LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Pentingnya Komunikasi Ibu dan Anak Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi

| 128 Comments

Sahabat Lalang Ungu, masih ingatkah saat pertama kali mendapatkan menstruasi? Pada umur berapa dan bagaimana perasaannya saat itu? Apakah sebelumnya sahabat sudah mengetahui tentang seluk beluk menstruasi dan  perawatan tubuh saat mengalaminya?

Ah, maafkan… Baru ketemu sudah kasih  pertanyaan yang banyak ya? hehe… Iya nih, aku jadi penasaran tentang hal ini setelah beberapa hari lalu berkesempatan mengikuti webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi. Dari webinar itu aku semakin tahu mengenai banyak hal terkait menstruasi termasuk pentingnya komunikasi antara ibu dan anak tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi.

Oya, kalau aku sendiri sih mendapatkan menstruasi pertama saat kelas 1 SMP awal, agak kaget ketika pertama kali mendapati bercak darah saat ke toilet, meskipun kemudian berusaha menenangkan diri bahwa itu bukan penyakit karena sebelumnya ibu dan kakak-kakak perempuanku sudah menjelaskan mengenai menstruasi kepadaku. Lucunya, saat pertama itu kuingat baik sampai saat ini karena kebetulan sejak beberapa hari sebelumnya latihan lagu “Ambilkan Bulan” untuk acara di sekolah. Haha….sebenarnya nggak ada hubungannya sih, tapi kok ya kebetulan banget 😀  Nah itu sekelumit pengalamanku saat menarche alias menstruasi pertama. Bagaimana dengan pengalaman teman-teman?

Sahabat, di tulisan kali ini aku akan menuliskan pengalamanku mengikuti webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi dan beberapa materi penting yang kudapatkan dari webinar ini.

Tentang Webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi

Webinar Bersih dan Sehat Saat Menstruasi

Webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi

Webinar bertema “Sehat & Bersih Saat Menstruasi ini berlangsung selama sekitar 2 jam pada tanggal 27 Mei 2021 lalu, diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi (Menstrual Hygiene Day) yang diperingati tiap tanggal 28 Mei setiap tahunnya.

Kenapa tanggal 28 Mei?

Rara-rata siklus menstruasi normal adalah 28 hari, sedangkan lamanya periode menstruasi normal adalah 5 hari. Itu sebabnya  Hari Kebersihan Menstruasi ini dipilih tanggal 28 di bulan ke-5 (MEI). Penjelasan ini kuperoleh kemarin dari artis cantik Novita Angie yang menjadi host pada acara webinar “Sehat & Bersih Saat Menstruasi” kemarin.

Webinar itu sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dan POGI dengan didukung oleh Mundipharma Indonesia, sebagai salah satu upaya untuk mengedukasi 1000 perempuan Indonesia tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).

Adapun bertindak selaku narasumber dalam webinar itu adalah: Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Anna Surti Ariyani, S.Psi., M.Si Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta dan dr. Dwi Octavia Handayani, M.Epid Kabid P2P Dinas Kesehatan Prov DKI.

Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi

Apa Itu Manajemen Kebersihan Menstruasi?

Yang dimaksud dengan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat seorang perempuan mengalami periode menstruasi.

Yang tercakup dalam MKM ini antara lain adalah:

  1. Menggunakan pembalut yang bersih dan dapat diganti sesering mungkin selama perode menstruasi (minimal 4 jam sekali);
  2. Memiliki akses untuk membersihkan diri dengan kondisi nyaman dan terjaga privasinya (toilet, air, sabun/pembersih lainnya);
  3. Memiliki akses untuk pembuangan pembalut bekas pakai.
  4. Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut.
  5. Cara menjaga kebersihan saat menstruasi, dll.
Cara jaga kebersihan saat menstruasi

Yuk jaga kebersihan di masa menstruasi..
(Sumber gbr Webinar Bersih & Sehat Saat Menstruasi)

Apa Pentingnya Pengetahuan Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi?

