LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

Brazilian Spinach
Brazilian Spinach

Bayam Brazil, Tanaman yang Mudah Dirawat dan Kaya Manfaat

| 87 Comments

Bayam Brazil, Tanaman yang Mudah Dirawat dan Kaya Manfaat. Dalam beberapa tulisanku sebelum ini, aku ada beberapa kali menyebut Bayam Brazil, salah satu yg kami tanam di pekarangan yang daunnya sering kami konsumsi sehari-hari.

Ternyata, tanaman satu ini belum begitu populer, terbukti dari komentar beberapa teman di tulisan tersebut yang menanyakan tentang tanaman itu. Pun di lingkungan rumah kami, sering ada yang menanyakan tanaman jenis apa yang  meramaikan salah satu rak hidroponik kami itu…

Nah, yuuk Sahabat Lalang Ungu kita berkenalan dengan Bayam Brazil yang mudah dirawat dan kaya manfaat ini.

Tentang Bayam Brazil

Brazilian Spinach

Bayam Brazil (Altehernanthera sissoo) dalam pot dengan media tanah

Altehernanthera sissoo yang termasuk dalam famili Amaranthaceae ini merupakan tanaman yang berasal dari Brazil dan Amerika Selatan, sering disebut juga sebagai Brazzilian Spinach.

Di negara asalnya tanaman ini banyak digunakan sebagai penutup tanah, toleran terhadap air dan naungan, cocok di daerah tropis dan sub tropis.

Bayam Brazil ini bukan jenis tanaman yang meninggi, bahkan cenderung rendah dengan dahan-dahan yang banyak dan bercabang ke samping sehingga bentuk tajuk tanaman ini cenderung bulat/menggerombol.

Mempunyai ketinggian maksimal sekitar 50 cm, tanaman ini berdaun membulat kecil dengan tepi agak bergelombang dan relatif lebih kaku/tebal dibanding saudaranya si bayam yang biasa kita kenal dan konsumsi. Bunganya berwarna putih dan mungil, sekilas seperti bunga rumput, hehe..

Bunga Bayam Brazil

Bunganya kecil berwarna putih

Bayam Brazil Mudah Dibudidayakan

Salah satu kelebihan dari tanaman ini adalah kemudahannya untuk dibudidayakan. Perbanyakan dengan cara setek batang mudah sekali dilakukan.

Oya, awalnya aku mengenal tanaman ini dari Dishy, seorang sahabat motret yang berdomisili di Semarang. Medio November tahun lalu dia mengirimiku 4  bibit Bayam Brazil dalam sebuah pot mungil. Alhamdulillah bibit itu bisa kupencarkan menjadi 4 pot bermedia tanah sebelum akhirnya kami kembangkan secara hidroponik dan akhirnya sekarang sudah ngembyah menyemarakkan rak di teras kami 🙂  Makasih Dishy…

Bibit Bayam Brazil

Bibit Bayam Brazil dari Dishy

Jadi bila tanaman ini sudah rimbun, potek-potek saja cabang-cabangnya. Ambil daun-daunnya untuk dimasak, lalu batangnya yang sudah ‘gundul’ itu ditancapkan lagi ke tanah. Bila ingin menanam secara hidroponik, batang-batangnya itu ditancapkan ke media rockwool lalu masukkan ke netpot dan siap dibesarkan dengan aliran air yang bernutrisi.

Perbanyakan Bayam Brazil

Tahapan Perbanyakan Bayam Brazil

Tak perlu menunggu lama maka akan  kita dapatkan pohon-pohon Bayam Brazil yang baru dan sekitar 2-3 minggu kemudian siap panen dan diperbanyak lagi. Bagaimana…mudah, bukan? 🙂

Manfaat Bayam Brazil Untuk Kesehatan

Nah, kelebihan lain dari tanaman ini adalah manfaatnya bagi kesehatan kita. Sebagaimana bayam lokal yang merupakan sayuran hijau sumber vitamin dan mineral bagi tubuh, begitu pula dengan Bayam Brazil ini.

Kandungan vitamin dan mineralnya baik untuk kesehatan tubuh kita. Dalam sebuah tabloid Pertanian disebutkan bahwa dalam 100 gr Bayam Brazil terdapat 7-8 mg karoten, 60-120 mg vitamin C, 300-450 mg kalsium dan 4-5 mg Ferrum.

