LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Labu Madu siap panen
Labu Madu siap panen

Labu Madu, Tak Hanya Lezat Juga Kaya Manfaat

| 76 Comments

Labu Madu, tak hanya lezat juga kaya manfaat. Salam jumpa, Sahabat Lalang Ungu… Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya…

Bahagia itu penting karena konon bisa meningkatkan imun kita. Ya, upaya meningkatkan imun menjadi salah satu yang mendapat perhatian khusus akhir-akhir ini, antara lain melalui asupan makanan. Nah, kali ini aku ingin mengajak sahabat untuk berkenalan dengan salah satu buah yang konon sedang banyak diburu karena bisa meningkatkan imun kita : Labu Madu.

Tentang Labu Madu

Ada banyak jenis labu yang dibudidayakan di negara kita, salah satu di antaranya adalah Labu Madu atau Labu Mentega atau Butternut Squash yang mempunyai nama latin Cucurbita moschata ini.

Konon di manca negara dia disebut sebagai butternut pumkin karena bentuknya yang unik, menyerupai bentuk kacang. Warna daging buahnya kuning dengan tekstur lembut setelah diolah menghasilkan sebutan Labu Mentega, sedangkan rasa manisnya menyebabkan penyematan nama Labu Madu pada buah ini. Hehe..banyak juga sebutannya ya..

Tanaman Labu Madu ini termasuk jenis tanaman merambat. Budidayanya relatif mudah dan termasuk tanaman yang ‘tidak rewel’ karena perawatannya cukup mudah. Dapat di tanam di kebun atau lahan pekarangan, dengan masa panen sekitar 2-3 bulan setelah tanam. Dan salah satu kelebihan dari tanaman ini adalah waktu simpan setelah panen bisa mencapai 6 bulan!

Berikut ini beberapa foto tanaman Labu Madu yang kami budidayakan di halaman kantor (menggunakan planter bag) dan di lahan kebun.

Tanam Labu Madu di halaman

Tanaman Labu Madu dalam planter bag

Bentuk bunga Labu Madu

Bunga tanaman Labu Madu

Perkembangan Butternut Squash

Perkembangan Labu Madu

Labu Madu hasil kebun

Labu Madu hasil kebun Dinperpa Kota Pekalongan

Manfaat Labu Madu

Sebagaimana kusebutkan di awal, akhir-akhir ini jenis labu-labuan termasuk Labu Madu ini cukup banyak dicari karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, yang disebabkan karena kandungan gizi nya yang bagus.

Aneka manfaat Butternut squash

Manfaat Labu Madu

Dari infografis di atas dapat kita lihat bahwa setidaknya ada 5 manfaat Labu Madu, yaitu: (1) Menjaga daya tahan tubuh; (2) Mengobati gejala anemia; (3) Baik untuk pencernaan; (4) Baik untuk kesehatan mata; dan (5) Baik sebagai makanan pendamping ASI.

Alternatif Olahan Labu Madu

Nah, setelah tahu manfaat Labu Madu, mungkin ada sahabat yang bertanya bagaimana cara konsumsi labu ini?

Sebagaimana jenis labu-labuan lainnya, meskipun termasuk dalam kategori buah, namun kita tidak dapat mengkonsumsinya secara langsung/segar, melainkan mengolahnya terlebih dahulu.

Adapun berbagai alternatif pengolahan Labu Madu ini antara lain:

  • Dikukus/direbus
  • Dipanggang
  • Dibuat Kolak
  • Dibuat Kue / bolu
  • Dibuat puding
  • Dibuat Labu Tumbuk
Labu Madu Tumbuk

Labu Madu Tumbuk (Foto : WikiHow)

Nah, teman-teman bisa gugling untuk mendapatkan resepnya yang banyak bertebaran di dunia maya ya.. Cari saja dengan kata kunci ‘olahan Labu Madu’ 😊

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah perkenalan kita dengan Labu Madu alias Butternut Squash, yang lezat dan kaya manfaat. Apakah teman-teman suka juga Labu Madu ini? Punya resep favorit? Yuk bagi di kolom komen ya.. Terima kasih..

Labu Madu siap panen

Labu Madu siap panen

Untuk tulisan tentang tanaman & kegiatan berkebun bisa dibaca di sini ya..

76 Comments

  1. Nanas madu, ubi madu, dan kini labu madu. Aku sih suka semua mam, tp untuk kandungan gulanya apakah juga meningkat ya, mengingat rasanya lebih manis dari jenis biasa.