MKM ini penting untuk diketahui dan diterapkan oleh para perempuan, karena apabila kebersihan dan kesehatan saat menstruasi ini tidak terjaga dapat terjadi vaginitis atau radang vagina yang antara lain disebabkan oleh perubahan keseimbangan normal bakteri vagina ataupun terjadinya infeksi vagina. Vaginitis ini lah yang dapat menimbulkan keputihan, iritasi di area kewanitaan, gatal di area kewanitaan, ataupun bau tak sedap di area kewanitaan.

Mengapa Ibu Harus Tahu Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi?

Berdasarkan data yang diungkap dalam webinar kemarin, ternyata pengetahuan tentang MKM ini masih perlu ditingkatkan. Bahkan data dari Unicef (2020) menyebutkan bahwa di Indonesia 1 dari 4 anak tidak pernah menerima informasi tentang menstruasi sebelum menarche (menstruasi pertama). Duuh..miris juga ya.. 😔

Kurangnya informasi menstruasi sebelum menarche ini menjadikan anak/remaja menjadi kurang siap menerima menarke, bisa muncul perasaan negatif (takut, cemas, malu, marah, dll) dan juga dapat menimbulkan kesalahpahaman anak tentang menstruasi yang pada akhirnya dapat berakibat kurang baik pada kesehatan reproduksinya.

Siapakah sumber utama informasi tentang menstruasi yang diharapkan oleh anak?

Jawabannya adalah ibu. Itu sebabnya, para ibu / perempuan seyogyanya mempunyai pemahaman yang tepat mengenai menstruasi dan MKM ini, agar tidak hanya dapat menerapkan pada dirinya sendiri namun juga diharapkan dapat meneruskan informasi penting tersebut pada putra-putrinya.

Komunikasi Ibu-Anak Tentang Menstruasi dan MKM

Sebagai sumber informasi yang diharapkan oleh anak, selain mempunyai pemahaman yang tepat mengenai menstruasi dan MKM (termasuk mitos dan fakta yang banyak beredar tentang menstruasi), ibu juga sebaiknya tahu cara mengkomunikasikannya dengan anak.

Hal ini penting karena apabila cara penyampaiannya tidak tepat, anak akan kecewa, bersikap tertutup atau bahkan mencari informasi dari sumber lain yang belum tentu benar.

Kenapa ibu-ibu sering merasa sulit menyampaikan masalah menstruasi kepada anak?

  • Dianggap Tabu. Seringkali masalah menstruasi ini sulit dibicarakan karena dianggap sebagai hal yang tabu/memalukan untuk dibicarakan.
  • Kurang Pengetahuan. Kurangnya pengetahuan/pemahaman ibu terhadap masalah menstruasi juga bisa menjadi penyebab tidak dibicarakannya hal ini antara ibu dan anak.
  • Bingung Memulai. Kadangkala seorang ibu merasa bingung untuk memulai pembicaraan tentang menstruasi ini kepada anak, terus menunda dan akhirnya terlambat menyampaikannya atau bahkan tidak pernah sama sekali.
  • Remaja Merasa Ragu. Bisa juga terjadi anak yang merasa ragu atas kemampuan ibu untuk menjelaskan hal ini sehingga enggan bertanya kepada ibu dan mencari sumber lainnya.

Apa Yang Perlu Dibicarakan Tentang Menstruasi Kepada Anak?

Pada gambar berikut terdapat beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan anak tentang menstruasi dan rangkuman hal-hal yang dapat dibicarakan antara ibu dan anak tentang menstruasi atau MKM.

Materi Menstruasi Antara Ibu dan Anak

Bincang Menstruasi Ibu-Anak (Sumber info : Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi)

Bagaimana Cara Mengkomunikasikannya Kepada Anak?

