LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Ngeblog, apa sih manfaatnya?

| 108 Comments

Ngeblog, apa sih manfaatnya?

Ngeblog, apa sih manfaatnya? Hm..hari gini masih ada yang nanya seperti itu? Iya, masih saja ada. Karena meskipun aktivitas blogging ini menurutku sudah bukan hal yang asing lagi di masyarakat, tapi masih saja ada -minimal di lingkungan kota kecil kami- yang belum paham dan mempertanyakan manfaat yang kudapat dari kegiatan menulis di blog ini.

Ya pastilah ada manfaat yang kurasakan dari aktivitasku ngeblog  selama hampir 10 tahun terakhir ini. Kalau tidak ada manfaat yang kurasa, ngapain juga aku lakukan selama ini. Buang-buang waktu saja, kan? 😁

Aku memang tak pandai berbicara panjang lebar, tapi aku suka menulis. Jadi, sebaiknya kutuliskan saja jawaban pertanyaan itu di sini dan tinggal memberi link post ini saja bila ada lagi yang menanyakannya..hehe..

Manfaat Ngeblog a la Mechta

1. Ajang Curhat

Lha ngeblog cuma buat curhat, receh amat mbak?  Iyaaa, memang aku tuh sereceh itu..haha.. Mengingat kembali awal kubuat blog ini, selain untuk berbagi pengalaman memang tujuannya untuk menampung curahan hati alias curhat atas beberapa kondisi yang kualami sehari-hari yang -karena satu dan lain hal- tak dapat sepenuhnya kusampaikan lewat lesan.

Rasanya plong bila sudah menuliskannya dan tak lagi membuat sumpek hati dan pikiran. Jadi blog ini menjadi semacam diary online begitulah bagiku.. Nah, ini sejalan dengan tagline Gandjel Rel -komunitas blogger perempuan Semarang- yaitu ngeblog ben rak ngganjel (ngeblog agar tak ada lagi ganjalan di hati) 🙂

Sila baca : Ngeblog sebagai penyeimbang hidupku

2. Menyalurkan hobby menulis

3 Buku Mechta Deera

Baru 3 buku..hehe..

Selain sebagai ajang curhat seperti yang telah kusampaikan di poin 1, dengan adanya blog ini aku dapat menyalurkan hobby menulis. Kalau sebelumnya suka menulis panjang-panjang di notes Facebook, maka setelah mempunyai blog aku tak lagi melakukannya.

Di blog inilah kutuliskan apa saja yang  ingin kutuliskan. Kadang hasilnya sebuah Cerita Pendek, sempat pula membuat Cerita Bersambung secara bergantian dengan teman blogger lainnya, kadangkala yang muncul adalah untaian kata semacam puisi, tapi yang terbanyak adalah tulisan tentang keseharian yang kualami.

Ah aku memang penulis segala. Apa saja ingin kutuliskan di blog ini, tentang berkebun, tempat-tempat yang kudatangi, acara-acara menarik yang kuikuti, buku-buku yang kubaca, juga tentang beberapa program / kegiatan kantor yang kurasa perlu untuk kubagikan di sini. Macam-macam tema yang kutulis di sini jadi sah saja untuk menyebut blog ini sebagai ‘blog gado-gado’ 😁

Meski baru 3 buku solo indie dan menyumbang beberapa karya dalam buku-buku antologi yang terwujud dari hasil latihan nulis di blog selama ini, tapi itu sungguh sangat kusyukuri. Semoga nanti ada semangat dan energi untuk membuat dan menerbitkan buku baru. Aamiin..

Yuk baca juga : Yang Kedua dan Keempat

3. Belajar menyampaikan pendapat melalui tulisan

Dengan rutin merangkai kata di blog ini, Alhamdulillah aku merasa terbantu ketika harus menuangkan gagasan / membuat laporan dalam bentuk tulisan, termasuk tugas-tugas kedinasan bahkan dalam penyelesaian tugas-tugas kuliah, makalah hingga pembuatan tesis di 2016 lalu.

Tentu jauh berbeda kaidah penulisan di blog (non formal) dengan penulisan formal untuk keperluan dinas atau studi, namun benang merahnya sama : penyampaian materi dengan cara efektif dan efisien untuk membuat pembaca paham tentang materi yang kita sampaikan itu.

