LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Mempunyai Hobi Menyenangkan Sekaligus Menghasilkan, mungkinkah?

| 66 Comments

Mempunyai hobi menyenangkan sekaligus menghasilkan, mungkinkah? Hai Sahabat Lalang Ungu, apa kabar? Semoga tetap sehat dan berbahagia, baik teman-teman yang sedang WFH maupun yang masih harus ke luar rumah karena tugas. Kita ambil hikmahnya saja, bahkan saat harus #dirumahajadulu mungkin teman-teman justru bisa menekuni hobi masing-masing ya..

Definisi Hobi

Menurut Wikipedia, yang dimaksud dengan hobi adalah suatu kata serapan dari kata hobby (Bhs.Inggris) dan bermakna sebuah kegiatan rekreasi yang dilakukan seseorang pada waktu luangnya, untuk menenangkan pikiran.

Sedangkan menurut KBBI Online, hobi merupakan kegemaran / kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

Nah, dari dua definisi yang tersebut di atas, dapat kita simpulkan bahwa hobi merupakan kegiatan pengisi waktu luang, yang menyenangkan / memberikan rasa senang dan dapat menenangkan pikiran dan bukan merupakan pekerjaan (matapencaharian) utama.

Merujuk pada kesimpulan di atas, maka bila ditanya apakah hobiku, maka sebagai jawabannya kau akan mendengar sederet kegiatan yang senang kulakukan di waktu senggang dan menimbulkan efek menenangkan, antara lain : menulis, membaca, memotret, jalan-jalan, dll.

Untuk apa hobi digeluti, habiskan uang saja!

Ada yang masih berpendapat seperti itu? Atau teman-teman setuju dengan pendapat bahwa hobi hanya membuang-buang / menghabiskan uang? Eh, jangan salah…hobi juga bisa menghasilkan lho…

Hobi yang menghasilkan

Meskipun pada kedua definisi hobi di atas disebutkan bahwa hobi bukanlah pekerjaan utama, namun apakah itu menjadikannya mustahil untuk menjadikan hobi itu sebagai kegiatan yang menghasilkan materi?

Menurutku, jawaban dari pertanyaan itu adalah TIDAK. Memang hobi adalah bukan pekerjaan utama, namun sudah kualami sendiri dan banyak juga dialami oleh sahabat maupun kerabat di sekitarku, bahwa hobi juga bisa menghasilkan materi, baik berupa uang maupun barang.

Hobi apa saja sih yang menyenangkan sekaligus menghasilkan?

Tentu saja ada banyaaaak hobi yang menyenangkan sekaligus menghasilkan, namun dalam tulisan ini aku hanya akan menyebutkan beberapa di antaranya, berdasarkan pengalaman pribadi maupun pengalaman orang-orang terdekat di lingkunganku. Berikut ini adalah beberapa jenis hobi menyenangkan yang sekaligus menghasilkan :

1. Menulis

Ah ini sih pasti sudah banyak yang tahu ya.. Tidak sedikit penulis yang mengawali karirnya dari hobi merangkai kata alias menulis, mungkin juga banyak teman-teman blogger yang mengalaminya ya.

Buku karya blogger

Buku, salah satu hasil dari hobi menulis

Ngeblog kan juga termasuk menulis, dan sudah banyaaak blog yang menghasilkan materi mulai dari recehan rupiah hingga dollar, atau pun barang-barang mulai dari buku, cindera mata, hingga barang-barang berharga.

Menulis di sosmed? Bisa juga.. Banyak kan tuh sekarang campaign / promo yang menggunakan jasa influencer melalui Twitter, Instagram atau Facebook. Salah satu modalnya adalah kemampuan nulis status / caption yang menarik, bukan?

Blogger, content writer, editor, influencer, adalah beberapa aktivitas online yang menghasilkan dengan dasar kemampuan menulis sebagai salah satu modalnya.