Berikut adalah 7 strategi berbicara menstruasi kepada anak :

  1. Ingat, ibu adalah sumber informasi yang paling diharapkan. Pahami tentang mestruasi dengan tepat dan sampaikan kepada anak dengan cara yang benar.
  2. Bicara menstruasi bukan hal yang tabu. Pembicaraan ini penting untuk meninfkatkan kesehatan reproduksi perempuan, generasi penerus bangsa.
  3. Lakukan berulang kali. Bukan merupakan hal yang selesai dibicarakan dalam 1x pertemuan. Lakukan berulang kali, bisa dimulai sejak ada tanda-tanda pubertas pada anak. Sesuaikan materi pembicaraan dengan usia anak.
  4. Bersikap positif. Isu-isu tentang pubertas seringkali merupakan topik yang sensitif buat remaja.
  5. Banyak bertanya & berdiskusi. Alih-alih menggurui atau menghakimi, topik ini lebih tepat disampaikan dengan cara ibu banyak bertanya kepada anak dan mendiskusikan jawaban anak.
  6. Jelaskan secara kongkrit. Bisa menggunakan gambar anatomi tubuh atau alat peraga lainnya agar anak semakin jelas tentang menstruasi ini.
  7. Jelaskan juga kepada anak laki-laki. Nah, jangan salah ya teman-teman..bincang menstruasi ini tidak hanya penting bagi anak perempuan namun sebaiknya juga disampaikan kepada anak laki-laki. Tujuannya agar anak laki-laki lebih memahami dan menghargai perempuan, tidak mengejek / mempermalukan teman/saudara perempuannya yang sedang menstruasi dan lebih bagus lagi bila si anak justru mau membantu teman/saudara perempuannya itu.

Dukungan Pemerintah dan Dunia Usaha Untuk Edukasi MKM

Dukungan Pemerintah

Dukungan pemerintah untuk meningkatkan edukasi tentang MKM ini di antaranya melalui penerbitan peraturan-peraturan pemerintah antara lain Peraturan Pemerintah No 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi. Selain itu juga pelaksanaan program-program yang mendukung Kesehatan Reproduksi Remaja baik di sekolah maupun di masyarakat.

Program-program tersebut a.l: (1) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS); (2) Aku Bangga Aku Tahu, berupa penyuluhan kesehatan reproduksi remaja di sekolah; (3) Posyandu Remaja; (4) Vaksinasi HPV dengan sasaran anak perempuan kelas 5 dan 6 SD.

Dukungan Mundipharma Indonesia Sebagai Bagian dari Dunia Usaha Indonesia

Sebagai bagian dari dunia usaha Indonesia, Mundipharma Indonesia pun berpartisipasi dalam upaya edukasi MKM antara lain dengan menghimpun materi MKM ini dalam sebuah buku yang dinamai Betadine Red Days BookRed Journal yang dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai salah satu rujukan dalam edukasi MKM.

Betadine Red Days Book

Cuplikan Red Journal / Betadine Red Days Book

Ingin mendapatkan Red Journal ini? Silakan merapat ke akun IG Betadine Indonesia

Selain itu, Betadine Indonesia juga menyiapkan rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan & kebersihan area kewanitaan, yaitu Betadine Feminine Wash terdiri dari:

  • Daily Protection. Rangkaian perawatan sehari-hari, yang terdiri dari Betadine Feminine Wash Foam dan Betadine Feminine Wash Natural yang keseluruhannya mempunyai PH balance, mengandung prebiotik, bebas paraben, hypoalergenic dan juga telah lulus uji ginekologi.
  • Red Days. Betadine Feminine Hygiene yang merupakan produk perawatan khusus untuk saat menstruasi, mengandung antiseptik PVPI 10% ditujukan untuk mengatasi gejala infeksi kewanitaan (keputihan, iritasi ringan, bau tak sedap, gatal).
  • Infection. Produk Betadine Vaginal Douche yang mengandung antiseptik PVPI 10% dan dapat digunakan dalam kondisi terjadi infeksi, tentunya dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.
  • On The Go.  Betadine Feminine Wipes ini ditujukan sebagai produk perawatan bagian kewanitaan yang menjaga kebersihannya meskipun dalam perjalanan / di luar rumah.