Disebutkan pula bahwa kandungan flavonoidnya dapat mengurangi resiko kanker hingga 34% dan dapat menghambat perkembangan sel kanker. Selain itu, magnesium yang juga terkandung di dalam Bayam Brazil ini baik untuk pertumbuhan dan penguatan tulang, mencegah keretakan tulang serta meningkatkan imunitas.

Masih ada pula kandungan-kandungan zat gizi lainnya yaitu Vitamin A, asam Folat, Beta Karoten, Xanten dan Lutein.  Naah..banyak juga ya manfaat Bayam Brazil untuk kesehatan tubuh kita..

Alternatif Olahan Bayam Brazil

Mengingat kandungan gizi yang bagus dari Bayam Brazil ini, sayang sekali bahwa tanaman ini belum begitu populer di masyarakat kita ya..

Di negara asalnya daun bayam ini seringnya dikonsumsi mentah atau sebagai salad. Namun kita juga bisa mengkonsumsinya dengan berbagai cara pengolahan dan kombinasi dengan bahan-bahan lain, misalnya:

  • Ditumis/Oseng-oseng. Bersama dengan bahan-bahan lain, (misalnya: bakso/sosis/udang/tahu/tempe) akan diperoleh hasil masakan yang lezat dengan bumbu sederhana saja.
  • Disayur Bening. Seperti juga bayam lokal, Bayam Brazil ini pun cocok disayur bening. Tambahkan taoge/timun/oyong dan tahu..hmm..lezaaat..
  • Dibuat OmeletNah omelet atau dadar bayam ini bisa menjadi salah satu alternatif upaya menjadikan anak-anak mau makan sayur.
  • Dibuat Orak-Arik. Menu ini alternatif lain perpaduan Bayam Brazil dan telur. Praktis disajikan di pagi hari yang biasanya penuh dengan drama nan ribet..hehe..
  • Dipepes. Yang suka membuat pepes tahu bisa juga menambahkan daun bayam ini ke adonan sehingga menjadi Pepes Tahu Bayam Brazil yang sedap.
  • Dibothok. Alternatif lain pengolahan Bayam Brazil dengan dikukus adalah mengolahnya menjadi Bothok dengan tambahan parutan kelapa muda dan bumbu-bumbu lainnya.
  • Alternatif Sayuran pada olahan Mie/Nasi. Malam-malam lapar? Biasanya membuat mie/nasi goreng adalah salah satu solusi pertolongan pertamanya. Nah..tambahan segenggam daun Bayam Brazil ini akan membuat olahan mie/nasgor lebih sehat dan nikmat.
Alternatif olahan Bayam Brazil

Beberapa alternatif olahan Bayam Brazil

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah perkenalan kita dengan Bayam Brazil tanaman yang mudah dirawat dan banyak manfaat. Berminat menanam juga? Capcus cari bibitnya ke teman atau toko-toko tanaman terdekat atau bisa lihat-lihat di marketplace kesayangan ya..

***

Referensi bacaan :

  • Wikipedia
  • Tabloid Sinar Tani (online)
  • cybex Pertanian
  • BBPP Ketindan

87 Comments

  1. wah baru tahu aku ada bayam seperti ini, banyak pilihan untuk pengolahan selanjutnya pula. penasaran dengan rasanya

  2. Banyak juga manfaat bayam brazil ini ya … memang beda ya manfaat dalam kandungannya dengan bayam biasa atau sama?

  3. Alhdulillah jd lbh ngerti manfaat dr kandungan vifamin bayam brazil

  4. MashaAllah~
    Ternyata bayam Brazil ini masa panennya cepat yaa… Dan akan terus tumbuh kalau masih ada akarnya yaa..kak Tanti?

  5. Loh oh ini bayam toh? Kayanya pernah lihat di dekat rumah (apa di rumah tetangga y). Pertama kali lihat kirain itu tanaman mainan

    Maklum bukan pemerhati flora hehehe.

    Kaya manfaat juga ternyata ya. Anyway, bener nggak sih kalau masak sayur itu pake api kecil dan jangan lama2 biar vitaminnya nggak ilang?

