LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

7 Drakor yang Direkomendasikan Untuk Penonton Pemula

| 95 Comments

Pic : Pixabay

Drama Korea (Drakor) memang telah menjadi hal yang tak asing lagi di negara kita ini, bahkan sudah menjadi ‘menu utama’ dalam obrolan sehari-hari hingga obrolan di media massa 😀

Konon, K-Drama / Drakor ini mulai masuk di Indonesia tahun 2000-an, menyusul tayangan Jepang dan Taiwan yang lebih dahulu masuk dan digemari masyarakat Indonesia. Beberapa Drakor yang tayang di tahun 2000-an antara lain “Jewel in The Palace” (2003), “Endless Love” (2003), lalu menyusul “Winter Sonata”, “Full House”, “Boys Before Flowers”, dll yang semakin menjadikan Drakor kian nge-trend di Indonesia.

Winter Sonata, drama Korea lawas yang pernah booming (Pic from Republika)

Karena memang aku kurang hobi menonton, jadi aku tak begitu mengikuti perkembangan Drakor. Dari judul-judul yang telah kutuliskan sebelumnya, seingatku aku menonton Winter Sonata dan Full House saja..hehe.. Lalu ketika kini Drakor makin heboh dengan cerita-cerita yang beragam itu, sempat kepikiran juga nih kalau aku mau mulai nonton Drakor lagi, judul apa yang sebaiknya kutonton lebih dahulu ya??

Maka aku pun memutuskan untuk bertanya kepada beberapa teman blogger yang hobi nge-drakor dan banyak menulis review Drakor : Judul Drakor apa yang bisa direkomendasikan kepada penonton pemula? 

Banyak  sahabat blogger yang sering menulis review Drakor, termasuk rekan-rekan yang ada di list pertemananku (antara lain di grup BW, hehe..) sehingga kepada mereka inilah aku mengajukan pertanyaan tersebut. Alhamdulillah ke-4 orang rekan blogger yang kutanya tersebut berbaik hati menjawab pertanyaanku. Terima kasih mba Winda Trisuci, Bi Erry Andriyati, Neng Jiah Al Jafara dan Teh Lendyagasshi 🙏

Rekomendasi Drakor bagi Penonton Pemula

Dari sederet judul, inilah di antaranya 7 Drakor yang direkomendasikan bagi penonton pemula oleh 4 sahabat bloggerku:

Crash Landing On You

Crash Landing On You (Pic from Tirto.Id)

Drama yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye Jin ini direkomendasikan oleh 2 teman blogger, Erry Andriyati -Sang Bibi Titi Teliti yang KDramalover-   dan Winda Trisuci beauty blogger yang juga sering mereview Drakor di blognya The Journey.

Erry merekomendasikan drama ini karena menurutnya drama romantis ini akan membuat hati kita ikut berbunga-bunga setelah menontonnya..ahaay.. Sedangkan menurut Winda melalui drama manis ini kita bisa lebih tahu perbedaan kehidupan orang Korea di Utara dan Selatan.

Hm, sepertinya bila menonton drama ini aku harus siap-siap untuk baper oleh kisah cinta Kapten Ri & Yoon Seri ini ☺

Scarlett Heart Ryeo

Winda Trisuci merekomendasikan drama ini karena di drama ini kita bisa melihat jejak sejarah persatuan 5 Kerajaan Korea di masa lampau. Hm, rupanya mba Winda ingin berpesan bahwa nonton Korea tak hanya bisa melihat yang ganteng-ganteng saja, tapi bisa belajar sejarah juga…

Tapi, aku masih galau menentukan akan nonton drama ini atau tidak karena di lain pihak, menurut Erry : drama ini is so good but endingnya is so wrong!  Nah lo..gimana dong, mesti siap-siap baper abis kalau nonton drama yang dibintangi Lee Joon-gi,  Lee Ji-eun dan Kang Ha-neul yang bercerita tentang cinta, persaingan politik dan persahabatan antara 3 pangeran tampan Dinasti Goryeo ini ya? Hehe..

