LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Melaksanakan Sensus Penduduk Online. Aku sudah, kamu?

| 133 Comments

Melaksanakan Sensus Penduduk Online. Aku sudah, kamu?  Sahabat Lalang Ungu, Sensus Penduduk Online memang merupakan hal yang baru di negara kita ya. Setidaknya sepengetahuanku, baru di tahun 2020 ini dilaksanakan SP Online di Indonesia. Apakah kalian sudah berpartisipasi pada SP2020 Online, teman? Atau bahkan belum mengetahuinya sama sekali? Hehe.. Nah kalau belum kenal, yuk kenalan dulu dengan SP2020 Online (SPO) ini.

Apa itu Sensus Penduduk Online?

Pengertian

Sensus Penduduk merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menghitung jumlah penduduk secara periodik. Hasil dari kegiatan ini tidak hanya angka jumlah penduduk Indonesia secara total pada tahun tertentu saja, namun juga jumlah penduduk per jenis kelamin, usia, pekerjaan, dll.

Kegiatan Sensus Penduduk dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan di tahun 2020 ini terdapat dua cara pelaksanaan yaitu Sensus Penduduk secara Online dan Sensus Penduduk melalui wawancara oleh petugas yang melakukan kunjungan rumah.

Sensus Penduduk 2020 secara Online (SPO) ini dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat, diakses kapan saja dan di mana saja, melalui komputer, Tablet maupun ponsel.

Waktu Pelaksanaan & Sasaran SP2020 Online

SP2020 online ini dilaksanakan selama 1,5 bulan, yaitu sejak 15 Pebruari – 31 Maret 2020.

Update berita terbaru : SPO 2020 diperpanjang hingga 29 Mei 2020!

Sasaran Sensus Penduduk adalah semua Warga Negara Indonesia oleh karena itu diharapkan semua WNI aktif berpartisipasi dalam SP2020 online ini

Arsip Kependudukan yg perlu dipersiapkan

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Nikah (bila ada anggota keluarga yang berstatus menikah)
  4. Akta Cerai (bila ada anggota keluarga yang berstatus cerai hidup)
  5. Akta Kematian (bila ada anggota keluarga yang berstatus cerai mati)

Tatacara Pelaksanaan

Nah, langkah-langkah yang kutuliskan berikut ini telah kulakukan dalam mengisi SP2020 online kemarin :

  1. Mengakses laman sensus.bps.go.id . Oya meskipun kemarin aku mengakses laman ini melalui ponsel saja, namun tetap bisa melakukan pengisian dengan lancar. Alhamdulillah.

    Halaman depan laman sensus.bps.go.id

  2. Mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) pada kolom yang disediakan. Ada kode yang muncul dan harus kita isi, lalu klik ‘cek keberadaan’.  Oya, karena ini pertama kali mengakses maka aku membuat kata sandi (password) dan pertanyaan keamanan terlebih dahulu.

    Cek keberadaan di SPO 2020

  3. Setelah mempunyai kata sandi lalu klik ‘masuk’ terdapat panduan cara mengisi SPO ini. Setelah memahaminya maka aku pun klik ‘mulai mengisi’
  4. Pilih dahulu bahasa yang dikuasai lalu kita mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seputar data semua anggota keluarga sesuai dengan KK kita. Dimulai dari menuliskan alamat tinggal kita lalu menjawab pertanyaan tentang data keluarga mulai Kepala Keluarga lalu berlanjut ke masing-masing anggotanya. Oya, pengisian SPO ini tidak harus dilakukan oleh Kepala Keluarga lho..siapa saja dari anggota KK itu bisa mewakili pengisian sesuai dengan data masing-masing anggota.
  5. Bila saat pengisian ada arsip yang belum lengkap atau ragu atas data yang diisikan, bisa lakukan penyimpanan sementara dengan klik ‘simpan sementara’ di pojok kanan atas.
  6. Setelah semua data terisi dan kita yakin akan kebenarannya, bisa kita cek pada tahap akhir ‘ringkasan data’. Jika semua anggota keluarga telah ‘update’ atau ada tanda centang, maka kita klik ‘kirim’.
  7. Unduh bukti pengisian atau kirimkan ke email, sehingga bisa kita cetak.

    Langkah terakhir, unduh bukti pengisian SPO

    Oya, untuk teman-teman ASN, hardcopy / cetakan bukti pengisian inilah yang kita kumpulkan ke petugas kepegawaian di kantor kita sebagai bukti partisipasi kita di SPO ini.

