LALANG UNGU

ruang ekspresi sepotong hati

Menikmati Kebersamaan di Gubug Makan Mang Engking Ungaran

| 62 Comments

Menikmati Kebersamaan di Gubug Makan Mang Engking Ungaran. Salam jumpa Sahabat Lalang Ungu, tetap sehat dan bahagia bersama keluarga ataupun orang-orang tersayang ya.. Kebersamaan dengan keluarga memang merupakan hal yang patut kita syukuri, terlebih di masa seperti sekarang ini. Begitu pula yang kurasakan beberapa waktu lalu, Alhamdulillah dapat menikmati kebersamaan dengan kakak dan keponakanku yang telah beberapa waktu tak bertemu karena kami tinggal di kota berbeda.

Ya, kakak keduaku bersama keluarganya saat ini tinggal di Kota Lumpia Semarang, sementara aku bersama ibu dan adik menetap di Kota Batik Pekalongan. Kami hanya bisa bertemu sesekali saja, antara lain saat aku kebetulan dinas ke Semarang. Jika waktu cukup (misalnya akhir acara di akhir pekan), maka aku akan menginap di rumah kakak dan kami menghabiskan waktu berakhir pekan bersama : ber-Wisata Keluarga mengunjungi lokasi-lokasi Wisata Semarang dan sekitarnya atau sekedar kulineran bersama.

Baca juga : Yuk Wisata ke Gedongsongo di Era AKB

Nah, ketika aku dinas ke Semarang beberapa waktu lalu, Kakak berbaik hati menjemputku di Stasiun Poncol dan mengantarkan ke lokasi dinas di Ungaran, namun kali itu waktu kebersamaan kami terbatas karena acara yang cukup padat di hari kerja.

Waktu pertemuan yang terbatas itu kami siasati dengan mencari tempat makan siang yang asyik untuk ngobrol santai, dan pilihan kami jatuh ke Gubug Makan Mang Engking Ungaran yang tak terlalu jauh dari lokasi rapat yang kutuju.

Teman-teman tentu sudah tahu tentang Gubug Makan Mang Engking, bukan?

Yups, Gubug Makan Mang Engking adalah salah satu rumah makan seafood yang mengusung konsep suasana alam pedesaan di tengah hiruk pikuk perkotaan. Gubug Makan Mang Engking Ungaran ini adalah salah satu dari 22 cabangnya di Indonesia, di mana pusatnya adalah di Jl Godean Sleman Jogjakarta. Lho..bukan di Jawa Barat ya? Tadinya kukira Mang Engking Group ini pusatnya di Jawa Barat (karena mengusung tema suasana pedesaan Pasundan)…eh ternyata di Jogja. Hehe..

Siang yang terik ketika kami beranjak dari Stasiun Poncol ternyata tak bertahan lama. Mendung terlihat menggelayut di langit Ungaran ketika kami keluar tol dan menuju ke Jl Diponegoro No 249 Ungaran lokasi Gubug Makan Mang Engking Ungaran.

Lokasi Mang Engking Ungaran

Lokasi Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Karena itu kunjungan kami yang pertama, sempat agak heran ketika sampai di lokasi dengan papan nama berwarna kuning bertuliskan Mang Engking, kok terlihat sepi di halaman depan, cuma satu mobil yang terlihat di halaman namun tak terlihat aktivitas layaknya resto relatif besar. Tak terlihat pula saung-saung khas Sunda. Bener nggak ya, tempatnya? Apa tutup ya?  Atau di sebelah belakang? Demikian kami saling bertanya.

Kok sepi??

Tak ada yang bisa ditanyai, terlanjur sudah sampai sana, nekad saja keponakanku menyetir mobil memasuki halaman lalu mengarah ke samping gedung lalu mengikuti jalan agak menurun…dan rupanya feeling dia benar. Di ujung jalan menurun itu terlihat halaman parkir lumayan luas telah terisi beberapa mobil dan bangunan khas Sunda terpampang nyata dan musik khas Pasundan seolah menyapa Wilujeng sumping ka Gubug Makan Mang Engking Ungaran ☺

Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Wilujeng sumping ka Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Setelah melakukan cuci tangan dan dicek suhu oleh petugas, kami memesan tempat di gubug / saung, dengan pertimbangan agar berjarak dari pengunjung lain dan juga karena ingin menikmati suasana yang berbeda. Sambil menunggu tempat disiapkan kami menikmati tarian ikan-ikan di kolam dan suara gemericik air.