Waah..kumplit ya rangkaian produk Betadine Feminine Care ini. Kita tinggal pilih #YangIdeal sesuai kebutuhan kita tuh.. Untuk pembelian langsung saja ke  Betadine Official di Shopee atau di Betadine Official di Tokopedia.

Rangkaian Produk Betadine Feminine Care

Betadine Feminine Care mana yang jadi pilihanmu? (Gbr : Betadine Indonesia)

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah sedikit ‘oleh-oleh’ dari keikutsertaanku pada webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi pada tanggal 27 Mei 2021 lalu, semoga bermanfaat yaa.. Oya, bila ada tambahan tips bicara tentang menstruasi ke anak, ingin cerita pengalaman menarke atau mungkin pengalaman menggunakan #betadinefeminecare ini,  silakan bagi di kolom komen ya.. Terima kasih…

NB : Untuk artikel tentang kesehatan lainnya, bisa teman-teman baca juga di kategori Info Sehat ya…

128 Comments

  1. Wahh bekal buat Noofa ini nanti

    • Nah..iya tuh..apalagi anak2 sekarang rata-rata SD sudah mulai mens ya..mesti siap2 nih ibuknya..hehe..

  2. Infonya komplit

  3. Aku dulu baru dapet mens saat kelas 2 smp. Waktu itu masih malu-malu untuk terus terang sama ibu.

    • Nah..sepertinya jaman kita dulu sekitar usia SMP ya mba..kalau anak2 sekarang rata-rata SD, mungkin karena perbaikan gizi..hehe..

  4. Ini penting banget sih mbak memahami apapun tentang menstruasi. Adikku yang paling kecil waktu pertama kali mens langsung bingung gitu. Untungnya kakak2nya cewek jadi bisa ngasih tau.

    Noted ya mbak Mechta! Makasih edukasinya 🙂

  5. Betul sekali, menstruasi adlh salah satu fase penting dlm siklus kehidupan wanita. Gejala2nya, menjaga higienitas dan isu2 lain terkait si M perlu dikomunikasikan dgn efektif, krn nyrempet jg ke masalah kesehatan reproduksi. Untung ada produk2 dr Betadine yg bs mengatasi problematika seputar tamu bulanan.
    Ngalamin dr jaman makai lampin bahan yg hrs dicuci, pembalut spt tampon dgn benang di ujung, hingga pembalut yg praktis dgn aneka sayap utk terbang haha…

  6. aku suka banget nih acaranya. pengen deh diadain juga ke sekolah-sekolah smp sma gitu biar anak2 bisa belajar langsung dari ahlinya

  7. Tercerahkan buangettt setelah baca blogpost ini!
    Memang masalah menstruasi tuh kerap dianggapn sebagai sesuatu yg tabu.
    padahal anak (baik cewek maupun cowok) harus teredukasi mengenai hal ini ya.
    Syukurlah ada webinar yg sarat faedah

  8. aku punya anak gadis di rumah jug amba dan memang kita harus bisa menjelaskan dengan baik dan jelas tentang menstruasi dan apa yang harus kita perhatikan

  9. jadi ingat pengalaman pertama menstruasi hahaaa panik luar biasa, karena memang ga pernah ada komunikasi sama mama tentang hal seperti ini 🙁

  10. Yup penting sekali ya. Demi kesehatan anak kita nantinya. Apalagi kalau yang muslim masih ada banyak informasi lain yang harus disampaikan dan dipelajari terkait fikih orang haid

    Jadi membicarakan ini bukan tabu lagi ya. Tapi ini ilmu…

  11. Penting banget, dulu wkt sy msh remaja kurang literasi dr ibu mengenai menstruasi akhirnya pas menstruasi pertama saya panik

  12. berarti memang saat yang tepat kasih tau anak2 itu pas lagi mau puber gitu ya mba. biar serentet nanti bicaranya, ada part2nya :))

    aku baru tau kalau betadine punya banyak macam pembersih kewanitaan, kirain hanya 1 macam aja loh

  13. Peran Ibu penting banget, ya, Mbak. Soalnya emang ngerasa juga sih dulu pertama mens sempet panik karena sebelumnya nggak ada gambaran.

