LALANG UNGU

Ruang berbagi pengalaman dan manfaat

3 olahan labu madu selain kolak

3 Olahan Labu Madu Selain Kolak

| 98 Comments

3 olahan labu madu selain kolak

Labu Madu tak hanya enak dikolak lho…

Hai Sahabat Lalang Ungu.. 3 olahan Labu Madu selain kolak ini kutemukan resepnya di aplikasi resep masakan andalanku. 3 resep yang menjawab rasa penasaranku tentang olahan Labu Madu selain dibuat Kolak yang sudah sangat umum itu.

Selain Dibuat Kolak, Labu Madu Bisa Diolah Apa Lagi, Sih?

Awalnya pada tulisanku tentang Labu Madu yang kaya manfaat kemarin, ada salah satu komen yang membuatku penasaran yaitu yang menyebutkan bahwa di daerah Kak Raja labu kalau tidak dikolak ya disayur.. Nah lo..aku baru tahu labu manis enak disayur juga. Kalau dikolak sih sudah sering ya..

Komen di Lalang Ungu

Salah satu komen di post tentang Labu Madu

Berbekal rasa penasaran itu dan kebetulan pas ada 2 buah Labu Madu di rumah (hasil panen kebun kantor) maka ketika luang waktu aku pun segera cari-cari resep olahan Labu. Dan ternyata yang lebih banyak adalah resep olahan labu kuning.. Nggak apa lah ya..ganti saja labu madu, kan juga kuning oranye warnanya..hehe..

Oya tentu saja aku memilih resep-resep yang mudah diikuti langkah pembuatan nya dan juga tidak memerlukan waktu pemasakan lama. Berikut 3 resep olahan Labu Madu selain dikolak.

Labu Madu Kukus

Labu Madu Kukus

Labu Madu Kukus a la Mechta

Ini merupakan recook dari resep “Labu Kukus Keju Meses” dari mba Lia_Ariani di salah satu aplikasi resep masakan, dengan beberapa modifikasi yaitu penggunaan Labu Madu sebagai pengganti labu kuning, chia seed sebagai topping pengganti meses dan penggunaan mentega sebagai ganti margarin pada resep asli.

Bahan Labu Madu Kukus

  • 300 gr Labu Madu
  • 1 sdm Mentega
  • 20 gr keju
  • 1 butir telur
  • 1 sdm chia seed

Cara Pembuatan Labu Madu Kukus

  1. Kupas Labu Madu, cuci bersih, potong-potong kemudian kukus hingga matang (sekitar 10-15 menit).
  2. Sambil menunggu labu matang, oles cetakan yang akan digunakan dengan sedikit mentega dan parut keju.
  3. Lumatkan potongan madu yang telah dikukus dengan menggunakan garpu.
  4. Tambahkan mentega ke labu yang sudah lumat, campurkan hingga rata.
  5. Tambahkan parutan keju ke labu lumat dan campur kembali hingga merata.
  6. Tambahkan telur ke dalam adonan dan aduk kembali hingga merata.
  7. Panaskan panci kukus, sementara itu masukkan adonan ke dalam cetakan yang telah dioles mentega sebelumnya. Taburkan sebagian chiaseed di permukaan adonan dalam cetakan.
  8. Kukus hingga matang (sekitar 15 menit), lalu keluarkan cetakan dan biarkan dalam suhu ruang sebelum dipindah ke piring saji.
  9. Labu Madu Kukus siap dihidangkan dengan taburan Chiaseed sebagai topping.

Pada resep asli adonan dikukus dalam cup-cup kecil (cetakan kue lumpur/agar ) sehingga setelah matang diberi topping dapat langsung disajikan dalam cup tersebut. Karena tidak menemukan mangkuk-mangkuk kecil maka aku menggunakan loyang kue kecil sehingga saat penyajian harus dipindah dari loyang.

Menurutku masakan ini cocok sebagai menu sarapan, tidak terlalu ‘berat’ namun cukup mengenyangkan bagiku. Teksturnya yang lembut membuat makanan ini pun cocok bagi Balita atau Lansia dalam keluarga 🙂

Labu Madu Kuah Campur

Labu Madu Kuah Campur

Labu Madu Kuah Campur a la Mechta

Resep ini menjawab rasa penasaranku tentang olahan labu sebagai sayur pendamping nasi. Resep asli Labu Kuah Campur punya mba Atik Haryono di aplikasi resep masakan rumahan itu menggunakan labu kuning, dengan campuran taoge, tempe dan Daun Gedi.