4. Silaturahmi

Manfaat silaturahmi ini benar-benar kurasakan lho, teman.. Ada salah satu aktivitas blogging yang dikenal dengan istilah blogwalking (BW) yaitu saling mengunjungi blog / membaca tulisan-tulisan teman-teman blogger lainnya. Setelah membaca biasanya kita meninggalkan komentar yang menunjukkan atensi kita atas tulisan tersebut.

Dengan sering berinteraksi dengan blogger lain melalui aktivitas BW ini, kita juga bisa lebih mengenal blogger-blogger tersebut. Seringkali, saat kemudian berjumpa secara offline -kopdar/kopi darat istilahnya- kita serasa bertemu teman lama, hehe…

Bersama teman2 Blogger di Kampung Ragam Warna ( Foto : istimewa )

Silaturahmi antar blogger ini bisa membuahkan persahabatan, sharing ilmu -tak jarang saling bertanya tentang trik dan tips blogging atau bahkan dalam keseharian- bahkan bukan tak mungkin menghasilkan kerja sama bisnis lho.. 🙂

Beberapa info yang kuperlukan ketika harus bepergian ke suatu kota, sering pula kudapatkan dari hasil tanya-tanya kepada teman blogger yang kebetulan berdomisili di kota tersebut atau bahkan kopdar dengan mereka. Sebaliknya  tak jarang pula kusempatkan diri menemui teman blogger dari kota lain yang sedang berkunjung ke kota kami.

5. Belajar berkomunitas

Oya, melalui blog aku juga menemukan sahabat-sahabat baru di berbagai komunitas yang kuikuti. Meski awalnya berniat memisahkan kehidupanku di dunia nyata dan dunia maya -yang ternyata sungguh tak mudah, hehe- akhirnya aku menyerah dan memutuskan hal sebaliknya. Mengikuti acara-acara offline hingga bergabung di beberapa komunitas telah kujalani.

Dan ternyata, banyaaak hal baru yang kutemui dalam berkomunitas. Tenggang rasa dan kerjasama adalah nilai-nilai penting yang mesti ada dalam berkomunitas, namun seringkali masih diabaikan oleh satu-dua anggotanya. Bentuk-bentuk komunikasi yang baik diterapkan di komunitas dapat pula kuterapkan dalam hubungan sosial di keseharianku.

Temu Blogger Pekalongan di Horison Pekalongan

Bersama Blogger Pekalongan, salah satu komunitas yang kuikuti (Foto : Istimewa)

6. Menambah wawasan dan pengalaman

Manfaat lain yang kudapatkan dari berkomunitas -baik komunitas blogger, pegiat medsos, pegiat wisata, dll- adalah sharing info dan ilmu dari sesama anggota komunitas.

Berbagi ilmu itu bisa dilakukan melalui diskusi antar anggota ataupun antara admin dan anggota melalui WAG / grup FB komunitas dan tak jarang pula khusus diadakan pertemuan membahas tips dan trik ngeblog dengan melibatkan narasumber pihak lain yang kompeten.

Pose bersama usai #BloggerGatheringSemarang (Foto : Istimewa)

7. Menambah pintu rezeki

Selain berbagi ilmu dan info, dengan bergabung dalam komunitas blogger bisa dikatakan menambah pintu rezeki, karena banyak anggota yang tak pelit berbagi tawaran job sebagai influencer dari berbagai produk maupun berbagai info lomba blog dengan hadiah yang beragam.

Oya terkait usaha untuk membuka pintu rezeki dari ngeblog ini, salah satu upaya yang kulakukan beberapa waktu lalu adalah boyongan atau pindahan dari domain gratisan ke domain berbayar 😊Alhamdulillah manfaat ekonomis telah kudapatkan melalui blog sederhana ini.

Nah, setidaknya 7 manfaat ngeblog itulah yang telah kurasakan selama ini dan membuatku makin betah dan sangat menikmati aktivitas ini.

Nggak bosan mbak, ngeblog bertahun-tahun begitu?