  2. Di Banjar ada namanya kue pais waluh/labu. Sejenis kue kukus gitu. Kayaknya enak nih labu madu dibikin pais waluh.

  3. Labu ini enak ya kalau dibuat makanan atau kue, yang paling aku suka sih kalau dijadiin kolak labu hehe.

  4. Labu ini enak ya kalau dibuat makanan atau kue, yang paling aku suka sih kalau dijadiin kolak labu hehe..

  5. wah mantap mba sharingnyaaa, aku ga suka labu, diapa2in tetep kurang suka, tapi ada satu menu yg aku suka ditambahin labu, yaitu bubur manado, sluuurppp enak bangettt diaduk dengan labunya, plus ditambah sambal terasi duh jadi laper hahaha

  6. kereeenn, ternyata labu madu itu banyak manfaatnya ya Mbak, selama ini cuma tahu labu madu salah satu menu yang bagus tuk MPASI 😀

  7. Betul mbak labu memang nikmat bila diolah. Bahkan dikukus pun lalu ditaburi parutan kelapa juga lezat bila dijadikan kudapan. Saya baru tahu ternyata khasiat labu madu banyak sekali. Jadi ingin rutin mengkonsumsi labu. Terimakasih sharingnya mbak.

  8. Selamat pagi. Tertsrik dengan judul LABU MADU jd deh nyambangin blog mbak Mechta pdhl bunda gak ikutan List BW. Gakpapa ya. Btw di pasar koq bunda gak pernah liat jenis labu ini ya. Yg ada dan banyak igu yg disebut Labu Parang yg bentuknya bulat dan besar. Apa iya masa panen 2–3 bulan? Jd pengen cari bibitnha di TRUBUS lucu dan bagus bentuk ya bener banget mirip2 buah kacang tanah.

    • saya malah nemuin Labu Madu ini waktu jalan2 ke tempat wisata, Bunda. Tapi sekarang di beberapa supermarket sudah ada.. Terima kasih sudah mampir baca ya Bunda..

  9. Aaah jadi butternut squash itu Bahasa Indonesia labu madu. Belum pernah konsumsi tapi tertarik karena aku menyusui dan rawan anemia. Dikukus aja udah enak kalau labu

  10. Labu Madu, di Indonesia baru dibudidayakan toh, mbak? Baru dengar saya, atau saya yang gak update sayuran di pasar? Haha

    Bentuknya unik, labu gak manis aja enak dijadikan bolu, apalagi manis gini. Mbak Mechta kapan labunya panen, jual ke Surabaya mbak

  11. Terus terang aku baru tau soal labu madu ini mbak. penasaran gmn rasanya hehe
    Kalau dibikin maakan asin seperti sayur kyk lodeh2an gtu cocok juga gak ya?
    Ternyata perawatannya cukup mudah ya asal sediain tempat merambatnya. Waktu simpan setelah panen juga lama banget bisa mpe 6 bulanan gtuu

  12. Suamiku termasuk penggemar labu. Untuk labu madu ini juga bisa menjaid pilihan makanan yang bisa dia konsumsi

  13. Labu madu lucu ya bentuknya, aku bilang sih mirip tempat minum orang cina jaman kerajaan, hehe. Aku belum pernah nyoba labu madu, apa sama dengan labu yang bulat? Kalau dibuat kolak enak juga gak ya? Aku penasaran deh

  14. Unik banget bentuk labunya,, saya belum pernah lihat labu ini dibudidayakan di Bali padahal Bali punya jajanan pasar yang bahan dasarnya dari Labu, namanya Sumping Waluh. Kalau pakai labu jenis ini tentu rasanya akan lebih manis dan gak perlu tambahan pemanis buatan berlebihan yaa..

  15. kalau dari namanya pasti enak memang ya mba dan manis gitu. Aku sempat lihat di supermarket tapi memang beum sempat mencobanya niiih mba

  16. Ya Allah manisnya…
    Labunya pada menggelayut manjyah..

    Ciri madu yang sudah siap dipanen itu apa, kak Tanti?
    Apakah kalau terlalu matang bakalan ada hewan liar yang mengincar?

    Aku jadi pengen makan olahan labu kalau semanis ini labunya.

    • warna kulitnya sudah berwarna coklat mba.. oya, labu ini kulitnya keras, jadi hewan liar agak sulit memakannya

      • Oh iya…?
        Aku kalau makan olahan labu, suka banget…
        Tapi belum bisa masak sendiri. Dulu pernah 1 kali aja buat menu MPASI anak-anak. Tapi terus rasanya aga sulit “dipahami”.
        Mungkin karena aku mengolahnya gak pinter.

  17. Mbaaa makasih ya resepnya jadi pengen coba juga aku belom pernah ni bikin

  18. Wah aku baru tau loh kak tanaman ini lucu ya ada yang kayak nut tapi ada juga yang kayak pear gemes ya banyak manfaatnya

  19. Saya sering liat labu ini tapi ngga pernah berani beli krn takut rasanya aneh. Tau namanya butternut squash tp ngga tau kalo namanya labu madu. Wkwkw kalo besok ketemu labu ini mau nyoba deh

  20. Aku kayaknya belum pernah coba labu madu nih. Seringnya labu siam atau labu kuning. Malah baru tahu ada labu madu

  21. Jadi labu yang bentuknya seperti kacang ini namanya labu madu ya, Mbak. Baru tahu aku setelah baca postingan ini. Aku paling suka makan kolak labu karena menurutku enak dan bisa bikin kenyang.