  14. setujuu bangeet bahwa komunikai ibu anak tuh penting dan bisa jadi penentu akan bagaimana pandangan anak tentang menstruasi. jadi inget pas awal2 mens dulu deh pas masih sd hehe

  15. Aku lagi proses nih mengenai edukasi menstruasi pada anak kebetulan anakku baru menstruasi. Btw aku pakai juga lho betadine nya yang foam hehe.

  16. Bagi saya membahas tentang menstruasi kepada anak adalah suatu keharusan. Bahkan saya lebih dulu membahas ini dengan anak saya yang laki-laki. Karena laki-laki juga harus tau tentang menstruasi meskipun gak mengalami.

  17. Menjaga kebersihan saat menstruasi itu sangat penting ya, mbak. Lalu bukan hanya anak perempuan aja yg perlu diberi tau tentang ini. Ternyata anak laki2 pun hrs tau secara umum aja ya

  18. Wah asyik nih webinarnya… senang sekali bisa ikut acara ini. Banyak insight baru pastinya ya Teh… 😀

  19. Benar sekali, mba. Kurangnya informasi ke anak akan buat anak nggak pede juga omongin menstruasi ke anak

  20. Allhamdulillah ya mba banyak banget ilmu dan manfaat dari ikutan zoominar ini
    harus diterapkan banget biar makin sehat.

  21. Idem kyknya aku jg kelas 1 SMP mbak
    Webinarnya bagus bangetbtemanya dan materinya bergizi sekali jd paham bagaimana sebaiknya membersihkan badan kalau lagi mesntruasi ya mbak.
    Aku jg lg bersiap njelasin menstruasi ke anak gadisku biar dia gak bingung hehe

  22. Penting banget, cmn pendidikan skg ama dulu agak berbeda kali ya. Jaman now, anak-anak remaja lebih mudah mendapatkan informasi seputar kesehatan reproduksi namun mmg butuh bimbingan dr ortu khususnya ibu

    • betul..banyak sumber informasi, sayangnya beljm tentu semua benar ya..jadi mesti hati2 juga memilih dan memilahnya ya..

  23. Aku jadi deg-degan niih…kak.
    Memang gak mudah mengedukasi yaa…padahel ke anak sendiri.
    Karena Ibu kudu melek digital dan berbahasa yang sesuai dengan anak zaman sekarang.

    Acara Betadine ini keren banget.

    • oh iya..Teh Lendy punya 2 puteri ya.. insya Allah dimudahkan utk edukasi MKM ke mereka ya..

      • Alhamdulillah,
        Kini perlahan mulai memberi pemahaman dari sisi agama dulu yaa, kak Tanti…
        Bahwa Allah menciptakan perempuan istimewa karena memiliki kantung rahim yang setiap bulannya mengalami peluruhan.
        Rada berat tapi selalu inget bahwa ngobrolnya kudu santai dan perlahan.
        Bismillah~

  24. ini penting untuk membekali anak-anak kita, ya. Dan ternyata anaklaki-laki juga perlu dapat info tentang ini, supaya mereka punya rasa empati jika ada saudara atau teman perempuannya yang sedang datang bulan

  25. Jauh hari sebelum anak wedok mulai mondok, aku udah banyak2 cerita tentang persiapan menstruasi mba. Mulai dari cara menggunakan pembalut dan bagaimana membersihkan diri ketika sedang mens. Ndilalah dia menarche ketika berada di pondok dan enggak ketunggon ibunya. Udah nyicil ayem karena pernah membekalinya dengan sedikit pengetahuan. Tinggal mengulang lagi nih info2 MKM di atas agar dia tidak lupa untuk menjaga kebersihan diri.

