok jadi ingat sama wisata Selecta di Malang, Mbak. Konsepnya sama, taman bunga. Tapi, nggak ada anggreknya sih.

    Sekarang, di sini, anggrek ruh juaraaaang banget. Kalaupun ada, harga jualnya juga mahal banget.

  23. Suka banget sama anggrek…
    Yaampun ternyata di Tuwel ya.. Aku punya sahabat sejal SMA anak Tuwel. dulu pas kelas 3 pernah mbolang ke Tegal-Pekalongan, main ke Guci trus mampir ke kebun bunga di perjalanan antara Tuwel-Guci.

    Jadi kangen deh, pengen ke sana lagi sekalian ke Kebun anggrek. Sayang ini nggak tahu kenapa fotonya nggak kebuka

  24. Ajarin dong mba gimana merawat bunga anggrek biar awet cantik dan menawan hati. Agak trauma punya tanaman di pot gak bs ngerawat trus pada layu gugur semua..hiks

  25. sudah pernah ke guci tp dulu belum ada taman ini

  26. Ternyata ada taman bunga ya di guci, ngga hanya pemandian air panas saja, indah banget mekar gitu mungkin karena cuacanya sejuk ya guci

  27. Mbak, aku kok jadi pengen jalan-jalan ke taman anggrek. Nggak tahu kalo ada taman anggrek di Guci. Ingatnya kalo ke Guci tuh berendam aja berjam -jam, hahhahaa

  28. Tahun berapa ya nginep rame2 sm keluarga di gucci mbak. Mandi air anget, berjam2.. Btw itu anggreng buanyak banget jenisnya ih. Jadi pengen bercocok tanam. Wkwkwk

Leave a Reply

Required fields are marked *.