LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

2 Olahan Pisang Terlalu Matang Yang Sangat Gampang

| 42 Comments

“Duuuh…kematengan lagi, deh..”

“Apanya yang kematengan, dik?”

“Ini lho mba, pisang yang dibeli kemarin. Masih sisa beberapa tapi sudah kelewat mateng begini..dibuang saja ya?”

“Eh jangan dibuang.. Itu masih bisa dimakan, sayang kan..”

“Kulitnya sudah mulai menghitam dan dagingnya lembek lho mbaa.. Gimana makannya, megangnya saja susah?”

“Kita olah saja yuuk..”

***

Hai Sahabat Lalang Ungu..apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan berbahagia yaa.. Pernahkah teman-teman mengalami hal seperti kutipan percakapan di atas? Punya pisang yang penampilannya sudah tidak bagus lagi karena terlalu matang, tapi merasa sayang untuk membuangnya karena memang masih bisa dimakan?

Kami dulu sering sih.. Kebetulan anggota keluarga kami cuma 4 orang, nah pisang sesisir biasanya nggak bisa habis dalam satu-dua hari. Tahu sendiri kan buah pisang umumnya tak tahan lama, maka hari ke-3 biasanya mulai muncul deh dilema pisang kelewat matang ini.

Eh tapi itu dulu lho.. Sekarang-sekarang sih tidak bingung lagi dengan kondisi itu, karena sudah tahu bahwa pisang kelewat matang bisa diolah menjadi camilan yang enak..

Olahan Pisang Terlalu Matang

2 Olahan Pisang Terlalu Matang yang Sangat Gampang

Apakah Pisang Terlalu Matang Masih Aman Dikonsumsi?

Sahabat, sebelum membahas olahan pisang yang sudah terlalu matang, mungkin ada yang masih ragu: apakah pisang yang terlalu matang (biasanya ditandai dengan warna kulit kehitaman) masih aman dikonsumsi?

Dari beberapa bacaan online kutemukan informasi bahwa pisang terlalu matang masih aman dikonsumsi. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam buah pisang yang bermanfaat untuk tubuh (antara lain menurunkan kolesterol dan menjaga kadar gula darah) tidak serta merta hilang karena pisang menjadi terlalu matang. Bahkan dalam salah satu artikel yang kubaca dituliskan bahwa pisang yang sudah terlalu matang dapat dikonsumsi bersama kulitnya karena kemampuannya yang tak terduga dalam mencegah kanker. (fimela.com – 7 September 2019).

2 Olahan Pisang Terlalu Matang Yang Sangat Gampang

Nah, setelah merasa yakin bahwa pisang yang kedalon (Bhs. Jawa = terlalu matang) masih aman dikonsumsi, berikut ini kutuliskan 2 resep olahan camilan berbahan pisang terlalu matang ini.

1. Pancake Pisang Sederhana

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang matang ukuran sedang
  • 1 bh telur
  • 1 sdm terigu
  • Mentega untuk olesan
  • Madu / gula halus / meises untuk topping

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Dengan menggunakan garpu, lumat pisang sampai halus.
  2. Tambahkan telur dan terigu, aduk hingga rata.
  3. Panaskan teflon, oles dengan sedikit mentega.
  4. Tuangkan 2-3 sendok makan adonan ke atas teflon, tutup dan masak dengan api kecil selama sekitar 3 menit / permukaan berpori, balik dan masak lagi sekitar 2 menit sebelum diangkat.
  5. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Pancake siap dihidangkan hangat dengan topping siraman madu / taburan gula halus / meises.
olahan pisang terlalu matang yang gampang

Pancake Pisang : salah satu olahan pisang kelewat matang yang gampang dibuat

2. Pisang Lumat Kukus

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang matang ukuran sedang
  • 1 bh telur
  • 1 sdm terigu
  • Meises / kismis / kurma untuk topping

