LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Wisata Taman Anggrek Guci Tegal

Wisata Bersama, Upaya Menjaga Kehangatan Keluarga (1) : Wisata Taman Anggrek Guci

| 54 Comments

Hai, Sahabat Lalang Ungu…apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya… Oya, Selamat Tahun Baru ya, teman… Semoga di Tahun 2020 ini kita semua sehat, sukses dan bahagia selalu. Aamiin… Nah teman, tulisan pertamaku di Tahun 2020 kali ini adalah cerita tentang pengalaman kami wisata bersama sebagai salah satu upaya menjaga kehangatan keluarga kami, dan tujuan kali ini adalah ke Guci Tegal.

Dari keluarga inti Bapak-Ibu dengan lima orang putera-puteri, saat ini berkembang menjadi lima belas jiwa dan berdomisili tersebar di empat kota dan masing-masing mempunyai kegiatan dan kesibukan yang berbeda-beda, sehingga agak sulit untuk kumpul bersama di suatu waktu.  Bahkan pada momen dua Lebaran pun tidak selalu bisa komplit ketemu bareng. Itu sebabnya sejak beberapa tahun terakhir ini kami bersepakat untuk sama-sama meluangkan waktu dua hari di akhir tahun agar dapat berkumpul bersama. Akhir Desember memang sengaja kita pilih karena bertepatan dengan libur akademik dan juga cuti tahunan, hehe.. Momen kumpul bersama itulah yang kita gunakan untuk mempererat silaturahmi antara Orang tua-Anak; Nenek-Cucu; Kakak-Adik; juga antara Oom/Tante – Keponakan.

Baca juga : 4 Hal Penting Dalam Merencanakan Wisata Bersama Keluarga Besar

Setelah Malang, Dieng, Baturaden, wisata bersama ini terakhir kami selenggarakan di Pagilaran Batang pada momen tutup Tahun 2017. Iya, dua tahun lalu. Momen kebersamaan di akhir tahun lalu (2018) terpaksa skip karena bertepatan dengan jadwal Umrohku Desember-Januari lalu. Itu pula sebabnya, momen kebersamaan di akhir Tahun 2019 menjadi hal yang kami tunggu-tunggu.  Sejak beberapa bulan sebelumnya rembugan menentukan tempat, memesan penginapan, dll. Alhamdulillah, akhirnya pada 24-25 Desember 2019 lalu, akhirnya kami bisa kumpul bersama di Guci Tegal.

Kenapa Guci? 

Sebenarnya, usulan lokasinya sih macem-macem… Ada Malang (lagi), Bali, Jawa Barat, Pagilaran (lagi), dll…tetapi karena keterbatasan waktu (rata-rata cuma bisa dua hari saja..hehe..) dan juga kondisi kesehatan Ibu kami yang kurang mendukung bila jarak tempuh terlalu jauh, maka kami memilih lokasi di Lokawisata Guci Kab Tegal Jawa Tengah, yang hanya sekitar 2-3 jam dari Pekalongan.

Tentang Wisata Guci Tegal

Ada apa di Guci Tegal?

Pemandian air panas Guci Tegal

Wisatawan berendam air panas di Guci Tegal (Foto by Nyi Penengah)

Pemandian air panas merupakan jawaban pertama yang kita dapatkan bila ada yang menanyakan ada apa di Guci Tegal? Ya, memang karena sejak lama tempat wisata di Kab Tegal ini terkenal sebagai tempat pemandian air panas yang terletak di pegunungan. Terdapat beberapa pemandian umum yang terkenal dan menjadi tempat singgah utama para pelancong yaitu Pancuran 13, Pancuran 7 dan Pancuran 5. Namun, saat ini pengunjung tidak hanya bisa berendam air panas dari sumber alami dan menikmati suasana sejuk khas pegunungan saja bila berkunjung ke Wisata Guci ini. Melainkan ada cukup banyak kegiatan lain yang menarik : berkuda, outbound, hiking, ke Curug / Air terjun,  menikmati taman-taman cantik dengan spot foto instagramable, dan yang tak kalah menarik adalah kulineran… 😀

Lokasi Wisata Guci Tegal

Guci merupakan nama salah satu desa di lereng Gunung Slamet, masuk di wilayah Kecamatan Bumijawa Kab Tegal Prov Jawa Tengah.  Untuk sampai ke Guci bisa menggunakan angkutan umum maupun pribadi. Pada perjalanan kami kemarin, menggunakan angkutan pribadi. Dari Kota Pekalongan kami menuju Tegal via Tol, keluar dari exit tol Adiwerna lalu menuju Kota Slawi. Dari Slawi menuju Kecamatan Lebaksiu, lalu sampai di pertigaan Yomani, akan ada petunjuk arah menuju tempat wisata Guci.