Cuci tangan dulu sebelum masuk ya..

Aiih…ikan-ikanya genduuuut…bikin gemes. Hehe..

Suasana pedesaan semakin terasa kental  ketika kami berjalan menuju ke tempat makan lesehan yang berbentuk gubug / saung yang berada mengelilingi kolam besar. Masing-masing gubug terlihat rapi dan kokoh, dengan meja di tengah dan ada semacam teras di ujung gubug untuk duduk-duduk menikmati ikan-ikan berkejaran atau memberi makan ikan dari sana. Asyik sekali… Oya di depan masing-masing gubug ada tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya.

Suasana Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Menuju ke gubug di sekeliling kolam ikan, menikmati asrinya suasana

Di gubugnya Mang Engking Ungaran

Ini gubug yang kemarin kami gunakan bertiga.. Tampak bersih dan nyaman ya..

Sambil menunggu pesanan kami datang, kami ngobrol gayeng. Ya maklum, lama tak jumpa..hehe.. Saling bertanya kabar dan menceritakan aneka peristiwa di seputar keluarga kami. Menikmati suasana yang nyaman, sempat kami bahas pula ingin mengajak keluarga besar kami kumpul-kumpul di sini suatu saat nanti saat “Si C” sudah berlalu. Pasti ibu kami senang dikelilingi anak-cucu, makan bersama dan bersilaturahmi di tempat nyaman begini. Insya Allah…

Pemandangan dari Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Pemandangan sekitar pun cantiiik memanjakan mata

Selain ngobrol, pepotoan juga laah..

Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Suasana di Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Beberapa waktu kemudian pesanan kami pun datang. Oya di sini pengunjung bisa memilih menu-menu masakan per menu sesuai pilihan atau per paket sesuai pilihan. Ada paket untuk 2, 4, 6 hingga 10 orang dengan harga berkisar Rp. 219.000,- hingga Rp. 885.000,- dan adapula Paket A, B dan C untuk 10 orang dengan harga berkisar antara 1,1-1,3 juta Rupiah / paket. Menu makanan dan minuman di sini beragam dan semua menarik selera, eh ada pula menu Jamu di bagian Minuman lho…ahay…  Siang itu akhirnya kami memesan Lemburi Lada Hitam, Gurame Bakar Madu, Udang Asam Manis dan Brokoli Ayam Jamur sebagai pendamping Nasi putih hangat. Adapun minumnya Es Jeruk saja… Tak menunggu lama kami pun menyantap pesanan kami hingga tak bersisa! Hehe..

Lemburi Lada Hitam

Lemburi Lada Hitam

Gurame Bakar Madu

Gurame Bakar Madu

Udang Asam Manis

Brokoli Ayam Jamur

Brokoli Ayam Jamur

Menjelang pulang ternyata mendung yang tadi menggantung di langit telah tumpah menjadi rintik hujan yang kemudian menderas. Sementara waktu ashar sudah pula tiba. Akhirnya kami memutuskan melaksanakan sholat di musholla yang ada di sana. Sayangnya kondisi musholla kurang nyaman karena temaram kurang pencahayaan dan tempat wudhu terbuka. Setelah selesai sholat maka kami pun bergegas meninggalkan lokasi, diantar kakakku menuju Hotel The Wujil Ungaran tempat acara dinas yang akan kuikuti selama 2 hari kedepan berlangsung.