2. Memotret / membuat video

Fotografi sebagai hobi

Hobi Memotret / Fotografi

Salah satu kesukaanku adalah ikut challenge foto di Instagram yang diadakan berbagai akun pepotoan. Rasanya senaaang bila hasil foto kita mendapat apresiasi masuk grid  di antara seluruh peserta yang ikut (kalau akunnya besar, peserta bisa sampai ratusan) syukur-syukur kalau dapat hadiah (bisa barang / saldo / pulsa).

Seorang sahabatku menekuni hobi memotret ini dan mengatur tampilan instagramnya secara apik untuk menampilkan hasil-hasil karyanya. Dari sana, dia mendapatkan banyak tawaran endorsment dengan imbal-balik berupa produk-produk keren ataupun dana yang (menurutku) sangat lumayan 🙂

Dan kemarin di sebuah WAG yang kuikuti, beberapa orang anggota yang aktif sebagai fotografer membahas cara ‘jual foto’ melalui situs-situs bertaraf internasional, antara lain Shutter Stock,  Dreamtimes, dll. Wow, pendapatan dari jual foto itu bener-bener bikin ngiler deh! Tapi tentu saja, kualitas foto sangat menentukan keberhasilan di sini.

Selain itu, kemampuan memotret / membuat video ini juga bisa menjadi pembuka langkah bagimu untuk direkrut oleh pihak yang bergelut dalam jasa pendokumentasian atau event organizer. 

3. Masak

Nah, kalau yang akan kuceritakan berikut ini adalah pengalaman adikku. Dia seorang ibu rumah tangga biasa, yang salah satu hobinya adalah membuat kue.

Awalnya sih untuk dikonsumsi keluarga saja, atau untuk hidangan saat ada acara keluarga maupun buah tangan saat silaturahmi ke tetangga atau kerabat. Nah, beberapa teman, tetangga dan kerabat yang mencicipi kue buatannya banyak yang tertarik lalu memesan untuk dibuatkan.

Alhamdulillah, setiap menjelang ramadhan seperti saat ini sudah mulai banyak pesanan untuk kue-kue kering maupun roti dan cake untuk lebaran nanti. Ini beberapa contoh hasil karya adikku itu. Berminat? Yuuk, bisa pesan lewat aku.. Haha..numpang iklan nih 😁

Hasil hobi masak

Hasil dari hobi masak

4. Melukis / menggambar

Ada seorang kawan lama yang hobi menggambar sketsa. Kemana-mana selalu ada buku sketsa di dalam tasnya, dan saat waktu luang dihabiskannya untuk membuat sketsa pemandangan atau kejadian yang menarik perhatiannya.

Hasil karyanya menarik minat teman-teman lain untuk memesan dan hal itu bisa menambah uang jajan baginya yang saat itu masih berstatus mahasiswa perantauan. Lumayaaan…

5. Menjahit / merajut /  kerajinan tangan lainnya

Hayoo..siapa yang punya hobi ini? Yang jelas bukan aku! Haha..entahlah tanganku ini kaku banget untuk mengerjakan hal-hal yang butuh keluwesan tangan seperti ini. Itu sebabnya aku sangat kagum dengan teman-teman yang mampu menjahit, merajut, membuat kristik, membuat gelang / kalung, dll. Kalian semua kereen!!

Dan yang lebih keren lagi adalah hasil karya tangan-tangan terampil ini bisa menghasilkan dana alias laku dijual. Naah..asyik banget kan, sudah diapresiasi karyanya, menghasilkan uang pula. Mantaab..

6. Berkebun

Berkebun juga merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dikategorikan sebagai hobi menyenangkan yang bisa menghasilkan.

Pernah di suatu masa, tanaman hias tertentu sempat booming dan harganya meroket. Saat itu tidak hanya petani tanaman hias yang meraup untung, para pehobi tanaman hias pun bisa mendapat keuntungan bila mau berpisah dengan aglonema, Gelombang Cinta ataupun tanaman lain kesayangannya yang sedang ‘naik daun’ saat itu.

