LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

5 Hal Penting yg Perlu Dipersiapkan Sebelum Rawat Inap
5 Hal Penting yg Perlu Dipersiapkan Sebelum Rawat Inap

5 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Rawat Inap

| 78 Comments

5 Hal Penting yg Perlu Dipersiapkan Sebelum Rawat Inap

Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu.. Semoga tetap sehat dan berbahagia ya.. Kalaupun saat ini ada Sahabat yang sedang sakit, semoga lekas sembuh dan terus dijaga semangat sehatnya. Iya lah..siapa sih yang mau sakit, tapi kalau ternyata pas kita dapat kondisi sakit saat ini jangan patah semangat ya..harus tetap semangat berikhtiar untuk sehat.

Seperti kondisiku beberapa bulan lalu, rasa sakit hilang timbul di area perut selama beberapa pekan sebelumnya ternyata memerlukan tindakan medis yang mau tak mau harus segera dilakukan. Takut? Iya laah… Tentu saja ada rasa takut itu, melakukan tindakan medis yang mengharuskanku rawat inap di Rumah Sakit (RS), apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu ada rasa was-was itu. Tapi karena memang sangat penting akupun memberanikan diri.

Baca juga : Pengalamanku Berobat dan Menjalani Rawat Inap di Masa Pandemi

Alhamdulillah operasi berjalan lancar dan aku juga tak harus berlama-lama di RS. Nah, dari pengalamanku saat itu, aku ingin berbagi catatan tentang 5 hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum rawat inap. Apa sajakah hal-hal penting itu? Ini dia uraiannya :

1. Kartu-kartu Penting Terkait Keperluan Administrasi di RS

Kartu-kartu penting

Kartu-kartu penting terkait administrasi kesehatan

Dalam keseharian kita, mungkin tidak setiap hari kita dihadapkan pada kondisi yang memerlukan kartu-kartu penting, kecuali secara insidental. Nah, kondisi sakit yang memerlukan rawat inap di RS adalah salah satu kondisi yang memerlukan kartu-kartu penting itu, terutama yang terkait pengisian administrasi di RS. Beberapa kartu penting itu adalah sebagai berikut :

KTP

Identitas diri satu ini memang sangat penting dalam berbagai aspek administrasi yang sering kita temui, termasuk saat harus rawat inap. Sejak pendaftaran, KTP ini sudah ditanyakan oleh petugas. Itu sebabnya, sebaiknya KTP sudah kita persiapkan sejak awal, bersama 1-2 lembar fotocopy-nya bila diperlukan.

Kartu Identitas Berobat

Setiap RS / klinik biasanya memberi kartu identitas pada pasien yang antara lain memuat nomor registrasi yang menjadi akses bagi informasi kesehatan / riwayat pelayanan medis yang diterima pasien di RS tersebut.

Nah, bila pernah berobat di RS tujuan rawat inap maka saat akan rawat inap tentu saja kartu ini harus dibawa, sehingga sejak pendaftaran sudah dapat diinput datanya dengan benar dan semua pelayanan kesehatan yang didapatnya nyambung dengan data pasien tersebut.

Kartu Peserta Asuransi Kesehatan

Bagi peserta Asuransi Kesehatan yang akan melakukan rawat inap dengan menggunakan biaya dari asuransi tersebut, maka kartu peserta asuransi kesehatan yang dimilikinya tentu harus dibawa untuk didaftarkan sejak awal. Pelayanan kesehatan yang kita terima tentunya sesuai dengan jenis dan kelas pelayanan yang ter-cover oleh asuransi kesehatan yang kita ikuti.