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Lumat pisang hingga halus dengan menggunakan garpu.
  2. Tambahkan telur dan terigu ke dalam adonan, aduk hingga rata.
  3. Panaskan panci kukus.
  4. Tempatkan 2-3 sendok adonan ke dalam wadah-wadah tahan panas. (Aku menggunakan cup alumunium foil ukuran kecil), lalu taburi meises / topping lainnya di atasnya.
  5. Tata wadah-wadah itu ke dalam panci kukus yang telah siap lalu kukus hingga matang.
  6. Hidangkan selagi hangat atau enak juga dinikmati dingin (simpan lebih dahulu dalam kulkas)
Olahan pisang terlalu matang yang gampang dibuat

Pisang Lumat Kukus, salah satu olahan pisang kelewat matang yang juga gampang dibuat

Nah sahabat Lalang Ungu, itu dua contoh hidangan ringan / camilan yang menggunakan bahan pisang terlalu matang. Sangat mudah membuatnya, bukan?

Lho..itu bahan-bahannya kok sama?

Memang betul!!

Kedua camilan ini menggunakan bahan yang sama (kecuali untuk topping-nya yang bisa dipilih sesuai kesukaan) hanya cara pengolahannya saja yang berbeda: yang satu dipanggang, satunya dikukus. Jadi bisa pilih cara masak mana yang lebih disuka atau bisa juga ganti-ganti memasaknya biar tidak bosan, hehe..

Enak mana?

Enak semua laaah… 🙂  Alhamdulillah kami suka keduanya, jadi tiap kali membuat ini langsung ludes! Yang masak senaaaang, dan pisang-pisang kematangan tak lagi terbuang sia-sia!

Penasaran? Yuuk..dicoba, teman-teman..

***

Tulisan tentang kuliner lainnya dapat teman-teman baca di sini ya..

42 Comments

  1. wah akan kucoba pancakenya nanti 😀 terimakasih atas resepnya ya kak

  2. Yang pancake aku coba ah, suka beli pisang soalnya aku. Kalau kematengan bisa dibuat resep ini. Biasanya dibuat jemput-jemput, modelnya sama dilumatkan kasih terigu, air, gula, prosesnya digoreng.

  3. ternyata masih bisa diolah yaa.. sedih banget selama ini aku buang2 pisang kematengan gitu . huhu..
    next aku cobain juga ah diolah gini..

  4. Di rumah mertua aku banyak pisang karena bapak mertua punya banyak pohon pisang, kadang pisangnya suka bonyok, tp beruntungnya ibu mertuaku suka mengolah pisang yg terlalu matang. Resepnya boleh aku coba jg nih

  5. Ingin nyoba pancakenya mba, eh tapi yang kukusnya juga penasaran.
    Saya di rumah, kalau yg lain ga dinyinyirin, bakal sendiri aja makan pisang. Pisang jadi suka kematangan juga. Sebelumnya malah ga kepikiran, biasanya malah digoreng bola2, lebih berminyak jadinya. Makasih ide olahan pisangnya, mba Tanti.

  6. Wah iya kalau pisang terlalu matang memang harus kreatif nih karena memang masih bisa diolah ya… saya paling gak suka bau pisang apalagi yang matang jadinya suami yang suka noglahnya hehe…

  7. Ya ampun, padahal dulu waktu masih kecil, ibu sering ngolah pisang kematengan. Udah gede malah sampe lupa.
    makasih sharing menunya, mbakk..

  8. Andalanku bikin banana cake sama pancake banana nih. Gak kepikiran bisa dikukus gitu. Kalau masih bingung biasanya aku freezer dulu, jd gak akan tambah mateng dia

  9. Waahh gampang ternyata caranya ya mbaa… boleh juga nih yang pancake pisang bisa kucoba. Selama ini taunya pisang kematengen dibikin banana cake, ga ada yang suka di rumah nih. 🙂 Suwun ya mba contekan resepnya.

  10. iya nih mbaa.. aku juga kalau ada pisang kematengan, paling ya aku buat pancake atau diberikan ke burung atau hewan lain di sekitar hehe biar ga mubadzir. aah bisa juga kayak jadi pupuk gituu

    • Nah iya..kalau piara burung tidak mubazir pisangnya ya mba.. Kalau untuk pupuk sementara ini aku pakai kulitnya mba..