Beberapa waktu lalu, adikku tertarik dengan sistem berkebun hidroponik. Dengan semangat membuat sendiri rak-rak hidroponik dan belajar menanam aneka sayur (terutama sayur kesukaan keluarga kami yaitu Sawi, Kangkung dan Selada) secara otodidak. ( Baca juga : Yuk membuat sendiri pot hidroponik dari barang bekas )

Berkebun Hidroponik

Bertanam sayuran hidroponik bagian dari hobi berkebun

Alhamdulillah, ketekunannya membuahkan hasil. Saat panen sayur dari halaman rumah, tidak hanya cukup untuk konsumsi keluarga kami namun juga dibeli oleh tetangga, teman bahkan orang-orang lewat yang tertarik melihat Selada dan Pakchoi tumbuh segar meski ditanam sebagai penghias pagar! 🙂

7. Mengoleksi sesuatu

Pernah dengar hasil lelang sebuah benda dengan harga yang tampak tak masuk di akal kita? Perangko langka, Batu Akik atau benda kuno misalnya?

Koleksi Batu Akik

Koleksi Batu Akik

Ya, itu adalah salah satu bukti bahwa hobi mengkoleksi sesuatu bisa menjadi salah satu kegiatan yang menghasilkan uang. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku…hehe…

Nah teman-teman, itulah beberapa hobi menyenangkan yang sekaligus menghasilkan. Tentunya masih banyak jenis hobi lain yang juga bisa menghasilkan.  Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah : bagaimana cara menjadikan hobi kita menghasilkan?

Tips agar hobi dapat menghasilkan

Disarikan dari berbagai artikel yang sempat kubaca, inilah beberapa tips agar hobi kita dapat menghasilkan, yaitu :

  1. Kenali potensi diri. Temukan kelebihan-kelebihanmu dan gali setiap potensi yang kau miliki
  2. Cari atau ciptakan peluang. Setelah tahu potensi yang dapat kau kembangkan, cari peluang-peluang untuk menghasilkan dana dari hobi yang kau miliki. Jika tidak menikamnya, ciptakan peluang itu sendiri.
  3. Hasilkan sesuatu yang istimewa atau lebih dari pada yang lain
  4. Libatkan orang lain, misalnya dengan tergabung pada komunitas yang sehobi
  5. Sharing secara online. Gunakan blog atau media sosial untuk membuat dunia tahu tentang hasil karya dari hobi yang kau tekuni
  6. Ciptakan pelanggan. Jika telah mendapatkan konsumen, jaga dengan memberikan pelayanan prima dan menjaga mutu produk/jasamu.
  7. Asah terus kemampuanmu, sehingga menjadikanmu benar-benar istimewa dan dapat melakukan inovasi-inovasi yang pada akhirnya membuatmu lebih unggul dari yang lainnya.

Nah, Sahabat Lalang Ungu, itulah sedikit tips yang kusarikan dari beberapa artikel yang kubaca tentang bagaimana cara membuat hobi yang menyenangkan bisa menjadi hobi yang menghasilkan. Ada pengalaman tentang hal ini? Atau ada tips lain yang ingin ditambahkan? Silakan berbagi di kolom komen yaa…

66 Comments

  1. Saat seperti ini bisa digunakan nih untuk menggali hobi jadi uang. Tentunya produk n jasa yg ada fasilitas online nya

  2. Kalo masih ada yang beranggapan

    Untuk apa hobi digeluti, habiskan uang saja!

    Suruh ke laut saja ya, Mbak he he he.

    Sekarang mah ada banyak cara menghasilkan dari hobi.

  3. Awalnya hobi, ehhh keterusan deh, jadi profesi 🙂
    Rasanya banyak yg kayak gini Mba
    Semoga berkaaahh, dan walopun situasi lagi crisis kayak gini, kita semua tetap mendapatkan limpahan kasih sayang dari Allah yaaaa

  4. menghasilkan uang dari hobby itu menyenangkan ya mbak hihih, soanya ngejalaninnya juga happy banget jadinya ga kepikiran ini dan itu hehehe

  5. Banyak yang menekuni hobi lalu berkembang jadi usaha yang memberi penhasilan lumayan ya. Kuncinya memang harus telaten.