2. Perlengkapan Pribadi

Setelah mempersiapkan surat-surat penting tersebut di atas, hal lain yang harus kita persiapkan adalah barang-barang keperluan pribadi selama kita menjalani rawat inap. Jumlahnya dapat kita sesuaikan dengan perkiraan waktu rawat inap, minimal kita bawa keperluan kita selama 2-3 hari bila lama perawatan belum kita ketahui, selebihnya bisa disusulkan oleh keluarga/penunggu pasien. Perlengkapan pribadi apa saja yang harus kita siapkan? Ini dia beberapa diantaranya :

Pakaian

Pakaian, perlengkapan pribadi rawat inap

Pakaian, bagian perlengkapan pribadi yg perlu dipersiapkan sebelum rawat inap ( Ilustrasi : Pixabay)

Meskipun di RS umumnya menyediakan pakaian untuk pasien, namun kurasa lebih nyaman menggunakan pakaian kita sendiri bila kondisi memang memungkinkan. Saat tindakan medis / operasi dilaksanakan tentunya wajib menggunakan pakaian RS yang sudah disterilkan, namun tidak harus demikian sebelum dan sesudahnya bukan?

Yang paling penting adalah memilih pakaian yang nyaman untuk kita kenakan, mudah dikenakan dan dilepas terutama dalam kondisi salah satu tangan diinfus. Jangan memilih baju dengan ujung lengan yang sempit sehingga susah dilewati botol infus. Untuk wanita, bawahan rok lebih cocok untuk mengantisipasi apabila perlu dilakukan pemasangan kateter.

Selain mempersiapkan pakaian luar, jangan lupa pakain dalam yang nyaman dengan jumlah yang cukup juga perlu kita siapkan, sehingga tak perlu mencuci di rumah sakit karena kehabisan stok pakaian dalam bersih 😊

Peralatan Mandi & Perlengkapan Pribadi lainnya

Nah ini juga penting. Ada RS yang menyiapkan peralatan mandi untuk pasien, namun ada pula yang tidak. Atau itu merupakan fasilitas sesuai kamar perawatan. Untuk itu, ada baiknya kita mempersiapkan sendiri dari rumah peralatan mandi yang kita perlukan : handuk (besar & kecil), sabun (badan & muka), sikat dan pasta gigi juga shampo bila perlu.

Perlu perlengkapan pribadi saat rawat inap

Memakai peralatan mandi dan perlengkapan pribadi lainnya agar lebih nyaman ( Ilustrasi : Pixabay)

Pasien juga bisa membeli washlap sekali pakai (yang sudah sekalian dengan sabunnya) untuk mandi, namun jika kondisi tidak darurat, lebih baik kita menggunakan air dan sabun dengan handuk / washlap biasa saja untuk mengurangi sampah yang kita hasilkan, bukan?

Beberapa peralatan pribadi lainnya yang perlu kita siapkan antara lain : sisir, kosmetik rutin, sandal untuk kamar mandi, dan peralatan makan/minum tambahan (karena dari RS tentu sudah disediakan peralatan makan/minum pasien).

3. Uang Tunai Secukupnya

Uang tunai perlu saat rawat inap

Siapkan juga uang tunai secukupnya ( Pic by Pixabay)

Selain barang-barang yang kita perlukan, ada baiknya siapkan juga uang tunai secukupnya untuk keperluan mendadak, baik keperluan pasien maupun penunggu. Oya, di masa pandemi ini memang penunggu pasien sangat dibatasi. Seperti di RS tempatku rawat inap kemarin, menerapkan aturan maksimal 1 orang penunggu/pasien.

Uang parkir harian / paketan dari penunggu, beli jajan di kantin, beli koran, antara lain beberapa keperluan yang memerlukan uang tunai karena umumnya pedagang kecil tidak menerima pembayaran non tunai, hehe..

4. Barang Keperluan Hiburan

Untuk mengatasi kejenuhan / kebosanan saat menjalani rawat inap, menurutku kita perlu menyiapkan barang-barang keperluan hiburan sesuai minat pasien namun tentu saja tidak boleh berlebihan sehingga mengganggu ketenangan RS.

Telepon Genggam dan Uborampe-nya

Telepon genggam dkk

Telepon genggam dan uborampe nya..jangan sampai ketinggalan ☺

Telepon genggam adalah salah satu alternatif sumber hiburan selain menikmati siaran dari TV yang telah disediakan oleh RS. Melalui telepon ini kita bisa terhubung dengan keluarga & kerabat, juga bisa mendapatkan berita / tayangan dari berbagai sumber di alam Maya.

