LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Wisata Taman Anggrek Guci

Menikmati Bunga-bunga Indah di Wisata Taman Anggrek Guci

| 59 Comments

Salam Merdeka!

Hai, Sahabat Lalang Ungu…sudah ikut acara apa saja nih untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini? Nah, sambil rehat yuk simak ceritaku saat menikmati bunga-bunga indah di Wisata Taman Anggrek Guci beberapa waktu lalu.

Wisata Taman Anggrek Guci

Tentang Guci Tegal

Oh ya, sudah tahu tentang Guci? Ok, sebelumnya kenalan dulu yuk dengan GUCI yang menjadi lokasi dari Wisata Taman Anggrek ini.

Guci adalah nama sebuah desa di lereng Gunung Slamet, yang menjadi tujuan wisata alam di Jawa Tengah dan terkenal dengan air panas alaminya. Terletak di Kecamatan Bumijawa, Kab Tegal Prov Jawa Tengah.

Dulu, hanya ada satu destinasi wisata yang terkenal di Guci yaitu sumber  dan kolam air panas yang menarik banyak wisatawan, namun saat ini semakin bertambah banyak destinasi wisata di Desa Guci ini, ada GUCIKU, ada WAGU ( Wana Wisata Guci), dan ada pula Wisata Taman Anggrek nya! Asyik sekali…

Baca juga cerita outbound kami di Guci yuuk…

Wisata Taman Anggrek Guci

Wisata Taman Anggrek Guci Tegal

Wisata Taman Anggrek Guci Tegal

Jujur, kunjungan kami ke sini beberapa waktu lalu merupakan suatu kebetulan / tidak direncanakan, bahkan sebelumnya kami belum tahu ada Taman Anggrek ini! Haha..

Ceritanya ketika menuju tempat rapat di salah satu hotel di Guci, kami melihat ada papan nama besar bertuliskan ‘Wisata Taman Anggrek’ di tepi jalan Dusun Tuwel, langsung deh kami tertarik dan memutuskan untuk singgah dalam perjalanan pulang hari berikutnya.

Rupanya ini tempat wisata yang relatif baru. Taman bunga yang berlokasi di Daerah Tuwel, Jl Raya Guci, Bumijawa, Kab Tegal ini baru resmi dibuka setelah Lebaran tahun 2019 ini. Info ini kami dapatkan dari perbincangan dengan salah seorang pekerja  taman waktu itu.

Dengan membayar HTM Rp.12.000,-/orang dan parkir mobil Rp.2.000,- kami sudah dapat menikmati aneka bunga yang ada di Taman yang beroperasional dari jam 9 pagi hingga jam 17 sore ini.

Tidak hanya ada Bunga Anggrek di Wisata Taman Anggrek Guci

Oh ya, karena namanya Taman Anggrek, maka agak surprise bagi kami ketika masuk lokasi taman dan tak disambut bunga-bunga Anggrek… Mungkin sebagai ‘pemanasan’ hamparan bunga-bunga hias menyemarakkan taman menyambut pengunjung, hehe..

Wisata Taman Anggrek Guci

Disambut lansekap taman nan cantik…

Aku langsung jatuh cinta pada hamparan tanaman berbunga ungu dan pink lembut yang sedang bermekaran di sana. Sejenis Seruni, yang kemudian kutahu namanya adalah Bunga Peacock dan Bunga Daisy. Nih..penampakan kedua jenis bunga itu :

Peacock di Wisata Taman Anggrek Guci

Peacock ungu di Wisata Taman Anggrek Guci

Bunga Daisy di Wisata Taman Anggrek Guci

Daisy pink nan cantik dari Wisata Taman Anggrek Guci

Selain kedua jenis bunga itu, ada pula deretan Bunga Gerbera / Herbras, Bunga Kastuba Merah, Bunga Begonia, Bunga Lily, Bunga Soka, Bunga Petunia dll yang masing-masing ditata berkelompok secara artistik. Sungguh menggoda untuk berselfie-ria tentunya!

Bunga hias di Wisata Taman Anggrek Guci

Beberapa bunga hias nan cantik di Wisata Taman Anggrek Guci

Beragam Jenis Anggrek di Wisata Taman Anggrek Guci

Nah, setelah puas mengagumi kecantikan bunga-bunga yang tertata rapi itu (sambil pepotoan tentu saja! Haha..), kami pun beralih mengagumi bunga-bunga Anggrek aneka jenis yang ada di sana.