  6. Banyak hobi menyenangkan yang bisa membuat bahagia. Aku pun nggak bisa jahit, Mbak. Lebih suka bersepeda dan baca buku soalnya. Hehehe.

  7. Senang yang didapatkan dari menekuni hobi sudah tak terkirakan, apalagi hobi itu juga bisa menghasilkan, bahagianya berlipat-lipat.
    Semoga hobi yang menyenangkan itu berkah buat yang menjalani ya, mba.

  8. Hobi yang kita cintai lalu menghasilkan itu enak banget ya mbak ngejalaninnya. Sampai-sampai kayak bukan kerja Lo.

  9. Ada istilah juga hobi yang dibayar adalah pekerjaan yang menyenangkan ya mbak, Jadi maksimalkan hobi juga baik ya supaya bisa mendapatkan penghasilan kalau ditekuni dengan maksimal. Mbak Tanti juga bisa kan ahli dalam pertanamanan 🙂

  10. Nice info kak…keluar semua nih orang dalam sikon kayak gini yang awalnya hobi jadi ditekuni. Online deh…

  11. Kenapa tidak yah? yang penting kita optimis. Pas hkbi berbayar itu menghampiri rasanya tuh mantap banget deh kak merasa kita bangga dengan dir kita sendiri

  12. Baca postingan ini, jadi ingat cerita serial upin ipin tadi siang, dimana mereka diminta bercerita tentang hobi masing-masing. Intinya hobi itu adalah kegiatan yang dilakukan berulang kali dan berfaedah. Soal menghasilkan ini, bagi saya beragam sih, tidak harus dalam bentuk uang, tapi pasti ada yang akan dihasilkan dari apa yang dilakukan secara berulangkali

    • Betuuul.. yg penting menyenangkan dan menenangkan. Soal hasil, kalau ada hasil materi Alhamdulillah kalaupun blm ada, rasa puas dan bahagia adalah hasil nyata hobi kita ya mba..

  13. Hobi yang ingin kutekuni supaya bisa berpenghasilan ialah memasak, untuk menulis dan memotret insyaallah sudah bisa. Nah kalau masak ini, ingin bisa banget deh

    • Nash..betul tuh mba.. Kalau masaknya sudah jago hasilnya difoto, resepnya ditulis..jadi deh nerbitin buku memasak. Kereeen..

  14. Dirimu sungguh multitalenta Kak. Salut deh bisa punya banyak hobby tapi menghasilkan rupiah dari situ. Aku tertarik banget belajar berkebun hidroponik nih. langsung cus ke postingannya aaah

    • Mbaa…hobi2 di atas tidak semuanya merupakan hobiku lhoo.. apalagi melukis dan craft tuh.. Jelas tidaaak..

  15. Hobi yang seperti itu rasanya emang menyenangkan. Kalau gak banyak kegiatan di rumah, pengen rasanya menguasai sederet hobi yg Mbak tulis itu. Apalagi hobi fotografi, pengen banget memperdalam caranya moto2 makanan atau view biar kece 😀

    • Namanya hobi ya..jadi ya pilih yg paling pas di hati dan ada waktu tuk kerjakan. Gak harus banyak2 juga hehe..

  16. Ini dari semua hobi yang dituliskan, hanya menggambar dan kerajinan tangan aja yang aku gak gitu hobi, yang lainnya suka, hehe

  17. hobi jadi pengahasilan itu enak banget ya mbak,, sekali dayung tiga pulau terlampaui,, kita pun happy

  18. Mungkin bgd hobi bisa menghasilkan pundi2. Alhamdulillah. Seneng bgd. Bersyukur karena bs mendapatkan rejeki dr melakukan hobi, hal yg paling disenangi. Dr pengalamanku ini mbk, aku pun mulai memperhatikan hobi bocil2ku. Yang satu sudah ketemu hobinya apa, yang satunya belum.

