LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Di Museum Semedo
Di Museum Semedo

Sejenak Menikmati (Calon) Museum Situs Semedo

| 62 Comments

Museum Situs Semedo

Museum Situs Semedo di Desa Semedo Kab Tegal Jawa Tengah

Hai, Sahabat Lalang Ungu.. Apa kabar semuanya? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Meneruskan cerita dari Tanah Tua Semedo, kali ini aku akan ceritakan pengalamanku saat berkesempatan sejenak menikmati (calon) Museum Situs Semedo.

Lho, kenapa masih disebut Calon Museum Situs Semedo?

Karena museum yang mulai dibangun Tahun 2015 oleh DirjenΒ  Permuseuman dan Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan terletak di Desa Semedo Kec Kedungbanteng Kab Tegal ini memang belum resmi dibuka. Bila teman-teman dalam waktu dekat ini singgah di sana, dengan izin dari pak Satpam setempat, teman-teman boleh masuk ke area museum ini namun hanya boleh menikmati bagian luarnya saja.

Pemandangan luar area Museum Situs Semedo

Dari luar gedung museum ini tampak gagah dan indah. Ada gambar besar homo erectus di dinding besar bertuliskan ‘Museum Situs Semedo’ sementara di bagian samping kanan ada replika gading berukuran besar dan di halaman depan musem (setelah menaiki anak-anak tangga) terdapat replika Gajah Purba. Ketiga spot ini bisa menjadi tempat pepotoan yang menarik tentunya..hehe..

Tampak luar Museum Situs Semedo

Mejeng di area Museum Situs Semedo

Replika Gajah purba Museum Situs Semedo

Replika Stegodon Sang Gajah Purba di halaman Museum Situs Semedo

Ada apa saja di dalam Museum Situs Semedo?

Nah, ketika ada acara Festival Tanah Tua Semedo yang lalu, pada hari ke-2 para peserta mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam museum dan menikmati kunjungan singkat ke bagian demi bagian museum ini, diantarkan oleh Satpam Museum.

Pembagian Ruang di Museum Situs Semedo

1. Ruang Tunggu

Memasuki museum ini pengunjung dibatasi jumlahnya yaitu 10 orang per sesi kunjungan. Nah, pengunjung bisa menunggu giliran di ruang pertama yang ada setelah pintu masuk ini. Dari ruang ini pengunjung masuk melalui sebuah lorong menuju tingkat di atas yaitu lokasi ruang-ruang pamer, mulai dari ruang 1 hingga 3.

Museum Situs Semedo

Di ruang tunggu…

2. Ruang Pamer 1

Di Ruang Pamer (display area) 1 ini pengunjung dapat belajar tentang : pembentukan alam semesta; kedatangan homo erectus di Nusantara; jembatan darat pada zaman es; dan migrasi out of Africa, melalui infografis-infografis besar yang terpajang di dindingnya.

3. Ruang Pamer 2

Dari foto-foto dan infografis-infografis yang ada di Ruang Pamer / display area 2 ini, pengunjung mendapat wawasan mengenai : persebaran homo erectus di Indonesia; tingkatan evolutif homo erectus; situs Semedo; manusia Semedo; dan bahwa mereka berdampingan hidup dengan fauna yang sangat tua.

4. Ruang Pamer 3

Ruang pamer (display area) 3 adalah ruang pamer terakhir di mana pengunjung dapat menambah pengetahuan tentang budaya homo erectus di Semedo dan menikmati diorama-diorama kehidupan antara 2,4 – 0,22 juta tahun lalu di Semedo.

Di dalam Museum Situs Semedo

Beberapa ruang pamer di Museum Situs Semedo. Yang kanan bawah itu mini theatre nya..

Tanah Tua Semedo

Sebagaimana sudah kutuliskan di post sebelum ini, bahwa penyebutan Tanah Tua untuk Desa Semedo merujuk kepada ditemukannya fosil-fosil penting dari peradaban yang sangat tua, di daerah ini.