    Bukti Pengisian SP2020 Online

Nah, bagaimana teman-teman, cukup mudah kan ya? Oya, untuk pertanyaan pekerjaan setiap anggota keluarga, ada pilihan jenis-jenis pekerjaan atau bila tidak ada yang sesuai tulis saja ‘lainnya’ lalu berikan diskripsi pada kolom di bawahnya. Pastikan semua pertanyaan telah terjawab, karena bila ada pertanyaan yang terlewat maka pada ‘ringkasan data’ kolom update belum tercentang dan SPO ini belum bisa dikirim.

Oya, ternyata SPO 2020 diperpanjang sampai tgl 29 Mei 2020 teman, jadi masih ada waktu selama hampir 2 bulan ke depan untuk berpartisipasi dalam SP2020 online ini, mari kita bantu pemerintah melalui hal mudah yang tak makan banyak waktu ini.

Bagaimana bila terlewat SP2020 Online ini?

Penduduk yang terlewat / belum berpartisipasi dalam SP2020 Online ini tetap akan didata melalui tahapan SP 2020 wawancara / kunjungan rumah di Bulan Juli yang akan datang.

Aku sudah ikut Sensus Penduduk Online ini, kalian bagaimana? Bagi pengalamannya di kolom komen ya..

***

Update info tgl 30/3/2020 :

Ohya teman, aku baru saja mendapat update info dari rekan yang bertugas di BPS, bahwa data basis dari Catatan Sipil yang digunakan untuk SPO 2020 ini adalah KK yg bertanggal s.d Juni 2019. Jadi, untuk KK baru (setelah Juni 2019) maka pengisian SPO menggunakan KK yang lama.

Contohnya, seorang kawan menikah pada Januari 2020 lalu, dan membuat KK baru terpisah dari orang-tua pada Pebruari (KK baru bertanggal di Bulan Pebruari 2020). Dia tidak bisa mengisi SPO ini dg menggunakan KK baru ini, melainkan masing-masing mengisi dengan KK lama (orang tua masing-masing) kemudian pada status pernikahan ditulis ‘kawin’ dan alamat yang dicantumkan adalah alamat baru saat ini.

Nah..itulah info terbaru yang kudapat dari rekan yang bertugas di BPS, menjawab pertanyaan temanku yang mempunyai masalah tersebut. Mudah-mudahan info ini berguna untuk Sahabat Lalang Ungu ya…

***

133 Comments

  1. aku sudah isi nih, tapi butuh waktu lama dari yg seharusnya karena gagal2 terus. sampe gemes. hahaha..
    walau begitu yg penting sudah selesai sekarang 🙂

  2. Wah, kayaknya daku belum, euy
    Baiklah, abis gini mau ngisiii
    Makasii Mbaaaa

  3. Aku udah ngisi. Lebih praktis sekarang via online gini gak perlu didatengin satu2

  4. Aku belum ngisi sensus penduduk. Warga macam apa ini?! Ckckck. Besok deh lihat-lihat apa saja yang diisi. Akta nikah sama akta Kematian kemarin sudah diurus juga

  5. Saya harus tanya ke suami apa sudha atau belum Mudah-mudahan aja sudah . Bagus juga kalau online begini

  6. Sudaaahhhh, alhamdulillah. Pas jam jam segini nih, tengah malem, aku ngisinya mbk. Biar lancar sukses tanpa hambatan. Karena beberapa kali nyobak ngisi pas siang hari eee gagal gagal terus.

  7. Wah baca ini jadi pengen ngisi sensu penduduk mbak. Belum ngisi sama sekali ini, padahal membantu banget sekarang sudah online.

  8. Masih ada waktu satu hari lagi ini Ya Mba Tant, mau ah isi
    colek suami besok suruh ngurusin, wkwkwk doi yang telaten beginian.

  9. Aku belum mba.. baru tau pas baca blog ini aja huhu, kudet yak aku ini kalau soal beginian.hehe…tapi mau nunggu didatangi aja gitu hehe..

    • Mending ngisi saja sendiri, gampil kok mba caranya, cepat juga asal data2 yg dibutuhkan sudah disiapkan..

  10. Kemarin Mba Atik juga udah mengingatkan nih untuk ikutan sensus ini. Hahaha… akunya sok sibuk nih mba. Jadi keingetan untuk melakukan self sensus baca artikel ini. Matur nuwun ya mba untuk pengingatnya.