Wednesday 3.30 PM

Wednesday 3.30 PM (Pic from jiahjava.com)

Nah, kalau drama bergenre komedi – romantis satu ini direkomendasikan oleh Jiah, rekan blogger dari Jepara yang juga merupakan pecinta Drakor dan mempunyai 2 blog yang salah satunya adalah Blog bertajuk “Gorilla Girl and Rawr” ini.

Dibintangi oleh Hong Bin dan Jin Ki Joo webdrama ini mempunyai alur yang simpel dan mudah ditebak. Mungkin itu sebabnya Jiah merekomendasikan drama ini, karena kalau penonton pemula nonton yang rumit-rumit bisa kapok kali ya? Hehe..

Drunk on Good Taste

Masih dari genre drama Romantis Komedi, Jiah merekomendasikan juga drama yang berkisah tentang Jung Chong Nam dan Lee Yeon Nam, dua orang mahasiswa baru di sebuah Universitas di Seoul.

Hmm..kisah romantis nan manis dari anak-anak muda ya? Sepertinya ok juga nih untuk kutonton. Nonton santai tanpa harus banyak mikir, gitu ya Jiah?

Princess Hours

Princess Hours (Pic from VisiteKorea.or)

Drama lawas bergenre komedi romantis ini merupakan salah satu dari beberapa judul yang direkomendasikan oleh Teh Lendy yang punya blog “Lendyagasshi” ini.

Berkisah tentang perjodohan yang diatur keluarga antara Lee Shin yang merupakan seorang pangeran dengan gadis ceria Shin Chae-Kyung yang dari kalangan rakyat biasa. Membaca review Teh Lendy tentang drama ini sepertinya cocok nih untuk penonton pemula sepertiku karena ceritanya yang tidak sulit / berbelit-belit, hehe..

Hospital Playlist

Selain Princess Hours yang merupakan drama lawas, Teh Lendy juga merekomendasikan drama yang relatif baru yaitu Hospital Playlist.

Menurutnya, Hospital Playlist ini adalah sebuah drama medical yang kental banget dengan nuansa persahabatan, loyalitas dan kerjasama. Dan…punya lagu-lagu asyik yang sangat bisa dinikmati sepanjang menonton drama yang dibintangi Jo Jung-suk, Yoo Yeoh-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung dan Jeon Mi-do ini.

Sepertinya asyik nih ya..untuk kucoba menontonnya ☺

When Camellia Blooms

Erry memasukkan drama ini sebagai satu dari lima drama Korea terbaper di masa pandemi Corona ini. Naaah..bikin penasaran kan? Kira-kira kenapa ya?

Menurutnya, drama ini terasa humble banget, dengan karakter utama yang berasal dari masyarakat biasa -seorang PNS dan Janda beranak satu- yang sedang jatuh cinta. Kesederhanaan kisah cinta mereka tetap sangat menyentuh dan akan membuat kita belajar untuk menghargai apa yang saat ini kita miliki.

Nah, yang ini pun sepertinya menarik untuk kucoba tonton nantinya. Seperti juga ke-6 judul drama Korea lain yang direkomendasikan oleh ke-4 sahabat blogger ku ini.

Sahabat Lalang Ungu, itulah beberapa Rekomendasi Drakor yang kudapat dari 4 sahabat bloggerku. Bagaimana menurut kalian, apakah di antaranya ada drakor favorit kalian? Atau ada aktor drakor favorit kalian yang main di drakor-drakor tersebut? Atau kalian punya drama favorit lain yang bisa direkomendasikan? Yuk, bagi pendapat kalian di kolom komen ya..