  19. wah iya ya hobi bila ditekuni bisa menghasilkan sayang hobiku cuman menulis doang yah…kalau banyak hobinya jadi banyak sumber penghasilannya,,hahaha..eh malah jadi ga fokus yah xixixi

  20. Ya ampun! Itu ngoleksi Batu Akik juga. Gak sekalian berlian gitu, hihihi. Penting bagi kita buat tahu potensi diri. Jadi punya hobi pun menghasilkan

  21. Bisa gak kak…hobinya hanya sesuatu yang karena aku sangat senang lakukan.
    Hehhe…kayanya kak Mechta tau deeh…hobiku apa, hehehe…
    Becuull…nonton.
    Tapi kalo lagi bosen, biasanya langsung buka e-library yang saat ini banyak sekali menawarkan buku gratis di gplay.

    • Bisa bangeeet..kan hobi adalah sesuatu yg menyenangkan. Hasilnya? Rasa senang dan semangat utk melakukan hal2 produktif lainnya..hehe..

  22. Akupun sekarang lagi nikmatin hobi yang menghasilkan mba. Yaitu menulis hehe. Mulai dari ngeblog awalnya sampai menghasilkan buku dan menjadi content writer. Seberapapun hasilnya disyukuri saja tentunya 🙂

  23. Hobby maen ig juga bisa menghasilkan duit ya ka pokoknya skrng bnyak bngt kegiatan yg bsa dijadikan hobby yang menguntungkan

  24. Hal yg menyenangkan adalah hobi yg dibayar. Salah satu hal yg harus disyukuri

  25. Terima kasih Mba Tanti, yang belum kulakukan banyak banget wkwkw
    itu nanem media pipa pengen aku praktikan jane, tapi ayamnya mertua nakan-nakal pernah aku punya banyak pot taneman dimakanin semua. Hiks, yawes menekuni menulis ajah hahaha

  26. sekarang memang banyak sekalihobby yang membuat hati bahagia dan sekaligus menghasilkan ya mba..ngeblog juga lhooo

  27. Setuju banget mba. Ketika kita menjalankan hobi dengan tekun, ntar pasti kelihatan hasilnya juga. Seperti menulis dan bikin craft itu, bisa banget digunakan untuk mendapatkan penghasilan yaa…

  28. Apapun hobbynya jika ditekuni dan dan benar-benar diseriusi bisa saja menjadi menghasilkan dan menjanjikan.

  29. Saya dr no 1 – 3 tuh hobinya, Mba. Memang kita kudu cermat dan kreatif liat peluang dari hobi kita ya. Ga cuma jalanin aja, kalau bs menghasilkan.

  30. Wah mantul gan, saya juga setahun terakhir maen di shutterstock, sampe blognya terabaikan. wkwkw,, dulu sebelum di shutterstock, saya maenya di bigstock. Emang sih enak banget. tinggal jalan jalan ketemu apa gitu.. poto.. ketemu apa.. poto.. karena emang saya ngehobi poto, wkwkw.. yang bagus bagus saya simpen buat kapan kapan kalau ada lomba, nah yang biasa biasa aja baru saya jual di microstock 😀
    salam kenal yaa..

    • Wah kereeen. Sudah pernah dituliskah caranya bisa aktif di Bigstock dll itu? Pengen ngintip..hehe.. Salam kembali, Kak..

  31. wkwk aku banget.. punya hobi yang menghasilkan.. kalo kata orang-orang sekarang mah hobi yang dibayar.. atau sesuai passion..

  32. Mba Tan kapan-kapan masak-masak ngundang kita ya wkwkw
    habis corona selesai, pengen incip masakan buatanmu ea

  33. setuju, kalo kita pintar dan bisa mengolah hobi untuk menghasilkan, pasti akan ada jalan. asal tekun dan bisa membuat inovasi yang menarik
    temenku yang awalnya memang suka berkebun kecil di rumahnya, ehh ada aja pembeli yang beli bibit atau tanamannya,

Leave a Reply

Required fields are marked *.