  11. Aduh mba, aku belum. Thanks ya sudah share. Aku segera mendaftar masih bisa gak ya?

  12. mba jujur ya saya dari kemaren kemaren tu udah inget tapi karena pikirannya kesita sama situasi sekarang jadi kelupaan, untung deh diingetin ini saya langsung akses websitenya buat daftar

  13. Mbak.. Kok aku ga dapat informasi atau sosialisasi sama sekali tentang sensus penduduk ini ya.. Kayaknya di lingkunganku juga ga ada omongan.

    Mau cari tau ahh. Makasih ya mbak info dan berbagi tipsnyaaa… Intung mampir kesinu

    • Mgkn kelewat gak kebaca ya mba..yg saya lihat di Twitter agak sering sosialisasinya.. Yuk capcus isi dulu..

  14. Eyaampun aku belom. Lupa aja. Sampe besok 31 Maret ya? Duh kudu buru-buru nih. Padahal si sulung udah ngingetin. Disuruh dari sekolahnya. Makasih sudah diingatkan kembali.

  15. aku belum ikutan sensus online ik, ya ampun kau mengingatkanku mba. tengkyu yak. ternyata gampil pisan

  16. Waaah saya belum nih Mbak. terima kasih sudah mengingatkan. Nanti kalau sudah sampai di rumah saya mau mencoba daftar ah.

  17. Baru tau sekarang ada sensus penduduk online. Masih ada waktu untuk mengisi data sampai besok, ya. Makasih infonya, Mbak.

  18. Duh aku belum ngisi nih, cus ah setelah ini mau ngisi sensus penduduk online biar jadi warga negara Indonesia yang baik

  19. saya juga sudah isi SPO ini beberapa hari yang lalu Mbak, kebetulan ada teman yang kerja di BPS yang gak bosan-bosannya ingetin kami di WAG tuk turut berpartisipasi isi SPO ini.
    masih ada 2 hari lagi nih buat yang belum mengisi, caranya juga mudah kok, dari HP dan sambil rebahan pun juga bisa ngisinya.

  20. Wah, untung baca blog ini, masih ada kesempatan sampai besok. Siapin arsipnya dulu ah.

  21. Saya mesti cek ke pak suami nih sudah isi belum ya.. Memang lebih mudah online ya mba bs membantu meringankan petugasnya juga

  22. Wah … Aku hampir kelupaan nih, terima kasih diingetin ya. Kalau nggak baca blog ini udah lupa beneran aku

  23. Masya Allah kemarin baru di japri bu RT diingatkan udah isi belum. Hari ini buka blog kamu mba. makasih makasih banyak yo. habis BW daftar

  24. Masih ada waktu nih ya, besok terakhir. Dapat reminder, sambil mau tanya anggota keluarga

  25. Saya sudah secara online. Memang ribetnya harus memasukkan nomor surat ini itu. Tapi itu lebih baik daripada ribet didatangi petugas sensus hehe… Menurut saya sensus ini (yang offline) cukup terganggu akibat wabah Corona, mungkin akan diperpanjang

  26. Saya kayaknya belum nih duh untung baca tulisan mba jadi inget deh mkasih bnyak loh ulasannya membuat kita ingat

  27. Eh iya aku blom isi ka. Untung baca ini .bsok suami kuminta isi deh

  28. Aku belum
    Besok mau isi
    Soalnya aku mangkel karena KTPku seolah tak diakui di negara ini

  29. Aku baru mau nih.. daritadi gak berhasil masuk. Entah lagi crowded atau gmn

  30. Wah sekarang jadi lebih mudah ya, pengisiannya fleksibel. Bisa dikerjakan kapan saja. Tidak mesti harus jam kerja. Tapi memang harus disiapkam dulu berkasnya saat mau mengisi datanya, supaya pengisiannya lebih cepat☺

  31. Kayaknya aku udah sih ini. Kemarin sama RT juga udah dikasi edaran dan sosialissi buat ngisi. Sepertinya yang isi2 online2 juga suamiku hehe. Moga2 dengan statistik seperti ini pemerintah bisa dapat data yang berguna utk lbh mensejahterakan rakyatnya ya aamiin

  32. wahiya lupa belum ikutan sensus online euy.. tagl 31 ya terakhir.. langsung cuzz nih..