95 Comments

  1. Aku mau nonton When Camelia Blooms belom jadi-jadi. Secara di laptop si Kakak berderet judul-judul drakor yang sudah dia donlot sejak awal pandemi

    • Wah..asyik, banyak simpanan Drakor utk ditonton ya mba.. kasih bocoran judul yg rekomended menurut mba Irfa juga ya nantinya…

  2. Dari judul di atas, yang belum kutonton itu Scarlett Heart Ryeo. Katanya emang bagus. Tapi genre fantasi itu kudu nguatin hati

  3. Ikutan ngintip
    Setelah jarang terbang … dakupun jarang nonton drakor.
    .
    Nonton drakor cuma kalo lagi di pesawat … Tanya Bibi Erry kalo ndak percaya

    Salam saya

  4. When Camellia Blooms sih bagus banget Mbak Mechta. Mengikis stigma ditambah crime mistery. Keren!

  5. wah CLOY salah satu fav aku.. bikin mesem2 sendiri walaupun episode2 tengah mulai melambatt alur ceritanyaa..

  6. Saya bukan penonton drakor, Mbak. Sering lihat temanteman blogger ngulas ketujuh drakor itu, berarti memang yang terbaik ya hehehe.

  7. waaa, namaku terpampang disini, disandingkan dengan para pecinta drakor kelas kakap *bangga* hahahaa karena cuma boleh nyaranin 2 aku milih CLOY sama scarlet heart ryeo padahal kalau boleh nambah mau nambahin camelia, hospital playlist sama reply 1988 juga *maruk

    • Mba Winda..terima kasih yaaa.. Hihi,cm 2 karena takut ngerepotin klo minta banyak judul..hihi.. Naah, nambah lagi nih yg ngerekomin WCB ya..

  8. Walah ini mah judul drakornya yg pada viral viral ya. Aku sebenernya bukan penggemar drakor, tp sejak psbb, buat ngisi waktu eh malah nontonin drakor haha

  9. Semenjak pandemi menyerang, daku ngedrakor mulu Mba 😀
    Salah satu guilty pleasure akoooh hehe

    Sekarang aku lagi demen Reply 1988, Love Affairs in Afternoon, apalagi yaaa… Fight for My Way, Was It Love? sama Elegant Friends

  10. Bunda sukak sih Drakor tapi gak ampe addicted banget. Sukak kesel nontonnya karena susah kali mengingat nama-namanya. Susah mengingat nama actors Drakor yang tampan2 itu. Numpang “say holaaa” buat Om Trainer ya di sini.

  11. Yang sudah kutonton CLOY dan Princess Hours. Penasaran sama 2 drakor yang komedi romantis, seleraku genre itu hehehe

  12. Wooowwww, saya tahunya si CLOY doang hahahaha, jarang nonton drakor, tapi kadang kalau baca review menarik tuh jadi pengen nonton dengan semangat, meskipun biasanya pas nonton, jadi drakornya yang nonton saya, karena udah ketiduran 😀

    Sebenarnya paling asyik drakor yang komedi ya 😀

  13. Sebagai penonton drakor veteran dan udh nonton semenjak winter sonata. Hehe ini rekomendasi drama yg bagus buat pemula. Awal awal nonton yang romcom dulu emang, nanti klo udah levelnya meningkat nonton drakor thriller

  14. kalau baca review drakor pasti suka penasaran dan pengen nnton tapi belum punya nyali ketagihan mba xixixi… pengennya sehari langsung tamat gitu

  15. Asikk mba Tanti ngulas drakor aahahha, sesuatu yang seru dan menyenangkan kalau ngebahas drakor. Ada dua yang belum kutonton mba dari rekomendasimu.

    • Bukan ngulas Neng..nonton saja belooom..haha.. Ini sih ngumpulin judul2 dari teman2 yg sudah khatam Drakor.. seperti dirimu! Haha..

  16. Thank you infonya nih mba. Aku pun bukan penggemar drakor jadi bingung juga mau nonton yang mana. Pernah dulu drakor favoritku Jewel in The Palace (dan cuma ini aja) namun habis itu blank mau nonton yang mana karena banyak banget ya drakor sekarang.

  17. HAhhaaaa, Ngedrakor niih..
    Aku belom aa hidayah buat ngedrakor mba.
    Tapi aa beberapa judul diatas yang memang familiar dan sering baca ripyunya di blog mentemen juga.