Dakri, penemu fosil Semedo

Pak Dakri, penemu awal artefak & fosil di Semedo

Adalah Pak Dakri seorang petani sekaligus seniman dari Desa Semedo yang pertama kali menemukan artefak alat batu, fosil gigi ikan hiu dan lutut gajah di tahun 1987, saat sedang bekerja di ladangnya. Waktu-waktu selanjutnya ditemukan fosil-fosil lainnya, oleh warga Desa Semedo lainnya yaitu Sunardi, Duman dan Ansori.

Penemu fosil Semedo

Para penemu artefak & fosil di Situs Semedo

Beberapa jenis fauna yang telah teridentifikasi dari situs seluas sekitar 2,5 km2 ini a.l : Penyu (cheloniidae), Buaya (crocodillan), Ikan Hiu (chondrichtyes), Gajah purba (stegodon sp dan elephas sp), Badak (rhinoceros sp), Babi (sus sp), Rusa (cervus sp), Kuda Nil (hexaprotodon sp) dan jenis-jenis Sapi/Kerbau/Banteng (bovidae sp).

Adapun penemuan yang paling menggegerkan adalah fosil tengkorak manusia purba homo erectus di tahun 2011 lalu yang diberi nama Semedo 1 dan telah diteliti oleh Tim Ahli Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran dan disimpulkan telah berusia 700.000 tahun lalu dari kala Pleistosen tengah. Fosil yang ditemukan oleh Dakri di anak Sungai Kawi itu terdiri dari kepingan-kepingan bagian tengkorak kepala. (Sumber : Artikel Kompas – 18 April 2012 – Tengkorak Manusia Purba ditemukan di Semedo).

Fosil Semedo

Beberapa fosil di ruang pamer Museum Situs Semedo

Info Situs Semedo

Info yang dapat dilihat di Pondok Informasi Semedo

Saat ini, karena Museum Situs Semedo belum dibuka, sebagian hasil temuan dan informasi tentang Tanah Tua Semedo dapat dilihat di Pondok Informasi yang juga merupakan rumah dari Pak Dakri, Sang Penemu itu. Rumah yang terletak di jalan kecil menuju Bukit Pelangi Semedo ini tidak akan sulit ditemukan.

Di Museum Semedo

Di Museum Situs Semedo (foto by Ila Rizki)

Museum Situs Semedo

Blogger Pekalongan & Tegal di Museum Situs Semedo

Demikianlah cerita pengalamanku sejenak menikmati calon Museum Situs Semedo beberapa waktu lalu. Tak sabar ingin datang kembali setelah museum ini resmi dibuka (yang menurut info dari Pokdarwis setempat adalah di Tahun 2020) untuk belajar sejarah di sana. Semoga saja saat itu, akses jalan menuju Museum ini sudah semakin nyaman dan banyak petunjuk-petunjuk jalan sehingga mempermudah wisatawan baik lokal maupun internasional yang akan mengunjunginya. Aamiin..

Baca Juga : Mengenal Rumah Vernakular di Desa Semedo dan Pengalamanku mengikuti Festival Tanah Tua Semedo 2019.

62 Comments

  1. asyik banget ini mba, sekilas kayak di Jatim PArk 2, tapi ini lebih lengkap ya, gak sabar ya menunggu kapan di buka, tahun 2020 bentar lagi kayaknya πŸ˜€

    Bakalan rame banget tuh, anak saya pasti hapy kalau diajak ke sana, belajar sejarah secara langsung πŸ™‚

  2. Wah ternyata ada museum sekeren ini ya ini di daerah Kab Tegal ya mbak. Sejak ada tol jadi gak pernah lewatin jalan raya sekitar sana lagi nih padahal enak ya bisa mampir-mampir

  3. Wah replikanya masih terjaga dengan baik ya mba. Aku tuh termmasuk orang yang suka datang ke museum mba. Bisa belajar banyak hal πŸ™‚