  6. Jadi pengen nanam dirumah…bibit bayam brasilnya beli dimana ya?

  7. jadi pengen tanam dan rawat bayam Brazil ini juga Mbak, kayaknya gak rewek ya tanaman ini, bisa diolah jadi berbagai macam menu pula ya, manfaatnya pun banyak tuk kesehatan 🙂

  8. Enak ya kalo bisa nanem sendiri. Aku nih kayaknya kudu dimunculin dulu kepengenan nanemnya belum pernah nanem tanaman apapun sendiri
    Padahal suka bayam juga. Mayan kalo bisa metik sendiri ya

  9. Wah, aku belum pernah nyobain ini bayam brazil, sayuran yg kaya manfaat dan gizi bagi tubuh. Dimana ya bisa saya dapat bibitnya klu di Sulsel.?

  10. Aku belum pernah masak bayam Brazil ini, Mbak. Dari dulu sampai sekarang aku paling suka dengan sayur bayam kuah bening.

  11. Wah aku baru tau,, tampilannya unik juga dan daunnya keliatan lebih tebal dan licin gitu ya mbak
    Sekilas malah seperti tanaman hias ternyata bisa dimakan dan kaya manfaaat

  12. Baru liat aku bayam brazil di pot gini, biasanya kalau di omelet resto suka menggunakan bayam ini. Baru tau juga namanya ternyata bayam Brazil. Hehe.

  13. Bunganya cantik, manfaatnya juga luar biasa. Pingin deh, tanam tanaman seperti ini.

  14. Pernah lihat tanaman ini, tapi baru tahu ini bayam juga dan bisa dikonsumsi ya, Kak. Penasaran juga nih sama rasanya dan jadi pengen ikutan nanam, kebetulan di depan rumah kan ada lahan kosong yang dimanfaatkan rame-rame sama warga di sini untuk tanam sayur dan buah-buahan

  15. ah aku baru tau kalau namanya bayam brazil haha.. aku dulu pernah menanam di pot tanaman ini, tapi aku jadikan tanaman hias xD belum pernah aku masak 😀 ternyata enak juga ya untuk dikonsumsi ^^

  16. Berkali-kali baca soal tanaman di blog Ibu menambah wawasan dan pengetahuan. Karena tanaman yang dibahas, sebagian besar tanaman yang unik dan jarang ditemukan di pasaran. Termasuk bayam Brazil ini.

    Terasa sekali asyiknya kalau konsisten mengelola tanaman sendiri dengan sistem hidroponik. Selain itu bisa juga langsung diolah menjadi bahan masakan.

    Nah kalau dibuat keripik kira-kira bagaimana ya Bu, penasaran apakah sama dengan bayam biasa?

  17. Jadi penasaran sama bayam brazil ini, apalagi buat dijadiin omelette. Sama buat dijadiin lalapan kyknya enak Mba

  18. bayamnya bagus banget untuk disimoan diteras rumah juga. makin menarik pemandangan. dimakan sehat dipandang juga menyehatkan . makasih infonya kak

  19. Okey Fix harus cari nih bayam brazil buat ditanam dirumah karena pas banget lagi menyusui butuh konsumsi sayur lebih banyak

  20. wah aku baru tahu ada bayam jenis seperti ini.. kalau ada bibitnya pengen nanem deh di rumah hehe….. Bagus ya banyak manfaatnya.

  21. Aku tuh punya brasil bayam ini banyak, Mbak. Hasil ngerampok dari rumahnya Mbak Susi Susindra terus aku kembangkan sendiri. Wkwkk.. Tapiii sayangnya, pakmer nggak suka sama sayur di luar jalur.

    Padahal bayam brasil ini kan alternatif buat bikin sayur bening kalau tidak kebagian sayur bayam petik yang ada di pasar ya.

  22. Bentuk daunnya kok beda sama bayam di pasaran ya mbak? Ada kembangnya juga. Baru tau jenis bayam brazil, biasanya yang gampang tumbuh di semak itu bayam raja (orang-orang nyebutnya begitu), batang dan daunnya besar dan montok

  23. beda sekali yah mba dengan bayam lokal dan aku belum pernah melihat secara langsung bayam brazil ini, sepertinya di supermarket pun belum pernah ada dijual yah mba. penasaran juga ingin coba, apakah rasanya sama mba bila kita sayur seperti sayur bayam pada umumnya ?

  24. Duh Mbak andai saja rumahnya dekat, aku mau minta bibitnya supaya aku tanam juga ini
    Bisa dikonsumsi pula alias enggak sekadar tanaman hias saja
    Soalnya di rumah beneran tandu banget deh

  25. Mba aku jadi pengen minta bibitnya nih ma kamu buat ibuku yang demen tandur

  26. Dari blognya Mba Mechta ini, saya dapat mengenali aneka tanaman. Kini bayam brazil, yang mana saya baru tahu kali ini. Lihat tanamannya sih sering tapi nama gak tahu.