Jam operasional dan HTM

Wisata Pemandian air panas Guci ini mulai buka pada jam 6 pagi hingga jam 21.00 malam. Wah, cukup larut ya.. Apakah ada wisatawan yang datang malam? Buanyaaaak…haha.. Apalagi Malam Jumat Kliwon, buanyaaak pengunjung yang sengaja datang berendam malam di Pancuran-pancuran itu. Adapun HTM / tiket masuknya untuk weekday Rp. 5.000 +  asuransi (dewasa) dan Rp. 4.500 + asuransi (anak-anak) sedangkan weekend / libur Nasional Rp. 7.000 (dewasa) dan Rp. 6.500 (anak-anak). Retribusi mobil Rp. 2.000.  HTM ini hanya berlaku di gerbang masuk Wisata Guci, untuk masuk ke lokawisata lain di kawasan Guci ini ada tambahan biaya lagi, misalnya untuk ke Wana Wisata Guci (WAGU) bayar lagi….

Wisata Taman Anggrek Guci

Wisata Taman AnggrekGuci

Kunjungan kedua ke sini..

Dalam perjalanan menuju penginapan, rombongan kami mampir sejenak ke Wisata Taman Anggrek Guci yang berlokasi di Daerah Tuwel, Jl Raya Guci, Bumijawa, Kab Tegal. Ini bukan kunjungan pertamaku, karena pada Agustus 2019 lalu aku pernah mampir ke sana juga, sepulang acara kantor di Guci.

Baca juga : Menikmati bunga-bunga indah di Wisata Taman Anggrek Guci

Ternyata, selang 4 bulan dari kunjungan pertama itu, sudah terlihat perbedaan yang cukup signifikan di lokawisata satu ini. Taman-taman bungan makin cantik dengan ragam bunga yang makin banyak, juga spot-spot pepotoan semakin bertambah. Dan kolam renang di lokasi ini pun sudah mulai dioperasikan (membuat krucil kami pun langsung rewel karena pengen nyebur, nggak sabar menunggu sampai di villa..hehe…). Tiket masuk ke Wisata Taman Anggrek Guci ini Rp. 10.000 (dewasa) dan Rp. 7.000 (anak-anak).

Dan inilah beberapa kenangan keseruan  kami di sana :

Loket & gerbang Wisata Taman Anggrek Guci

Loket & pintu masuk (dan keluar) Wisata Taman Anggrek Guci.

Pose di Wisata Taman Anggrek Guci

Soeranto’s fam at Wisata Taman Anggrek. Minus Yangti & duo bujang yg menunggu di parkiran..

Bebungaan di Wisata Taman Anggrek

Cuci mata melihat bebungaan cantik di Wisata Taman Anggrek

Spot pepotoan di Wisata Taman Anggrek Guci

Tak lupa pose2 di spot pepotoan yg ada. Spot dengan lantai kaca bikin deg2an euy..

Setelah jalan-jalan menikmati aneka bunga cantik,diseling pepotoan tentunya, kami pun meninggalkan lokasi ini. Oya, sebelum pulang kami sempat nggelar tiker dan maksi di parkiran karena keburu lapaaar..hehe.. Tentunya setelah minta izin ke petugas setempat ☺

Siang tanggal 24 Desember 2019 itu, lalu lintas menuju Guci padat merayap sementara hujan mulai turun cukup deras. Rupanya banyak warga yang berniat sama dengan kami, berkunjung ataupun bermalam di Guci pada saat itu. Ya, namanya juga high season…puadeeet orangnya..dan penginapan 2x lipat rate-nya! Haha…

Kami langsung menuju penginapan yang sudah kami pesan yaitu Villa Cemara di Ashafana Wana Wisata Guci namun karena rupanya tulisan ini sudah cukup panjang, maka cerita keseruan kami menginap di Ashafana WAGU itu akan kuceritakan pada post berikutnya saja ya… Oya, ada di antara Sahabat Lalang Ungu yang pernah mampir juga ke Guci khususnya ke Wisata Taman Anggrek ini? Yukk bagi ceritanya di kolom komen ya…

54 Comments

  1. Anggreknya cantik2 ya. HTMnya juga nggak mahal. Sepertinya kedepan spot2 wisatanya bakal nambah nih

  2. Kantorku hampir ke guci tegal, pas outbound karena boss aku berasal dari tegal,. Cuman belum beruntung pas cuaca lagi hujan gini. Baca aja dulu deh review-reviewnya hehe

  3. Ibu mertuaku pecinta anggrek garis keras, Mbaaaa
    Semoga suatu hari nanti, kami bisa ngetrip ke sini jugaaaa
    Kebayang deh, senangnyaaa

  4. Pas kmrin ke guci tu masuk ke pemandian air hangatnya mbak. Uwww gileeee ruamai bgt bejubel orang2. Huhu
    Apa memang tiap hari seramai itu ya? Bunganya cantik2 banget macam aku. Eg

    • Nah iyaaa..krn ada info dari Nyi bhw di pancuran 13 nya ruameee bgt, dan wktu di jln raya saja sdh macet2 akhirnya kami tidak mampir ke sana..hehe..

  5. Gak tahu kenapa kalua lihat bunga anggrek itu adem banget. Aku suka sekali sama bunga-bunga kecuali bunga bangkai heheh

  6. Ada taman anggreknya mba? Wah ibuku pasti seneng nih kalo diajak kesini. Asri dan sejuk liat tanaman-tanaman seger. Noted mba, plus ada pemandian air angetnya juga. Belum pernah nih aku ke Tegal.