Eh mungkin ada juga yang penasaran tentang hal itu? Jawabannya adalah nggak bosan. Atau belum? Haha.. Jangan sampai lah ya.. Alhamdulillah selama ini sih tidak merasa bosan dengan aktivitasku satu ini.

Tips Ngeblog Anti Bosan a la Mechta

1. Menikmati setiap prosesnya

Aku selalu berusaha menikmati setiap proses yang kulalui dalam kehidupanku, termasuk saat berkegiatan sebagai blogger yang menjalankan aktivitas blogging. Misalnya, untuk menghasilkan suatu tulisan -yang bukan curhat,hehe- tentunya terlebih dahulu berdasarkan ide / tema. Selanjutnya pengumpulan bahan-bahan, merangkai aneka informasi yang didapat dengan gaya tulisan sesuai kebiasaan / sesuai ‘pesanan’. Setelah publish masih ada upaya-upaya agar tulisan kita menemukan penikmatnya, dll.

Proses itu tidak selalu lancar, tentu saja. Seringkali ide macet atau bahan-bahan sulit dicari, atau sangat banyak sehingga sulit untuk menukan fokus penulisan, dll. Tapi sekali lagi, saat kita suka dengan apa yang kita lakukan, kita pasti bisa menikmati semua proses itu, dari awal hingga akhir. Kata bosan tak akan sempat mampir deh..hehe..

2. Menulis beragam tema

Kadangkala kita -eh, khususnya aku sih..- sering merasa bosan bila menuliskan tema itu-itu saja. Aku lebih mudah menghindari rasa bosan dengan menuliskan tema beragam. Syukurlah blog lifestyle alias ‘blog gado-gado’ ini mendukung untuk itu.

Menulis beragam tema, kita jadi tak bisa menampilkan branding / ciri khas kita dong?

Ah, tidak juga. Menurutku, ciri khusus itu bisa didapatkan dari cara / gaya penulisan ataupun bahasa yang kita gunakan, atau pengaturan tampilan blog kita. Ya nggak sih?

Cari tema beragam darimana tuh?

Banyaaak lah caranya. Kita bisa mengikuti challenge menulis yang menetapkan beragam tema berbeda dalam satu rentang waktu tertentu. Misal : One Day One Post, 30 Hari Bercerita, dll.

Atau ikut arisan link seperti yang saat ini sedang kuikuti di komunitas Gandjel Rel. Setiap 10 hari sekali kita harus menulis dengan tema-tema berbeda sesuai kesepakatan para penerima arisan. Di periode ke-3 ini, Diajeng Nyi Penengah dan mba Hapsari yang narik arisan dan menentukan tema tulisan manfaat ngeblog dan tips ngeblog.

Cara lain mendapat inspirasi tema tulisan adalah dengan BW. Tidak sekedar bersilaturahmi, dan mendapat wawasan baru tentang berbagai hal yang saat itu ditulis oleh blogger yang sedang kita kunjungi, kita pun dapat pula mendapat inspirasi tema yang bisa kita kembangkan untuk update blog. Asyik kan ya..

3. Menghitung berkah  dan meluruskan niat ngeblog

Terakhir, agar rasa bosan tak hinggap di hati ini, maka aku seringkali menyengaja menghitung dalam hati berkah yang kudapat dari aktivitas ngeblog ini. Dengan mengingat semua nikmat yang telah kuterima, kembali terucap rasa syukur atas semua nikmat itu.

Ohya, berkah ngeblog tidak hanya berupa materi, namun juga ilmu, teman dan sahabat, prestasi, kesempatan-kesempatan refreshing, membuka jejaring kerja, dan masih banyak lagi. Baca juga : Jalan-jalan ke Karimunjawa

Asyiknya ciblon dan snorkeling di Karimunjawa. Kesempatan jalan2, update blog…menang. Alhamdulillah..

Lalu kembali mengingat niat awal ngeblog antara lain untuk berbagi. Belum banyak yang sudah kubagikan di blog ini, di antara yang sedikit itu masih jauuh lebih sedikit lagi yang mungkin telah diambil manfaatnya oleh pembaca. Apakah aku akan berhenti begitu saja? Jika rasa bosan itu menang, maka aku tak dapat lagi berbagi lewat blog ini. Maka rasa bosan itu TAK BOLEH MENANG! Aku akan tetap menulis dan menuliiiis..tanpa bosan 😁

Sahabat Lalang Ungu, itulah curhat ku tentang manfaat ngeblog yang telah kurasakan dan sedikit tips ngeblog anti bosan a la aku. Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa dipetik dari tulisan ini ya..