  27. BAru tau ada bayam brazil hehehe. Kayanya enak juga sih dibikin orak arik plus telur. Penasaran juga jadi pengen nanem ini di rumah. Sepertinya cukup mudah juga yaa untuk perbanyakannya.

  28. Weleh weleh, aku kok baru tahu ya ada Bayam Brasil. Sekilas tuh kayak tanaman jamu liar yang biasa tumbuh deket rumah mbak. Tapi ternyata bukan, cuma mirip aja.

  29. Wah mbak aku jadi penasaran sama bayam brazil ini. Bentuknya lucu soalnya. Hihi. Jadi pengen nyari bibitnya

  30. Cari bibit bayam brazil dimana ya mbak?
    Sepertinya nanemnya mudah banget, kayak nanem kemangi, yg batangnya tinggal tancap ke tanah bisa tumbuh ya.

  31. Baru tahu kalo aa bayam brazil mba.
    Boleh juga nih ditana ya supaya hijau.
    Tapi aman kan dikonsumsi?

  32. saya juga baru coba dillap dulu mbak bayam Brazilnya, karena masih dikit..
    dapat 1 batang daru bu Dey, sekarang sudah satu pot panjang..

    nanti kalau sudah banyak mau deh ikut menunya mbak Tanti

  33. Hah itu bayam brazil? Sekilas kayak pegagan gak sih mba? Aku baru tau loh. Kayak pernah liat di sekitar gitu tapi ga yakin juga sih bayam brazil apa bukan. Lha ngga pernah nanem2 hehehe

  34. Gampang ya mbak nanemnya…klo hydroponik suka ga sabaran nunggunya…apa akunya yang ga sabar yak…hehe

  35. Rasanya kek bayam lokal juga nggak mbak? Atau gimana? Keren ih mbak Mechta rajin tanam2 🙂 Jadi pengen ke rumah mbak Mechta lihat koleksi tanamannya hehe.

  36. Bentuk daunnya agak beda sama bayam yg biasa ya mbak. Lucu bentuknya malah kaya tanaman hias gitu heheh… aku baru nyoba nanam kangkung sama pokcoy mbak. Coba ah berikutnya nanem bayan brazil

  37. baca ini langsung pengen nanem sendiri mbak, cepet lagi ya panennya. btw, bayam ini ada di supermarket2 nggak sih mbak? pengen coba masaknya

  38. Wah cepet ya panennya..seneng pasti kalau bisa nanem sendiri. Daunnya mirip daun ginseng yang ada di Indonesia ya kayaknya

  39. Baru tahu nih bayam brazil. Daunnya kecil2 gitu ya dan kayak lebih tebel dari bayam biasanyakah? Jadi pengin nyobain juga, penasaran sama rasanya. Andai rumahmu deket mba, tak ampiri minta pohon bayamnya buat tak tanem di rumah hehehe…

  40. Mba, beda teksturnya ketika dimasak gimana dengan bayam biasa? Boleh juga nih info ke ibu kalau misal mau nanem Bayam Brazil ini. Beliau kan hobi nanem2 gitu.

  41. Mba Tanti ngidam omeletnya lezat pasti ya ini. Barakallah ya mba indahnya silaturahmi tuh mendatangkan ilmu dan rejeki. Bayam Brazil menggemaskan dari bayam biasa

    • Kalau pas di Pekalongan kota mampir ke rumah, Nyi.. Lagi ada hasil panenan kemarin di kulkas nii.. atau mau bawa bibitnya juga silakan..

  42. Aku baru tahu ada bayam Brazil Mbak mana mudah dibudidayakan ya kayaknya enak nih kalau ditanam di halaman mau makan tinggal petik ya..

  43. Ternyata begitu ya bentuk daun bayam Brazil. Aku baru pertama kali ini tahu. Lebih kecil tapi kayak lebih tebal ya daunnya. Banyak banget nutrisi dan manfaat dari daun bayam Brazil ini ya mbak

  44. Bayam brazil ini kaya manfaat ya mbak. Alternatif olahannya juga beragam.. Nggak melulu disayur bening ya sayuran bayam itu..

Leave a Reply

Required fields are marked *.