    Aku masih setia baca ripyu dan mengambil pesan moral dari setiap pelemnya. TAkuut akutu,,takut jatuh cinta sama opaaaa..

  18. Drakor terakhir yang aku tonton crash landing on you mbak emang Bikin gemes tuh

  19. Jujur nih dari yang disebut di atas yang baru aku tonton Princess Hour, wkwkwk. Udah lama banget ga nonton korea soalnya kalo nonton suka kalap

  20. Aku pernah nonton Princess Hours sekilas karena waktu itu sering jadi obrolan teman kuliah. Aku juga pernah nonton Full House tapi juga cuman sekilas, Mbak. Karena aku bukan penikmat drakor. Hihihi. Beberapa judul lain juga hanya kutonton sekilas-sekilas saja. Jarang yang bisa sampai selesai. Tapi, aku akui Mbak, banyak hal positif yang bisa didapat dari drakor.

  21. Hospital Playlist ini favoritku juga di tahun 2020 sudah nonton sampai 2x saking sukanya…belum bisa move on

  22. Reply 1988 wajib masuk juga mba. Bagus soalnya dan ditonton berkali2pun ga boring.

    Aku skrg nonton hospital playlist lagi

  23. saya donk ya pemula hehehe catet ahhh siapa tau nanti ada waktu untuk nonton drakor, dari dulu pengen nonton drakor tapi belum sempet terus

  24. CLOY memang kemarin sempet heboh ya hampir disemua sosmed ngomongin. Sempet pengen nonton tp akhirnya ga jadi juga. Memang banyak juga sisi positif drakor tp sementara aku slip dlu deh soalnya di aku personally berusaha mengalihkan keinginan nonton sama kegiatan lain sih. Semoga tetep istiqomah meskipun berat hahahha

  25. Dari list yg di rekomendasiin, aku nonton 2 diantaranya CLOY sama Prince Hours. Pemula kalau langsung nonton CLOY pasti susah move on ya mbaa kayak aku. Wahahahah

  26. Dari 7 list di atas, aku baru nonton 2 donk, Mbak. Aku catet ah, masukin ke list antrian drama Korea yang harus aku tontoonnn. Makasih, yaaaaakkkkk.

  27. aku juga bukan penikmat drakor mbak. Sebenarnya drakor2 ini ceritanya menyentuh, bahkan bikin kita terhipnotis sampai malas beranjak dari tontonan drakor ini hahaha….pernah sih nonton drakor, ceritanya bikin haru sampai melupakan kerjaan dapur yang menumpuk…tp terimakasih mbak rekomendasinya…nanti kalau ada waktu saya pengen nonton drakor2 itu.

  28. AKu juga nonton drakor jaman Winter Sonata, Full House, dan lainnya itu mbak. Yang direkomendasikan ini kayaknya perlu deh dicek dulu, apakah menarik. Oiya sekarang aku lagi nonton drakor genre thriller

  29. dari semua drakor yang disebutin baru nonton yang paling terakhir, yang when camelia bloom aja hihhi, yang lainnya belum pernah nonton, jadi kepo deh hehehe

  30. Seneeeng…
    ada aku di sini, hehhee…

    Aku gak nonton CLOY karena gak suka lead femalenya. Heuheu…
    Bisa banget aku ngambek gak mau nonton karena lead female yang gak aku sukain.

    Etapi…
    Ada rekomendasi dari Jiah yaa…dramanya Jin Ki Joo…kok aku belom nonton?
    Iiihh….mau doonk….nobar sama kak Tanti yaa…ya…

  31. Ak blm nonton semua hehe pengen sebenarnya tapi aku takut ketagihan huhu soalnya ak tipe kalau udah nonton ngasik sampe lupa waktu. Crash landing on you udah nonton tp gak kelar hehe

  32. Ada mbak, aku baru nonton drakor sky castle aja sih, drakor keluarga dan sosiokultural gitu deh. Sampe aku tuh Gemes sama mama mamanya Hehe saking kebawa emosi tapi ternyata pada kehidupan nyata memang anak anak dituntut sekolah dan belajar keras.