Kalau menurut Sahabat, apa manfaat ngeblog itu? Mungkin ada yang mau menambah tips nya? Sila bagi di kolom komen yaa… Terima kasih..

108 Comments

  1. ngeblog ben rak ngganjel
    Setujuuu banget dengan slogan komunitas kece SMG ini 🙂
    Aku juga gitu Mbaaaa
    Ngeblog buat curahkan isi hati biar tdk mengganjal

  2. Sempet stop ngeblog karna ga mood, balik lagi ya kalo ngeblog itu seperti panggilan hati hehehe. Saya mengakui kalo ngeblog banyak banget manfaatya dan setuju sama tulisan mba di sini. 🙂

  3. Sebagai sesama blogger gado-gado, toss dulu ah Mbak Tanti … hihi …

    Sama nih, saya sepakat dengan semua yang dituliskan di atas. Sama, berusaha meluruskan niat, in syaa Allah biar bisa selama mungkin bertahan di jagad maya ini.

  4. Banyak sekali manfaat ngeblog untuk aku mba, apa yang mba paparkan juga aku setuju utamanya bisa upgrade diri sendiri terus belajar dan belajar ya

    • Betul sekali. Banyaaak sekali perkembangan yg terjadi, harus selalu mau belajar atau tertinggal hehe.

  5. Aslinya kalau ketemu orang, saya lebih pendiam. Tetapi, perempuan kan katanya punya puluhan ribu kata yang harus dikeluarkan setiap hari. Makanya saya lebih suka menumpahkan di blog.

  6. Saya sempat bolak balik hiatus, tapi akhirnya ngeblog lagi, karena kepala terasa jauh lebih waras setelah menulis dan baca blog teman-teman.
    >>> bikin awet mud juga mba, hihihi.

  7. Banyak banget, buat cari duit, buat self healing.
    Benar-benar bermanfaat sih buat saya.

    Setidaknya saya kayak punya teman curhat, meski ngobrolnya ama tulisan hahaha

  8. Sekarang hampir nggak pernah curah, fokus di hobi & duit aja hehehee. Silaturahmi tetep tapi aku pisahin dari urusan blog biar lebih langgeng kayak saudara. Yg udah2 kalau dicampur, giliran ada job atau event jadi runyam hihiii.

  9. Tos mbak…aku suka ngeblog gado-gado alias campur-campur dan tidak pakai Niche. Karena memang tujuan awal ngeblog sebagai media curhat. Sedang rezeki dari ngeblog adalah bonusnya yang harus disyukuri.

  10. Aku habis beres-beres lemari buku-buku trus inget ada bukunya mbak Tanti juga yang Notes from Mecca. Dari ngeblog bisa dapeti teman banyak ya mbak, beruntung aku pernah ketemu juga walaupun baru sekali

  11. Aki sekarang blognya mulai fokus ke parenting dan jurnal perempuan dan keluarga. Dan tetap ngeblog disaat banyak orang pindah ke yutub. Soalnya suka nulis dan curhat hahahaha

  12. Untuk yang suka menulis, ngeblog bisa menjadi ajang relaksasi diri. Pikiran yang fokus dengan materi yang mau ditulis bisa bikin otak kerasa lebih lega.

  13. Lengkap banget ya manfaat ngeblog itu Mbak. Bikin hidup lebih hidup pokoknya ya. dengan ngeblog aku juga dapat komunitas teman teman baik untuk bertukar pikiran maupun sekedar meet up. Maklum kalau ibu rumah tangga kaya aku harus menyalurkan pada hal positif, ngeblog salah satunya.

  14. Bukan blogger kaleng kaleng nih. Lengkap semua diborong hahaha….
    Kalau sudah passion dalam menulis, apapun rintangannya pasti enjoy aja ya
    Selamat ngeblog

  15. Alhamdulillah, banyak banget ya yang kita dapatkan dari ngeblog. Dari mulai pertemanan yang melampaui jarak dan waktu; ilmu yang bermanfaat; wawasan yang sebelumnya tidak diketahui; bahkan hingga materi. Berharap semua orang juga bias merasakan manfaat ngeblog ini.

