LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Kolam air panas Guci Ashafana

Wisata Bersama, Upaya Menjaga Kehangatan Keluarga (2) : Guci Ashafana Wana Wisata Guci Tegal

| 83 Comments

Sahabat Lalang Ungu, tulisan berikut ini melanjutkan post sebelumnya tentang kunjungan kami ke Wisata Taman Anggrek Guci ya.. Masih tentang Wisata Bersama upaya menjaga kehangatan keluarga kami, kali ini akan kutuliskan serunya staycation di Guci Ashafana Wana Wisata Guci (WAGU) Tegal.

Langit mendung menemani perjalanan kami dari Taman Anggrek Guci ke penginapan yang telah kami pesan yaitu di Ashafana Wana Wisata Guci (WAGU). Kami meninggalkan lokasi Taman Anggrek sekitar jam 12an, masih 2 jam dari waktu chek in yang disepakati yaitu jam 14, sehingga rencana awal kami akan ke Pancuran 13 Guci dulu.

Namun di perjalanan rencana itu berubah, karena langit makin mendung bahkan mulai gerimis dan lalu lintas ke arah atas (Pancuran 13) amat sangat tersendat aliat maceeet. Adikku yang mengemudi menawarkan langsung ke arah WAGU (Wana Wisata Guci) saja, yang secara aklamasi disetujui bersama. Maka setelah bermacet-macet ria, di pertigaan sebelum pasar Guci belok ke kiri, menuju WAGU.

Seperti sudah kutuliskan sebelumnya, meskipun sudah membayar retribusi di Gerbang Wisata Guci, pengunjung umum yang akan masuk ke WAGU ini juga ditarik retribusi lagi oleh pengelola, yaitu Rp.20.000/org dan parkir. Tapi retribusi ini tidak berlaku bila pengunjung menginap di Ashafana. Jadi rupanya, pengunjung yang tidak menginap itu bertujuan berendam air panas di kolam renang yang ada di lingkungan WAGU ini.

Guci Ashafana WAGU

Guci Ashafana – Wana Wisata Guci

Jam 14 kurang sedikit akhirnya kami sampai di WAGU, lalu aku pun menuju kantornya untuk chek in. Oya, letak kantornya ini agak ndlesep, di bag belakang Restoran yang bersebelahan dengan kolam renang air panas. Sayangnya kami tidak bisa langsung masuk ke villa yang sudah kami pesan karena belum siap ☹️

Rupanya tamu sebelumnya terlambat chekout sehingga persiapan villa jadi terlambat, pengelola minta waktu 1 jam ke depan untuk persiapan itu. Duuh…gimana dong, ibu sudah ingin istirahat dan cuaca tampak semakin tak bersahabat, apakah kami harus menunggu di dalam mobil? Akhirnya setelah berargumen pengelola memberi kesempatan kami untuk transit di salah satu kamar type pondokan selama menunggu villa yang sudah kami pesan siap. Alhamdulillah…

Sambil menunggu check-in, Dek Sisi sibuk beraksi 😊

Tentang Guci Ashafana – WAGU

Guci Ashafana – Wana Wisata Guci (WAGU) ini adalah salah satu lokawisata di Guci Tegal yang berlokasi di Dk Pekandangan Rembul Bojong, kurang dari 1 km dari lokasi pemandian air panas guci .

Berlokasi di tengah hutan Pinus,  fasilitas di WAGU cukup lengkap dalam 1 lokasi, a.l : villa, pondok bambu, resto, kolam renang air panas (kolam anak & kolam dewasa), camping ground, area outboundtracking / hiking menuju Curug Jedor, dan tentunya pemandangan hijau sejuk khas hutan Pinus.

Baca juga : Serunya outbound dan bermalam di Wana Wisata Guci.

Oya, tipe penginapan di Ashafana WAGU ini ada yang villa (rumah tembok), pondok bambu, ada pula tipe asrama (sekitar 30an orang dalam 1 ruang). Pada kesempatan liburan kemarin kami memesan Villa Cemara dengan 3 kamar tidur (2 kamar di dalam rumah dan 1 kamar lagi mempunyai pintu keluar tersendiri), kamar mandi dengan air panas di masing-masing kamar, 1 ruang tamu yang cukup lapang dan 1 dapur.