    • alhamdulillah ya dik sudah ada bekal saat ananda menarche sehingga saat terjadi tidak menjadi bingung, meski jauh dari ibu..

  26. Baru tahu nih ada produk Betadine buat daerah sensitif perempuan, berhubung belum punya anak cewek, kayaknya infonya cocok buat ponakan yang baru baligh nih

    • edukasi tentang menstruasi utk anak cowok juga perlu lho..agar si anak bisa memberikan empati pada saudara atau teman saat mereka menstruasi, bukan malah mengolok-oloknya

  27. kalau udah disiapkan, saat pertama kali menstruasi anak-anak bakal lebih santai menghadapinya yaa. Ga perlu merasa risih atau tabu membahas mens karena itu hal yang normal dialami wanita.

    Akupun gini lho ke anakku yang laki. Dia udah tahu tentang mens sejak usia 4-5 tahun.

  28. banyak banget ilmu yg aku dapet setelah ikutan webinar ini. Termasuk mengingatkan juga bahwa jd ibu tu harus pinter dan harus selalu updet ilmu krn anak2 pada dasarnya mengandalkan kita dbg sumber informasi. Klo kita sbg ibu bisa memberikan info yg bener n dengan cara yg asyik insyaallah anak2 akan selalu percaya sama kita ya mbak

    • setuju banget Muna bhw seorang ibu harus apdet info agar selalu bisa jadi sumber info buat anak2nya ya..

    • inget jaman dulu bingung plus risih ya ngebahas tentang menstruasi pertama tuh sama mamaku, sekarang mah kita sebagai ortu mau lebih proaktif gimana cari cara biar anak nyaman cerita dan ngobrol apapun sm kita

  29. Pengalaman menarcheku tu saat SMP juga. Baru masuk sih. Pas masa MOS tepatnya. Waktu itu pas acara nginep di sekolah. Nggak ada emak disampingku. Tapi, aku menemukan noda di celana dalamku. Agak panik sih waktu itu. Nggak tahu kudu gimana. Hehehe

  30. MasyaAllah senang sekali bisa ikutan acara keren ini… Makasih sharingnya Mbak bisa buat bekal aku belajar untuk mengedukasi anak-anak gadiaku

  31. Bersyukur jaman sekarang lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar cara menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi ya Mbak. Jadi orang tua punya bekal yang akurat dan bisa dijadikan panduan untuk mengajarkan anak perempuannya tentang menstruasi

    • iya mba..banyak sumber info yg bisa menambah wawasan..

      • Aku seneng ikut webinar ini, mbak. Jadi bisa menuliskan kembali informasi yang menarik dan bermanfaat untuk bekal ibu. Masih banyak kan ibu yang gak berani mengajak bicara anaknya tentang menjaga kebersihan saat menstruasi. Atau bukannya gak berani, gak pede kayaknya

  32. Kolaborasi yang apik untuk perempuan Indonesia ini sih ya Mba Tant
    saling mendukung sinergi memberikan edukasi penting manajemen kebersihan menstruasi. Salut

  33. Ngobrolin tentang menstruasi penting banget ya untuk ibu dan anak agar lebih paham manajemen kebersihan saat mens ini, bukan hal tahu untuk dibicarakan

  34. Aku juga pertama kali menstruasi pas kelas 1 SMP mbak. Nggak kaget sih benernya karena malah udah nungguin wkwk. Tapi cuma bingung.. cara pakai pembalut gimana. Terus rada ganjel2 piye wkwk.

    Meski udah diinfo dulu sama ibu. Namun belum sekomplit penjelasan MKM pas webinar kemarin sih. Jadi ku happy banget lah.. manfaat buat persiapan anak wedok menjelang baligh.