  33. aku belum sempat isi nih mba, tapi memang penting banget ya isi sensus penduduk ini karena nantinya bermanfaat juga buat kita, aku coba deh setelah ini dengan ikuti step disini

  34. Sepertinya belum, tapi ada bu RT yang keliling rumah, hehe

  35. Saya sudah isi di sekolah Palung. Soalnya warga kampung didata secara bergiliran dengan datang langsung ke sekolah.
    Pas datang ternyata ada gangguan server tidak busa dibuka. Mungkin sibuk karena diserbu para penduduk yang isi sensus.
    Esoknya datang lagi dan alhamdulilah lancar, cuma makan waktu beberapa menit untuk data dengan wawancara yang dilakukan oleh guru kelas 6. Soalnya di sekolah Palung kepala sekolahnya menyediakan Wi-Fi. Mungkin modem jadinya sekolah yang berpartisipasi bantu warga untuk sensus penduduk
    Lega sudah seiesai. Cuma saya jengkel sekali pada yang petugas kecamatan yang membuat kartu keluarga karena seenaknya ganti huruf nama saya jadi y di kartu keluarga padahal seharusnya j seperti kartu keluarga lama. Itu akan merepotkan karena data sudah tersimpan. Bahkan e-KTP saya saja salah tempat lahirnya. Parah banget.

    • Waduuh..harus diurus ulang ya mba, biar sinkron semua. BTW, salut utk partisipasi sekolahnya thd SPO ini!

  36. Daaaan saya mengisinya baru 31 maret semalam. Hehehe. Kalau mepet biasanya loading suka lama dan itu yg saya rasakan. Tapi Alhamdulillah berhasil juga.

  37. Ya Allah, Mbak. Aku lupa! Gara-gara kapan itu ngisi trus ada gangguan, akhirnya kelupaan sampai kelar sensus onlinenya. Duh!

  38. Alhamdulillah aku sudah dari awal denger sosialisasinya dari BPS disebuah stasiun radio di Jakarta. Sensus ini sangat penting agar pemerintah bisa membuat program secara tepat menyentuh masyarakat

  39. Aku udah coba isi onlen tapi gagal terus jadi kayaknya nunggu petugas aja yang datang

  40. Saya terlewatkan sensus penduduk online, Mbak. hanya pas lihat diperpanjang sampai mei, lega.. hehehe. Soalnya di sini, memang biasanya didatangi perangkat desa ke rumah. Jadi harus pakai KK lama ya, Mbak. karena mungkin memang KK baru yang dibuat tahun 2020 untuk sensus selanjutnya.

  41. Aku belum… Makasih bnyk infonya ya. Jd ngerti cara isinya.

  42. Aku sudah ngisi sensus penduduk, disuruh ngisi pas ada arisan PKK awal bulan lalu. Lumayan lama juga sih ngisinya. Tapi betterlah, daripada harus didatangi petugas, apalagi pas ada wabah gini. Lebih praktis menurutku, krn bisa ngisi kapan aja dan dimana saja, misalnya ngisi sambil rebahan gitu hehehe…

  43. Aku belum isi huhu
    abis ini mau isi ah bareng-bareng sekeluarga. Makasih banyak mbak informasinya

  44. Yeayyy diperpanjang sensusnya. Kemarin udah mau ngisi tapi njuk kelalen mba. Untung diperpanjang sampai Mei yaa.. Habis ini aku mau isi sensusnya aahhh

  45. Aku belum isi mba’.. udah dapat info buat sensus ini dari kapan itu tapi lupa-lupa terus kalau mau isi.. ntar malem deh kl udah bisa duduk manis dikerjain isi sensus.nya.. makasih udah ngingetin..

  46. Duh KK ku termasuk baru juga. Kemarin udah mau isi eh webnya ngga bisa diakses. Malah sekarang dapat info kalau punya KK baru harus pake KK lama dulu. Makasih infonya mbak..

  47. Aku belum nih mba. Kendala di jaringan internet. Pas mau buka kemarin ga bisa dibuka pula.
    Alhamdulillah, denger-denger diperpanjang..hhe

  48. Jadi malu nih, saya belum ngisi data sensus. Padahal gampang banget ya kak

  49. Waahh terima kasih detailsnya nih mba.

    Saya belum ikutan & kebetulan mau update KK juga nih

  50. Alhamdulillah, aku sudah isi sensus penduduknya, Mbak. Sebelumnya nyiapin dulu berkas-berkas dan nyatetin dulu nomor-nomor yang diperlukan di note. Soalnya ngisi sensusnya pas lagi perjalanan. Terus excited-nya ada pilihan PENULIS di kolom pekerjaan. Hehe.