  22. Asli aku baru tau soal labu madu. ABis baca ini blog jadi makin banyak ilmu soal labu madu, banyak manfaat ya ternyata

  23. Saya lebih suka labu yang dibuat kolak sih. Manis dan gurih rasanya. Anyway, saya baru ngeh kalau ternyata labu madu banyak sekali manfaatnya. Apa semua labu juga begitu?

  24. Aku pernah dikasih Labu Madu ini sama mbakku yang tinggal di Tengaran. Biasanya paling sering dibuat kolak, dikukus aja, atau beberapa kali dibikin kue lumpur. Nggak tahu manfaatnya sebanyak itu. Jadi pengen beli kalo nanti ke Bandungan atau Salatiga

    • nah kami juga seringnya dikukus saja mba..maklum praktis dan sudah enak.. etapi pengen juga diolah lain seperti kue misalnya..(bagiane adike nek iki, haha..)

  25. Dilihat detail di blog post begini, labu madunya koq makin kelihatan enak yak.
    Wkwkwkwk..

    Apalagi jika diolah ke jenis-jenis makanan yang kita sukai ya mbak. Makin-makin lah kita jadi doyan banget sama labu madunya, Juga manfaat baik dari beragam vitamin dari labunya.

  26. Labu madu ini jadi favorit anakku saat MPASI, manissss dan lembut. Bahkan hanya dikukus aja si bayik bisa makan dengan lahap. Apalagi kalao dibikin jadi puding.

  27. Labu-labunya bagus banget Mbak Tanti. Tampak sehat dan padat. Saya biasanya pakai labu begini buat dibikin kolak, enak sekali. Tinggal potong dadu, kuahnya pakai santan dan gula aren, kasih daun pandan. Anak-anakku juga pada doyan. Oh saya baru tahu labu kaya dengan vitamin A, bagus buat kesehatan mata ya. Kalau daun mudanya banyak dijual di pasar, biasanya dimasak kuah lodeh gitu.

  28. Aku pernah makan nastar dari campuran butternut squash, rasanya memang lain ya labu madu ini dan bentuknya unik

  29. Di rumah biasanya dibuat kolak atau disayur. Dan ternyata Labu Madu ini juga mengandung vitamin A. Sebagai pemakai kacamata, nampaknya perlu diperbanyak lagi konsumsi Labu seperti ini untuk menjaga kesehatan mata, karena nggak ingin minus saya bertambah.

  30. wah, aku jadi mupenggg, soalnya suka banget olahan labu kuning, tapi yg bunder alias pumpkin, mbak. Kalo yg bentuk kacang ini blm pernah. Bagus ya kalo media rambatnya dibikin kayak gitu mbak. TFS, seneng sekali sama info ini.

  31. Ohalaah.. ini namanya labu madu toh. Saya pernah memasaknya dijadikan kolak. Tapi gak tahu nama pastinya, tahunya ya ini labu.

    Rasanya enak banget pas dikolak. Semoga next time bisa mengolah jadi hidangan lainnya.

  32. saat anak anakku mpasi, sering banget konsumsi madu labu ini, selain dibuat pure, juga dikukus dan dijadikan camilan
    selain itu, kadang kadang juga dibuat bahan baku bikin donat
    anak anak suka banget

  33. selama ini aku cuma tau bentuk labu itu cuma 1 yang dipakei untuk helloween. ternyata ada jenis labu madu yang kaya akan manfaat ya

  34. Labu ini enak dibuat kolak, saya paling sering buatnya jadi kolak. Kalau untuk MPASI, bisa dijadikan bubur anak, lumayan naikin BB anak 🙂

  35. Aku belum pernah tahu tanaman ini. Baru baca di sini. Bentuknya unik ya. Labu ini kalau di Jawa, waluh bukan sih mbak?

    Berarti ini lebih manis dari labu yang biasanya ya? Manfaatnya juga bagus banget. Saya jadi pengen nyari, karena punya masalah sama anemia dan mata. Siapa tahu keluhan kesehatan saya bisa berkurang dengan mengonsumsi tanaman ini. Tapi carinya di mana ya?

    • betul mba..labu = waluh. di supermarket biasanya ada mba..atau di pasar tempat wisata Bandungan / Guci Tegal, waktu itu pernah lihat di kedua pasar ini ada..

  36. Banyak ya nama jenis buah yg disematkan dengan madu karena rasa manisnya serupa madu. Nanas madu, ubi madu udah pernah saya coba..nah labu madu ini yg belum pernah. Ngebayangin labu madu dibuat kolak hhmm kayaknya enak nih.

  37. Aku tahu labu madu ini waktu toko online langgananku menawarkan. Cuma waktu itu aku nggak tau cara mengolahnya. Sekarang udah nggak musim lagi. Nanti kalau ada aku beli juga deh!

  38. Aku paling suka bikin olahan labu karamel dari lsbu yg bulet atau waloh. Kalo labu madu belom pernah coba

Leave a Reply

Required fields are marked *.