  4. Desainnya tampak digarap dengan profesional, ya. Ternyata gajah purba itu gadingnya panjang banget hehehe..

  5. Waahh kece bgt calon museumnyaaa. Ih udh ngebet main ke situ mbak

  6. Ga sabar menunggu museum Situs Semedo buka, mudahan diberi rejeki bisa mengunjunginya juga.

  7. Baru melihat sebagian museum situs Semedo yang masih menunggu diresmikan saja sudah terlihat besar dan nyaman ya …

  8. Huwooo, buat anak2 ini menarik banget, bisa lihat visual nyata dari aneka artefak ya Mba
    soale selama ini kan mereka ngebayangin doang

  9. Pengen deh ajakin anak-anak ke tempat museum begini ga cuman ke playgorund doang hehehe baru tahu di Tegal ada ini mantap ya mba

  10. Wuih bagus ya. Padahal belom 100% rampung. Apalagi kalo beres semua. Bakalan jadi salah satu tempat tujuan wisata favorit nih.

  11. Wah masih calon ya..tahun depan baru buka semoga lancar pembukaannya ya.. jd pengen ke sana ..kalau lg main ke Jateng ah

  12. Museumnya besaaarr yaa, kak…
    Tinggi bangunannya.

    Seru sekali ajak anak-anak mengenal sejarah.
    Tapi…
    Kalau anaknya banyak tanya, Ibunya mesti makin rajin baca niih…hihii~

  13. Wah ada Museum Semedo, bagus banget di dalamnya mbak. Penuh dengan kebudayaan lokal. Aku belum pernah ke daerah Semedo mbak.

  14. Kayanya menarik museum ini. Semoga interaktif ya hasilnya. Masih lama dong nunggu 2020 kak.

  15. Tegal, seingat saya tempat wisatanya yang menarik hanya Air Terjun Guci. Tapi museum ini membuat Tegal jadi terdengar lebih menarik. Siapa pengelola museumnya, Mbak, pemerintah daerah atau institusi mana? πŸ™‚

  16. Wahh keren mbak. Desain dan arsitektur museumnya keren banget. Bikin nyaman di dalamnya…

  17. Semoga dengan bangunan yang keren, penataan yang apik, akan mengundang pengujung, karena jujur saja, umumnya masy kita belum sadar museum.

  18. Prnampakan luarnya cukup mewah dan krkinian ya mbak. Bukan penampakan museum jaman kuno yg mboseni dan anker. Serius pengen kesana deh semoga segera diresmikan

  19. Wah bgs ya mb tempatnya…kekinian..g bosenin

  20. Wah … Bisa ajak anak-anak belajar sejarah di sini ya? Kayaknya bisa nih, ngajak bocah ke sini liburan Desember besok

  21. keren banget nih, biar museum itu kesannya asyik, jadinya pengunjung juga bisa ramai, ya, nggak sabar pengen dibuka dan pengen ke sana deh

  22. Bagus sekali museumnya. Lengkap dan informative. Semoga lekas buka, ingin berkunjung

  23. Oalah karena emang belum resmi di buka yaa kak makanya masih (calon) museum hehe. Tapi asik yaa kak udaah masuk duluan sebelum dibuka secara resmi hehe. Bagus euy dari luarnya jugaa …

  24. Untuk antar ruang pamer ramah difable ga ya mbak? Kemarin yang di sangiran terlalu banyak tangga. Kebetulan ibuk kakinya lagi sakit, jadi ga ikut tour.

  25. Jadi penasaran nih dengan museum situs Semedo sejak mbak Tanti dan teman-teman blogger cerita di sosial media.

  26. Waaah… Indonesia punya (calon) museum sekeren ini ya mbak. Berasa kaya lihat museum-museum di luar negeri, desain interior dan fasilitasnya komplit banget. Jadi nggak sabar menanti resmi dibuka. Langsung masuk list untuk dikunjungi. Suka banget jelajah museum, tapi seringkali museum di Indonesia spooky, jadi takuuut. Kalau museumnya sekeren ini kan betah yaks ngajak anak-anak.

  27. Pengin banget segera jadi nih museumnya agar bisa didolani ya mba. Bisa bawa anak-anak ke sana agar tau tentang sejarah Situs Semedo.