    • Cuman menurutku, kalau pisang dijadikan pancake begini, tampaknya terlalu lembab. Teksturnya juga kurang halus sih. Jika dicampur tepung gini, paling bener kayaknya memang dijadikan pisang goreng deh.

      • hihi..kalau kami justru lebih suka dibuat pancake begini daripada digoreng, mba.. tandanya..lebih cepat habis! haha..

  11. Resep pisang lumat kukusnya boleh juga nih idenya. Kalau beli pisang sesisir, memang sering banget sampai kematangan gitu, apalagi kami kan di rumah cuma berdua. Daripada sia-sia bisa dikreasikan ya. Makasi idenya, Mba

  12. Kalo di rumah ada pisang terlalu mateng suka ngga laku. Nah, aku juga kadang dibuat banana pancake mba. Biar free gluten, aku cuma pake pisang dan telur tanpa tambahan tepung dan gula. Lebih sehat. Hehehe

  13. aku biasanya kalau ada pisang udah kematangan dibuat pancake, cake pisang atau dibuat setup pisang. Sayang kalau mau dibuang. lumayan bisa dapat camilan baru

  14. Keluarga aku di rumah doyan banget makan olahan pisang. Namun saya kekurangan ide dalam memasak pisang yang sudah mateng. Paling dibikin pisang goreng coklat keju, ahaha standar ya? Resep pisang lumat kukus keknya aku mo coba buat deh mbak. Makasih

  15. Oh iya ya, nggak kepikiran bikin pancake pakai pisang yang terlalu matang.

    Aku biasanya nunggu pisang sampai matang banget baru dibikin smothie kesukaan anak-anak

  16. Iyaya, pisang atau buah-buahan apapun kalau terlalu matang, rasanya malah jadi emmm…
    Kalau diolah lagi begini, in syaa Allah pada lahap makannya.
    So yuumm!

  17. Aku juga pernah membaca, bintik hitam pada kulit pisang tertentu yang sudah sangat matang, justru menandakan bahwa kandungan nutrisi daging buah pisang sedang berada dipuncak terbaiknya. Jadi gpp banget dimakan.

    Nah bahan pancake yang mbak sebut di atas sama dengan bahan “gegodo” cemilan ala kami di Sumsel. Tapi ga digepengkan, melainkan dibulatkan lalu digoreng

    Selain gegodo, kalau kami dijadikan Lepet. Buah pisang matang dicampur ketan dan gula merah, dimasukkan daun, digulung, lalu dikukus.

    Kalau mbak Tanti gaya masaknya lebih ke western, kalau kami tradisional Indonesia banget hihi. Tapi sama-sama enak pastinya ya.

    • aah…terima kasih mba Rin..aku mau coba bikin gegodo dan lepet ah..jadi penasaran soalnya. Pasti wenaaak…

  18. di palembang ada nih pisang lumat tapi bukan dikukus melainkan digoreng. namanya pempek pisang.. unik deh, ada pempek yang terbuat dari pisang. hehe.. nama aslinya lumayan jorok sih, jadi gak berani nyebutnya di sini. huhuu

  19. Kalau di daerahku biasanya di jadikan rangesing mbak. Duh apa ya nama Indonesia ha-ha-ha soalnya di daerahku emang itu namanya. Pisang kalau udah matang banget teksturnya lembek gimana gitu ya mbak disusul sama berubahnya warna kulit pisang.

    • Sama g ya dg Caranggesing apa ya klo di daerah kmi? yg dibungkus daun pisang trus dikukus ya mba?

  20. Ternyata ada banyak olahan pisang terlalu matang ya mbak… Aku kira cuma bisa dibikin pisang goreng. Iya, andalanku satu2nya untuk pisang terlalu matang ya lisang goreng. Heheehe makasih insporasinya.

  21. Pingback: Membuat Pupuk Organik Sederhana dari Kulit Bawang, Cangkang Telur dan Kulit Pisang

Leave a Reply

Required fields are marked *.