  35. Waah, webinarnya memang kece banget Mak, menambah wawasan dan reminder kita semua juga betapa pentingnya MKM.
    Terkadang bau yang tak sedap saat M pun suka bikin ga pede dan ilfil ya Mba.
    Bisa jadi solusi Betadine Feminine Care, dan aku pake yang botol pink itu.

  36. Aku juga termasuk yang beruntung karena bisa ikutan webinar ini, mbak.
    Materinya bagus dan kepake banget!

  37. Belum punya anak perempuan nih hehehe. Tapi pas banget punya ponakan perempuan yang baru baligh, bisa kasih edukasi sejak dini ya

  38. Dua anak perempuanku mendapat menstruasi pertama di sekolah, untungnya jauh-jauh hari aku sudah menjelaskan sedikit-sedikit kepada mereka seputar menstruasi ini. Jadi mereka tidak bingung saat menstruasi pertama datang.
    Webinarnya bermanfaat sekali nih buat kita para ibu ya, ada strategi berbicara menstruasi kepada anak juga. Ternyata anak laki-laki perlu dijelaskan juga ya, duh aku belum pernah menjelaskan tentang menstruasi ini kepada anak lakiku 😀

  39. Sedihnya fakta bah 1 dari 4 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat pertama kali menstruasi. DLu aku pun begitu mba. Tak tahu apa yang harus dilakukan. Aku dukung kampanye ini

    • semoga dg makin meluasnya edukasi ttg menstruasi, tak ada lagi remaja putri yg bingung saat alami menarche ya mba..

  40. buatku yang punya anak perempuan harus banget memperkaya diri soal bagaimana menyampaikan ke anak tentang menstruasi ini.

  41. Webinar yg fisuguhkan sangat lengkap utk para bukibuk muda yg punya buah hati mndekati usia 10–12 yg akan mengalami pertama kali menstruasi — bagaimana menjelaskannya dan apa pula risikonya kl kita tdk peduli pd kebersihan ketika menstruasi. Betagam risiko dikupas dlm Webinar keceh ini. Zaman bunda dulu th 1982 ketika anak perempuan pertama bunda menstruasi bunda sdh mendpt bekal dari nenek yg merawat bunda tentang memperlakukan diri kita ketika menstruasi. Tdk ada bedanya ketika nenek menyinggung tentang kebersihan ketika mens, pembalut harus dicuci bersih sblm dibuang dan harus dimasukkan ke dlm kantong plastik. Rapih pokoknyalah. Menjaga area kewanitaan dengan baik dan bersih. Zaman dulu cuci area Miss V dengan air rebusan sirih. Kl sekarang? Betadine Feminine Care tinggal cari di Alfamart atau sejenis super market lain. Nyamannya hidup di zaman milenial ya.

  42. nah, masalahnya masih banyak orang tua yang canggung membicarakan hal ini ya mba. padahal penting banget manajemen kebersihan menstruasi.

  43. Tentu ibunya harus paham menjaga kebersihan mentruasi dulu. Biar bisa menyampaikan dnegan tepat ke anak ya, Mbak.

  44. Emang masalah menstruasi dan seputar hubungan seksual kadang masih dianggap tabu buat diobrolin sama anak yah mbaaak. Akhirnya anak jadi malu bertanya sama ibunya dan malah cari info dari tempat lain yang gak jelas deh huhuhu

    Duh, kayaknya harus nyetok nih Betadine Feminine Care buat aku dan Kayla di rumah

  45. Banyak banget ilmu yang didapat ya Mbak dari webinarnya. Aku jadi tertarik denger penjelasannya langsung, nih. Apalagi aku punya anak perempuan umur 10 tahun, yang mana bentar lagi bakalan haid. Hiks, malah sedih. Lah malah curcol.