Komunikasi dengan keluarga dan kerabat bisa menjadi salah satu penyemangat di kala sakit, terlebih dalam kondisi yang tidak diperbolehkan untuk dijenguk seperti di masa pandemi ini. Nah, jangan lupa uborampe HP alias pernak-pernik pendukungnya, antara lain chargerpower bank ataupun headset bila perlu. ☺

Bacaan

Buku bacaan

Buku bacaan alternatif hiburan saat rawat inap

Bosan main HP, mungkin bacaan bisa menjadi salah satu alternatif hiburan perintang waktu saat rawat inap. Buku fiksi ataupun non fiksi ringan sesuai minat, surat kabar / tabloid, komik, pilih saja sesuai dengan selera. Karena apa gunanya membawa bacaan tapi tidak sesuai minat sehingga tak ada selera membaca, bukan? Hehe…

5. Persiapan Mental

Selain beberapa hal penting yang telah disebutkan di atas, ada satu hal yang tak kalah pentingnya untuk kita persiapkan yaitu persiapan mental. Kita harus benar-benar siap menjalani semua tindakan medis yang akan kita terima, pelayanan kesehatan oleh tenaga medis maupun non medis di RS tempat rawat inap dan juga menjalani tahapan-tahapan perawatan yang menyertai maupun sesudah rawat inap tersebut.

Untuk mendukung kesiapan mental kita, ada baiknya kita menambah wawasan kita mengenai penyakit / kondisi kesehatan yang kita alami, tindakan & pengobatan yang akan dilakukan, hal-hal yang mendukung kecepatan pulih setelah operasi, dll. Saat ini ada banyak aplikasi / web kesehatan yang bisa menjadi sumber info namun perlu dicari aplikasi yang memberikan info akurat dan mudah diakses. Salah satunya adalah HaloDoc.

Sahabat Lalang Ungu tentunya sudah tidak asing dengan HaloDoc yang merupakan aplikasi kesehatan dengan tagline ‘solusi kesehatan terlengkap di Indonesia’ ini, bukan? Fitur-fiturnya banyaaak… Tidak hanya bisa bertanya tentang kesehatan kita melalui fitur TANYA DOKTER, di sini kita juga bisa CEK COVID 19, CARI DOKTER, BELI OBAT dan RUMAH SAKIT. Tuuh, lengkap kan. Dan mudah pula aksesnya ☺

Mengetahui kesiapan dan penerapan protokol kesehatan di RS yang akan menjadi tempat rawat inap kita juga bisa menjadi salah satu pendukung kesiapan mental kita menjalani rawat inap. Jadi ada baiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai RS itu. Cari info RS nya bagaimana? Lhaa..kenapa susah-susah, cari via HaloDoc saja to.. Tinggal klik fitur RUMAH SAKIT lalu cari dengan lokasi atau berdasarkan nama RS,  poliklinik atau prosedur medis yang dibutuhkan. Nah..akan muncul deh nama-nama RS nya, misalnya Sahabat yang di sekitar Jakarta Pusat bisa memilih RS Evasari.

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah catatan kecilku tentang 5 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Rawat Inap yang kutulis berdasarkan pengalaman pribadiku. Mungkin teman-teman ada yang punya pengalaman sama dan bisa menambahkan hal penting lain yang perlu dipersiapkan? Yuk bagi di kolom komen ya..

78 Comments

  1. Tetep yaa, buat hiburan adalah buku2, hp dan colokan pentiing, buat mencari info seputar covid dan kesehatan di apss.
    Aku terakhir masuk RS rawat inap, 23 tahun yang lalu, dan semoga selalu diberikan kesehatan buat kita semua yaa.

  2. saya waktu mau melahirkan ga ada persiapan mba, cuma bawa baju ganti 1 doank wkwkwk lupa sama sekali kalau nanti pulangnya bawa bayi

  3. Aku biasanya selain keperluan di atas bawa cemilan yang banyak. Karena kadang iseng pengen makan apa gitu kalau dirawat. Jadi sedia biskuit, roti, makanan yg manis2. Makan-makanan RS kadang suka dikit karena mual.

  4. Sebelum rawat inap memang penting untuk tahu apa saja yang perlu dibawa supaya tidak membawa barang-barang yang tak dibutuhkan. Tips ini sangat membantu, Mba.