  51. Aku malah belum jadi isi sensus mbak. Apalagi diundur sampai Mei. Keknya bisa kelupaan lagi hahaha

  52. Saya belum mengisinya nih Mbak. Kemarin sempat mau, semua KTP dan KK udah dipersiapkan eh lalot bener dan gagal mulu. Akhirnya bete kutinggal deh dan lupa sampai sekarang. Syukurlah diperpanjang ya Mbak, nanti kucoba isi lagi deh

  53. Kalau yang kayak gini kerjaan suamiku nih.. aku tau beres aja. maklum emak males repot..hihih

  54. Alhamdulillah, ternyata diperpanjang ya mba? Kemarin mau ngisi formnya kelupaan. Mumpung anak-anak tidur aku ngisi aja dulu ah. Makasih infonya mba

  55. Taunya kalo isinya valid gmn tu mbak? Kan diisi sendiri bisa aja datanya dikarang2. Aku belum isi sih sampe sekarang mbak

    • Utk teknis menguji kevalidan pengisian ini aku kurang tahu, Muna. Tapi utk yg data2 kependudukan kan mengacu pada database Dukcapil yg sudah ada. Masukkan nomor KK musalnya, jika angka2 yg dimasukkan tepat akan langsung keluar nama2 anggota KK sesuai dgn yg sudah terdata di Dukcapil. Kalau nomor salah / tidak terdata, tidak bisa melanjutkan pengisian..

  56. Wah,aku blum nih mbak ..mudah bgt ya crnya nt deh tak cb ngisi

  57. Saya kayaknya suami udah ngisi.

    Penasaran, Orang-orang tua yang berada di kampung faham nggak ya soal sensus penduduk ini. Mereka kan bnayak yang gak kenal internet. Berati nunggu didata Juli nanti ya.

  58. Syukurlah diperpanjang ya Mbak SPO ini… sempat deg2an krn kemaren belum mengisi hihi.. padahal sebentar saja kan ya

  59. Aku kelawatan nih mba Tant wkwkwk diperpanjang nggak ya, dalam kondisi yang begini. Harapanku diperpanjang hiks, tapi banyak juga yang gagal ya katanya.

  60. Aku belum ini. Pas beberapa waktu lama susah banget buka webnya. Tapi teman ada yg cerita katanya dia sudah bisa. Aku mau coba lagi nanti. Semoga bisa 🙂

  61. Saya belum Mbak. Ingat tanggal 31 Maret dan sangat sulit diakses. Banyak yang baru ingat dan isi, palingan, ya.

    Wah, setelah baca ini saya jadi tahu apa saja yang dibutuhkan sebelum mengisi

  62. Aku belum isi sensus online, baca ini langsung buru2 tanya Paksu udah isi apa blm… Keriwehan bbrp minggu belakangan ini bikin lupa Mbaa klo kudu isi sensus

  63. Aku sudah, Mbak, via online juga. Kemarin pas Pak RT keliling kampung terus sampai ke rumahku, aku nolak ngumpulin berkas. Hihi. Gaya yo cah enom kok pakai cara jadul. Wkwkkk

    Beberapa keluargaku juga kudaftarkan lewat sensus online juga. Lha klak klik klak klik kelar e. Pinuk banget.

    • Mantaaab.. Alhamdulillah ya Ika, tidak hanya mengisi utk keluarga sendiri tapi bisa membantu yang lain untuk ikut SPO 2020. Jempol, Bu Guru…

  64. Alhamdulillah udah kelar ngisi di awal Maret lalu. Enak sih praktis.. data-data yang diisi juga nggak sebanyak yang aku bayangkan. Sayangnya waktu share di PKK, ibu-ibu di kampungku pada malas. Katanya nunggu nanti diwawancara.. kan petugas sensus dibayar buat sensus katanya. Enak banget kalau kita ngisi online, nanti mereka nggak kerja. Duh, kan mengolah data online juga kerja yaa.. harus diedukasi lagi nih kapan2. hihi

    • Hihi..iya tuh mba… Bisa diceritakan pengalaman mba yang sudah mengisi dengan relatif mudah / lancar. Anggap saja ini salah satu cara kita membantu negara ya…bukan cuma dengan rebahan saja hihi..

  65. Alhamdulillah diperpanjang ya..

    Aku sudah isi dong… Hehehe. Padalo yang ngisi pak bojo, aku terima beres aja. Kapan hari aku tanya udah isi sensus apa belum, katanya udah

    Kalau ada SP online gini memudahkan banget… Dulu adekku jadi petugas SP sampe kadang bolak-balik ke rumah orang krn ngga ketemu orangnya

    • Iya Rin..kalau sebagian besar sudah mengisi secara online, alokasi dana tenaga dll bisa difokuskan ke keg lain kan..

  66. Aku belum isi nih.
    InshaAllah nanti balik lagi ke post ini, buat intip cara isi surveynya.

    Jadi aman dah, terekam resmi sebagai warga NKRI ^^

Leave a Reply

Required fields are marked *.