Sahabat Lalang Ungu, demikianlah cerita pengalamanku menikmati kebersamaan di Gubug Makan Mang Engking Ungaran. Secara keseluruhan kesan kami cukup puas dengan suasana, menu masakan dan juga pelayanan di sana. Insya Allah lain waktu berkunjung kembali. Teman-teman punya pengalaman berkesan di sini juga? Yuk, bagi kisahnya di kolom komen ya.. Terima kasih…

62 Comments

  1. Ciri khas gubug makan mang engkin ini ada kolamnya ya, di sini juga begitu settingnya mbak. Enak buat makan sama-sama keluarga atau teman. Kalau lagi ramai sampai booking dulu

    • Iya mba Lia, sepertinya begitu ya.. Anak2 seneng banget tuh ngasih makan ikannya sambil nunggu pesanan datang hehe

  2. Aku sering ke Mang Engking, biasanya lokasi yg di Sumarecon. Cabang Mang Engking banyak ya dimana-mana, sudah ada di Kranggan juga deket rumah. Bahkan ini ada yang di Ungaran.

  3. masya Allah tempatnya adem banget dan cocok untuk makan sambil leha2 dan ngobrol2 habis itu rebahan hihihi

  4. Daku pernah ke Mang Engking yg di Jogja, Mbaaa
    Masakanya endolitaaaa tiada tara
    daku masih ingeeett enaknya cem gimana 😀

  5. saya ngebayanginnya begini, Mbak …. habis makan dengan suasana pedesaan yang kental seperti itu, enaknya menikmati malam di sekitar situ, terus tidurnya di saung-saung tempat makannya hihi.

  6. Saya kira ini tulisan lama loh, soalnya saya ingat betul pernah baca tentang Mang Engking ini, ternyata kayaknya di blog lain hihihi.

    Tempatnya asyik banget tuh Mba, makan tepi kolam judulnya hihihi.
    Jadi ingat salah satu resto di Jatim, juga ada yang mirip ini, tapi lebih kece gubug-gubugnya di sini 😀

    • Mang Engkin yg Ungaran ini satu dari 22 cab..jadi sepertinya memang sdh banyak yg nulis ttg Mang Engkin ini mba..hehe..

  7. Mang Engking ini memang enyak2 makanannya. Itu Udang ada manis , ikaan , huhuu menggoda, maoo banget.

    Harganya masih bersahabat sesuai dengan temparnya, yang nyaman .

  8. Adem banget suasananya, pemandangannya juga nyenengin mata. Nggak nyangka, tempatnya di pinggir jalan raya ramai ternyata di dalam nuansa pedesaan

  9. Waah… Gubug Makan Mang Engking ada di Ungaran juga ya? Di Bandung ada di beberapa lokasi. Suasana gubugnya juga persis seperti yang di Bandung loh, Mbak :))

  10. Sama seperti saya,pas baca nama lokasi Mang Engking,tak kira ini di Sunda. Ealah kok induknya ternyata di Yogyakarta toh hehehe

    Menunya menggoda semua. Enak banget itu gurame bakar madu, brokoli cah ayam. Waaa…

  11. Masha Allah ya ampun tempatnya bagus banget apalagi gagal fokus lihat ikannya cantik warnanya serta gendut hahah gemes deh.

  12. Ngincer guramenya mba, endes mesti wkwkwk tapi semua masakan sungguh menggiurkan untuk dinikmati. Aku belum pernah ke sini

  13. Ya ampun saya kangen banget makan di Mang Engking mbak, dulu makan di kampus ada Mang Engking dan memang suasanannya nyaman banget.

  14. Gubug Mang Engkiiing… kami juga sukaaa mba soalnya enak dan tempatnya menyenangnkan bangeet. Btw kami pernah coba yang di Lembang

  15. Oalah…di Ungaran ada juga toh Gubug Makan Mang Engking ini. Dulu saya pernah diajak makan sama keluarga, tapi yang di Lembang. Seru euy tempatnya.

  16. Suasananya ademmmm enak banget kayanya ini, mana outdoor dan private ya Mbak…. Jadi nggak kawatir terlalu banyak berinteraksi dengan orang asing.

  17. Ya ampun keren banget tempatnya ini mah pastj betah banget yes kalau makan disini suansanya itu lho ngademin banget yes.