Wah..seperti apa ya Daun Gedi itu? Aku kurang familiar, hehe.. Akhirnya menyesuaikan dengan bahan yang ada saat itu, aku pun melakukan recook dengan menggunakan labu madu, tahu dan bayam 😁. Resep dan langkah pembuatannya sbb:

Bahan Labu Madu Kuah Campur

Bahan Sayur Labu Madu

Bahan-bahan Labu Madu Kuah Campur

  • 150 gr Labu Madu
  • 50 gr taoge/kecambah Kacang Hijau
  • 50 gr bayam
  • 1 buah tahu ukuran sedang
  • 1 btg serai
  • 5 siung Bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt bubuk kaldu jamur
  • 400 ml air
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara Pembuatan Labu Madu Kuah Campur

  1. Kupas Labu Madu, cuci dan potong dadu.
  2. Rebus air dengan irisan bawang merah dan serai yang telah digeprek.
  3. Setelah mendidih, masukkan potongan labu, masak lagi sekitar 2-3 menit.
  4. Masukkan tahu yang telah dipotong dadu, tauge dan bumbu-bumbu (garam, gula, kaldu jamur).
  5. Terakhir masukkan bayam, masak sebentar agar bayam tidak terlalu lunak, lalu lakukan koreksi rasa.
  6. Labu Madu Kuah Campur a la Mechta siap dihidangkan dengan taburan Bawang goreng agar lebih sedap.

Labu Madu Coklat Susu

Labu Madu Coklat Susu

Labu Madu Coklat Susu a la Mechta

Menu sarapan sudah, dibuat sayur sudah..nah yang terakhir resep olahan labu yang kucoba kemarin adalah dari jenis camilan. Labu Madu Coklat Susu ini kubuat berdasarkan resep “Labu Coklat Susu Keju” dari  mba Lia Ariani.

Bahan Labu Madu Coklat Susu

  • 125 gr Labu Madu
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm gula halus
  • 1 sachet minuman cokelat (milo/chocholatos)
  • Kulit pangsit
  • Minyak untuk menggoreng
  • Keju parut sebagai taburan

Cara Pembuatan Labu Madu Coklat Susu

  1. Labu madu dikupas, cuci, kukus hingga matang, lalu lumatkan hingga halus dengan menggunakan garpu.
  2. Tambahkan susu bubuk, terigu, gula halus dan cokelat bubuk. Aduk hingga rata.
  3. Ambil selembar kulit pangsit, letakkan sesendok adonan di atasnya, oles air pada pinggiran kulit pangsit lalu lipat/gulung. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan Labu Madu Coklat Susu ini dengan taburan keju parut di atasnya.

Nah Sahabat Lalang Ungu, itulah 3 resep olahan Labu Madu selain kolak yang telah kucoba. Alhamdulillah semuanya lezaat.. Kalian punya resep lainnya yang tak kalah lezat? Yuk, bagi di kolom komen…

Silakan baca juga yuk tulisan-tulisanku lain terkait makanan ya..

98 Comments

  1. Waaaa… Makasih resepnya mam… Kalaubaku biasanya bikin labu kukus topping gula jawa atau aku buat jadi bolu gluten free. Enak dan sehat.

  2. Aku tipe orang yang rada nggak familiar sama olahan labu.
    Tapi kalau diolah kayak jadi kue kayak gitu sih bakalan langsung nyam, hehee

  3. waaah resepnya belum pernah aku coba semua, kalau labu biasanya aku buat campuran bolu. Bisa di tambah keju ataupun meises…

  4. Wadeuhh.. langsung auto bookmark. Resepnya maknyus banget, Kak.

  5. Wah saya baru tahu nih, biasanya ngolah labu jadi kolak aja, ternyata bisa ke yang lain, nanti aq coba

  6. wah saya juga taunya di kolak atau di buat mpasi aja bak, ternyata bisa jadi olahan lainnya ya 🙂

  7. Wah ternyata labu madubisa menjadi kreasi masakan yg beragam ya mbak. Kata mbak nig, bagus juga buat MPASI. Nanti dicoba ahhh

  8. Setiap kali lihat labu madu memang langsung kepikiran bikin dessert. Tetapi, menarik juga nih kalau dibuat sayur

  9. Banyak resep makanan dari labu madu ya, Mbak. Kalau aku cuma pernah bikin kolak labu dan sayur labu. Jadi pengen bikin labu kukus nih setelah baca postingan ini.