Penginapan di WAGU

Beberapa tipe penginapan di WAGU

Pengalaman Staycation di Villa Cemara Guci Ashafana

1. Puas berendam di kolam air panas

Kolam Guci Ashafana

Suasana sore di kolam air panas Guci Ashafana

Siang menjelang sore itu, hujan turun cukup deras, membuyarkan rencana main ke Pancuran 13, hehe.. Wah, nggak jadi berendam air panas dong..? Oh tentu saja jadi! Kan ada kolam air panas di Ashafana ini. Untuk ke kolam renang itu, kami hanya perlu jalan kaki beberapa meter saja kok 😊

Sambil menunggu hujan reda, kami pun ngumpul bersama di ruang tamu yang cukup luas itu. Ngobrol ngalor-ngidul sambil cemal-cemil memang sangat mengasyikkan. Senyum Ibu tertebar menikmati kebersamaan dengan anak-cucunya, hal yang tak setiap hari bisa beliau nikmati..

Ketika kemudian hujan reda, tentu saja Si Kecil Sisi langsung nagih janji untuk bermain air. Ok deh.. sore hingga menjelang malam itu kami pun menemaninya bermain air di kolam anak, sementara Eyangnya istirahat di villa. Malamnya ketika Sisi beristirahat setelah sesorean main air, gantian rombongan para bujang dan bapak-bapak yang meramaikan kolam.

Kolam anak di Guci Ashafana

Senangnya Sisi di kolam anak Guci Ashafana

Lha, Yangti nggak ikut berendam?

Nah keesokan harinya, sekitar jam 5.30 kami kembali menuju kolam, kali ini bersama Yangti. Asyik sekali lho berendam air panas di awal pagi begitu. Sambil ngobrol dan gojegan, tak terasa waktu berlalu. Dua jam lebih berendam cukuplah..kemudian kami kembali ke villa untuk sarapan bersama.

Kolam air panas Guci Ashafana

Yangti betah berendam air panas di kolam Guci Ashafana..hehe..

2. Puas menikmati pemandangan alam nan hijau

Jalan pagi di Wana Wisata Guci

Menikmati pagi di Wana Wisata Guci

Seusai sarapan, beberapa anggota keluargaku menginginkan kegiatan berbeda. Yah..namanya juga banyak kepala, pastilah banyak keinginan pula yang mungkin saja tak serupa 😊 Tak apa..mari lakukan apa yang kita suka…

Aku, Masku dan Si Gadis pagi itu melemaskan kaki, berjalan-jalan di pinggiran hutan Pinus itu. Senang rasanya kembali menghirup udara segar pegunungan, memandang pepohonan nan hijau dan kabut berarak di pucuk-pucuk Pohon Pinus. Teringat saat-saat kemah jaman SMA..haha…

Sempat melihat papan penunjuk ke Curug Jedor, tapi karena belum pernah ke sana, kami tak berani ambil resiko. Mungkin lain waktu khusus minta dipandu staf Ashafana. Akhirnya kami melangkah saja sepanjang jalan yang diapit pepohonan Pinus dan surprise ketika menemukan sebuah Curug kecil tak jauh dari tepi jalan itu.

Curug Kaliawu Guci

Curug Kaliawu itulah nama yang tertulis di sebuah papan kecil, berlokasi di sebelah selatan jembatan, sungainya bersebelahan dengan gerbang pendakian Gn Slamet via Guci. Dengan ketinggian sekitar 7 meter dan debit air yang mengucur tidak terlalu deras, ini seperti ‘curug mini’, hehe.. Dasar Curug terdapat kolam kecil yang menampung air Curug itu. Oya tampak sedikit warna oranye pada tebing yang terkena air, menandakan adanya kandungan belerang pada air Curug ini.

Sekitar Curug Kaliawu Guci

Neng Tata pose di sekitar Curug Kaliawu

3. Puas belanja sayur dan buah

Pasar di WAGU

Horee…pasarnya deket villa..langsung ngeborong deh

Sementara kami bertiga jalan-jalan hingga Curug Kaliawu, adikku dan isterinya memilih berjalan-jalan ke pasar yang terletak beberapa meter ke arah bawah dari gerbang Ashafana.