Anggrek di pohon inang

Tanaman anggrek di pohon inangnya

Sebagian Anggrek itu ditata menempel pohon-pohon, di tengah taman terbuka. Senang rasanya menikmati tangkai-tangkai Anggrek yang sedang mekar warna-warni, menjuntai dari pohon-pohon yang menjadi inangnya.

Lalu kami lihat di tengah taman ada dua pot besar yang ditempatkan di dalam ‘sangkar’ atau dipagari jeruji besi. Kami pun penasaran dan bertanya pada Pak Wayan, salah seorang pekerja taman yang ada di sana. Ternyata, itu tanaman Anggrek yang terkenal dengan sebutan Anggrek Tebu (grammatophyllum speciosum) atau Anggrek Raksasa / Anggrek Harimau / Ratu Anggrek.

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Konon…harganya berjut-jut..haha.. Padahal melihat penampilannya saat itu biasa banget kan ya? Cuma seperti Tebu pendek.. kok bisa mahal? Kata Pak Wayan, spesies ini cukup langka dan bila berbunga indah sekali dengan tangkai bunga yang panjaaaang sarat dengan kuntum-kuntum nan indah. Lhah..makin penasaran dong aku.. Sayang tidak ada dokumentasi foto bunganya, dan akhirnya sesampai di rumah aku nggugling dong..saking penasarannya..hihi.. Mau tahu bunganya? Gugling juga gih..hehe..

Selain itu ada pula jenis Anggrek yang menjadi spesies khas daerah ini (kawasan Gn Slamet) yaitu Anggrek Vanda Tricolor.  Cantik tentu saja! Dan mengamati salah satu kuntumnya, aku berimajinasi melihat ‘wajah’ boneka kelinci! 🤣🤣

Vanda Tricolor di Wisata Taman Anggrek

Vanda Tricolor spesies khas kawasan Gn Slamet

Dendrobium di Wisata Taman Anggrek Guci

Beberapa jenis Dendrobium di Wisata Taman Anggrek Guci

Anggrek Bulan di Wisata Taman Anggrek Guci

Beberapa jenis Anggrek Bulan di Wisata Taman Anggrek Guci

Jenis-jenis Bunga Anggrek lainnya dapat kita lihat di taman terbuka ataupun di dalam green house nya. Semua cantik-cantik.. Di sini aku baru tahu ada jenis Anggrek yang kuntum bunganya tak terlihat seperti anggrek biasanya, dan ada jenis anggrek yang pohonnya tidak seperti Anggrek tapi kuntum bunganya seperti Anggrek pada umumnya! Haha…aku mengenal anggrek-anggrek baru (bagiku) di taman ini..

Spesies anggrek dari Maluku ini, menurutku bunganya tidak mirip dengan bunga anggrek umumnya..

Anggrek di Wisata Taman Anggrek Guci

Yang ini, kukira Pohon Cempaka…eh, kata Pak Wayan ini anggrek juga lho…

Tak terasa lebih dari 2 jam kami berkeliling taman yang areanya cukup luas namun masih dalam taraf penataan ini.. Padahal kami datang siang hari saat matahari sedang terik-teriknya, tapi tak keberatan berpanas ria untuk melihat dari dekat (dan berfoto-toto) dengan bunga-bunga yang ada di sana! 😁

Selfie di Wisata Taman Anggrek Guci

Biar muka dah kucel..tapi tetep maksain selfie dengan bunga-bunga syantiek..hehe..

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah ceritaku tentang kunjungan singkat ke Wisata Taman Anggrek di Guci Tegal. Jadi, saat kalian sedang ada di Guci, jangan lupa mampir ke sini… Asli nggak nyesel deh!! Oya, di sini kita juga dapat membeli bunga Anggrek ataupun bunga-bunga lainnya dalam pot-pot kecil.. Buat kenang-kenangan..hehe..

Berwisata ke taman bunga memang mengasyikkan.. Baca juga cerita jalan-jalan kami ke Romantic Garden ya..

Adakah di antara Sahabat Lalang Ungu yang juga suka wisata ke taman bunga seperti kami juga? Yuk..bagi ceritanya di kolom komen ya…

59 Comments

  1. Pingback: Wisata Bersama, Upaya Menjaga Kehangatan Keluarga (1) : Wisata Taman Anggrek Guci |

Leave a Reply

Required fields are marked *.