  5. Saya dulu menginap di RS pas anak sakit dan saya melahirkan, nggak bawa buku sih, liatin ponsel aja, trus sama urus baby.

    Memang butuh banget persiapan, setidaknya ada di RS nggak down banget 🙂

  6. Semogaaaa senantiasa sehat wal afiat ya Mbaaa
    Buat temen2 yg lagi sakit, semoga sakitnya bisa menggugurkan dosa2
    aamiin aamiiin ya robbal alamiin

  7. duh amit-amit…..aku takut cerita soal rawat inap krn jujur aku trauma soal rumah sakit. But anyway thanks buat infonya,,sangat membantu mbak

  8. Well noted mbakku, sakit apalagi dirawah inap bukan jadi keinginan kita semua, tapi seandainya itu terjadi maka kita harus mempersiapkan diri ya mbak, apa yang mba tulis jadi pandungan banyak orang banget ini mbak

  9. Tips yg sangat bermanfaat. Karena itu sejak dulu, saya selalu menyimpan data penting, kartu dll dalam satu tempat. Sekiranya harus ke RS atau berobat dadakan, setidaknya kelengkapan administrasi sudah siap

  10. waa terima kasih info dan sharingnya yaaa, bermanfaat banget, kadang saking paniknya banyak banget hal penting yang justru terlupakan nih huhu

  11. Bisa jadi check list nih untuk melakukan persiapan ya dan buku wajib juga tuh kalau buat aku. Karena kebiasaan baca buku sebelum tidur, aduh jangan sampai dah buku ketinggalan. Terima kasih untuk 5 hal penting ini ya, Mbak

  12. Kartu-kartu itu wajib banget dibawa ya mbak supay aproses administrasi lancar, kalau keperluan lainnya biasanya aku menyusul apalagi kalau sakitnya dadakan. Wah ada buku ungu itu hihihi

  13. Kalau sekamar ma pasien lain pastinya saya bakal bawa earphone. Pengalaman dirawat inap, saya keberisikan karena pasien lain pengen nonton sinetron melulu. Saya gak suka sinetron hehehe

  14. Mudah2an kita semua diberi kesehatan ya Mba jadi ga perlu harus rawat inap kebayang repot banyak harus dipersiapkan belum juga dana yang kadang menjulang tinggi…huhu…

  15. Benar, mbak. Pastikan semuanya sudah disiapkan dengan baik. Biar gak repot, karena kelupaan. Meski tetap, hal-hal seperti ini (rawat inap) harapannya sih jangan sampai kita alami. Kalau akhirnya, harus dirawat inap, maka persiapkan barang-barang yang diperlukan 🙂

  16. waktu rawat inap karena melahirkan aku juga prepare buanyak sampe 2 koper wkwk dan persiapannya juga pas krn ternyata harus dioperasi

  17. Setuju banget mbak apalagi rawat inap saat pandemi gini kadang rada ngeri cuma persiapan harus mantap termasuk mental. Semoga kita selalu sehat ya mbak.

  18. Kak Tantii..
    Ya Allah…dirawat memang membutuhkan banyak hal yaa…semacam pindah rumah.
    Semoga sehat selalu, kak.

  19. Kalau jaman sekarang nomor satu mental ya Mbak. Makanya alat hiburan termasuk hape, kudu ada biar tetap bisa terhubung ama orang-orang yang bisa memberi support. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat.

  20. Diperlukan banget ya persiapan yang matang agar kita juga aman dan nyaman apalagi di era pandemic ini

  21. Dokumen tuh kalau enggak ditaruh di tempat yang semestinya sering bingung harus nyari kesana kemari mba. Beberapa kali papah mertua masuk rumah sakit gitu soalnya, nyari dokumen ini itu ga ketemu.

  22. Kartu-kartu penting itu wajib wajib banget ada di dompet ku selama ini jadi gampang. Dan untuk persiapannya biasa sih baju sama ATM aja hehe.

  23. Waah aku biasanya gak mikirin ini kalo aku yang sakit. Suami yang urus semua. Harus aku ingat nih. Tapi Semoga Kita sehat selalu ya.