Meski masih pagi, sudah cukup kumplit juga pedagang di sana. Ada jajanan pasar, sayur-mayur nan segar, buah-buahan dan juga manisan buah maupun keripik-keripik yang biasa jadi buah tangan dari Guci. Wah, pulangnya mereka berdua terlihat nggenteyot dengan belanjaannya 😁

4. Berkunjung ke Baron Hill Guci

Nah, sepulang dari jalan pagi, kami disambut Si Kecil yang bermuka masam karena ketinggalan jalan pagi, hehe.. Akhirnya untuk menenangkannya, kami izinkan dia bersama ke-3 kakak-kakaknya bermain ke Baron Hill.

The Baron Hill adalah salah satu spot wisata yang relatif baru di daerah Guci. Sebuah lokasi yang memanjakan pengunjung yang senang ber-selfie ria dengan latar belakang pemandangan nan cantik dan properti kekinian, a.l. Balon Udara, Sepeda Gantung, Jembatan cantik, rumah pohon dan juga spot foto berlantai kaca.

Spot selfie di The Baron Hill Guci

Dek Sisi dan Mba Tata pose di The Baron Hill

HTM nya murah meriah, cukup Rp.10.000 / orang. Sedangkan dari Guci Ashafana kemarin anak-anak ini menggunakan jasa ojek motor, Rp.15.000 untuk sekali jalan.

Spot selfie lantai kaca di The Baron Hill Guci

Yg ini posenya Dek Sisi, Mba Tata & Mas Diaz di The Baron Hill Guci

Nah, itulah cerita keseruan kami liburan bersama ke Guci, khususnya staycation di Guci Ashafana WAGU. Alhamdulillah kami semua merasa puas dengan wisata bersama kali ini. Bahkan ibu ingin kami datang lagi lain kali untuk berendam! Haha…

Oya sebaiknya (kalau memungkinkan) datang ke Guci pada hari kerja karena biasanya pengunjung sangat ramai saat weekend, apalagi highseason. Dan juga, rate penginapan saat libur naik 2x lipat..

Ada yang punya cerita tentang Guci juga? Yuuk..bagi kenangannya di kolom komen ya…

83 Comments

1. Belum pernah ke guci tegal, hampir pergi bersama anak-anak kantor, tetapi karena cuaca kita membatalkan perjalanan. Maklum boss saya orang tegal, jadi promonya gencar soal guci yang indah katanya

2. Waahhh, dingin-dingin dan berendam air panas, itu asyik banget Mba, udah lama banget saya nggak menikmati berendam di air panas.

Apalagi dengan suasana kayak gini ya, rasanya pas banget nih berwisata di tempat asyik kayak gini 🙂

3. SERUNYAAAAAAA
    Aku jadi paham nih Mba, kalo ke Tegal kudu cuss ke mana.
    Ini sih seru pake bangettt, Uti juga sukaaak ya bisa having fun bareng keluarga 🙂

4. Masya Allah view sekelilingnya..asri dan sejuk banget ya. Penginapannya juga desain tradisional ya. Lebih eco friendly biasanya

5. Ah jadi inget saya ama keluarga besar udah lamaa bgt gak pernah wisata bareng. Emang penting bgt yah me tine sekeluarga gini, biar suasana tetap hangat dan komunikasi selalu lancar.

6. Wah asik nih udara dan pemandangan yang indah. Puas berenang di air panas, relax sejenak dari kesibukan

7. Mbak kakiku ngerasa ikutan ngilu hihi pas mbak berpose di teras kaca. Lihat kebawah omg takut banget. Wisata dengan keluarga asyik banget ya mbak.

8. Jalan jalan sama keluarga itu emang perlu banget dan bisa buat makin dekat. Apalagi di tempat kece gitu yah kak. Kalau ke Tegal bisa nih aku main-main ke sini

9. Kolam renangnya bersih dan lumayan luas juga ya mba. Anak anak juga kliatannya suka nih menikmati waktu disana 🙂

10. Wah jd salfok sama.kisah telatnya org check out hingga kita telat utk bs masuk..ngeselim banget itu memang..soalnya pernah mengalami.juga..huhu..

11. Pemandangan yang terlihat dari foto bagus sekali. Mirip pemandian air panas di Bandung Selatan dan atau Garut. Saya juga suka hunting lokasi wisata yang ada pemandian air panas soalnya keluarga suka berendam heheh

12. Masya Allah kebayang banget gimana segernya disana berenang dikelilingi banyak pohon dan masih asri banget. Semoga secepatnya bisa ke sana sama keluarga.