  18. Kak Tanti…
    Aku penasaran, asa pernah mampir di Mang Engking juga…tapi di sepanjang daerah Jabar.
    Soalnya di sini tuh…banyak makanan yang berbeda nama, tapi dalam satu menejemen.
    Enak menunya, enak makannya karena suasana alam.

  19. aku pernah kan ya makan di situ, semua masakannya enak enak. apalagi waktu itu rombongan gitu, sedep..

  20. Senang banget kalau makan sambil duduk di saung mba. Bisa sekalian nongkrong yang di pinggir kolam ikannya, terasa segeeer banget gitu. Masakannya pun enak semua. Aku suka yang gurame sambel brambang, udah nyobain juga mba?

  21. Wah mang engking dimana2 bagus ya tempatnya. Makanannya juga enak2. Aku beberapa kali ke Mang Engking Jogja dan Depok yg di UI

  22. Dimana-mana Meng Engking rupanya mengusung suasana pedasaan ya Mbak. Saya baru coba yang di Depok dan Tangerang aja. Kalau lihat suasananya gak jauh beda. Yang jelas makanan di sini cocok banget dengan lidah saya

  23. Saya pernah makan disini. Memang Enak. Udang Bakar Madu & Guramenya enak banget. Istimewanya disini suasananya nyaman, tempat makan luas

  24. Wah liat foto2 makanannya malah aku ide untuk memasak di rumah. Yaa karena belum bisa ke semarang untuk saat ini, aku coba bikin KW nya dulu deh di rumah. Hehehe, lada hitam itu kayanya endeus ya, dan guramenya juga. Semoga nanti bisa kesana juga

  25. Mang Engking ini cabangnya banyal toh? Pantes kok aku kayak pernah tau Mang Engking itu adanya di tempat lain.

    Kalau soal suasana sih nggak usah diragukan ya. Mang Engking ini sukses mengahdirkan suasana pedesaan. Tapi bagaimana dengan rasanya, Mbak?

  26. Waaah foto-foto makanannya menggugah selera. Asyiik bannget ya makan di Mang Engking rame -rame dikelilingi pemandangan indah

  27. Mang Engking ini emang memfasilitasi kebutuhan kangen Sunda di Semarang dan sekitarnya ya. Suasananya asik, apalagi ada bunyi musik Sunda. Makanannya juga tampak lezat. Enaaakk

  28. Hahaha, mungkin Mang Engking ini orang Sunda yang merantau ke Jogja 😀

    Lemburi Lada Hitam-nya menggoda. Ternyata walaupun mengusung konsep Sunda, menu makanannya tetep beragam ya. Menu-menu di atas biasa ada di rumah makan nusantara atau Tionghoa.

  29. Mang engking juga ada loh mba dket rumahku di Bekasi cuma keknya pemandangan di ungaran lebih indah rekomend banget nanti pas aki nengok anakku di semarang kepingin mampir nih ke amang engking ungaran karena kbtulan kita suka banget menu2 disna

  30. Masya Allah tempatnya bagus sekali. Penasaran reaksi anakku kalau diajakin ke sana, air dan ikan dimana-mana, pasti bakalan susah diajakin pulang

  31. Mang engking tuh menunya seafood ya? Kalau yg di Depok ini bukan seafood loh, Mba. Lebih ke masakan sunda aja. Tapi nuasa restonya sama ya konsepnya. Memang sundanese banget.

  32. Agak-agak gimana gitu tadi waktu baca Gubug Makan Mang Engking tapi di Ungaran. Cocoknya di Cianjur gitu ya, hahaha … Namanya memang udah nyunda abis. Foto makanannya mengunggah selera, haduuuh …

    Waktu ke Ungaran, kok aku nggak menemukan RM ini, ya? Mungkin terlalu asyik mantau peta ke arah lokasi wisata, hihihi …

  33. Keren banget tempatnya. Aku baru tau kalau pusatnya malah di sleman

Leave a Reply

Required fields are marked *.