  24. ada rumah sakit yang juga butuh KK mbak sebagai administrasi 🙂

    pengalaman rawat inap itu kadang malah bisa jadi pengalaman yang meyenangkan wkwk

    • Oh ada yg pakai KK juga.. nah, terima kasih tambahan infonya Noorma. Klo jadi pengalaman menyenangkan mungkin pas melahirkan ya? Hehe..

  25. hiburan itu jangan sampai lupa ya kalau rawat inap. aku dulu sebelum lahiran, juga memasukkan comic detective conan biar gak bosen di kasur heheh

  26. Kebutuhan handphone seperti power bank dan hp penting banget nih, jangankan pas dirawat pas lagi jaga pasien aja penting biar ga bete hehehe

  27. Mudah mudahan cepat sembuh ya mbak. Salut saya krn mbak katanya lagi sakit tapi masih produktif nulis blog dan berbagi info yg bermanfaat kayak gini. Baru tau ternyata aplikasi hallo doc bisa buat cari tau info ttg rumah sakit aku pikir cuman bisa buat konsul sama dokter aja. Nice info mbak

    • Alhamdulillah sudah berlalu sakitnya mna..mudah2an tak terulang lagi. Aamiin.. Oya, nulis malah jadi salah satu hiburan saya saat pemilihan di rumah waktu itu, hehe..

  28. Buku dan charger nggak kelupaan. Hehehe, pas opnam yang bikin tenang emang membaca novel. Yang tak kalah penting surat2 dan identitas diri ya mbak

  29. Yg sering dilupain itu mmg peralatan mandi karena mikirnya selalu disediakan oleh pihak RS. Padahal ada yg ga ngasih juga. Xixixix.

    Aku nih jg siap2 buat persiapan nanti kalau lahiran mbak. Semoga pandemi segera usai jd prosedurnya gak ribet bgt.

  30. Kadang yg sering kelewatan tu persiapan mental ya mbak. Kek aku pas caesar dlu padahal anak pertama ya caesar tp begitu masuk ruang operasi tensi mendadak naik sampe 160an.

  31. Semoga kita semua sehat-sehat selalu ya mbak aamiin. Aku suka baca artikel halodoc karena memang mudah dipahami dan insya Alloh terpercaya ya

  32. Nggak ada yang minta sakit ya mbak, tapi ketika harus merasakan rawat inap ya mesti prepare semua dokumen. Yang tak kalah penting, emang hape dan buku, ini penolong banget saat gabut bagi pendamping. Kalo sakit sih aku dulu kayaknya tidur melulu, hihiii

    • Iya mba..saat jd pendamping aku dulu gitu..adikku kmrn juga gitu. Nah, saat aku yg sakit, alat hiburan ini kepake di awal datang s.d sblm tindakan (hari kedua di RS) sama hari terakhir sblm pulang (nunggu infus dilepas). Setelah op hingga keesokan harinya…aku teleeeer..haha..

  33. Iya Mbak harus sediakan perlengkapan ya sebelum berangkat biar nggak bolak-balik dan menyusahkan yang jagain kita..

    • Ya mba..atau bisa juga dibantu nyiapiannya oleh pasangan kita bila kita dalam kondisi yg tidak memungkinkan utk itu hehe..

  34. Wah iya, dulu aku lupa bawa buku dan rasanya boring banget. Mantengin hp mulu juga gak baik sebenarnya. Kadang sudah keburu keadaan panik jadi banyak yang terlupa. Padahal seperti saat bersalin gitu barang-barang sudah banyak disiapin di tas

  35. Aku kalau rawat inap melahirkan pasti minta beliin majalah. Males kalau main hape, bawaan nyaman aja boboan sambil baca

  36. Betul banget mbak kalau mau rawat inap itu harus benar-benar disiapkan apalagi musimnya begini duh.. semoga kita sellau dalam keadaan sehat wal afiiat ya Mbak

  37. Tiap kali aku harus ngerawat ortu di rumah sakit rasanya horor mba. Bawaannya pengin cepet pulang. Heuheu. Semoga keluarga selalu sehat2 ya. Aamiin

Leave a Reply

Required fields are marked *.