  10. waaa ternyata bisa dibuat berbagai olahan juga yaa, selama ini aku taunya juga cuma buat kolak hihih, apalagi kalo bulan puasa, banyak banget yang jualan kolak labu kaya gini

  11. Labu madu biasanya identik dengan dessert. Unik juga kalau bisa dibikin sayur. Rasanya jadi gimana tuh Mbak kalau dibuat sayur? Enak kah?

    • Menurut lidahku, enak juga lho.. Kukira akan manis seperti makan kolak gitu, ternyata gurihnya bumbu2 masih terasa dan menyeimbangkan manisnya labu.. Jadi nggak eneg deh..

  12. Wow bikin lapar mbak. Lihat labu madu disayur seger banget jadi pengen nyobain resepnya. Sama labu madu coklat susu, seperti dibentuk model martabak mini ya mbak atau crepes gitu…pasti gurih deh. Terimakasih rekomendasi resepnya mbak.

    • hihi..yang labu coklat itu klo pinter melipatnya cantik mba..sayang aku cuma bisa melipat alakadarnya haha..

  13. Berbekal madu, sajian makanan yang dibuat jadi beraneka ragam yaa..
    Aku suka, karena warnanya jadi cantik.
    Rasanya pun lezat, pastinya.
    Dengan manfaat buah labu yang bisa diserap oleh tubuh.

  14. Saya senang labu dijadikan cake mbak Mechta. Enaak, lumer, rasa labunya sedap. Buat saya labu kuning kayak jenis madu begitu enaknya dijadikan kue. Belum bisa bayangin rasanya kalau dijadikan masakan

  15. Labu madu salah satu idolaku, pas puasa hampir tiap hari aku bikin kolak lezat dan gurih manis gitu mba tan. Untuk dibuat olahan lain malah belum pernah. Jadi pengen coba praktik juga

  16. Aku suka banget labu madu ini dikukus atau rebus gitu aja dan dimakan pakai gula aren. Gitu aja udah enak apalagi dibikin kolak ya..

  17. Aku jadi pengen recook menu ketiga deh kak. Labu madu coklat susu, pasti anak anak suka banget nih

  18. Bismillah saya mau coba resepnya ah
    Kebetulan sekali saya juga senang dengan labu juga
    Mau buat puding untuk anak anak sekalian

  19. Jd keinget zaman anak msh MPASI ya nyarinya lbau2an gini hehe
    Wah terus terang aku tidak pernah kepikiran memanfaatkan labu ini jd makanan yang asin mbak. Biasanya ya itu makanan manis kyk kolak atau digoreng tepung manis gtu hehe
    Kapan2 mau ah nyobain resepnya TFS

  20. aku baru tau kalau itu jenisnya labu madu ya mba.. biasanya ya aku tak buat kolak. pernah juga sih aku buat jadi kue lumpur heheheh tapi ya masih enak kue lumpur dari kentang menurutku

  21. Labu madu itu waluh bukan si mba?
    Aku kira itu pengganti mesesnya wijen, ternyata chia seed. Mirip soalnya. Trus itu yg terakhir ala-ala piscok ya? Hehe

  22. Kreatif, bisa bikin aneka resep hidangan dari bahan yg tersedia. Selain yg disebut dlm artikel ini, Aku juga pernah dengar kalau labu madu juga nikmat utk di bikin bolu

  23. Jadi pengen bikin labu susu cokelat setelah baca postingan ini. Tapi rata-rata memang lebih sering bikin kolak labu ya, Mbak.

  24. Hmm… sepertinya enak semua. Kalau untuk disayur apa nggak terlalu manis, Mbak? Aku pernah makan sayur bobor yang pakai labu kuning tapi labunya yang masih muda, belum lembek banget waktu dimasak.
    Kebayang nih manisnya si Labu COklat SUsu.

  25. Dikukus dalam resep labu madu kukus kayaknya enak ya Mbak Tanti rasa manisnya labu tuh khas, selama ini tahunya bikin kolak labu hehe ternyata banyak variasinya

  26. Biasanya di kolak aja. Ternyata bisa dijadikan sayur ya. Resepnya juga mudaj di praktilkan. Pengin nyoba reswpnya. Labu kuning bisa dijadikan obat asam lambung juga mbak.

  27. Ga kebayang labu madu bisa jadi macam2 kue dan masakan mbak. Dari dlu taunyq cuma buat kolak aja. Kalo orang kopeng.malah dikukus trs dimakan gtu aja saking manisnya. Penasaran pengen nyoba bikin cake nya ah klo pas dapet labu yg cantik

  28. kalo mama molly labu madu rebusnya dimakan pake vla mbak. rasanya enak banget ternyata. mama kreatif banget ngolahnya, mungkin bisa masuk referensi juga di atas.