  28. Keren banget Tegal punya museum semodern dan sekeren ini, bisa jadi tujuan wisata edukasi baru ya buat kita..

  29. Wah kalau ke Tegal, bisa mampir sini ajak bocah-bocah mereka suka banget ke Museum..

  30. Asyik. Sekarang kalau sampai liburan ke Tegal, bakal ada Museum Situs Semedo buat bisa belajar sejarah. Destinasi yang pas buat wisata keluarga.

  31. Aku pernah baca artikel kalau di Semedo ini diyakini dulu ditinggali sejenis hewan primata yang lebih besar dari Kingkong. Keren ya daerah ini, banyak hewan purbanya.

    Btw, ini tepatnya di Tegal sebelah mana Mbak? Belum pernah ke Desa Semedo.

  32. Belum resmi dibuka tapi sudah dikelola dan sudah menerima pengunjung ya, mbak. Semoga bisa menjadi alternatif wisata di Tegal.

  33. Alhamdulillah ya, Semedo kini punya museum..
    tau nama Semedo ini dari buku panduan wisata Jateng, udah dicatet .. tapi nunggu museum jadi ah..
    kalau dari kota Tegal masih jauh ya mbak?

  34. Wuih, ternyata gading gajah jaman dulu panjang banget yaa. Serem.

    Btw, nungguin launching-nya Museum Semedo nih. Penasaran.

  35. Kemarin pas ambil hadiah henponnya kan ke sana Mas Hadi Mba
    katanya diresmikan oleh Jokowinya nunggu jalanan dibangun beraspal dulu kwkwkw

  36. sayang aku gak jadi ikut, keren ternyata ini museum semedo ya, hiks pingin kesana

  37. Belum dibuka tapi udah oke, ya. Kalau inget fosil dll saya jadi inget zaman sekolah dulu pas belajar tentang ini. Suka sama sejarah soalnya.

  38. Ga nyangka ya ada museum sebagus ini πŸ™‚ Ga sabar nunggu rampung semua, pasti bakalan ramai pengunjungnya. Bagus nih buat nambah wawasan anak2 dan keluarga. 2020 mah bentar lagi. Sabar menanti ah.

  39. Ih menarik banget museumnya. Tahun depan ya mulai beroperasi nya? Pengen ngunjungin ah setelah resmi

  40. Lhah kereen. Kayak Museum Sangiran, museum purbakala juga. Asyik, pengen juga ke sana. Bisa mempelajari sejarah asal-usul manusia.
    Humm…ada apalagi ya di Tegal, biar sekalian wisata…

  41. Menarik nih. Catat ah..siapa tau ada rejeki n kesempatan bisa berkunjung ke Tegal n mampir deh ke museum Semedo ini. Patung gajahnya apik. Jadi pengen berfoto disitu hehe

  42. Asik banget ini ya mbak, bisa main bareng-bareng dengan teman blogger ke museum. Aku pernah baca tentang museum Semedo ini tapi belum pernah main kesana. Siapa tau nanti bisa liburan dan main kesana ya mbak.

  43. Seneng deh mendengar kabar kalau ada museum yang dibangun dan akan diresmikan.
    Aku baru dengar nih mbak nama daerah Semedo yang ternyata ada di Jawa Tengah.

    ruang pamer ini tidak dilengkapi TV LED untuk menampilkan visual yang menarik ya, mbak? Masih menggunakan tampilan info dengan cara yang “jadul”?

  44. Keren nih, nggak cuma di Selatan aja yang ada Museum Situs di wilayah Pantura juga ada kapan-kapan wajib bawa anak-anak kesana buat belajar bersama…

  45. Wah..ternyata ga jauh ya dari Semarang. Bisa nih..makwesss kesana ngajak anak2. Thx rekomennya mbak

  46. Wah aku belum pernah ke sini
    Jadi ingat tempo hari ke Museum Sangiran di Sragen
    Sama petugasnya direkomendasikan untuk berkunjung ke sini juga
    Nanti ah kapan-kapan mau deh ke Museum Semedo
    Biar makin lengkap pengetahuan sejarahnya

Leave a Reply

Required fields are marked *.