  33. Winter Sonata, Princess Hours, dan jangan lupakan drama Full House itu heits pada zamannya 😀
    Sayangnya belakangan aku lbh suka Jdrama jd gak terlalu mengikuti Kdrama, pdhl alasanku berlangganan TV kabel dulu krn pengen nonton Kdrama di KBS eh skrng malah jarang liat haha

  34. Wooooo Mbak Erry dan Ci Winda rekomen Crash Landing on You ya buat ditonton. Noted deh, kalau sudah tiga suara begini 🙂

  35. yaa ampun princess hour itu kalo ga salah zaman SMA gitu ya.. memorable banget. ga begitu inget plotnya cuma inget ceritanya menarik

  36. ya ampuun dari 7 itu aku baru nonton princess hour doaaang hahaha bahkan crash landing on you belum sempet nontoooon, padahal aku dulu suka banget nonton drama koreaa, semenjak ada netflix ku suka nonton yang random aja sekarang

  37. Dari semua judul di atas, baru Crash Landing On You yang udah saya nonton. Dan itu jadi drakor ketiga yang saya tonton setelah The World of The Married Couple dan It’s Okay To Not Be Okay.

    Syukur deh saya gak nonton CLOY duluan, ntar standarnya ketinggian. Menurut saya, CLOY tuh bagus banget. Saya yang gak doyan cerita cintacinta gitu malah luluh sama pesona Captain Ri bwahahah, dan belum move on juga sampai sekarang.

  38. Blas belum pernah nonton drakor mba. Panduan atau rekomendasi drakor untuk pemula ini cocok banget untuk aku. Biar sedikit2 tau lah ya tentang drakor. Jadi kalau pas ada yang gibahin aktor siapa gitu aku bisa nyambung. 🙂

  39. Makasih, Mbak… Jadi nambah referensi tontonan

    Nonton hospital playlist aku suka… Kmrn baru nonton crash landing on you, tapi aku skip2

  40. Kok jadi penasaran sama When Camellia Blooms ya mbak, yuk deh kita tonton bareng, hahahaa… Emang kalo masih pemula kayak kita, nonton drakor mesti yang udah direkomendasikan pakar nya yaak

  41. Waduh kok pas ya maklum bukan pecinta drakor tepatnya belum pernah coba nonton hahaha…yang terakhir boleh juga nih

  42. Wah ini menarik, drakor utk pemula ya mba, hehehehe. Makasih ya infonya, bisa nih jadi referensi kalau nanti udah pengen ndrakor.

  43. Keempat teman ini mba Winda Trisuci, Bi Erry Andriyati, Neng Jiah Al Jafara dan Teh Lendyagasshi .. memang sangat tahu drakor yang mana yang bisa bikin orang yang belum nonton drakor jadi suka ya, hehe.

  44. pemainnya muda muda jadi semangat nontonnya 😀 nemenin aku yang lagi gabut

  45. Dari semua Drakor itu aku udah ngelihat beberapa. Menurutku yo mbak, yang paling bikin baper tuh Scarlet Heart Ryeo. Gak tahu aja suka sama beberapa aktor cowonya. Terutama si Lee Jun Ki. Kalau judul yang lain udah pernah denger aja sih hehe

  46. Yang udah saya nonton itu cuma si Princess Hours pas SD hahaha. Dan emang memorable bgt sih Drakor itu. Saya pun bukan pencinta Drakor tapi kadang penasaran juga klo temen2 lagi pada ngomongin hehe

  47. Hampir semua udah pernah saya tonton 🙂
    Suka drama Korea karena genre nya beragam dan unik dengan porsi cukup. Episodenya standard rata2 (16-20 episode) meski ada yg sampe 50 episode, tapi ceritanya tepat dan ga berlebihan

  48. Dari ketujuh daftar drakor diatas aku belum satu pun nonton duh gemana…Tapi emang pengen sih nonton yang hits2 gitu macam Crash Landing gt

Leave a Reply

Required fields are marked *.