13. Tempatnya keliatan nyaman dan asri ya. Aku salfok itu kolam pemandian air panas ya kayaknya dingin hihi

• Udaranya sejuk mba..jadi uap dari air panas nya sampai terlihat melayang-layang di sekitar kolam lho..hehe..

14. Kemarin ke Guci itu aku belum sampai sini lho mba Tant wkwkkw
    aku pengen ih ke semua yang kamu kunjungin ini, apalagi bareng keluarga. MasyaAllah aduhai bahagianya ya Mba Tan.

15. Seruu ya Mbak liburan keluarganya, kembali ke alam. Bisa menikmati keindahan alam, bisa fefotoan alaala kekinian juga.
    Ohyaa tempat yang berlantaikan kaca gitu kayaknya lagi hits banget ya sekarang, jadi penasaran, tapi sekaligus deg2an juga hihihih

• Betul mba..penasaran tapi pas sdh di atas takut2 melangkah..takut kacanya g kuat nahan body kita.. lha padahal sih sdh diperhitungkan ya..haha..

16. yang baron hill itu aku belum pernah krn masih baru ya

17. Whoaaa makin bagus aja ni ya Guci. Puas nikmatinnya. Bakar-bakaran juga nggak mba di Guci? Kan enak tuh pas cuaca dingin. Terakhir kesana 2 tahun lalu, jadi kangeeen…

18. MasyaAllah pemandangannya bikin mata seger.. apalagi liat kolam air panasnya.. jadi pingin ikutan berenang disana

19. Asyik dapet referensi tempat nginep yg oke di Guci. Lagi pengen ngajakin anak2 ke Guci kayanya asyik juga berendam air panas ya mbak. Bocil2 pasti betah

20. Favorit sekali berendam di air panas semoga bisa terwujud salah satu impian untuk berlibur ke pemandian air panas alam

21. Ternyata banyak spot wisata lainnya yang seru selain berandam air panas nih. Will try for next destination shrt escape. Thx 4 the info.

22. Sesekali memang bakal seru banget, berlibur ke destinasi khusus, seperti pemandian air panas di Guci Ashafana ini ya mbak.

Buat aku juga kayaknya paling cocok, karena pegel di boyok bisa jadi melemas.
    Hehehe..

23. Seumur-umr belum pernah ke Guci Tegal, padahal penegn banget lho kesana namun kok sellau terbentur waktu yang belum pas baca postingan Mbak Tanti jadi makin pengen kesana, semoga bisa segera kesana ya.. amin

24. Wah ini nih yg mesti diagendakan thn 2020 ini… Smg-Gucci sdh dekat ada tol. Yang bikin penasaran mandi air panas musim hujan gini apa ga terasa dinginnya klo udh mentas?

25. Sejuknya ini Guci, asik banget pemandangan dan suasanannya syahdu
    Pengne nginep di villanya, seru kayaknya. Kalo tempat kamar mandinya aman kan Mba? AKu pengen nyebur mandi di air hangatnya, huahhh bayanginnya seger.

26. Seru banget ya mbak.. dingin-dingin Mandi air panas sambil lihat pemandangan hijau-hijau terus minum kopi sama ngemil roti bakar.. kumpul keluarga lagi… Waah surga dunia.. malah jadi berkhayal akunya hihi

27. Aih, seru sekali ya nginep di Guci. Ini keinginan lamaku bersama isteri, Mbak, tapi sampai sekarang belum pernah terwujud. Pengen banget bermalam di sana, tapi sekarang bisanya cuma pas liburan sekolah.

28. Semoga suatu saat nyampe ketempat ini, kayaknya seru

29. Wah aku belum ke Baron Guci mba, hanya pas di pemandian yang pancuran itu. Kapan-kapan kalau main ke Guci lagi harus nyambangin Baron Hill yaa..

30. Kemarin udah bisikin suami supaya bisa liburan kesini sama anak-anak, mbaa. Semoga segera terealisasi

31. Bahagianya liburan sekeluarga ya Mbak, apalagi penginapan ada kolam renang, ini air panas pula, pengen ajak bocah huhu…

• Iya mba..spesialnya di Guci ini, banyak penginapan dg kolam air panas semi privat.. jadi puaaas berendamnya hehe..