  16. Iya mbak awalnya juga saya berawal dari curhat, lama kelamaan jadi kyk gini haha. Tapi jadi kenal banyak orang ya? Senengnya kalau berkunjung ke kota2 lain selalu ada teman yang seolah udah ketemu atau kenal lama gtu, walau saat itu pertama kali kopdaran hehe

  17. sama mbaak.. banyak banget memang manfaat ngeblog pokoknya banyak berkahnya 🙂

  18. Ngeblog itu menyenangkan banget, bisa menjadi ajang curhat dan ketemu banyak teman yang sefrekusi, selain itu ada komunitasnya juga jadi makin betah ngeblog

  19. aku ngeblog sejak 2005 mbak, semuanya dapet deh yang mbak sebutin di atas, mulai dari tempat curhat alias diary online sampai sekarang bisa monetisasi dan dapat juga teman baru dari silaturahmi. alhamdulillah..

  20. Alhamdulillah semua manfaat di atas sudah saya rasakan semua. Tinggal terus memelihara dan merawat blog saja agar terus terisi.

  21. Banyak yang bilang ngeblog itu sulit. Itu karena mereka tidak mau segera memulai. Padahal kalau udah mulai dan menikmati, bakalan nyandu loohh… belum tauuu mereka :))

  22. Senang baca tulisan ini mbak, memang awalnya adalah hobby dan jadi ajang bisa berkenalan dengan berbagai komunitas mbak. Lama kelamaan blog juga jadi sumber pintu rezeki dan penghasilan khususnya para IRT.

  23. Biat ujame sendiri sih nge blog itu jadi saah satu sarana untuk menyalurkan unek unek dan sharing pengalaman walaupun belum tentu bernilai tapi yang penting sharing aja dulu hehehe

  24. Aih ada foto aku juga..hahaha..iya ya gara2 blog kita jd kenal.dan bs ketemu 😉

  25. Aku setujuuu dengan semua point mba. Makanya aku suka bangeet ngeblooog

  26. Huwaa makasih mba Tanti ada manfaat dan tips ngeblog ala kamu nih
    bikin senyum-senyum, saling menyemangati dalam ngeblog ya kita

  27. Saya nih klo ngeblog awalnya buat curhat he he. Tapi senang juga kalau tulisan di blog bisa bermanfaat untuk yang membaca.

  28. Ngeblog itu bagi aku jurnal online yang membuat aku selalu menulis dan tetap Go Green

  29. Mba Tanti tulisanmu selalu syahdu, jadi kapan kita duet bikin buku yuk hahaha seru kayaknya ya. Terimakasih buat arisan linknya mba Tanti, semangat terus dalam menulis. Emang ya kalo udah passion, nggak pernah bosan

  30. Aku sering banget ditanya sama teman tentang apa sih manfaat ngeblog, dan betul banget kata mbak Tanti. Manfaat ngeblog tuh banyak banget, diantaranya jadi nambah ilmu dan wawasan, nambah teman, nambah rejeki, nambah relasi dan nambah prestasi juga.

    • Betul Zain. Seperti Zain tuh..sdh banyaak banget prestasi (berikut materi..hehe..) dari ngeblog kan? Mantul deh

  31. sama Mbak, ngeblog yang awalnya memang suka menulis, jadi banyak manfaat lain yang tak terduga dan bikin hepi ya

  32. Pengen banget aku tu bisa lugas ngeblog. Pengen bisa nulis keseharian tapi ko yo susah. Inspiratif kaka

  33. Ngeblog itu harus konsisten ya, biar terbiasa dan mengatahui tulisan yang rapi dan enggak. Soal rezeki ada aja itu jalannya

  34. Dengan ngeblog aku bisa sampe kemana-mana Mba tan hehehe
    terkadang disuruh ngisi pelatihan gitu-gitu, menyenangkan manfaatnya ternyata banyak banget ya.