  29. kemarin saya bikin pancake oat labu atau kadang labunya dimasak dengan sayur bayam atau kadang dibuat sayur asam. Namun, ortu lebih sukanya dikukus saja katanya lebih enak

  30. Sejujurnya Saya ga pernah nyobain makan Labu Madu ini. Tapi sering lihat di Pasar. Jadi penasaran mau beli juga. Biasanya beli labu biasa yg bulat itu lho

  31. saya save aaahhhh resepnya.. pengen bikin.. tapi saya baru tau kalo ada labu madu.. duhhh kurang gaul sayah.. saya pikir semua labu mah sama.. jadi labu yang bentuknya jambu itu pasti labu madu gitu ya? kalo labu yg bulet gitu labu biasa ya

  32. Wah resep olahan labu madunya unik-unik dan kayaknya gampang dibikin ya. Aku baru tau juga nih Mbak labu enak disayur kayak gitu. Hehe.
    Dan yang paling unik yang ketiga tuh. Buat camilan dari kulit pangsit. Ya Allah.. enakk itu kayaknya. Hihi.
    Jadi pengen coba masak ketiganya.
    Makasih Mbak resepnya 🙂

  33. saya suka banget dengan sayur labu, Mba, baik yang dicampir santan (labu tua) maupun sayur bening yang labunya (labu muda) dicampur sayuran hijau lain

  34. Waktu dirumah, ibu sering banget tuh buat olahan labu seperti itu, seneng banget deh punya ibu yang bisa ngolah 1 makanan jadi beberapa makanan yang bisa dimakan hhi.. Kalau gak salah daun muda nya juga bisa dimaem gak sih, yang mana itu ya agak lupa

  35. Yang labu madu cokelat susu nih saya belum pernah coba. Pasti enak banget, deh

  36. Bikin ngiler mba. Aku kira cuma labu siam yg bisa dicampur jadi sayuran. Hehe. Ternyata labu madu juga ga masalah ya dibikin sayur campur gini? Rasanya dominan manis atau kombinasi dengan yang lain, mba?

  37. Jaman anak msh pd Baby sering banget bikin MPASI pke labu madu ini…seringnya buat sayur & kolak buat buka puasa. Klo olahan manis2 seringnya bli jadi sih…hihihi

  38. Aku suka kolak labu. Labu kukus aja gitu aja enak menurutku dan lebih sehat. Kalau orang-orang di kampungku sering masak sayur lodeh dengan labu.

  39. Labu yang bentuknya kayak botol itu labu madu tho…. Aku tahunya butternut pumpkin. Ga tahu nama Indonesianya. Aku dulu biasanya beli buat MPASI anak2, krn itu salah satu makanan superfood. Cuma ya krn ga pinter ngolah, paling ya dikukus aja. Enak tuh rasanya, manis. Yang ga enak harganya krn mahal hehehe…

  40. Wowww mantap nih kreasi resepnya, Mba. Aku termasuk yang tidak suka labu klo dikolak gitu aja. Jadi punya alternatif nih mau dibikin apa ntar kalau punya labu lagi. Thanks yo mbaaa..

  41. Ke supermarket beberapa x kok ga nrmu labu madu ya padahal pengen bikin cake nya deh

  42. Mbak Tan aku pengen makan labu kukusnya, itu bahannya simple banget ya
    gak perlu tepung segala ya, tapi telurnya memang kuning sama putihnya disatuin ya. BIasanya kan ada pembuatan yang cuman make kuning telur doang gitu

  43. Pengen labu madu kukus jadinya kayak cake atau bubur lembut ya Mbak Tanti? Aku biasanya hanya dikolak saja ey tahunya bikin itu saja dan laris hihi

  44. Olahan labu memang menggoda banget ya mbak…pingin nyoba yg labu kukus nih kyknya mudah, buat camilan selama daring di rumah

  45. Wah, aku baru tahu kalau labu bisa disayur juga mbak. Lihat di sini keknya enak dan seger gitu.

  46. Aku suka bebikinan dari labu madu ini mba, biasanya dibikin kolak, puding, bolu atau disayur lodeh. Wuenak

  47. Waah.. ternyata labu bisa dibuat masakan ya mbak, penasaran sama rasanya. Selama ini, merasakan Sop yang dicampur dengan ubi ketela buatku sudah unik, apalagi sekarang ada labu juga..

Leave a Reply

Required fields are marked *.