  7. Aku udah pernah ke Guci mba, nyemplung di pancuran air panas yang ada di foto ini. Entah mengapa sekeluarga yang nyemplung malah gatal-gatal badannya hehehee… Apa karena sudah sore dan kondisi air udah mulai agak kotor atau gimana, nggak tau deh. Bejo tenan memang 🙂
    Di sana nginep di salah satu vila juga tapi lupa namanya. Satu rumah dengan 2 kamar, lengkap dengan dapur, air panas dan peralatan masaknya.

  8. Waaah kebayang serunya menikmati liburan bersama keluarga besar mbak. Pasti membuat hubungan keluarga makin rukun. Wisata air terjun selalu ramai pengunjung ya mbak, apalagi bila tiket masuknya terjangkau. Biasanya wisata ini tutup sampe jam 4 sore. Ini luar biasa banget klo tutup sampe jam 9, berasa ada cerita mistisnya di malam Jum’at Kliwon hehehehe

    • Iya mba..apalagi klo kolam air panasnya yg di hotel/homestay, buka lebih pagiii..tutup lebih laruuut haha..

  9. Belum pernah ke guci. Padhal deket dri rumaah d kmpung.. Huhu

    Pengen deh.

    Btw htm nya murah bgt pasti pas hari libur org2nya bejubel banyak ya mbak

  10. wah….aku dah sering ke Tegal tapi belum sempat ke Guci. kapan2 diluangkan waktu kesana ah.

    taman angreknya bagus banget…

  11. Ya ampun anggreknya bagus-bagus ya. PAdahal perawatan anggrek itu nggak mudah loh. Smoga ini bisa terjaga dengan baik ya. Aamiin

  12. Bagus yaaa taman anggreknya.. aku pernah ke taman anggrek yang Lembang mba

  13. Saya pernah berbicara dengan pengelola air panas di Cipanas Garut, beliau bilang sudah keliling dunia mengunjungi berbagai sumber mata air panas atau hot spring, namun ternyata kandungan mineral (atau warna air ya saya lupa) intinya yang paling bagus selama dia keliling ke berbagai negara, hanya ada dua yaitu Guci dan Cipanas

  14. Pingback: Wisata Bersama, Upaya Menjaga Kehangatan Keluarga (2) : Guci Ashafana Wana Wisata Guci Tegal |

  15. Barakallahu mb masih bs berkumpul bareng2 ya sama keluarga. Btw, wisata anggreknya menarik banget ya mbak, bikin suegerrr mata banget ih

  16. Tempat ini bagus banget ya mbak, apalagi bawa keluarga besar. Btw kolam air panasnya tempat terbuka gitu asik juga ya mbak.

  17. Belum pernah aku ke Guci, ternyata banyak juga arena wisata lainnya selain mandi air hangat. Benar-benar liburan yang menghangatkan.

  18. Terjangkau banget itu berwisata penuh warna udah gitu harum lagi dengan aneka anggrek ke wisata Guci. Entah kapan nih bisa ke sana

  19. aku jadi inget sama temen aku yang tinggal di Tegal, setiap aku mampir ke Tegal pasti diajak ke Guci hahaha.. enak banget mba tempatnya

  20. Namanya persis merk terkenal dunia yaa…Gucci, hehee…hanya c-nya satu saja.
    Tempatnya seindah ini…mashaAllah~
    Anak-anak senang sekali diajak berwisata ke alam.

  21. Waah nambah insight baru. Aku kebetulan belum pernah ke Tegal Mba. Cantik-cantik banget bunga anggreknya warna-warni. Paling betah deh wisata alam kayak gini.

  22. Kawasan Guci memang lagi naik daun terakhir belakangan ini, banyak juga teman yang merekomendasikan tempat wisata ke sini. Terlebih kini ada taman wisata anggrek yang memiliki keindahan bunganya

  23. Banyak Anggreknya ya Mbk, seru banget bisa ke sini. Kakakku pecinta anggrek, kalau ke sini pasti suka banget, jalan2 bersama keluarga pasti seru ya.

  24. Ya ampun mba Tanti pamer Guci terus, aku pas ke sana rame masyaAllah
    pengen mandi ora sida wkwkkw. Itu taman anggrek dan taman2nya apik-apik pengen ke situ hiks.

  25. Los fokus dengan koleksi anggreknya yang cantik-cantik. Baati, ntar kalo pelesir ke sini, targetnya beli koleksi anggrek saja ya.

  26. Kalo aku pulang ke Purwokerto sering lewat Guci tapi belum sempat mampir mbak, mudik besok kepengen juga lihat kebun anggrek di Guci

  27. Sesekali mau minta suami ngajakin piknik ke arah barat deh. Tiap piknik pasti ke arah selatan terus, hihi

  28. Pingback: Singgah Sejenak di Wana Wisata Clirit View Tegal |

Leave a Reply

Required fields are marked *.