  46. jadi kebayang harus mulai jelasin ke anak tentang fase yang akan ia alami nantinya yakni haid. Menjaga daerah kewanitaan itu penting banget. Pada saat datang bulan juga ada caranya biar tetap kitanya nyaman. Betadine punya produknya untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan bagus nih jadi kaum hawa gak perlu kuatir lagi

  47. Idem aku juga SMP kyknya mbak kelas 1.
    Tapi gak kaget krn circleku udah mens duluan jd dah paham2 walau gak paham amat sebenarnya.
    Makanya nih buat anak gadisku nanti aku bekelin aja sejak dini supaya paham bener apa yang harus dilakukan kala dapat mens.
    Suka banget deh ada edukasi ngobroin webinar kek gini ya.

  48. Idem aku juga SMP kyknya mbak kelas 1.
    Tapi gak kaget krn circleku udah mens duluan jd dah paham2 walau gak paham amat sebenarnya.
    Makanya nih buat anak gadisku nanti aku bekelin aja sejak dini supaya paham bener apa yang harus dilakukan kala dapat mens.
    Suka banget deh ada edukasi ngobroin webinar kek gini ya.
    ..

  49. Bermanfaat banget ikut acaranya banyak pengetahuan baru ya didapat mbak

  50. Semoga remaja kian terbuka dgn ortu dan mau berdiskusi seputar menstruasi ini.
    supaya tdk salah langkah dan bisa melakoni MKM dgn optimal.
    Sehaattt buat semuanyaaa

  51. iya mbak, masa menstruasi adalah masa dengan penuh gejolak, apalagi biasanya anak anak mendapatkan haid pertamanya di usia yang masih muda, kadang kita juga sebagai ortu memandangnya masih anak-anak. jadi sebelum datangnya masa menstruasi, sudah sepatutnya ibu memberikan edukasi seputar mentsruasi dan kebersihan organ di sekitarnya.

  52. Unik ya mbak penentuan tanggal dan bulan Hari Kebersihan Menstruasi ini aku baru tau loh. Wajib banget ya ibu berkomunikasi tentang menstruasi pada anak perempuannya

  53. Setuju, pengetahuan dini tentang menstruasi penting dibagi dengan anak supaya mereka tau dan aware tentang kebersihan dan penting menjaga area kewanitaan mereka

  54. Soal komunikasi mengenai menstruasi dengan anak gadis, aku malah sebenernya gak pernah niatan. Untungnya anak gadiskunya yang proaktif. Dia nanya banyak hal. Alhamdulillah dia open minded. Gak ada ngerasa tabu nanya apa pun ke aku. Jadnya sejak itu aku banyak ngomong deh tentang ini itu. Termasuk soal reproduksi dan sex. Iya banget, ini sangat melegakan.

  55. Nah betul banget nih ibu-ibu harus bisa mengkomunikasikan soal menstruasi ini ke anak-anaknya, ga hanya anak perempuan tapi juga anak laki. Apalagi kebersihan saat menstruasi itu wajib, biar ga penyakitan.

  56. Allhamdulillah yeee sejak ikutan zoominar ini aku jadi sadar memanagemen kebersihan pas mens itu penting banget ya mba

  57. berdiskusi dengan cara yang menyenangkan bikin anak2 lebih paham dan gak takut tanya ini itu yaa.. jadi lebih enak juga saat penyampaian informasi bisa jadi 2 arah 🙂

  58. Edukasi mengenai daerah intim pada anak ini penting banget ya dan ini PR banget buat aku sendiri soale kalau bahas ini anakku kadang suka serius ga serius huhu.

  59. Harus bagus komunikasi antara ibu dan anak ya
    Kalau enggak yaa bakalan amburadul juga ketika menjelaskan
    Makanya ini challenge banget buatku

  60. penting banget tahu tentang MKM ternyatanya, sejak aku mens sampai skrg, ilmu ttg kebersihan kewanitaan kayaknya ga habis2.

Leave a Reply

Required fields are marked *.