32. Tiap baca cerita soal Guci, selalu mengingatkanku dengan ‘petualangan’ waktu SMA dulu, mbolang ke Tegal sama teman2, main ke Guci juga..mandi di pqncuran pitu, jalan ke hutan pinus, naik bukit… Jadi makin pengen mengulang keseruan itu Mbak… Apalagi sekarang banyak fasilitas yang memudahkan banget ya termasuk villa Ashafana ini

33. Nama tempatnya lucu 🙂 dan begitu liat postingan ini ternyata bener² paket lengkap wisatanya. Pengen nyebur juga jadinya liat kolam kayak gitu.

34. Itu enak banget, lengkap ya, biaa berenang di Kolam Air Panas, bisa ke Curug juga. Seru amat. Nama tempatnya juga lucu, terinspirasi dari mana ya..

35. Belum pernah nih berkunjung ke Guci, soalnya cuma mudik ke kampung suami di Pemalang kalau lebaran, dan Guci ramenya minta ampun. Semoga ada kesempatan untuk berkunjung ke sini.

36. Pantesan mamahku sering bilang kepengen main ke Gucci. Ternyata seperti ini keseruannya ya mbak? Ada pemandian air panas dll. Iya sih bisanya weekend gimana ya pasti ruameee dan penginapan lebih mahal. Bolehlah mauuu bgt kapan2 bisa ke sini dan nybvain makanan khasnya. TFS.

37. Wah asyik sekali lokasinya mas
    Penginapan dan wisatanya menarik
    Dingin-dingin mandi di kolam air panas tentu menyenangkan sekali
    Mau banget ke sana juga

38. Kalau aku belum pernah mbak main ke Gucci Tegal. Malah ini baru tau. Tempatnya hijau, asri, adem ya. Terus banyak spot cakep buat foto-foto lagi, hehe.

39. wah seru banget kalo bisa liburan bareng keluarga gitu. kolam air panasnya juga sepertinya asyik buat dicoba, tapi kok rame banget ya? hehe

40. Bagus ya Guci itu. Keponakan yang mertuanya orang Tegal suka cerita, kalau mudik ke Tegal. Tapi engga kebayang ada apa aja di sana. Asyik dong ternyata ada pemandian air panas ya…

41. Wah asyik sih kalau ada kolam air panas di dataran tinggi gitu. Di lereng Ungaran juga ada Umbul Sidomukti tapi sayang banget airnya dingin jadi ya tambah kedinginan karena udara udah dingin wkwkwk

42. Wah seru nih, selaama ini cuma pernah ke tempat pemandian umum aja di Guci. Ternyata banyak wisata lainnya kayak Baron Hill.

Btw, itu lantai kacanya bawahnya apa mbak. Ga berani aku naik begitu secara takut ketinggian.

43. Guci legend banget ya, Mbak. Memang kata om Saya yang orang Tegal pun selalu ramai kalau lagi musim libur

44. Ih, asyik banget bisa main ke pasar gitu. Saya juga suka main ke pasar, cari makanan lokalnya.

Penginapannya juga bagus, ada yang model bambu gitu dan besar sekali ukurannya pasti kalau ada 3 kamar di dalam.

Makasih ya mbak sudah sharing

45. Wah, menarik juga ya menginap di Ashafana sekaligus puas-puasin berendam air panas di GUCI. Cocok buat weekend getaway. Apalagi juga bisa menikmati suasana hijau dan mampir ke Baron Hill. Berarti dari sisi penginapan nggak ada masalah ya, mbak.

46. Wahh seru banget bisa berwisata bersama keluarga mbak. Hahaha
    Emang bener banget mbak kalau wisata bareng itu bisa merekatkan kekeluargaan.

Salam dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

47. Guci ini menjadi salah satu wish list saya untuk dikunjungi. Sekalian sambil mendaki gunung.

48. Asiknya bersama keluarga yah mbak, menikmati kehangatan bersama-sama. Aku tuh pernah berkeinginan ke Tegal tapi belum kesampaian sih. Biaya masuknya jadi dua kali gitu ya mbak?

49. Pengen ajak kekuarga ke sini deh, menginap terus berendam air panas, enaknya, pemandangannya juga apik..

50. itu pada berani yaaa foto-foto di spot berlantai kaca di The Baron Hill Guci itu?? aku kayaknya udah lemes duluan loat kebawah hahaha