  35. dengan ngeblog semakin memacu diri juga untuk membaca berbagai buku dan artikel biar nulisnya nggk mandek, banyak banget dah manfaatnya sama kayk yg ditulis hehe

  36. Setuju banget dengan isi tulisanmu ini mba, jadi kalo masih banyak orang yang mikir ngeblog itu cuma buat cuan semata rasanya salah besar karena begitu banyak yang kita dapat dari nge blog

  37. Iyess sepakat. Ngeblog emang banyak banget manfaatnya. Makanya udah bertahun-tahun ngeblog, masih betah aja hehe. Paling hiatus bentar, dah tu balik lagii :))

  38. Bener banget, ngeblog banyak manfaat baik untuk diri kita sendiri selaku blogger, dan bisa jadi bermanfaat bagi orang lain juga ya mb.

  39. Sama mbak, saya awal ngeblog juga buat curhat bahkan sampai sekarang isinya curhatan muluu hehe.

    Keren loh mbak udah punya beberapa buku solo dan banyak antologi, mantap deh. Ternyata banyak ya manfaat ngeblog. Hayuk ahh, ngeblog lagi.

  40. aku apalah kalo dibanding dirimu mba. aku masih suka bosan makanya suka cari kegiatan lain, hihihi

  41. Banyak banget manfaat nge-blog bagi aku juga mbak, sekarang pastinya senang bisa mengenal mbak juga

  42. Semoga aku bisa serajin dirimu mbak. Akutu banyak malesnya sekarang huhuhu

  43. Keren Mak… Ngeblog bukan hanya menulis, tetapi proses hidup itu sendiri yang dituangkan pada tulisan. Makasih sharingnya, Mak…

  44. Akh Blogger Hit ini mah yang nulis euy. Saya belajar untuk ambil semua tema tapi nggak mau dibilang gado-gado hahahaha.Alhamdulillah berkah dari blog selain tentu saja punya teman-teman baru baik nyata atau maya

  45. Memang manfaat ngeblog itu buanyakk bangett.. Walaupun aku ga mudeng seo dan segala macamnya, tetep happy

    • Idem mba..aku awam banget ttg SEO, walhasil DA n PV ku juga ndlosooor..tapi Yo wis lah..dibikin hepi saja..haha..

  46. Setuju mba kalau ngeblog ini menjadi ajang untuk menyampaikan gagasan ala penulisnya. Bebas yang sebebas-bebasnya, namun kemudian ketika proses hendak publish, kita jadi belajar untuk menghargai norma yang berlaku dan mengemas tulisan itu untuk layak baca bagi semua orang, meskipun tetap tulisan sangat subjektif.

    • Iya Dik, kita jadi belajar untuk menyaring juga dan berusaha menulis sesuai kaidah meski tak harus jadi ‘kaku’ hehe

  47. Aku selalu kagum dengan konsistensi Mbak Tanti untuk ngeblog dan menulis juga BW, selalu menyisihkan waktu diantara kesibukan, keren!

  48. aku itu masih termasuk orang yang ngeblog suka suka.. ya apa yang ada dipikiranku aku tumpahin aja semua.. tp kalau yang curhat-curhatan biasanya cuma sampai di draft aja gak akan dipublish. hihi

  49. blog mba Tanti ini termasuk salah satu blog yang paling suka aku baca. betah banget di sini, hehe

  50. Setuju, aku rasaohn semua manfaatnya. Awalnya ngeblog untuk iseng nulis, eh makin lama makin nagih

  51. Pengen banget kaya mbak tanti deh aku tuh. Mbak tanti rajin banget update blog, mo cari tulisan apa aja ada. Komplit … plit.

  52. Aku udah sering denger, tapi baru tau kepanjangan Gandjel Rel 😀
    Bagi yang berkecimpung diranah ini (blogging) tentu berasa banget kebermanfaatannya.
    Akupun awalnya blog jadi ajang curhat sampai kemudian perkembangan dunia digital berkembang hingga seperti saat ini 🙂

  53. Istimewa sekali. Ternyata Mbak Tanti sudah menulis 3 buku. Keren banget ini. Manfaat ngeblog memang banyak banget ya, Mbak. Karena ngeblog pun akhirnya aku bisa mengenal Mbak Tanti.

Leave a Reply

Required fields are marked *.